Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 42, 44, 47, 48.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 42, 44, 47, 48 - Pembelajaran 6 Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 1 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku tepatnya terdapat pada halaman 42, 44, 47, 48.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 6 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 7 pada halaman 42, 44, 47, 48, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 7 subtema 1 pembelajaran 5  yang terdapat pada halaman 42, 44, 47, 48.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Pembelajaran 6 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Halaman 42, 44, 47, 48.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Pembelajaran 6 Halaman 42 44 47 48

Ayo Membaca

Karnaval Mini di Sintang

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Pembelajaran 6 Halaman 42 44 47 48

Pada tanggal 16 Agustus 2016 di Kabupaten Sintang, Kalimantan dilakukan karnaval untuk memperingati kemerdekaan RI. Karnaval diadakan  di depan Pendopo  Bupati Sintang. Karnaval itu  diikuti oleh 46 regu terdiri atas para pelajar dan budayawan di Kabupaten Sintang.

Karnaval mini ini merupakan upaya edukasi bagi masyarakat. Karnaval ini diharapkan dapat meneguhkan kesadaran masyarakat bahwa di Indonesia ini terdapat keragaman suku bangsa. Keragaman itu terlihat dari  kostum, atribut, dan lambang yang dikenakan para peserta karnaval.

Kabupaten Sintang dapat dikatakan sebagai Indonesia mini. Di Sintang tinggal masyarakat yang terdiri atas berbagai suku bangsa dengan aneka bahasa dan budaya. Bupati Sintang, Jarot  Winarno, mengharapkan agar perbedaan yang  ada menjadi suatu kekuatan bagi bangsa. Sikap  saling menerima, saling menghormati, dan saling bekerja sama  harus terus dikembangkan dalam mengisi kemerdekaan yang sudah diwariskan oleh para pahlawan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 42

Tugas

Bacalah teks “Karnaval Mini di Sintang”.

1. Tuliskan kata sulit pada teks, lalu carilah artinya.

  • Karnaval Minidi Sintang (Artinya Suatu Pesta Besar atau Pameran)
  • Edukasi ( Artinya proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan potensi diri pada peserta didik dan membuat proses pembelajaran yang lebih baik.
  • Pendopo ( Bangunan yang luas tanpa batas atau sekat )

2. Tuliskan gagasan pokok setiap paragraf pada teks “Karnaval Mini di Sintang”.

Paragraf 1 
Karnaval Mini di sintang diikuti oleh 46 regu terdiri atas para pelajar dan budayawan di kabupaten Sintang
Paragraf 2
Dengan diadakannya karnaval mini di Sintang diharapkan apat meneguhkan kesadaran masyarakat bahwa di Indonesia ini terdapat keragaman Suku Bangsa.
Paragraf 3
Kabupaten Sintang dapat dikatakan sebagai Indonesia mini

3. Tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan dari teks tersebut. Serahkan hasil tulisanmu kepada Bapak/Ibu guru.

Masyarakat yang ada di Kabupaten Sintang terdiri atas berbagai suku bangsa dengan bermacam aneka bahasa dan budaya.

Ayo Bercerita

Pada Pembelajaran 4, kamu mendapat tugas untuk mencari satu cerita rakyat, lalu menuliskannya ke dalam bahasa daerahmu. Kini, secara bergantian, bacakan tulisanmu itu di depan Bapak/Ibu guru dan teman- temanmu.

Menggunakan bahasa  daerah  dalam  berkomunikasi sehari-hari merupakan salah satu upaya melestarikan bahasa daerah. Dengan upaya itu diharapkan bahasa daerah tidak akan punah.

Salah satu cara dapat dilakukan untuk mengenal bahasa daerah lain  adalah melalui lagu. Akibat  keragaman bahasa dan suku bangsa, Indonesia memiliki banyak lagu  daerah. Berikut beberapa contoh lagu  daerah di Indonesia.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 44

1. Di antara lagu-lagu daerah pada tabel di atas, lagu  mana yang  sudah kamu kenal?

  • Sue Ora Jamu
  • Cublek-cublek suing
  • Timang-timang anakku sayang
  • Jali-jali
  • Gunul-gunul pacul

2. Apakah kamu senang menyanyikan lagu  itu?

Ya, saya senang menyanyikan lagunya

3. Apa judul  lagu  yang  ingin kamu pelajari untuk dinyanyikan? Mengapa?

Yang saya ingin pelajari adalah lagu Apuse Yamko Rambe Yamko, karena saya belum hapal lagu dari Papua Barat ini

Ayo Bernyanyi

Nyanyikan lagu  “Bubuy Bulan” atau “Ampar-Ampar Pisang”. Nyanyikan sesuai tinggi rendah nada dan tempo yang  tepat. Nyanyikan dengan penghayatan yang  baik.  Lagu “Bubuy Bulan”  bercerita tentang kesedihan seseorang yang ditinggalkan orang yang  dicintainya.

Lagu “Ampar-Ampar Pisang” bercerita tentang kebiasaan masyarakat Kalimantan menjemur pisang untuk dijadikan makanan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 47

Ayo Renungkan

Apa yang telah kamu pelajari selama satu minggu ini?

  1. Mengenal suku bangsa yang ada di Indonesia
  2. Macam-macam gaya dan pemanfaatannya
  3. Mengenal seni gerabah di Indonesia
  4. Bahasa daerah di Indonesia yang terancam punah
  5. Ragam bahasa daerah di Indonesia
  6. Keragaman Agama di Indonesia
  7. Lagu-lagu daerah di Indonesia

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 48

Bagaimana sikapmu atas keragaman suku bangsa dan agama di Indonesia?

Sikap saya atas keragaman suku bangsa dan agama di Indonesia adalah bersikap toleransi antar umat beragama, saling menghargai, rukun terhadap sesama dan tidak membeda-bedakan Suku, Ras dan Agama.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 42, 44, 47, 48. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 42, 44, 47, 48."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel