Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 8, 9, 10, 11.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 8, 9, 10, 11 - Pembelajaran 2 Tema 6 Kelas 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 1 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Masyarakat Peduli Lingkungan tepatnya terdapat pada halaman 8, 9, 10, 11.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 2 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 pada halaman 8, 9, 10, 11, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 6 subtema 1 pembelajaran 2 yang terdapat pada halaman 8, 9, 10, 11.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Pembelajaran 2 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Halaman 8, 9, 10, 11.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 1 Halaman 3 5 6

Siti  dan  keluarga sebagai warga masyarakat yang   baik   selalu membuang sampah pada tempatnya. Siti dan keluarga sangat peduli dengan lingkungan rumahnya. Di  depan rumah Siti  dipasang tempat  sampah, untuk sampah basah maupun sampah kering. Orang yang  lewat di  depan rumah Siti  pun boleh membuang sampah di tempat sampah itu.

Banyak perilaku yang  dapat kita  perbuat untuk peduli lingkungan. Lingkungan yang  bersih, asri,  dan sehat merupakan jembatan bagi masyarakatnya untuk menuju hidup sejahtera.  Bacalah bacaan berikut!

Ayo Membaca

Kampung Rawajati

Di Kampung Hijau Rawajati, selain peduli untuk membuat lingkungan hijau oleh  tanaman, terlihat juga kesadaran warga yang  cukup tinggi untuk andil terhadap  pengelolaan sampah dengan bijak.   Sebuah sentra  pengumpulan sampah disediakan di area kampung untuk menampung aneka sampah rumah tangga. Para ibu  turut andil dengan memisahkan sampah dapur seperti kulit bawang, batang sayuran, kulit  buah, dan kulit  telur kemudian dikumpulkan di  sentra bersama dengan sampah kebun. Campuran sampah dapur dan sampah kebun dari  warga kemudian diolah menjadi kompos. Setiap warga diperbolehkan mengambil kompos untuk penyubur tanaman.

Apa yang  dilakukan warga kampung Rawajati terhadap sampah konsumsi? sampah konsumsi ada yang  berupa sampah organik. Sampah organik adalah sampah yang  berasal dari  sisa makhluk hidup yang  terdapat di alam seperti tumbuhan dan hewan serta berbagai hasil olahannya sehingga dapat terurai secara alami. Sampah organik termasuk sampah yang  ramah  lingkungan. Di Kampung Rawajati tidak akan ditemukan gunungan sampah sisa makanan yang  menimbulkan aroma tidak sedap. Mengapa demikian? Beberapa warga memiliki lubang biopori atau lubang resapan di halaman rumah. Sampah sisa makanan tiap hari dituang ke dalam lubang biopori dan dibiarkan membusuk di  sana. Ketika   kelak   membusuk, sampah-sampah  tersebut akan menjadi penyubur tanah di sekitarnya.

Ada juga sampah konsumsi berupa sampah anorganik yaitu  sampah yang tidak akan dapat terurai oleh  bakteri secara alami. Beberapa contoh sampah anorganik adalah sampah-sampah plastik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti botol  kemasan plastik, botol  kaca,  besi,  serta barang tak terpakai  lainnya.  Warga Rawajati  memiliki bank sampah, sebagai tempat menyetorkan sampah-sampah jenis ini. Setiap Minggu sampah yang terkumpul di sentra diambil oleh  beberapa pengepul untuk dibawa ke tempat pengolahan akhir. Pengelola bank sampah mengeluarkan daftar harga beli  untuk tiap kg sampah yang  disetorkan warga. Semakin banyak warga menyetorkan sampah, tentu semakin bertambah pula saldo tabungan sampahnya. Selain mengurangi tumpukan sampah,  warga pun   senang karena memperoleh manfaat dan keuntungan berupa uang dari  sampah yang  dihasilkannya. Bahkan beberapa anak memiliki tabungan sampahnya sendiri. Mereka berlomba mengumpulkan botol  dan kemasan plastik untuk menambah saldo tabungan.

Sebagian dari  sampah anorganik, juga dikumpulkan warga untuk diolah menjadi aneka kerajinan yang  bernilai jual.  Vas  bunga, alas gelas, dompet, serta  tas  dirangkai cantik dari   aneka  botol   plastik dan  kemasan  bekas. Kegiatan ini  dilakukan oleh   beberapa ibu  di  waktu luang mereka. Mengisi waktu, mengurangi tumpukan sampah, dan menambah uang belanja tentunya menjadi hal  positif yang  bermanfaat bagi warga dan lingkungan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran Halaman 8 & 9

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1. Apa judul bacaan di atas?

Judul bacaan di atas adalah “Kampung Rawajati”. 

Apa kata kunci  pada judul  bacaan di atas?

Kata kunci pada judul adalah kampung Rawajati.

Apa isi bacaan di atas sudah sesuai dengan kata kunci  yang  kamu sebutkan?

Isi bacaan berdasarkan kata kunci yaitu kondisi lingkungan di kampung Rawajati.

 
2.   Bagaimana dengan pengelolaan sampah di  sekitarmu?

Sampah di daerahku dikelola dengan baik. Sampah organik diolah menjadi pupuk. Sampah anorganik diolah menjadi benda kerajinan. Misalnya, tas dari bekas kemasan deterjen

Apa  yang  dapat kamu lakukan terhadap sampah di rumahmu?

Yang dapat saya lakukan terhadap sampah di rumah adalah mendaur ulang sampah-sampah tersebut menjadi pupuk kompos dll.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran Halaman 10

Ayo Berlatih

Apa isi lagu  tersebut?

Isi lagu tersebut tentang peduli lingkungan bersama keluarga

Apakah kamu menyanyikan lagu  di atas sesuai dengan interval lagunya?

Saya menyanyikan lagu di atas sesuai dengan interval lagunya

Apakah kamu mengetahui apa yg dimaksud dengan interval lagu?

Interval lagu adalah sebuah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya

Peduli lingkungan bersama keluarga, misalnya bekerja bersama-sama membersihkan rumah sambil bernyanyi merupakan kegiatan yang menyenangkan.  Peduli lingkungan merupakan  kewajiban kita. Dari anak- anak, para remaja, dan orang tua hendaknya peduli dengan lingkungan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran Halaman 11

Ayo Mengamati

Perhatikan kedua gambar berikut dan jawablah pertanyaan di bawah ini!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 1 Halaman 3 5 6

1. Apakah kamu melihat adanya perbedaan pada kedua gambar tersebut?

Ya, terdapat perbedaan pada kedua hambar tersebut.

Tunjukan perbedaan pada gambar di atas. Tuliskan pada kolom  berikut!

Perbedaan tinggi badan, ukuran tubuh, ukuran pakaian, warna pakaian, dan alas kaki

2. Tahukah kamu yang dimaksud masa puber?

Pubertas adalah proses kematangan dan pertumbuhan yang terjadi ketika organ-organ reproduksi mulai berfungsi dan karakteristik seks sekunder mulai muncul. Perubahan fisik yang paling terlihat ialah terjadinya kematangan pada organ-organ seksual untuk mencapai kepada kemampuan reproduksi. Sedangkan perubahan secara priskologis selama pubertas lebih banyak berkaitan dengan perubahan emosi,

 Baik anak laki-laki maupun anak perempuan akan mengalami masa puber. Apa ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan pada masa puber? 

Ciri-ciri pubertas pada perempuan
  • Payudara akan mulai tumbuh dan terkadang terasa lebih lembut. Perubahan ini bisa terjadi pada salah satu payudara terlebih dahulu, kemudian disusul bagian lainnya.
  • Rambut kemaluan mulai tumbuh dan kadang tumbuh rambut juga di sekitar tangan dan kaki
  • Perubahan pada tubuh mulai terlihat dengan panggul yang mulai melebar
  • Pinggang yang mulai terlihat lebih kecil
  • Muncul lemak yang akan mulai menumpuk pada bagian perut dan pantat
Ciri-ciri pubertas pada laki-laki
  • Testikel yang bertambah besar dan bagian skrotum terlihat menipis dan berwarna kemerahan.
  • Rambut kemaluan muncul pada area sekitar penis dan rambut-rambut halus muncul pada ketiak dan kaki.
  • Mulai berkeringat dalam jumlah banyak
  • Perubahan warna suara yang awalnya serak menjadi lebih berat
  • Mengalami “mimpi basah”, yaitu ejakulasi pertama yang biasanya dialami ketika sedang tidur.
  • Jerawat pada wajah dan kulit mulai berminyak
  • Mengalami pertambahan tinggi

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 8, 9, 10, 11. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 8, 9, 10, 11."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel