Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 60, 61, 62, 63.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 60, 61, 62, 63 – Kunci Jawaban Pembelajaran 3 Tema 6 Kelas 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Membangun Masyarakat Sejahtera tepatnya terdapat pada halaman 60, 61, 62, 63.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 3 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 pada halaman 60, 61, 62, 63, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 6 subtema 2 pembelajaran 3 yang terdapat pada halaman 60, 61, 62, 63.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Pembelajaran 3 Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera Halaman 60, 61, 62, 63.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 3 Halaman 60 61 62 63

Siti  dan teman-temannya telah mendapatkan hak sebagai warga negara Indonesia yaitu hak memperoleh pendidikan dan pengajaran. Siti dan teman-temannya menjadi generasi yang pandai dan cerdas. Itulah salah satu manfaat pemenuhan hak warga negara. Masih banyak manfaat pemenuhan hak warga negara Indonesia lainnya. Apa sajakah itu?

Ayo Membaca

Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia

Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban hendaknya dilakukan secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak tidak lupa juga melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. Bahkan kewajiban hendaknya dilakukan terlebih dahulu daripada hak. Banyak manfaat yang dapat dirasakan warga negara Indonesia atas terpenuhinya hak yang dimiliki.

Salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa  merupakan salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea empat.

Manfaat lain bisa dipahami berdasarkan pemenuhan hak warga negara. Contohnya manfaat atas pemenuhan hak mendapatkan  pekerjaan dan penghidupan yang  layak  bagi kemanusiaan. Pemenuhan hak ini sangat bermanfaat bagi peningkatan perekonomian warga negara Indonesia dan mengurangi jumlah pengangguran.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 3 Halaman 60 61 62 63

Adapun pemenuhan hak atas perlindungan hukum jelas akan bermanfaat bagi terwujudnya keamanan, keadilan, dan keteraturan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan demikian, akan tercipta kehidupan yang harmonis antarwarga negara Indonesia dan antara warga negara dengan pemerintah.

Untuk pemenuhan hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan sangat bermanfaat dalam menciptakan kesejahteraan umum. Masyarakat yang sehat dapat menjalankan segala kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehingga tercipta keasejahteraan umum. Menciptakan kesejahteraan umum ini juga merupakan salah satu tujuan nasional Indonesia.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 60 & 61

Ayo Berlatih

Di  depan  telah  disajikan bacaan  nonfiksi yang   terdiri atas  lima   paragraf. Bacalah kembali dengan  cermat teks nonfiksi di  atas. Selanjutnya, kerjakan perintah berikut!

Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.
Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.
Tuliskan  gagasan utama dari  teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.
Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran 3 Halaman 60 61 62 63

Kalimat Utama
  1. Semua warga negaramemiliki hak.
  2. Salah satu contoh manfaat pemenuhan hak atas perolehan pendidikan dan pengajaran.
  3. Manfaat pemenuhan hak atas perlindungan hukum
  4. Manfaat pemenuhan hak atas pemerolehan fasilitas pelayanan kesehatan
Gagasan Utama Setiap Paragraf
  1. Hak warga negara Indonesia dilaksanakan secara seimbang.
  2. Manfaat pemenuhan hak atas perolehan pendidikan dan pengajaran
  3. Manfaat lain pemenuhan hak warga negara
  4. Manfaat pemenuhan hak warga negara.
Gagasan Utama Teks Nonfiksi
Manfaat pemenuhan hak

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 62

Ayo Berdiskusi

Buatlah kelompok di kelas yang  terdiri atas tiga sampai lima  orang. Bacalah dengan  cermat bacaan di  atas, kemudian diskusikan dengan  teman  satu kelompokmu cara-cara untuk mempertahankan  kemerdekaan. Tuliskan  cara lain  yang  dapat kamu lakukan selain yang  ada dalam bacaan.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan  untuk mempertahankan kemerdekaan.
  • Belajar dengan giat, tekun dan rajin.
  • Menggunakan produk buatan dalam negeri
  • Melestarikan budaya asli Bangsa Indonesia
  • Menaati peraturan dan tata tertib di sekolah sebagai seorang pelajar

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 63

Ayo Mengamati

Lakukan pengamatan  terhadap  perilaku warga  masyarakat  di lingkungan tempat  tinggalmu.  Identifikasilah perilaku warga  masyarakat  yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan  Indonesia. Tuliskan  hasil pengamatanmu dan presentasikan secara lisan di depan kelas.

Kita harus selalu mempunyai semangat yang tinggi seperti para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan. Sikap yang pantang menyerah juga harus kita tiru di dalam menggapai sesuatu sebagai salah satu talak ukur kemauan besar kita di masa kini. Untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia ada berbagai cara yang bisa kita lakukan dan tentunya bermanfaat bagi sesama yang bisa menumbuhkan semangat patriotisme.
Pembahasan
Beberapa perilaku warga masyarakat yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu :
  1. Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dengan melaksanakan siskamling
  2. Mengamalkan nilai - nilai Pancasila dengan bergotong royong memperbaiki Masjid
  3. Menghargai sesama warga negara Indonesia yang berbeda asal daerah
  4. Menggunakan produk buatan dalam negeri dan mengurangi penggunaan barang impor.
  5. Mendukung pembangunan dengan taat membayar pajak.
  6. Mengikuti semua protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah
Kesimpulan
Sikap yang baik akan menghasilkan karakter yang baik pula, maka dari itu kita harus selalu bersikap baik kepada siapapun untuk dapat mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan semangat yang tinggi tidak mungkin bangsa ini goyah dan direbut kembali oleh bangsa lain, yang ada malah Indonesia semakin kuat dan bersatu dalam keadaan apapun dan bagaimanapun.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 60, 61, 62, 63. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 60, 61, 62, 63."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel