Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 53, 55, 56, 57.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 53, 55, 56, 57 – Kunci Jawaban Pembelajaran 2 Tema 6 Kelas 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Membangun Masyarakat Sejahtera tepatnya terdapat pada halaman 53, 55, 56, 57.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 2 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 pada halaman 53, 55, 56, 57, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 6 subtema 2 pembelajaran 2 yang terdapat pada halaman 53, 55, 56, 57.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Pembelajaran 2 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera Halaman 53, 55, 56, 57.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 2 Halaman 53 55 56 57

Ayo Membaca

Ragam Tarian di Indonesia

Indonesia kaya akan budaya di antaranya karya tari. Setiap daerah memiliki karya tari kreasi yang berbeda-beda. Apakah yang dimaksud tari kreasi? Tari kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisional. Tari kreasi tidak memiliki aturan tertentu, baik gerak maupun aspek lainnya yang terdapat dalam tarian.

Ada tiga jenis tari kreasi yaitu tari kreasi daerah/tradisional, tari  kreasi modern, dan tari kreasi kontemporer. Tari kreasi daerah/tradisional adalah tari yang mengalami perubahan dari tari tradisi, baik bentuk, gerak, ataupun aspek lainnya tetapi tetap dalam konteks ciri khas dari daerah tersebut. Tari kreasi modern adalah tari yang tidak memiliki aturan tertentu, baik dalam bentuk gerak ataupun  aspek lainnya. Tari  kontemporer adalah  tarian yang dibuat berdasarkan isu yang  beredar pada waktu tertentu.

Bentuk karya tari kreasi dapat berupa bentuk tari tunggal, tari berpasangan, dan tari   kelompok. Tari  tunggal adalah  karya tari   yang   diperagakan  oleh seorang penari. Tari berpasangan adalah karya tari  yang  diperagakan oleh  dua orang penari.  Adapun tari  kelompok adalah karya tari  yang  diperagakan oleh lebih  dari  dua penari.

Ayo Berdiskusi

Bacalah dengan cermat teks nonfiksi di  atas bersama teman sekelas. Selanjutnya, diskusikanlah informasi penting yang terdapat dalam teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama pada setiap paragrafnya.

Secara bergantian, jelaskan di depan teman-temanmu gagasan utama di setiap paragraf bacaan di atas. Kemudian, tuliskan hasil diskusi bersama teman satu kelas dalam tabel berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 53

Gagasan Utama Setiap Paragraf
  1. Pengertian Tari Kreasi
  2. Jenis Tari Kreasi
  3. Bentuk Karya Tari Kreasi

Jenis tari yang akan diikuti Dayu dalam perlombaan adalah tari kreasi daerah/ tradisional berbentuk tari tunggal. Tari yang akan disajikan Dayu dalam perlombaan adalah Tari Merak.  Tari Merak  merupakan salah satu contoh jenis tari  kreasi. Tari Merak    berasal dari  daerah Pasundan Jawa  Barat. Tari Merak menggambarkan ekspresi kehidupan burung merak. Tata cara dan gerak tari terinspirasi dari   kehidupan merak yang   diangkat ke  pentas oleh   seniman Sunda, Raden Tjetje Somantri.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 55

Ayo Berdiskusi

1. Dayu telah mengikuti perlombaan menari. Ternyata perlombaan tari dibedakan atas dua kategori yaitu kategori anak-anak dan remaja. Dua kategori ini didasarkan atas batasan usia. Untuk kategori anak-anak batas usia 6  tahun sampai 10 tahun, sedangkan kategori remaja batas usia 11 tahun sampai 21 tahun. Masuk kategori yang manakah Dayu?  Mengapa demikian? Diskusikan bersama teman satu kelompok belajarmu. Tuliskan pada buku  tugas dan presentasikan di depan kelas.

Dayu termasuk kategori remaja, karena usia Dayu berkisar antara 11-12 tahun, yang merupakan masa awal pubertas. Selain itu ciri-ciri pubertas perempuan pada Dayu mulai tampak, seperti suaranya yang makin melengking dan pinggul yang membesar.

2.  Pengelompokan usia  anak-anak  dan  remaja  merupakan  bagian  dari tahapan  perkembangan manusia.  Manusia akan  mengalami beberapa tahapan  perkembangan,  mulai dari   sebelum  lahir,   bayi,   kanak-kanak (anak-anak), puber,  remaja, dewasa, dan usia lanjut. Kamu  yang  berusia 10-11 tahun termasuk masa awal pubertas. Bagaimanakah perbedaan masa kanak-kanak dan pubertas itu?

Coba  diskusikan dengan teman-temanmu mengenai ciri-ciri berikut.

3.   Ciri-ciri  masa kanak-kanak bagi anak laki-laki.

4.   Ciri-ciri  masa kanak-kanak bagi anak perempuan.

5.   Ciri-ciri  masa pubertas bagi anak laki-laki.

6.   Ciri-ciri  masa pubertas bagi anak perempuan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 56

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 2 Halaman 53 55 56 57

Ciri masa kanak - kanak pada laki - laki :
  • Suka bermain dengan teman lainnya
  • Banyak bertanya pada kakak atau orang tua
  • Suka meniru perilaku orang yang lebih tua
  • Belajar menyebut orang lain sesuai posisinya misal ayah, bunda, kakak
  • Belajar membedakan antara perempuan dan laki - laki
Ciri-ciri Pubertas Pada Anak Laki-Laki
Sementara pada anak pria, hormon yang mengalami pematangan adalah testoreron yang kemudian memicu sejumlah ciri berupa:
  • Perubahan suara.Pertumbuhan rambut di ketiak.
  • Pertumbuhan rambut di kaki.
  • Pertumbuhan rambut di sekitar alat kelamin.
  • Beberapa mengalami pertumbuhan rambut di atas bibir (kumis) dan dada.
  • Mulai tertarik pada lawan jenis.
  • Mengalami mimpi basah.
  • Jakun mulai tumbuh.
  • Bahu mulai melebar dari pinggul.
  • Otot lebih nampak berkembang dan menonjol.
  • Perubahan kondisi emosi.
  • Terkadang diikuti dengan munculnya jerawat.

Ciri kanak-kanak pada perempuan antara lain:
  • Mulai mengenal mainan
  • Mulai mengenal belajar kelompok
  • Mulai kegiatan menjelajah dan banyak bertanya
  • Mulai meniru dan kreatif
Ciri Pubertas Pada Anak Perempuan
Saat memasuki usia pubertas, anak perempuan akan mengalami kematangan hormon estrogen dan progesteron sehingga muncul lah beberapa ciri, antara lain:
Berikut adalah ciri-ciri pubertas anak perempuan.
  • Payudara mulai tumbuh.
  • Rongga pinggul membesar.
  • Perubahan pada suara.
  • Pertumbuhan rambut pada ketiak.
  • Pertumbuhan rambut sekitar organ kelamin.
  • Mengalami menstruasi.
  • Mengalami perubahan emosi.
  • Mulai tertarik pada lawan jenis.
  • Terkadang diikuti dengan munculnya jerawat.

Ayo Menulis

Kamu  telah memahami perbedaan ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas. Sekarang kenali dirimu berdasarkan  ciri-ciri masa  kanak-kanak dan  masa pubertas pada  tabel di  atas.  Selanjutnya, tuliskan kesimpulan masa  yang sedang kamu alami saat  ini,  masih masa kanak-kanak atau  sudah masa pubertas. Tuliskan pula  alasan dari  kesimpulanmu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 57

Kesimpulan ciri kanak-kanak pada anak laki-laki :
Kesimpulan : 
Saya mengalami masa kanak-kanak
Alasan :
Karena saya belum mendapati ciri-ciri pubertas. Suara yang belum membesar, belum tumbuh bulu di tempat-tempat tertentu, jakun belum membesar.

Kesimpulan ciri masa pubertas pada anak laki-laki :
Kesimpulan :
Saya mengalami masa pubertas
Alasan :
Karena saya telah merasakan masa pubertas, seperti suara saya yang mulai membesar, sudah mulaitumbuh jakun, mulai tumbuh bulu-bulu di daerah tertentu.

Kesimpulan ciri kanak-kanak pada amak perempuan :
Kesimpulan :
Saya mengalami masa kanak-kanak
Alasan :
Karena saya belum mendapati pada diri saya ciri-ciri pubertas karena suara saya belum melengking, payudara belum membesar, serta belum tumbuh bulu di daerah-daerag tertentu.

Kesimpulan ciri masa pubertas pada anak laki-laki :
Kesimpulan :
Saya mengalami masa pubertas
Alasan :
Saya saya sudah mendapati pada diri saya ciri-ciri pubertas karena suara saya sudah mulai melengking, payudara membesar serta tumbuh bulu di daerah-daerah tertentu.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 53, 55, 56, 57. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 53, 55, 56, 57."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel