Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 70, 72, 73, 74, 76.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 70, 72, 73, 74, 76 - Pembelajaran 4 Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Indahnya Keragaman Budaya Negeriku tepatnya terdapat pada halaman 70, 72, 73, 74, 76.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 4 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 7 pada halaman 70, 72, 73, 74, 76, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 7 subtema 2 pembelajaran 4 yang terdapat pada halaman 70, 72, 73, 74, 76.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Pembelajaran 4 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Halaman 70, 72, 73, 74, 76.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Pembelajaran 4 Halaman 70 72 73 74 76

Salah satu keragaman budaya di Indonesia adalah keragaman pakaian adat. Ayo, lakukan kegiatan berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 70

Ayo Berdiskusi

Bersama kelompokmu, tuliskan jawaban pertanyaan dan tugas berikut.

1. Di provinsi mana kalian tinggal?

Alternatif Jawaban disesuaikan dengan daerah tempat tinggal masing-masing siswa.

2. Apa nama pakaian adat dari daerahmu?

Alternatif jawaban sesuai dengan pakaian adat masing-masing siswa.
  1. Ulee Balang – Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
  2. Bundo Kanduang – Sumatera Barat
  3. Ulos – Sumatera Utara
  4. Aesan Gede – Sumatera Selatan
  5. Teluk Belanga – Kepulauan Riau
  6. Melayu – Pakaian Adat Riau
  7. Paksian – Bangka Belitung
  8. Tulang Bawang – Lampung
  9. Betawi – DKI Jakarta
  10. Kebaya Sunda – Jawa Barat
  11. Pangsi – Banten
  12. Kesatrian Ageng – DIY
  13. Kebaya Jawa- Jawa Tengah
  14. Pesa’an – Jawa Timur
  15. Safari dan Kebaya – Bali 
  16. Suku Sasak – NTB
  17. Ti’Langga - NTT
  18. King Bibinge dan King Baba – Kalimantan Barat
  19. Upak Nyamu – Kalimantan Tengah
  20. Ta’a da Sapei Sapaq - Kalimantan Utara
  21. Bagajah Gamuling Baular Lulut – Kalimantan Selatan
  22. Pulau Sulawesi
  23. Cele – Maluku
  24. Ewer - Papua Barat

3. Tuliskan keunikan pakaian adat daerahmu.

Alternatif jawaban sesuai dengan pakaian adat daerah masing-masing siswa

4. Dalam acara apa sajakah pakaian adat itu biasa digunakan?

Provinsi tempat tinggal : 
Alternatif jawaban sesuai dengan daerah masing-masing siswa
Nama pakaian adat :
Alternatif jawaban sesuai dengan daerah masing-masing siswa
Keunikan :
Alternatif jawaban sesuai dengan daerah masing-masing siswa

Penggunaan :
Baju adat biasa dipakai pada saat Upacara Adat, Resepsi Pernikahan & Kartinian.

Ayo Membaca

Ragam Pakaian Adat di Indonesia

Perbedaan kondisi geografis wilayah Indonesia mendorong berkembangnya pakaian adat.  Bagi   bangsa  Indonesia, pakaian adat  termasuk salah satu kekayaan budaya. Penduduk daerah biasanya mengenakan pakaian adat dalam peringatan  peristiwa atau  acara  tertentu.  Contohnya pakaian adat dikenakan saat acara pernikahan atau tradisi adat daerah setempat.

Di beberapa daerah, pakaian adat dikelompokkan sesuai kedudukan atau status pemakainya dalam masyarakat. Contohnya pakaian raja,  kepala suku, atau bangsawan berbeda dengan pakaian adat rakyat biasa.

Apa nama pakaian adat daerahmu? Tentunya kamu bangga saat mengenakannya, bukan? Suatu ketika cobalah untuk mengenakan pakaian adat dari  daerah lain.  Itulah salah satu cara kita  menghargai keragaman pakaian adat di negara kita.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 72 & 73

Tugas

Perhatikan beberapa gambar pakaian adat berikut. Tuliskan keunikan yang terlihat dari  setiap pakaian daerah pada gambar.

Berbagai keunikan pakaian adat dari Bali :
  • Pakaian adat pria berciri khaskan menggunakan penutup kepala berupa udeng, memakai baju berupa jas berkerah maupun berbagai jenis baju asal rapi, kamen, saput, keris, serta selendang.
  • Pakaian adat wanita berciri khaskan menggunakan sanggul, kebaya, kamen, bulang pasang, dan selendang.
  • Dalam acara-acara resmi, pakaian adat pria dan wanita biasanya tidak memiliki penutup bahu dan lengan.
  • Biasanya menggunakan aksesoris tambahan berupa bunga, namun bukan sembarang bunga, diantaranya seperti bunga cempaka kuning, bunga cempaka putih, dan bunga kamboja.
  • Menggunakan bija atau mebija yang diletakan di kening.
  • Pakaian-pakaian yang digunakan identik dengan warna putih.
  • Seluruh komponen pakaian adat Bali melambangkan filosofi keagamaan, seperti berbagai bagian pakaian adat Bali yang berwarna putih (melambangkan kesucian), Kamen yang diikatkan di pinggang melingkar dari kiri ke kanan (melambangkan darma), Pemakaian selendang pada wanita (bermakna wanita Bali haruslah ingat akan ajaran darma dan siap mendidik putra putrinya kelak agar patuh terhadap orang tua), dsb

Berbagai Keunikan Pakaian Adat Dari Kalimantan Barat :
  • Baju Adat dari Kalimantan Barat disebut King Baba (untuk pria) dan King Bibinge (untuk wanita).
  • Keunikan baju adat ini terletak pada bahan pembuatannya yakni dari kulit kayu ampuro atau kapuo. Kedua pohon ini dikenal dengan kandungan serat yang sangat tinggi. Cara pembuatannya dengan dipukul-pukul di dalam air kemudian dikeringkan dan dihias untuk digunakan.
  • Keunikan lainnya adalah pelengkap hiasan baju adat yang digunakan yakni bulu burung enggang. Burung ini sendiri adalah hewan khas Kalimantan dan sudah langka. 

Berbagai Keunikan Pakaian Adat Jawa Barat :
  • Keunikan pakaian adat pria jawa barat adalah pada penutup kepalanya (bendo). pria mengenakan pakaian jas taqwa dengan kain dodot. Sebagai pelengkap, menggenakan kalung, dan keris yang diselipkan di pinggang.
  • Keunikan pakaian adat wanita jawa barat adalah menggenakan kebaya dengan ikat pinggang (beuber). kain yang dikenakan adalah kain kebat. Sebagai pelengkap adalah menggenakan mahkota, hiasan rambut yang digelung jucung dan diberi untaian bunga. Sandal yang digunakan bernama kelom geulis.

Berbagai keunikan pakaian adat baju bodo dan baju balla dada dari Sulawesi Selatan :
  • Pakaian adat wanita bernama baju dodo (terbuat dari kain muslin), sedangkan pria bernama baju balla dada (terbuat dari kain lipa sabbe atau lipa garusuk).
  • Warna yang digunakan baju balla dada biasanya Merah, Biru, dan Hitam.
  • Pria menggunakan penutup kepala bernama Passapu yang terbuat dari daun lontar.
  • Baju bodo apabila dipakai akan memiliki gelembung pada bagian punggung serta pakaian ini tidak memiliki lengan dan tidak ada jahitan dibagian lehernya.
  • Banyak aksesoris yang digunakan seperti gelang, keris, selempang atua rante sembang, sapu tangan, kepingan-kepingan logam, kalung, bando emas, dan cincin.

Berbagai keunikan pakaian adat melayu Jambi dari Jambi :
  • Bahan kain yang digunakan untuk pembuatan pakaian adat ini terbuat dari kain berjenis beludru.
  • Untuk pria menggunakan penutup kepala yang terbuat dari kain beludru berisi karton berbentuk tegak menjulang tinggi.
  • Baju yang dikenakan pria memiliki panjang lengan hanya ¾.
  • Pria menggunakan celana cangge yang terbuat dari kain beludru kemudian dipakaikan sarung songket beserta sabuk kuningan.
  • Pakaian wanita secara garis besar sama dengan pria, hanya saja wanita menggunakan penutup kepala yang bernama pesangkon berbentuk duri pandan.
  • Sarung songket yang dikenakan pihak wanita berbeda dengan pria, wanita akan menggunakan sarung songket dari bahan benang sutra.
  • Menggunakan berbagai aksesoris seperti gelang emas, selendang tipis merah jambu, kalung, cincin,, anting-anting, sampai gelang kaki.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 74

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui keragaman pakaian adat di Indonesia. Sebagaimna bahasa daerah kamu juga mengetahui bahwa pakaian adat di Indonesia terancam punah.

1. Diskusikan dengan kelompokmu, kegiatan apa saja yang dapat dilakukan bangsa Indonesia untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia.

Dengan terus berpartisipasi memakai pakaian adat pada saat acara-acara tertentu, misalnya Upacara Adat & Pernikahan.

2. Bacakan hasil diskusi kalian di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

3. Di antara kegiatan untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia, apa yang dapat kalian lakukan segera? Buatlah kesepakatan kelas, lalu laksanakan kesepakatan itu.

Memakainya pada saat acara-acara tertentu, misalnya Upacara Adat & Pernikahan.

Ayo Membaca

Keunikan Pakaian Adat Wanita  Minangkabau

Setiap daerah  mempunyai pakaian  adat.  Begitu pula   dengan  daerah Minang di  Sumatra Barat. Pakaian adat bagi wanita Minang sering disebut Limpapeh Rumah Nan  Gadang.

Pakaian adat  Limpapeh Rumah Nan   Gadang   ini  terdiri atas beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keunikan masing-masing.  Berikut ini  adalah bagian-bagian dari  Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan  Gadang.

Bagian paling atas adalah penutup kepala berbentuk runcing (gonjong) menyerupai bentuk atap  rumah Minangkabau. Penutup kepala ini  disebut tingkuluak. Namun, para pengantin biasanya memakai hiasan yang  disebut suntiang.

Selanjutnya adalah  baju  adat  yang    disebut  baju  batabue.  Baju   ini penuh dengan hiasan benang emas yang   melambangkan kekayaan alam Minangkabau. Corak  hiasan benang emas beragam. Pada pinggir baju ada batas yang  diberi benang emas dan disebut minsie. Baju bagian bawah berupa kain  atau sarung yang  disebut lambak. Kain  sarung dapat berupa kain  tenun atau kain  songket. Wanita Minang juga mengenakan selendang yang  disebut salempang.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Pembelajaran 4 Halaman 70 72 73 74 76

Sebagai pelengkap, pakaian  adat  ini   juga  dilengkapi dengan  perhiasan. Perhiasan yang  dikenakan berupa gelang dan kalung. Gelang biasa disebut galang. Kalung  biasa disebut dukuah.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 76

Ayo Berdiskusi

Kamu  telah membaca bacaan “Keunikan Pakaian Adat  Wanita Minangkabau”. Lakukan kegiatan berikut bersama teman sebangkumu.

1. Tuliskan ide pokok dari setiap paragraf. Tuliskan dalam bentuk berikut.

  1. Pakaian adat wanita minang adalah limpapeh rumah nan gadang
  2. Pakaian adat wanita minang memiliki beberapa bagian
  3. Penutup kepala berbentuk seperti atap rumah adat minang, yang disebut tingkuluak
  4. Baju adat wanita minang disebut baju batubue
  5. Pakaian adat wanita minang dilengkapi gelang dan kalung

2. Tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan dari bacaan tersebut.

Informasi dari Bacaan “Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau”
Pakaian adat Minang Kabau memiliki banyak keunikan

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 70, 72, 73, 74, 76. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 70, 72, 73, 74, 76."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel