Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 51, 53, 55, 56.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 51, 53, 55, 56 - Pembelajaran 1 Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Indahnya Keragaman Budaya Negeriku tepatnya terdapat pada halaman 51, 53, 55, 56.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 1 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 7 pada halaman 51, 53, 55, 56, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 7 subtema 2 pembelajaran 1  yang terdapat pada halaman 51, 53, 55, 56.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Pembelajaran 1 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Halaman 51, 53, 55, 56.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Pembelajaran 1 Halaman 51 53 55 56

Ayo Membaca

Bacalah dalam hati teks berikut!

Urang Kanekes, Si Suku Baduy

Banten merupakan sebuah provinsi di  Pulau Jawa  bagian barat. Provinsi Banten  memiliki kekayaan alam  dengan  pemandangan  indah,  termasuk pegunungan dan pantai. Di pegunungan Kendeng dengan ketinggian 600 m dari  permukaan air  laut,  tinggal masyarakat adat yang  biasa kita  sebut suku Baduy. Namun, masyarakat  suku Baduy  lebih  senang menyebut diri  mereka urang Kanekes. Dalam bahasa Sunda, urang berarti orang.

Masyarakat Kanekes dibagi  menjadi  dua  kelompok, yaitu   tangtu dan panamping. Kelompok  tangtu  dikenal sebagai  Kanekes Dalam atau  Baduy Dalam. Sebaliknya, kelompok panamping  dikenal sebagai Kanekes Luar atau Baduy  Luar.

Kelompok Kanekes Dalam atau Baduy Dalam tinggal di  tiga desa, yaitu Cikertawana, Cikeusik, dan Cibeo. Masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh  dalam  memegang  tradisi. Mereka tidak  menggunakan alat-alat elektronika, tidak menggunakan  alas  kaki,  tidak menggunakan  kendaraan sebagai alat transportasi, serta mengenakan pakaian adat yang  ditenun dan dijahit sendiri. Mereka menganut  kepercayaan  tradisional  “sunda wiwitan” dan dipimpin oleh  seorang Pu’un. Pu’un juga berkedudukan sebagai pemimpin masyarakat Kanekes.

Kelompok panamping sedikit berbeda dari   masyarakat  Kanekes Dalam. Masyarakat Kanekes Luar atau Baduy  Luar telah mengenal teknologi dan alat elektronik. Mereka juga mengenakan  pakaian modern. Namun, masyarakat Baduy  Luar masih bisa dikenali dari  ciri khas mereka, yaitu  mengenakan ikat kepala berwarna hitam.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Pembelajaran 1 Halaman 51 53 55 56

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Pembelajaran 1 Halaman 51 53 55 56

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 51

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks ”Urang Kanekes, Si Suku  Baduy”.

1. Adakah kesamaan cara hidup suku bangsa Baduy dengan suku bangsamu?

Ya, ada

Jika ada, dalam hal  apa? Jika berbeda, apa perbedaannya?

Suku baduy dibagi menjadi 2 lingkup, yaitu suku baduy dalam dan suku baduy luar. kehidupan suku baduy dalam jauh dari kata modernisasi. semua aktivitas masih bersifat tradisional, bahkan tidak juga terdapat alat komunikasi maupun teknologi lainnya sehingga cenderung terisolasi dengan globalisasi. sehingga suku baduy dalam masih sangat bergantung dengan alam. 
Sebaliknya, Kesamaan dengan bangsa kita kehidupan suku baduy luar sehari-hari adalah kebalikan dari suku baduy dalam. suku baduy luar sudah menggunakan teknologi yg ada, alat komunikasi, listrik, bahkan pakaian pun sudah seperti masyarakat modern saat ini. jadi dapat dikatakan bahwa kehidupan suku baduy luar sama dengan lingkungan modern lainnya.

2. Adakah kata sulit  yang  kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika  ada, tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.

  1. Tradisi ( Kebiasaan turun temurun yang masih di jalankan oleh masyarakat )
  2. Alat Elektroni ( Alat yang bekerja menggunakan listrik )
  3. Teknologi ( Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

3. Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks "Urang Kanekes, Si Suku Baduy".

Paragraf 1
Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa bagian Barat
Paragraf 2
Masyarakat Kanekes dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tangtu dan penamping
Paragraf 3
Masyarakat kanekes dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi
Paragraf 4
Kelompok penamping sedikit berbeda dari masyarakat Kanekes Dalam

Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan ini di dalam kelas.
  1. Tutuplah pintu dan jendela ruang kelas serta gorden jika ada.
  2. Nyalakan lampu di kelas dengan menekan saklar. Bagaimana kondisi ruang kelas?
  3. Padamkan lampu dengan menekan saklar. Bagaimana keadaan di dalam ruang kelas?
  4. Catatlah hasil pengamatan kalian.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 53

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan kegiatan tersebut, diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman-teman sekelasmu.

1.  Apa yang  menyebabkan lampu menyala?

Karena adanya aliran listrik yang dinyalakan melalui sambungan kabel menuju lampu

2.  Apa yang  menyebabkan lampu tidak menyala?

Karena aliran listrik yang terputus / tidak bersambung melalui kabel menuju lampu.

Lampu dapat menyala karena ada aliran listrik. Arus listrik mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif. Saat arus listrik  mengalir melewati lampu, lampu akan menyala.

Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan ini bersama teman sebangkumu.
  1. Siapkan penggaris plastik.
  2. Potonglah  kertas kecil-kecil, lalu letakkan pada permukaan meja.
  3. Dekatkan penggaris plastik pada potongan- potongan kertas.
  4. Apa yang  terjadi? Catatlah hasil pengamatanmu.
  5. Gosok-gosokkan penggaris pada rambut kering, lalu dekatkan penggaris pada potongan-potongan kertas.
  6. Apa yang  terjadi? Catatlah hasil pengamatanmu.
  7. Ulangi kegiatan di atas beberapa kali.
Setiap benda netral mempunyai dua muatan, yaitu  muatan positif (proton) dan muatan negatif (elektron) dalam jumlah yang  sama. Saat penggaris plastik  digosok-gosokkan  pada  rambut  kering, elektron  dari   rambut berpindah ke  penggaris.  Akibatnya, penggaris plastik kelebihan elektron dan menjadi bermuatan negatif.

Ketika  penggaris plastik bermuatan negatif didekatkan pada potongan- potongan  kertas,  muatan  negatif  pada  kertas  menjauhi  penggaris. Sisi  kertas yang   dekat penggaris menjadi bermuatan positif,  sehingga potongan-potongan kertas akan tertarik oleh  penggaris plastik.

Tarik-menarik antara muatan pada penggaris plastik dan potongan kertas ini merupakan salah satu bentuk gaya  listrik.

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut!

Listrik Statis  dan Listrik Dinamis

Muatan listrik yang terkandung pada penggaris plastik setelah digosok pada rambut kering tidak mengalir, sehingga disebut listrik diam atau listrik statis. Gaya listrik  statis pada penggaris plastik itu hanya berlangsung sementara. Selama potongan kertas menempel pada penggaris plastik, terjadi perpindahan muatan listrik.  Setelah muatan listrik  pada potongan kertas dan penggaris plastik sama, kedua benda itu akan saling menolak atau melepaskan diri. Akibatnya, potongan-potongan kertas akan terlepas dari  penggaris plastik.

Jika ada listrik  statis, ada pula  listrik dinamis. Pada listrik  dinamis terjadi aliran muatan listrik.  Listrik dinamis dapat diamati dari  kegiatan mematikan atau menyalakan lampu dengan menekan sakelar. Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu terjadi aliran listrik.  Sebaliknya, saat sakelar ditekan dan lampu mati, artinya tidak terjadi aliran listrik.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 55 & 56

Tugas

1.  Kamu  telah membaca teks “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”. Pengetahuan apa yang  kamu dapat dari  teks tersebut? Tuliskan dengan bahasamu sendiri.

Listrik statis adalah: listrik yang tidak mengalir dan perpindahan arusnya terbatas 
Listrik dinamis adalah: adalah muatan listrik yang mengalir

2.  Carilah contoh lain  yang  menunjukkan gejala listrik  statis.

Contoh Gejala Aliran Listrik : Terjadinya petir, cahaya kilat yang tampak ketika terjadi petir merupakan loncatan muatan dari awan kepermukaan bumi. Hal ini terjadi karena awan banyak mengandung muatan listrik.

Pada Pembelajaran 2, bacakan hasil tugasmu di depan Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari pada hari ini?

Yang saya pelajari pada hari ini adalah listrik statis dan dinamis

Mengapa budaya satu suku bangsa dapat berbeda dari suku bangsa lain?

Karena budaya bangsa berbeda-beda sesuai dengan adat istiadat, kepercayaan agama dan lingkungan yang berbeda yang menyebabkan perbedaan satu suku dengan lainnya.

Apa yang  dimaksud dengan gaya listrik?

Gaya listrik adalah gaya yang dialami oleh objek bermuatan yang berada dalam medan listrik.


Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 51, 53, 55, 56. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 51, 53, 55, 56."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel