Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 119, 120, 124 , 125, 126.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 119, 120, 124, 125, 126 - Pembelajaran 4 Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku tepatnya terdapat pada halaman 119, 120, 124, 125, 126.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 4 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 7 pada halaman 119, 120, 124, 125, 126 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 7 subtema 3 pembelajaran 4 yang terdapat pada halaman 119, 120, 124, 125126.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Pembelajaran 4 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Halaman 119, 120, 124, 125, 126.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Pembelajaran 4 Halaman 119 120 124

Ayo Membaca

Keragaman Ekonomi di Indonesia (2)

Pada Pembelajaran 3, telah dijelaskan bahwa kondisi wilayah Indonesia mengakibatkan keragaman aktivitas ekonomi penduduk. Kamu telah mengetahui empat macam aktivitas ekonomi, yaitu di bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan. Selain empat jenis tersebut, masih ada jenis aktivitas ekonomi berikut.

1. Aktivitas Ekonomi di Bidang Pertambangan

Kekayaan alam di Indonesia juga terkandung di perut bumi, yaitu berupa barang tambang. Di wilayah Indonesia terdapat barang tambang minyak dan gas (migas) serta barang tambang nonmigas. Contoh barang tambang nonmigas antara lain emas, perak, tembaga, batu bara, bijih besi, nikel, aluminium, intan, pasir besi, dan bauksit. 

Potensi barang tambang ini hendaknya dikelola dengan optimal bagi kemakmuran rakyat. Barang tambang bersifat tidak dapat diperbaharui sehingga perlu dieksplorasi dengan bijak.  Ketersediaan  barang tambang harus dijaga bagi kebutuhan masa kini dan masa mendatang. Selain itu, perlu dicari sumber daya alam alternatif agar sumber daya alam tidak lekas habis.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Pembelajaran 4 Halaman 119 120 124

2.  Aktivitas  Ekonomi di Bidang Industri 

Amatilah aktivitas industri di lingkungan sekitar tempat tinggalmu! Apa yang  dapat kamu simpulkan dari aktivitas tersebut? Industri merupakan usaha mengubah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Bahan mentah bersumber dari  sumber daya alam. Adanya aktivitas  industri dapat meningkatkan  nilai dan kualitas suatu barang.

Indonesia antara lain industri otomotif, konveksi, elektronik, sepatu dan sandal, ban, pengalengan ikan, minuman dan makanan, serta pupuk.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Pembelajaran 4 Halaman 119 120 124

3. Aktivitas  Ekonomi di Bidang Perdagangan

Potensi alam tiap-tiap daerah diIndonesia berbeda-beda. Ada yang kaya potensi alam. Ada pula yang miskin potensi alam. Fenomena ini dipengaruhi oleh kondisi geografis tiap-tiap  daerah.  Akibatnya, tidak setiap daerah mampu menghasilkan barang yang dibutuhkan masyarakat setempat. Untuk mengatasi masalah ini berkembang aktivitas perdagangan. Aktivitas ini dilakukan 
 
masyarakat untuk menyalurkan barang dan/atau jasa dari produsen ke konsumen. Barang dagangan dapat berupa hasil pertanian, peternakan, perikanan, hutan, dan barang industri.

Aktivitas perdagangan bisa dilakukan tanpa perantara ataupun dengan perantara. Produsen dapat langsung menjual atau menyalurkan barang dan/ atau  jasa kepada konsumen. Jika ada perantara, produsen menggunakan perantara untuk menyalurkan barang dan/atau jasa kepada konsumen. Contoh perantara dalam perdagangan antara lain pedagang besar (grosir), agen, dan pedagang eceran. Pada perkembangannya, aktivitas perdagangan juga melibatkan masyarakat luar  negeri. Kegiatan perdagangan antarnegara inilah dikenal dengan sebutan ekspor impor.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Pembelajaran 4 Halaman 119 120 124

4.  Aktivitas  Ekonomi di Bidang Jasa

Sebagai negara kepulauan, wilayah  Indonesia  dihubungkan selat  dan  laut. Untuk menjangkau antarpulau dibutuhkan sarana transportasi. Di Indonesia sarana transportasi meliputi transportasi darat, udara, dan laut. Tidak  hanya itu,  untuk menjalin komunikasi juga diperlukan sarana komunikasi. Kedua sarana ini menunjukkan aktivitas ekonomi masyarakat di bidang jasa. Aktivitas jasa  merupakan  kegiatan layanan kepada masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan

hidupnya. Aktivitas jasa lainnya antara  lain  jasa perbankan dan keuangan, jasa kesehatan, jasa pendidikan, jasa konsultasi hukum, jasa pariwisata, dan jasa lainnya. Berkembangnya aktivitas jasa ini  memunculkan beragam jenis pekerjaan di bidang jasa.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Pembelajaran 4 Halaman 119 120 124

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 119

Tugas

Tuliskan informasi-informasi penting dari teks “Keragaman Ekonomi di Indonesia (2)”. Bacakan hasilnya di depan Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.

Informasi penting dari teks “Keragaman Ekonomi di Indonesia (2)” adalah :
  • Selain aktivitas ekonomi di bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan, ada juga terdapat aktivitas ekonomi di bidang pertambangan, industri, perdagangan dan jasa.
  • Aktivitas ekonomi di bidang pertambangan menyangkut pengelolaan kekayaan alam yang ada di perut bumi. Seperti pengelolaan minyak bumi, gas alam, emas, timah, intan, dsb.
  • Aktivitas ekonomi di bidang industri menyangkut tentang cara pengelolaan dari bahan mentah menjadi barang ekonomis yang memiliki nilai jual lebih. Sebagai contoh kulit sapi yang menjadi tas, kotoran ternak yang menjadi pupuk, ikan yang menjadi ikan kalengan, dsb.
  • Aktivitas ekonomi di bidang perdagangan menyangkut kegiatan jual beli antara produsen, distributor, dan konsumen. Perdagangan ini dapat berupa jual beli di bidang pertanian, industri, perikanan, hutan, dsb. Selain itu, perdagangan dapat dilakuan dengan cara ekspor dan impor.
  • Aktivitas ekonomi di bidang jasa menyangkut kegiatan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya seperti pemenuhan sarana transportasi, kesehatan, jasa pariwisata, perbankan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 120

Ayo Berdiskusi

Bersama teman-teman sekelasmu, identifikasilah aktivitas ekonomi yang dilakukan setiap keluarga dari  seluruh siswa di kelasmu. Sajikan hasilnya dalam bentuk tabel seperti di bawah ini.

Dalam melakukan kegiatan tersebut, ingatlah selalu untuk bersikap toleransi atas perbedaan di antara teman-teman sekelasmu. Janganlah mengejek teman atas aktivitas ekonomi yang  dilakukan keluarganya. Sebaliknya, jangan pula  sombong atau malah rendah diri atas aktivitas ekonomi dalam keluargamu. Setiap orang membutuhkan orang lain  untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Pembelajaran 4 Halaman 119 120 124


Jenis Aktivitas Ekonomi dalam Keluarga
  • Pertanian
  • Perkebunan
  • Peternakan
  • Perikanan
  • Kehutan
  • Perdagangan
  • Pelayan jasa pariwisata
  • Pelayan jasa pendidikan
  • Perindustrian

Ayo Membaca

Sikap Toleransi terhadap Keragaman

Toleransi berasal dari   bahasa Latin,  tolerare yang   artinya dengan sabar membiarkan sesuatu. Toleransi dapat diartikan sebagai perilaku terbuka yang menghargai segala perbedaan yang  ada dengan sesama manusia. Bersikap toleransi berarti bersikap sabar, menahan diri, serta menghargai dan berhati lapang terhadap  orang-orang yang   memiliki perbedaan  pendapat.  Berikut bentuk sikap toleransi terhadap  keragaman suku,  budaya, agama, ras,  dan gender.

1.  Toleransi dalam Keragaman Agama

Kebebasan beragama dijamin dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, khususnya pasal 29 ayat (2) yang berbunyi ”Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu”. Dengan adanya jaminan kemerdekaan beragama tersebut, segenap warga negara Indonesia hendaknya mengembangkan sikap toleransi antarumat beragama. Sikap   toleransi antarumat  beragama  dapat  diwujudkan dalam bentuk tindakan seperti berikut.

a. Tidak menghina agama yang  diyakini orang lain. 
b. Tidak memaksakan agama kepada orang lain.
c. Menghormati agama yang  diyakini orang lain.
d. Beribadah dengan baik  sesuai ajaran agama yang  dianut.
e. Hormat menghormati dan saling bekerja sama antarumat beragama. 
f. Memberi kesempatan kepada pemeluk agama lain untuk beribadah.
g. Menjaga kerukunan antarumat beragama, intern umat beragama, dan antara umat beragama dengan pemerintah.

2. Toleransi dalam Keragaman Suku dan Ras

Masyarakat Indonesia terdiri atas beragam suku dan ras. Tiap-tiap  suku bangsa mempunyai ciri khas yang membedakan dengan suku bangsa yang lain. Ciri suku bangsa yang  didasarkan atas ciri fisik  disebut ras.  Jadi,  setiap suku bangsa mempunyai ras masing-masing. Oleh  karena itu,  tercipta keragaman ras.

Terhadap keragaman yang ada, kita harus saling menghormati dan mengembangkan sikap toleran. Mengapa demikian? Alasannya, masyarakat Indonesia yang  terdiri atas beragam suku dan ras pada dasarnya merupakan satu bangsa, yaitu  bangsa Indonesia. Jadi,  dengan sikap toleransi antarsuku dan ras diharapkan akan terjalin persatuan dan kesatuan bangsa sehingga dapat memperkukuh NKRI.

Sikap  toleran dalam keragaman suku dan ras dapat kita  tunjukkan dalam bentuk sikap dan perilaku baik  kepada siapa pun  tanpa membedakan suku dan ras mana pun. Selain itu,  kita  senantiasa menghargai dan menghormati harkat dan martabat setiap manusia dengan mengembangkan semangat persaudaraan  dan  menjunjung nilai-nilai kemanusiaan.  Dalam pergaulan sehari-hari kita  harus bisa menerima suku-suku dan ras bangsa lain.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Pembelajaran 4 Halaman 119 120 124

Sikap  toleran dalam keragaman suku dan ras dapat kita  tunjukkan dalam bentuk sikap dan perilaku baik  kepada siapa pun  tanpa membedakan suku dan ras mana pun. Selain itu,  kita  senantiasa menghargai dan menghormati harkat dan martabat setiap manusia dengan mengembangkan semangat persaudaraan  dan  menjunjung nilai-nilai kemanusiaan.  Dalam pergaulan sehari-hari, kita  harus bisa menerima suku-suku dan ras bangsa lain.

3.  Toleransi dalam Keragaman Sosial  Budaya

Indonesia terdiri atas  berbagai  daerah.  Tiap-tiap  daerah  dihuni  oleh masyarakat Indonesia yang   memiliki kehidupan sosial dan budaya sendiri- sendiri.  Oleh   karena itu,  di  Indonesia terdapat  keragaman  sosial budaya. Keragaman sosial budaya merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang  tidak ternilai harganya dan diwariskan oleh  nenek moyang kita  dari  zaman dahulu. Kita  sebagai generasi penerus bangsa hendaknya senantiasa menghormati, melestarikan, dan  mengembangkan berbagai bentuk warisan sosial dan budaya  Indonesia.  Bagaimanakah  caranya?  Tentu  saja  dengan  bersikap toleran demi mempertahankan keanekaragaman sosial budaya dalam bentuk tindakan seperti berikut.

a.  Bangga terhadap kebudayaan dalam negeri.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Pembelajaran 4 Halaman 119 120 124

b.  Menyaring budaya asing yang  masuk Indonesia.

c.  Mengetahui dan selalu mencari informasi keanekaragaman budaya bangsa Indonesia.

d.  Menghormati kelompok lain  yang  menjalankan kebiasaan sosial dan adat istiadatnya.

e.  Menghargai hasil kebudayaan suku bangsa lain.

f.   Mempelajari dan  menguasai seni budaya bangsa sesuai minat dan kesenangannya.

g.  Melestarikan dan mengembangkan berbagai jenis seni tradisional seperti seni tari, seni musik, dan seni pertunjukan.

4.  Toleransi dalam Keragaman Gender  dan Mengembangkan Kesetaraan Gender

Tuhan telah menciptakan manusia dalam dua jenis yaitu laki-laki dan perempuan. Setiap orang hendaknya memiliki kesadaran gender yaitu kesadaran atas konsep yang meletakkan kedudukan, fungsi, dan  peran antara  laki-laki dan  perempuan dalam  masyarakat sejajar. Laki-laki dan perempuan dapat  bekerja sama dalam melakukan pembangunan nasional dan menciptakan harmoni sosial. Sebagai contoh, laki-laki dan perempuan dapat mengambil peran yang  berguna bagi sesama  manusia  lainnya. Anak laki-laki dan perempuan memiliki tanggung jawab yang  sama untuk menjaga kebersihan dan  kerapian tempat  tinggal. Siswa perempuan  juga memiliki kesempatan sama untuk menjadi ketua kelas seperti halnya siswa laki-laki.

Keragaman gender dapat menjadi kekuatan bagi bangsa Indonesia, apabila  masyarakat Indonesia menyadari bahwa setiap manusia memiliki hak, kewajiban, dan tanggung jawab yang  sama. Adapun sikap yang  dapat dikembangkan dalam menghormati keragaman gender adalah sebagai berikut.

a. Tidak membeda-bedakan laki-laki dan perempuan dalam berteman.

b. Memberikan hak yang sama antara laki-laki dan perempuan. 

c.  Tolong-menolong tanpa membedakan jenis kelamin.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Pembelajaran 4 Halaman 119 120 124

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 124

Tugas

Kamu telah membaca bacaan “Sikap Toleransi terhadap Keragaman”. Tuliskan informasi baru yang  kamu dapatkan dari  bacaan tersebut. Tuliskan dalam bentuk berikut.

Informasi dari Bacaan “Sikap Toleransi terhadap Keragaman”
Bahwa kita harus menghargai keragaman suku, budaya, agama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, harus saling rukun diantara sesama. Bhinneka tunggal ika walaupun berbeda2 tapi kita tetap satu Indonesia tercinta.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 125

Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan teman-teman sekelasmu, pelaksanaan sikap toleransi yang  dapat kalian lakukan di sekolah. Jadikan hasil diskusi ini sebagai kesepakatan bersama untuk segera kalian lakukan.

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari hari ini?

  • Informasi penting dari teks "Keragaman Ekonomi di Indonesia (2)
  • Jenis Aktivitas Ekonomi dalam Keluarga
  • Informasi dari Bacaan "Sikap Toleransi terhadap Keragaman"

Apa yang kamu pahami tentang pentingnya toleransi?

Agar tercipta kebersamaan dan mencegah timbulnya perbedaan suku, ras, agama dan yang lainnya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 126

Kerja Sama dengan Orang Tua

Sikap toleransi dalam hal apakah yang kamu temui di lingkungan tempat tinggalmu?

Sikap Toleransi yang saya temui, di lingkungan sekitar tempat tinggal saya adalah, toleransi dalam beragama. Salah dua tempat ibadah keagamaan di Indonesia yang cukup unik adalah  Masjid Istiqlal Jakarta, yang bersebrangan dengan Gereja Katolik Katedral Jakarta.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 119, 120, 124. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 119, 120, 124 , 125, 126."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel