Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 107, 108.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 107, 108 - Pembelajaran 2 Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku tepatnya terdapat pada halaman 107, 108.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 2 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 7 pada halaman 107, 108, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 7 subtema 3 pembelajaran 2 yang terdapat pada halaman 107, 108.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Pembelajaran 2 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Halaman 107, 108.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Pembelajaran 2 Halaman 107 108

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar karya-karya seni rupa yang kreatif berikut ini.

Menurutmu, bagaimana cara membuat karya montase?

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Pembelajaran 2 Halaman 107 108

Menurutmu, bagaimana cara membuat karya kolase?

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Pembelajaran 2 Halaman 107 108

Menurutmu, bagaimana cara membuat  karya mozaik? Apa perbedaannya dengan karya kolase? 

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Pembelajaran 2 Halaman 107 108

Menurutmu, bagaimana cara membuat karya seni aplikasi? 

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Pembelajaran 2 Halaman 107 108

Ayo Berdiskusi

Kamu  telah mengamati  contoh-contoh karya montase, kolase, mozaik, dan aplikasi. Apa  perbedaan  karya montase, kolase, mozaik, dan aplikasi? Coba diskusikan dengan teman-teman sekelompokmu. Selanjutnya, ceritakan hasil diskusimu kepada Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

Karya  montase, kolase, aplikasi, dan mozaik merupakan karya seni rupa. Keempat jenis  karya tersebut dibuat dengan teknik tempel. Bahan- bahan yang  ditempelkan beragam.

Montase dibuat dengan  menempelkan gambar-gambar yang sudah jadi.  Gambar-gambar itu  dapat diambil dari  majalah bekas, surat kabar, atau media lainnya. Gambar-gambar itu  kemudian disusun ulang membentuk gambar adegan baru sesuai yang  kita  inginkan.

Karya  kolase dibuat menggunakan paduan aneka bahan (misalnya kertas, kain, kayu). Aneka bahan itu ditempelkan pada permukaan gambar.

Mozaik dibuat  dengan  menempelkan potongan-potongan bahan. Dibandingkan kolase, potongan-potongan bahan yang  ditempelkan lebih kecil. Bahan yang  digunakan sejenis, misalnya kertas saja, kaca saja, atau keramik saja. Namun, supaya lebih  menarik, digunakan macam-macam warna.

Karya  aplikasi dibuat dengan menempelkan suatu bentuk dari  bahan tertentu. Karya aplikasi banyak diterapkan pada kerajinan kain.

Cara membuat karya montase:

1.  Tentukan tema karya, misalnya tentang keragaman budaya di Indonesia.

2.  Buatlah rancangan karya montase pada selembar kertas.

3.  Carilah gambar-gambar sesuai rancangan. Gambar-gambar dapat kamu peroleh dari  buku  bekas, majalah, atau koran bekas.

4.  Guntinglah gambar-gambar yang  kamu peroleh.

5.  Rekatkan potongan gambar-gambar pada kertas sesuai rancangan.

6.  Jika perlu, lengkapi dengan gambar dengan menggunakan pensil, lalu warnailah.

Cara membuat karya kolase:

1.  Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang  dipilih.

2.  Siapkan bahan untuk kolase, misalnya kertas, kain,  kayu,  atau biji-bijian.

3.  Potong-potong bahan kolase, kecuali biji-bijian.

4.  Tempelkan potongan-potongan bahan pada gambar.

Cara membuat karya mozaik:

1.  Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang  dipilih.

2.  Siapkan bahan untuk kolase, misalnya kertas atau kain.

3.  Potong-potong kertas atau kain menjadi potongan kecil-kecil.

4.  Tempelkan potongan-potongan bahan pada gambar.

Cara membuat karya aplikasi:

1.  Siapkan bahan untuk aplikasi, misalnya kain  atau kertas (kertas berwarna atau kertas bekas kalender).

2.  Rancanglah gambar pada selembar kertas sesuai dengan tema yang dipilih.

3.  Potonglah kain  atau kertas menjadi bentuk tertentu, misalnya daun, bunga, binatang, atau bentuk-bentuk lain  sesuai dengan gambar rancangan.

4.  Tempelkan potongan bentuk tersebut pada benda yang  akan dihias. Tempelkan menggunakan lem  atau dengan menjahit jika aplikasi menggunakan kain.

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut!

Percantik Dekorasi Ruang  Tamu dengan Seni  Mozaik

Mozaik merupakan seni dekorasi dengan merangkai kepingan-kepingan bahan berwarna, seperti keramik, batu, atau kertas. Kepingan-kepingan bahan itu disusun sehingga membentuk suatu  gambar. Seorang desainer interior,  Alexey  Steshak sukses mempercantik tampilan  dinding rumahnya dengan karya mozaik bergambar pohon.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Pembelajaran 2 Halaman 107 108

Sebelum merangkai kepingan-kepingan keramik, Alexey Steshak terlebih dahulu membuat sketsa gambar pohon di dinding rumahnya. Ia kemudian menempelkan kepingan-kepingan keramik berbagai macam warna seperti hijau, oranye, dan cokelat hingga terbentuklah gambar pohon yang  unik  dan mempesona.

Ayo Berdiskusi

Pengetahuan baru apa yang kamu dapat dari teks ‘Percantik  Dekorasi Ruang Tamu dengan Seni  Mozaik”? Diskusikan dengan teman sebangkumu, lalu bacakan hasil diskusimu di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

Karya  kolase, montase, aplikasi, dan mozaik menggunakan aneka bahan. Bahan yang  dapat digunakan, misalnya kertas, biji-bijian, bulu  binatang, kain, kaca, atau keramik. Setiap jenis bahan akan menghasilkan tampilan berbeda. Tekstur  karya juga berbeda. Ada  yang  bertekstur halus. Sebaliknya, ada pula yang  bertekstur kasar.

Secara umum, ada dua macam tekstur permukaan benda yaitu  kasar dan halus. Setiap jenis tekstur memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung peruntukannya. Kaca yang bertekstur halus  bermanfaat  supaya  dapat memantulkan cahaya lebih  baik.  Sebaliknya, ban kendaraan bertekstur kasar.

Ayo Mencoba

1.  Siapkan beberapa pulpen atau pensil. Kumpulkan benda itu sebanyak- banyaknya dari  teman-temanmu.

2.  Setelah  terkum pul, rabalah  perm ukaan setiap ben da itu, kem udian peganglah satu per  satu. Peganglah dengan cara yang  sama.

3.  Bandingkan hubungan kelicinan permukaan benda dengan kemudahan memegang benda tersebut.

4.  Catatlah hasil kegiatanmu.

Semakin licin  permukaan suatu benda, semakin sulit  benda tersebut untuk dipegang. Sebaliknya, benda mempunyai permukaan kasar semakin mudah untuk dipegang.

Kekasaran  dan kelicinan permukaan benda memengaruhi nilai  gaya gesek yang  dihasilkan. Gaya  gesek adalah gaya berlawanan arah yang dihasilkan oleh  satu benda ke benda lain  dipengaruhi oleh  perm ukaan benda. Contoh gaya gesek misalnya gaya gesek antara telapak tangan dengan benda yang  dipegang atau gaya gesek antara telapak kaki dengan lantai saat kita  melangkah.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 107

Ayo Berdiskusi

Diskusikan jawaban pertanyaan berikut bersama teman-teman sekelompokmu. Selanjutnya, bacakan hasil diskusi kalian di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

1.  Apa contoh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari dan manfaatnya bagi manusia?

  • Gaya gesekan antara alas kaki dengan lantai pada saat berjalan. Manfaatnya Jika permukaan lantai atau telapak kaki licin, maka dapat dipastikan orang yang berjalan tersebut akan jatuh tergelincir.
  • Gaya gesekan pada penggunaan rem sepeda atau mobil, yang berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan tersebut.
  • Mendorong kursi, mendorong meja, mendorong lemari. Manfaatnya untuk mempermudah pekerjaan

2.  Mengapa permukaan ban kendaraan dibuat kasar?

Ban yang dibuat kasar dan beralur agar ban tidak slip dan tergelincir saat melaju. Selain itu gaya gesek juga akan membuat mobil dapat berjalan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 108

Ayo Renungkan

1. Apa yang  kamu pelajari pada hari ini?

  1. Cara membuat karya montase
  2. Cara membuat karya kolase
  3. Cara membuat karya mozaik
  4. Cara membuat karya aplikasi
  5. Contoh gaya gesek dan manfaatnya
  6. Mengapa permukaan ban kendaraan dibuat kasar

2. Apa persamaan karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik?

Pembahasan:
Persamaan karya kolase, montase, aplikasi dan mozaik adalah keempat karya tersebut dibuat dengan teknik tempel.

3. Apa perbedaan karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik?

Perbedaannya:
  • Montase dibuat dengan menempelkan gambar-gambar yang telah jadi sebelumnya yang disusun ulang membentuk gambar adegan yang baru.
  • Kolase dkemudian ibuat dengan memadukan anek bahan seperti kayu, kain, kayu, yang kemudian ditempelkan pada permukaan gambar.
  • Mozaik dibuat dengan menempelkan potongan-potongan bahan yang lebih kecil daripada bahan-bahan pada kolase, dan bahan tersebut hanya sejenis saja.
  • Aplikasi dibuat dengan menempelkan suatu bentuk dari bahan tertentu yang biasanya banyak pada kerajinan kain.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Identifikasilah pemanfaatan gaya gesek di lingkungan rumahmu.

Pemanfaatan dari gaya kesek yang akan didapatkan pada kehidupan sehari-hari itu sendiri adalah:
  • Memberikan sebuah penghangatan dari tubuh yang dimana ketika terjadi kedinginan. Dalam hal dengan menggunakan tangan yang ketika dilakukan gesekan yang dimana menjadikan tangan menjadi lebih hangat.
  • Dapat digunakan untuk melakukan pembuatan dari buah api yang dimana kemudian akan dapat digunakan untuk membuat api. Hal ini dapat pula dilakukan dengan cara menggunakan dua macam bentuk buah batu maupun gesekan pada korek api.
  • Dapat digunakan untuk melakukan pembautan dari magnet yang dimana apabila kita mealkukan gesekan pada sebuah magnet dengan menggunakan logam. Maka kita akan memiliki dua macam bentuk dari sifat kemagnetan yang dimana tidak akan dapat sebesar dari magnet aslinya itu sendiri.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 107, 108. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 107, 108."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel