Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 112, 115.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 112, 115 - Pembelajaran 3 Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku tepatnya terdapat pada halaman 112, 115.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 3 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 7 pada halaman 112, 115, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 7 subtema 3 pembelajaran 3 yang terdapat pada halaman 112, 115.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Pembelajaran 3 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Halaman 112, 115.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Pembelajaran 3 Halaman 112 115

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut!

Keragaman Ekonomi di Indonesia (1)

Aktivitas ekonomi terdiri atas  tiga bagian, yaitu:  produksi, distribusi, dan konsumsi. Aktivitas ekonomi penduduk Indonesia disesuaikan dengan kondisi wilayah Indonesia.  Sebagai  negara  kepulauan,  wilayah Indonesia  meliputi wilayah daratan dan perairan. Wilayah Indonesia juga mengandung potensi alam melimpah. Namun, potensi alamnya belum mampu dimanfaatkan secara optimal bagi kemakmuran  penduduk Indonesia. Sebagai generasi  penerus bangsa,  kamu hendaknya ikut   berperan aktif   dalam pemanfaatan  potensi alam secara bijak.

Apa sajakah jenis aktivitas ekonomi yang  dilakukan masyarakat? Bergerak di bidang apa sajakah aktivitas ekonomi masyarakat? Berikut beberapa jenis aktivitas ekonomi dan bidang ekonomi terkait.

1.  Aktivitas  Ekonomi di Bidang Pertanian

Wilayah Indonesia  berada   di   antara  lintang  6oLU  –  11oLS.  Posisi  ini menyebabkan  wilayah Indonesia  beriklim tropis.  Wilayah Indonesia mendapatkan banyak sinar matahari dan curah hujan sepanjang tahun. Kondisi ini sangat  mendukung  aktivitas pertanian.  Aktivitas pertanian juga didukung tingkat kesuburan tanah yang  tinggi karena pengaruh banyaknya gunung api.

Banyak penduduk  Indonesia  melakukan  aktivitas  pertanian. Dengan mencermati kondisi geografis Indonesia, aktivitas pertanian dibedakan menjadi pertanian lahan basah dan pertanian lahan kering. Pertanian lahan basah membutuhkan banyak air, misalnya sawah irigasi dan sawah lebak. Pertanian lahan  kering membutuhkan  sedikit air,  misalnya tegalan dan perkebunan. Jenis  pertanian lahan apa yang cocok dikembangkan di daerahmu?

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Pembelajaran 3 Halaman 112 115

2.  Aktivitas Ekonomi di Bidang Peternakan

Di Indonesia banyak aktivitas peternakan dikelola masyarakat atau badan usaha. Aktivitas tersebut berupa peternakan unggas, peternakan hewan kecil, dan peternakan hewan besar. Beragamnya aktivitas ini  menyediakan hasil ternak melimpah. Selanjutnya, hasil ternak dapat dikonsumsi oleh  masyarakat.

Apa  sajakah jenis hewan yang dibudidayakan masyarakat? Jenis  hewan yang dibudidayakan sebagai berikut.
a. Peternakan unggas, meliputi ayam, itik, burung, dan angsa.
b. Peternakan hewan kecil, meliputi kelinci, kambing, dan domba. 
c. Peternakan hewan besar, meliputi sapi, kerbau, dan kuda.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Pembelajaran 3 Halaman 112 115

Hasil peternakan tersebut meliputi telur,  daging, kulit, susu, dan bulu.  Tidak hanya untuk dikonsumsi masyarakat, hasil ternak juga dapat diolah menjadi berbagai  kerajinan.  Kerajinan  dari   hasil peternakan  misalnya tas,   sepatu, sandal, jaket, sarung tangan, dan kok (bola bulutangkis).

3.  Aktivitas  Ekonomi di Bidang Perikanan

Sekitar dua per  tiga luas wilayah Indonesia berupa perairan. Fakta  inilah yang  menjadikan Indonesia dikenal dengan sebutan negara maritim. Luasnya wilayah perairan  menyimpan  potensi  kekayaan  alam  melimpah.  Potensi ini  dimanfaatkan  masyarakat  untuk mengembangkan  aktivitas perikanan. Aktivitas perikanan  dilakukan secara  tradisional.  Kondisi   ini  menyebabkan produksi hasil perikanan di Indonesia belum optimal.

Aktivitas perikanan  dikelompokkan menjadi  perikanan  tangkap  dan perikanan budi   daya. Aktivitas perikanan  tangkap  dilakukan oleh   nelayan dengan cara menangkap ikan  di  laut. Dahulu nelayan mengandalkan  angin untuk  menggerakkan  perahu.  Nelayan memanfaatkan  angin  darat  untuk pergi melaut dan angin laut  untuk kembali ke  daratan. Kini nelayan sudah menggunakan mesin penggerak kapal (motor) untuk menggerakkan perahu. Bagaimana dengan aktivitas perikanan budi  daya? Aktivitas perikanan budi daya dilakukan di  darat atau di  perairan  payau. Budi  daya ikan   di  darat dilakukan di  kolam, sungai, sawah  (mina padi), waduk (bendungan),  atau danau. Contohnya budi  daya ikan  lele, mas, nila,  dan mujair. Budi daya ikan  di perairan payau dilakukan di tambak di pesisir pantai.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Pembelajaran 3 Halaman 112 115

4.  Aktivitas  Ekonomi di Bidang Kehutanan

Dahulu hamparan  hutan  hijau Indonesia pernah dijuluki ”karpet hijau”. Julukan ini karena hutan Indonesia tampak hijau dilihat dari  udara. Hijaunya hutan dipengaruhi oleh  iklim  tropis yang  ada di  Indonesia. Kawasan hutan Indonesia mengandung keragaman sumber daya hayati. Belum lagi  potensi hasil hutan  yang   terdiri atas  hasil hutan  kayu   dan  hasil hutan  nonkayu (misalnya: kina,  karet, damar, dan sagu). Potensi ini  menjadikan Indonesia sebagai negara pengekspor kayu.  Bagi  Indonesia, hasil ekspor kayu  menjadi salah satu sumber pendapatan negara.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Pembelajaran 3 Halaman 112 115

Aktivitas kehutanan juga perlu memperhatikan kelestarian hutan. Mengapa? Lestarinya hutan berdampak terhadap kehidupan manusia dan makhluk hidup yang  tinggal di hutan. Kelestarian hutan dapat dijaga dengan cara antara lain melakukan tebang pilih dan melakukan penghijauan (reboisasi) lahan gundul. Hijaunya hutan Indonesia dapat menjadi ”paru-paru dunia”.

Tidak  hanya memberikan manfaat ekonomis, hutan juga memiliki fungsi lain.   Adapun fungsi hutan  yaitu   sebagai  penyimpan cadangan  air   tanah, penyeimbang iklim,  serta tempat habitat flora dan fauna. Bahkan, kawasan hutan  juga dimanfaatkan untuk objek   wisata. Karena banyaknya manfaat hutan, kelestarian hutan hendaknya selalu dijaga.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 112

Tugas

Dari  teks “Keragaman Ekonomi di  Indonesia (1)” di  atas, tuliskan informasi baru yang  kamu dapatkan. Tuliskan dalam bentuk peta pikiran. Lakukan tugas ini  bersama teman sebangkumu, lalu  ceritakan di  depan teman-temanmu. Kumpulkan tulisanmu kepada Bapak/Ibu guru.

1. Pertanian lahan kering membutuhkan sedikit air, misalnya tegalan dan perkebunan.
2. Hasil peternakan tersebut meliputi telur, daging, kulit, susu dan bulu.
3. sekitar 2/3 luas wilayah indonesia berupa perairan.
Note : dibuat peta pikiran sendiri ya

Di antara kamu dan teman-teman sekelasmu mungkin ada yang  keluarganya memiliki aktivitas ekonomi yang sama. Namun, mungkin pula aktivitas ekonomi keluarga kalian berbeda-beda. Keragaman itu jangan menjadi halangan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Justru dengan perbedaan aktivitas ekonomi dalam  masyarakat, maka  semua  kebutuhan  ekonomi kita   dapat terpenuhi.

Ayo Membaca

Arti Penting Memahami Keragaman dalam Masyarakat Indonesia

Keragaman   masyarakat   Indonesia  hendaknya  kita    pahami  bersama sebagai kelebihan bangsa Indonesia yang  bisa memperkaya khasanah budaya nasional. Kita  harus bisa menerima keragaman dalam masyarakat dengan bijaksana. Dan  kita  hendaknya bisa menjadikan keragaman yang  ada sebagai alat untuk mempererat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Pembelajaran 3 Halaman 112 115

Kurang   memahami  keragaman  dalam  masyarakat  Indonesia dapat menimbulkan dampak  negatif  bagi  Negara  Kesatuan  Republik Indonesia. Beberapa dampak negatif tidak adanya pemahaman atas keragaman dalam masyarakat Indonesia sebagai berikut.
  1. Terjadinya  konflik,   baik   konflik   ras,   konflik   antarsuku,  maupun  konflik antaragama.
  2. Perpecahan  (disintegrasi) bangsa.  Perpecahan  bangsa  ini   bisa  terjadi karena terdapat konflik  sosial dalam kehidupan masyarakat, baik  karena perbedaan ekonomi, status sosial, ras,  suku,  agama, dan hasil kebudayaan.
  3. Memandang masyarakat dan kebudayaan sendiri lebih   baik  serta merendahkan masyarakat dan kebudayaan lain. Sikap ini dapat mendorong terjadinya konflik  antarkelompok.
  4. Semangat nasionalisme berlebihan sehingga menganggap rendah bangsa lain.
  5. Mempersulit pemerintah dalam menetapkan kebijakan pembangunan.
  6. Menghambat usaha pembangunan dan pemerataan sarana dan prasarana.
  7. Kurangnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Dampak negatif tersebut dapat kita  hindari. Segenap bangsa Indonesia harus menyadari bahwa keanekaragaman yang  ada dalam masyarakat Indonesia telah menjadi identitas kebangsaan yang  tumbuh dan berkembang jauh sebelum bangsa ini  menjadi satu kesatuan yang   utuh, yakni   Negara Kesatuan  Republik Indonesia  (NKRI). Bhinneka Tunggal Ika  yang  dicetuskan oleh  Mpu  Tantular pada abad XIV ini  telah menjadi simbol sekaligus menjadi semboyan persatuan bangsa kita  sejak dari  dahulu, mulai dari  Sabang sampai Merauke. Oleh karena itu, kita hendaknya bisa saling menghargai atau bersikap toleran dalam keragaman.

Banyak bentuk tindakan yang  mencerminkan sikap toleran dalam keragaman, antara lain  sebagai berikut.
  1. Menghargai perbedaan dalam masyarakat, baik  perbedaan suku,  agama, ras,  budaya, maupun golongan.
  2. Hidup  berdampingan secara damai dengan orang lain  meskipun berbeda suku,  agama, ras,  budaya, maupun golongan.
  3. Berinteraksi dengan  baik  tanpa ada sekat perbedaan suku,  agama, ras, budaya, dan golongan.

Selain itu, sikap saling menghargai dan toleransi dapat  kita  tunjukkan dengan menghindari tindakan-tindakan yang  bisa memecah belah persatuan dan  kesatuan  Negara Kesatuan  Republik Indonesia.  Beberapa  sikap  yang hendaknya kita  hindari seperti berikut.

  1. Memaksakan kehendak kepada orang lain.
  2. Acuh tak  acuh dan tidak peduli terhadap lingkungan sekitar.
  3. Menonjolkan suku,  agama, ras,  golongan, dan budaya tertentu.
  4. Mementingkan suku bangsa  sendiri atau  sikap yang   menganggap  suku bangsanya lebih  baik  daripada suku bangsa yang  lain.
  5. Cenderung memaksakan  kehendak  dan  berani  menempuh  tindakan melanggar norma untuk mencapai tujuan.
  6. Mencari keuntungan  diri  sendiri (mementingkan  diri  sendiri) daripada untuk kesejahteraan orang lain.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 115

Tugas

Tuliskan informasi-informasi penting dari  teks “Arti Penting Memahami Keragaman dalam Masyarakat Indonesia”. Jika sudah, bacakan hasil tugasmu di depan Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.

Informasi penting dari teks “Arti Penting Memahami Keragaman dalam Masyarakat  Indonesia”
Beberapa dampak negatif tidak adanya pemahaman atas keragaman dalam masyarakat Indonesia adalah :
  • Terjadinya konflik, baik konflik ras, konflik antarsuku, maupun konflik antaragama.
  • Perpecahan (disintegrasi) bangsa.
  • Memandang masyarakat dan kebudayaan sendiri lebih baik serta merendahkan masyarakat dan kebudayaan lain.
  • Semangat nasionalisme berlebihan sehingga menganggap rendah bangsa lain.
  • Mempersulit pemerintah dalam menetapkan kebijakan pembangunan.
  • Menghambat usaha pembangunan dan pemerataan sarana dan prasarana.
  • Kurangnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan.
Tindakan yang mencerminkan sikap toleran dalam keragaman, yaitu :
  • Menghargai perbedaan dalam masyarakat, baik perbedaan suku, agama, ras, budaya, maupun golongan.
  • Hidup berdampingan secara damai dengan orang lain meskipun berbeda suku, agama, ras, budaya, maupun golongan.
  • Berinteraksi dengan baik tanpa ada sekat perbedaan suku, agama, ras, budaya, dan golongan.
Beberapa sikap yang hendaknya kita hindari adalah :
  • Memaksakan kehendak kepada orang lain.
  • Acuh tak acuh dan tidak peduli terhadap lingkungan sekitar.
  • Menonjolkan suku, agama, ras, golongan, dan budaya tertentu.
  • Mementingkan suku bangsa sendiri atau sikap yang menganggap suku bangsanya lebih baik daripada suku bangsa yang lain.
  • Cenderung memaksakan kehendak dan berani menempuh tindakan melanggar norma untuk mencapai tujuan.
  • Mencari keuntungan diri sendiri (mementingkan diri sendiri) daripada untuk kesejahteraan orang lain.

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari hari ini?

  • Informasi yang baru di dapatkan dari Teks "Keragaman Ekonomi di Indonesia (1)"
  • Informasi penting dari teks "Arti Penting Memahami Keragaman dalam Masyarakat Indonesia"

Bagaimana sikapmu dalam menghadapi keragaman di Indonesia?

  • Mengembangkan sikap toleransi dalam perbedaan.
  • Menghargai hasil budaya yg dimiliki daerah lain.
  • Tidak bersikap Chauvinisme.
  • Tidak bersikap Sukuisme.
  • Mengembangkan sikap nasionalisme dan patriotisme

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bagaimana sikap toleransi yang  telah dilakukan keluargamu atas keragaman di lingkungan sekitarmu?

Sikap  toleransi yang  dilakukan keluargaku:
Menghormati tetangga yg berbeda agama , walaupun dia berbeda keyakinan, tetapi kita harus saling tolong menolong dan menghargai satu sama lain.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 112, 115. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 112, 115."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel