Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 21, 23, 24, 28.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 21, 23, 24, 28 - Pembelajaran 3 Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 1 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku tepatnya terdapat pada halaman 21, 23, 24, 28.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 3 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 7 pada halaman 21, 23, 24, 28, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini. 


Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Pembelajaran 3 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Halaman 21, 23, 24, 28.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Pembelajaran 3 Halaman 21 24 28

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar peta Indonesia berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Pembelajaran 3 Halaman 21 24 28

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 21

Ayo Berdiskusi

Dari gambar peta Indonesia tersebut, diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan kelompokmu.

1.  Di pulau mana kalian tinggal?

Alternatif jawaban berbeda-beda, sesuai tempat tinggal masing-masing siswa

2.  Banyak atau sedikitkah pulau-pulau di Indonesia?

Sangat banyak, pada tahun 1987, Pusat Survei dan Pemetaan ABRI (Pussurta ABRI) menyatakan bahwa Indonesia memiliki 17.503 pulau. Terdapat 5.707 pulau yang sudah memiliki nama dan telah diverifikasi. Kemudian, pada tahun 2004, terdapat laporan dari para gubernur dan wali kota tentang pulau-pulau di Indonesia. Berdasarkan laoran tersebut, terdapat 2.870 pulau bernama dan 9.634 pulau tak bernama. 

3.  Menurut kamu, bagaimana jarak dari  pulau satu ke pulau lain?  Jauh atau dekat?

Ada yang jauh dan ada yang dekat, dengan jumlah pulau lebih dari 17000 maka Indonesia memiliki banyak pulau-pulau yang terpisah dari daratan utama. Meski demikian banyak diantaranya yang terpisah dengan jarak kurang dari 10 kilometer.

4.  Bagaimana kondisi alam setiap daerah di Indonesia?

Alam Indonesia kaya akan keanekaragaman. Seara umum, Indonesia beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi terutama di beberapa daerah, namun memiliki beberapa jenis hutan di berbagai wilayah, yaitu hutan hujan tropis (di sumatra, kalimantan dan papua), hutan musim (di jawa), sabana/ padang rumput (di aceh gayo dan madura) serta stepa (di nusa tenggara).

5.  Samakah kondisi penduduk di seluruh wilayah Indonesia? Mengapa?
 
Tidak, karena penduduk indonesia yang tinggal di perkotaan dan ada yang di wilayah terpencil/pelosok. kalau untuk penduduk yang di indonesia mungkin kondisi mereka akan lebih terjamin karena mereka lah yang dekat dengan pemerintah. sedangkan tangan pemerintah jarang sekali dapat menjangkau atau sampai ke wilayah pelosok negeri. itulah yang menyebabkan kondisi penduduk di seluruh wilayah indonesia berbeda beda.

Bacakan hasil diskusi kelompokmu dengan kelompok-kelompok lain. Apa yang dapat kalian simpulkan?

Di Indonesia terdapat banyak suku bangsa. Apa sajakah faktor-faktor yang menjadi penyebabnya? Adakah hubungannya dengan kondisi wilayah Indonesia?

Diskusikan bersama kelompokmu, lalu bacakan hasil diskusimu di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

Faktor penyebab keragaman suku bangsa di Indonesia adalah
  • Letak Strategis Wilayah Indonesia.
  • Kondisi Negara Kepulauan.
  • Perbedaan Kondisi Alam.
  • Keadaan Transportasi dan Komunikasi.
  • Penerimaan Masyarakat Terhadap Perubahan.
Pembahasan
Suku bangsa adalah gabungan sosial yang dibedakan dari golongan-golongan sosial karena mempunyai ciri-ciri paling mendasar dan umum berkaitan dengan asal usul dan tempat asal serta kebudayaan.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan keberagaman suku bangsa di Indonesia, antara lain adalah sebagai berikut :  
  • Faktor Letak Wilayah Indonesia yang Strategis. Keberagaman yang terjadi adalah keberagaman kebudayaan, ras, agama, dan bahasa.
  • Faktor Kondisi Negara Kepulauan. Keberagaman yang terjadi adalah keberagaman suku, bangsa, bahasa, budaya, serta peranan laki-laki dan perempuan.
  • Faktor Perbedaan Kondisi Alam. Keberagaman yang terjadi adalah keberagaman bentuk rumah, mata pencaharian, makanan pokok, pakaian, kesenian, serta kepercayaan.
  • Faktor Keadaan Transportasi dan Komunikasi. Keberagaman yang terjadi adalah perbedaan masyarakat dalam melakukan interaksi sosial dengan masyarakat lain.
  • Faktor Penerimaan Masyarakat Terhadap Perubahan. Keberagaman yang terjadi adalah perbedaan masyarakat yang mudah atau sulit dalam menerima orang asing/budaya asing.

Ayo Membaca

Faktor Penyebab Keragaman Masyarakat  Indonesia

Di Indonesia terdapat banyak keragaman, misalnya suku bangsa, bahasa, agama, dan budaya. Banyak faktor yang  menyebabkan terjadinya keragaman dalam masyarakat Indonesia. Beberapa faktor yang  dimaksud seperti berikut.

1. Letak Strategis Wilayah Indonesia

Letak  Indonesia sangat strategis, yaitu  berada di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Indonesia juga berada di antara Benua Asia dan Benua Australia. Letak  strategis tersebut menjadikan Indonesia berada di  tengah- tengah lalu  lintas perdagangan. Para pedagang dari  berbagai negara datang ke  Indonesia. Mereka membawa  agama, adat istiadat, dan kebudayaan dari negaranya. Banyak pendatang  menyebarkan agama,  adat  istiadat,  dan kebudayaan negaranya, baik  dengan sengaja maupun tidak sengaja.

2. Kondisi Negara Kepulauan

Keadaan geografi Indonesia merupakan  wilayah kepulauan yang   terdiri atas 13.466  pulau (berdasarkan data  dari   http://www.bakosurtanal.go.id/ ber ita-sur ta/show/indonesia-memiliki-13-466-pulau-yang-terdaftar- dan-berkoordinat yang  diunduh pada 5  Oktober 2016). Banyaknya pulau di Indonesia menyebabkan penduduk yang  menempati satu pulau atau sebagian dari  satu pulau tumbuh menjadi kesatuan suku bangsa. Tiap-tiap suku bangsa memiliki budaya sendiri. Oleh  karena itu, di  Indonesia ada banyak suku bangsa dengan budaya yang  berbeda-beda.

3. Perbedaan Kondisi Alam

Negara Indonesia sangat luas dan terdiri atas 13.466  pulau. Tiap-tiap pulau dibatasi oleh lautan. Selain itu, Indonesia merupakan negara vulkanis dengan  banyak pegunungan,  baik   gunung berapi maupun  bukan gunung berapi.   Keadaan  alam Indonesia tersebut memengaruhi keanekaragaman masyarakatnya.

Kehidupan masyarakat pantai berbeda dengan kehidupan masyarakat pegunungan. Masyarakat pantai lebih banyak memanfaatkan laut  untuk mempertahankan  hidupnya, yaitu  dengan menjadi nelayan. Sebaliknya, masyarakat yang  tinggal di lereng pegunungan  memiliki upaya sendiri untuk mempertahankan  hidupnya. Mereka lebih   memilih mata  pencaharian yang berkaitan dengan relief  alam pegunungan, misalnya sebagai peternak atau petani sayur.

Bagaimana dengan masyarakat yang tinggal di kota? Masyarakat yang tinggal di kota tentu tidak akan menjadi nelayan. Masyarakat kota cenderung untuk membuka usaha, bekerja di kantor, atau bekerja di pabrik.

4. Keadaan Transportasi dan Komunikasi

Kemajuan dan keterbatasan sarana transportasi dan komunikasi dapat memengaruhi perbedaan masyarakat Indonesia. Kemudahan sarana transportasi dan komunikasi memudahkan masyarakat berhubungan dengan masyarakat lain.  Sebaliknya, sarana  yang  terbatas akan menyulitkan masyarakat dalam berhubungan dan berkomunikasi dengan masyarakat lain.  Kondisi  ini menjadi penyebab keragaman masyarakat Indonesia.

5. Penerimaan Masyarakat terhadap Perubahan

Keterbukaan masyarakat terhadap sesuatu yang  baru, baik  yang  datang dari dalam maupun luar masyarakat, membawa pengaruh terhadap perbedaan masyarakat Indonesia. Masyarakat perkotaan relatif mudah menerima orang asing atau budaya lain.  Sebaliknya, masyarakat pedalaman  sebagian besar sulit menerima sesuatu yang  baru. Mereka tetap bertahan pada budaya sendiri dan sulit  menerima budaya luar.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 23

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Pembelajaran 3 Halaman 21 24 28

Bagaimana dengan kondisi di daerahmu ?

Alternatif jawaban berbeda-beda tergantung tempat tinggal siswa masing-masing. 
"Kondisi geografis lingkungan di tempat daerah tinggal saya berupa daratan rendah dan lingkungan sekitarnya memiliki suhu yang cukup panas namun masih tergolong sejuk. Masyarakatnya mayoritas bermatapencarian sebagai pedagang, petani, dll."

Faktor apa yang menyebabkan suku bangsa daerahmu berbeda dengan daerah lain?

Faktor penyebab keragaman suku bangsa di Indonesia adalah:  
  • Letak Strategis Wilayah Indonesia.
  • Kondisi Negara Kepulauan.
  • Perbedaan Kondisi Alam.
  • Keadaan Transportasi dan Komunikasi.
  • Penerimaan Masyarakat Terhadap Perubahan.

Bagaimana sikap kita terhadap keragaman suku bangsa di Indonesia?

Berikut adalah beberapa contoh sikap yang adalah menghargai keragaman suku bangsa:
  • Tidak pilih-pilih dalam berteman berdasarkan suku, hindari sikap-sipa seperti hanya mau berteman dengan mereka yang sukunya sama.
  • Tidak DISKRIMINATIF, artinya berteman dengan tidak membeda-bedakan perlakuan. Adil dan hanya memihak pada kebenaran bukan pada kesukuan.
  • Berpikiran terbuka dan senang mempelajari suku dan kebudayaan lain.
  • Berpartisipasi dalam kegiatan budaya suku lainnya. Membaur dan jadi bagian dari mereka.
  • Hidup rukun penuh toleransi, mengedepankan musyawarah serta mengutamakan kepentingan bersama.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 24

Ayo Berdiskusi

Dari  bacaan “Faktor  Penyebab Keragaman Masyarakat Indonesia” di  depan, tuliskan informasi baru  yang   kamu dapatkan.  Diskusikan bersama teman sebangkumu, lalu  bacakan di depan teman-temanmu. Kumpulkan tulisanmu kepada Bapak/Ibu guru.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Pembelajaran 3 Halaman 21 24 28

Suku apasaja yang kamu lihat pada gambar di samping ?
7 Suku ( Jawa, Batak, Asmat, Dayak, Betawi, Melayu)

Ayo Bermain Peran

  1. Sebelum bermain, siapkan bahan dan alat berupa: kertas HVS, peta Indonesia (gunakan yang  berukuran besar jika ada), gunting, spidol, dan jarum pentul.
  2. Gunting-guntinglah kertas berukuran 8 cm × 4 cm. Tuliskan nama satu suku bangsa pada setiap guntingan kertas. Berhati-hatilah dalam menggunakan gunting supaya tidak melukai.
  3. Masukkan seluruh guntingan kertas bertuliskan nama suku bangsa ke dalam suatu wadah.
  4. Secara bergiliran dengan teman-temanmu, ambillah satu lembar guntingan kertas bertuliskan nama suku bangsa tanpa melihat ke dalam wadah.
  5. Baca  keras-keras tulisan nama suku bangsa pada guntingan kertas yang terambil. Lalu, pasangkan pada peta sesuai lokasi tempat tinggal suku bangsa itu.  Pasangkan menggunakan jarum pentul. Perhatikan penggunaan dan penyimpanan jarum pentul supaya tidak berserakan dan tidak melukai kalian.
  6. Jika kamu salah memasangkan nama suku bangsa pada peta, kamu harus menampilkan salah satu atraksi, misalnya menyanyi, membaca puisi,  atau membacakan cerita rakyat.
Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Pembelajaran 3 Halaman 21 24 28

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 28

Ayo Renungkan

Apakah kamu mengetahui suku bangsa yang mungkin ada di provinsi tempat tinggalmu?

Alternatif jawaban berbeda-beda sesuai tempat tinggal masing-masing siswa

Identifikasilah suku bangsa yang  kamu temui di lingkungan tempat tinggalmu.

Suku  bangsa yang  ada di wilayah tempat tinggalku:

Sumatera, Jawa, Madura, Sunda, Batak (Jawaban berbeda-beda ya, sesuai kondisi lingkungan peserta didik)

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 21, 23, 24, 28."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel