Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 29, 30, 31, 34.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 29, 30, 31, 34 - Pembelajaran 4 Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 1 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku tepatnya terdapat pada halaman 29, 30, 31, 34.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 4 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 7 pada halaman 29, 30, 31, 34, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 7 subtema 1 pembelajaran 4  yang terdapat pada halaman 29, 30, 31, 34.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Pembelajaran 4 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Halaman 29, 30, 31, 34.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Pembelajaran 4 Halaman 30 31 34

Selain keragaman suku bangsa, masih banyak keragaman di Indonesia. Salah satu keragaman tersebut ialah keragaman bahasa. Ayo, lakukan kegiatan berikut.

Ayo Berdiskusi

Bersama kelompokmu, tuliskan jawaban pertanyaan dan tugas berikut.

1. Di provinsi mana kamu tinggal?

2. Dalam berkomunikasi, bahasa apa yang biasa digunakan penduduk di provinsimu?

3. Tuliskan beberapa kata dalam bahasa daerah di tempat tinggalmu beserta padanannya dalam bahasa Indonesia.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 30

Tuliskan hasil diskusimu dalam bentuk tabel seperti contoh di bawah.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Pembelajaran 4 Halaman 30 31 34

Bahasa Sunda
  1. Tuang
  2. Calik
  3. Sorangan
  4. Hatur Nuhun
  5. Kumaha Damang

Bahasa Jawa
  1. Mangan
  2. Linggih
  3. Dewekan
  4. Matur Nuhun
  5. Piye Kabare

Bahasa Indonesia
  1. Makan
  2. Duduk
  3. Sendiri
  4. Terimakasih
  5. Apa Kabar

Ayo Membaca

Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah

Posisi pertama negara dengan bahasa terbanyak di dunia kini  ditempati oleh  Papua Nugini dengan jumlah bahasa mencapai 867  bahasa. Selanjutnya Indonesia menempati  posisi kedua  dengan  jumlah bahasa  sebanyak 742 bahasa.

Distribusi 742  bahasa di  seluruh Indonesia rupanya berbanding terbalik antara jumlah bahasa dengan jumlah penduduk. Pulau Jawa  dengan jumlah penduduk 123 juta orang memiliki tidak lebih dari 20 bahasa. Sebaliknya, Papua yang  penduduknya berjumlah 2 juta orang memiliki jumlah bahasa mencapai 271 bahasa.

Kurangnya  jumlah pengguna bahasa  daerah  akan berpengaruh pada kemungkinan kepunahan suatu atau beberapa bahasa daerah yang  ada di Indonesia. Bahasa yang  terancam punah adalah bahasa yang  tidak memiliki generasi muda yang  menggunakan bahasa ibu. Generasi dewasa adalah satu- satunya kelompok yang  masih menjadi penutur fasih.

Bahasa daerah  berperan dalam menjaga budaya daerah. Tata nilai budaya di Indonesia tersimpan dalam kosakata, pantun, cerita rakyat, mitos, legenda, dan ungkapan. Oleh  karena itu,  bahasa-bahasa yang   tergolong berpotensi terancam punah perlu memperoleh perhatian khusus. Kita perlu melestarikan bahasa daerah sebelum benar-benar menghilang dari  kehidupan berbangsa kita.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 31

Ayo Berdiskusi

Kamu  telah membaca bacaan “Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah”. Lakukan kegiatan berikut bersama teman sebangkumu.

Tuliskan ide pokok dari setiap paragraf. Tuliskan dalam tabel berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Pembelajaran 4 Halaman 30 31 34

Paragraf 1
Ide Pokok : Posisi negara dengan bahasa terbanyak di dunia.
Paragraf 2
Ide Pokok : Distribusi 742 bahasa di seluruh Indonesia berbanding terbalik antara jumlah bahasa dengan jumlah penduduk.
Pargraf 3
Ide Pokok : Kurangnya jumlah pengguna bahasa daerah akan berpengaruh pada kemungkinan kepunahan beberapa daerah yang ada di Indonesia.
Paragraf 4
Ide Pokok : Bahasa daerahnya berperan dalam menjaga budaya daerah

Tuliskan informasi baru yang  kamu dapatkan dari  bacaan tersebut dengan bahasamu sendiri. Tuliskan dalam bentuk berikut menggunakan ejaan yang  tepat.

Informasi dari Bacaan “Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah”
Bahasa Daerah di Indonesiaterancam punah dikarenakan penduduk sekitarnya jarang menggunakan bahasa setempat, mereka biasanya lebih sering menggunakan bahasa Indonesia agar bisa berbicara dengan orang lain.

Ayo Berdiskusi

Kamu  telah mengetahui keragaman bahasa daerah di Indonesia. Kamu  juga mengetahui bahwa bahasa daerah di Indonesia terancam punah.

Diskusikan dengan kelompokmu, kegiatan apa saja yang  dapat dilakukan bangsa Indonesia untuk mencegah kepunahan bahasa daerah?

Bacakan hasil diskusi kalian di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.
Di antara kegiatan untuk mencegah kepunahan bahasa daerah, apa yang dapat kalian lakukan segera? Buatlah kesepakatan seluruh siswa dalam satu kelas, lalu laksanakan kesepakatan itu.

Tugas

Carilah sebuah cerita rakyat, lalu tuliskan kembali ke dalam bahasa daerahmu. Pada Pembelajaran 6, kamu akan membacakan tulisanmu ini di depan teman- temanmu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 34

Ayo Renungkan

Apa yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kepunahan keragaman bahasa daerah di Indonesia?

Yang saya dapat lakukan untuk mencegah kepunahan keragaman bahasa daerah di Indonesia adalah dengan cara memakai bahasa daerah ditempat tertentu seperti di kota daerah saya sendiri.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Tuliskan sedikitnya sepuluh kosakata bahasa daerah yang  biasa digunakan dalam komunikasi di keluargamu.

Alternatif jawaban disesuaikan dengan daerah masing-masing siswa.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 29, 30, 31, 34. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 29, 30, 31, 34."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel