Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 133, 134.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 133, 134 - Pembelajaran 6 Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku tepatnya terdapat pada halaman 133, 134.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 6 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 7 pada halaman 133, 134, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 7 subtema 3 pembelajaran 6 yang terdapat pada halaman 133, 134.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Pembelajaran 6 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Halaman 133, 134.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Pembelajaran 6 Halaman 133 134

Ayo Mencoba

Buatlah satu karya mozaik atau aplikasi.

1.  Untuk karya mozaik, kamu dapat menggunakan kertas warna-warni.
Gunting kecil-kecil kertas warna-warni. Selanjutnya buatlah sketsa gambar, lalu tempelkan guntingan-guntingan kertas pada bidang gambar. Perhatikan komposisi warna supaya menarik.

2.  Untuk karya aplikasi, siapkan benda yang  akan kamu beri  hiasan. Sebagai contoh kamu akan menghias sampul bukumu. Siapkan kertas warna sesuai warna yang  kamu inginkan. Buatlah bentuk-bentuk gambar
pada kertas warna, lalu guntinglah. Tempelkan guntingan bentuk- bentuk gambar pada sampul bukumu. Atur komposisi gambar sesuai keinginanmu.

Cara membuat karya mozaik:

1.  Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang dipilih.

2.  Siapkan bahan untuk kolase, misalnya kertas atau kain.

3.  Potong-potong kain  atau kertas menjadi potongan kecil-kecil.

4.  Tempelkan potongan-potongan bahan pada gambar.

Cara membuat karya aplikasi:

1.  Siapkan bahan untuk aplikasi, misalnya kain  atau kertas (kertas berwarna atau kertas bekas kalender).

2.  Rancanglah gambar pada selembar kertas sesuai dengan tema yang dipilih.

3.  Potonglah kain  atau kertas menjadi bentuk tertentu, misalnya daun, bunga, binatang, atau bentuk-bentuk lain  sesuai dengan gambar rancangan.

4.  Tempelkan potongan bentuk tersebut pada benda yang  akan dihias.
Tempelkan menggunakan lem  atau dengan menjahit jika aplikasi menggunakan kain.

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut!

Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia

Ki Hajar Dewantara  diberi gelar sebagai  Bapak Pendidikan Indonesia. Pemberian gelar itu ditetapkan pada tahun 1959 oleh  Presiden Soekarno. Gelar itu diberikan kepada Ki Hajar Dewantara atas jasa beliau merintis pendidikan umum di Indonesia. Hari kelahiran Ki Hajar Dewantara tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Ki Hajar Dewantara lahir  dari  keluarga ningrat di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Nama aslinya Raden Mas  Soewardi Soeryaningrat. Namun, pada usia 40,  beliau berganti nama menjadi  Ki Hajar Dewantara. Beliau tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan  Raden Mas,  karena beliau ingin dekat dengan rakyat.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Pembelajaran 6 Halaman 133 134

Beliau lulus  dari  ELS (Sekolah Dasar Belanda), lalu   melanjutkan ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera) namun tidak selesai. Ki Hajar Dewantara menjadi wartawan di banyak surat kabar, yaitu  Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer,   De  Express, Poesara,  Sedyotomo, dan  Midden Jaya.  Tulisan-tulisan beliau mampu membangkitkan semangat kebangsaan orang Indonesia.

Ki Hajar Dewantara juga aktif  dalam kegiatan politik.  Melalui organisasi Boedi   Oetomo,  beliau  menyuarakan  pentingnya  persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara. Pada tahun 1912 beliau bersama Douwes Dekker dan Cipto  Mangunkoesomo mendirikan Indische Partij. Indische Partij merupakan partai yang  bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia.

Pada tahun  1913,  Ki Hajar Dewantara  mengkritik perayaan  100  tahun bebasnya  Belanda dari   penjajahan  Perancis.  Akibatnya beliau  dibuang  ke negeri Belanda. Di sana beliau mempelajari pendidikan dan pengajaran.

Selanjutnya,  pada tanggal  3  Juli  1932  Ki Hajar Dewantara  kembali  ke Indonesia. Beliau mendirikan Perguruan Nasional Taman Siswa. Dari  sekolah inilah lahir  konsep pendidikan nasional. Saat Indonesia merdeka dan menjadi republik, Ki Hajar Dewantara diangkat menjadi Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan Indonesia. Ki Hajar Dewantara wafat pada tanggal 28  April 1959. Jasanya terus dikenang oleh  bangsa Indonesia.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 133

Tugas

Bacalah teks “Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia”.

1.  Tuliskan kata sulit  pada teks,  lalu carilah artinya.

Kalimat sulitnya yaitu pada kata Dewntara, Dewantara terdiri dari dua suku kata yaitu Dewan dan Tara. Dewan memiliki arti mahkamah tinggi, sedangkan tara artinya yang sama.

2.  Tuliskan gagasan pokok  setiap paragraf pada teks “Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia”.

Paragraf 1 : 
Ki Hajar Dewantara diberi gelar sebagai bapak pendidikan Indonesia
Paragraf 2 : 
Ki Hajar Dewantara lahir dari keluarga Ningrat di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889
Paragraf 3 : 
Tulisan tulisan beliau mampu membangkitkan semangat kebangsaan orang Indonesia
Paragraf 4 : 
Indische Partij merupakan partai yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia
Paragraf 5 : 
Pada tahun 1913, Ki Hajar Dewantara mengkritik perayaan 100 tahun bebasnya Belanda dari penjajahan Prancis
Paragraf 6 :
Jasanya terus dikenang oleh bangsa Indonesia

3.  Tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan dari  teks tersebut.

  • Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia
  • Ki Hajar Dewantara diberi gelar sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. 
  • Pemberian gelar itu ditetapkan pada tahun 1959 oleh Presiden Soekarno. 
  • Gelar itu diberikan kepada Ki Hajar Dewantara atas jasa beliau merintis pendidikan umum di Indonesia. 
  • Hari kelahiran Ki Hajar Dewantara tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional.
  • Ki Hajar Dewantara lahir dari keluarga ningrat di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. 
  • Nama aslinya Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. 
  • Namun, pada usia 40, beliau berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara. 
  • Beliau tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan Raden Mas, karena beliau ingin dekat dengan rakyat.

4.  Buatlah laporan tertulis tentang teks tersebut. Serahkan hasil tulisanmu kepada Bapak/Ibu guru.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 133, 134. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 133, 134."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel