Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 87, 90.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 87, 90 – Pembelajaran 6 Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Indahnya Keragaman Budaya Negeriku tepatnya terdapat pada halaman 87, 90.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 6 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 7 pada halaman 87, 90 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 7 subtema 2 pembelajaran 6 yang terdapat pada halaman 87, 90.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Pembelajaran 6 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Halaman 87, 90.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Pembelajaran 6 Halaman 87 90

Ayo Membaca

Alat Musik Garantung dari Sumatra Utara

Indonesia kaya  akan seni dan tradisi peninggalan   nenek moyang kita. Setiap daerah  memiliki kesenian  khas. Begitu pula   daerah  Sumatra Utara suku bangsa Batak di Sumatra Utara memiliki seni musik yang  disebut uning- uningan.  Seni   musik uning-uningan  ini  menggunakan  banyak alat  musik tradisional Sumatra Utara.

Dari  berbagai alat musik daerah, ada  sebuah alat musik yang   disebut garantung. Alat musik ini disukai di Sumatra Utara. Dari alat musik ini tercipta alunan melodi yang  lembut. Dengan mendengarkan alunan musik ini pikiran menjadi tenang. Oleh  karena itu, banyak orang Sumatra Utara menyukainya.
Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Pembelajaran 6 Halaman 87 90

Alat musik garantung terbuat dari  kayu.  Pada alat musik ini terdapat tujuh bilah kayu  yang  digantung di atas sebuah kotak. Kotak  ini  berfungsi sebagai tempat penyimpan suara atau resonator.

Alat musik garantung dimainkan dengan cara dipukul. Dalam istilah Sumatra Utara, cara memukul garantung ini  disebut mamalu. Untuk memainkannya, dibutuhkan dua buah stik sebagai alat mamalu. Kedua tangan pemain masing- masing memegang satu stik.

Saat ini  alat  musik garantung  sering digabungkan dengan  alat  musik modern, seperti gitar elektrik, gitar bass, keyboard, drum set,  dan  alat  musik tiup, seperti terompet, saxophone, dan trombone. Paduan alat musik tradisional dan modern ini  sering dimainkan dalam pertunjukan yang  bersifat hiburan serta dalam upacara adat, seperti upacara pernikahan dan upacara pemakaman.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 87

Tugas

Bacalah teks “Alat Musik Garantung dari  Sumatra Utara”.

1.  Tuliskan kata sulit  pada teks,  lalu carilah artinya.

  • Tradisi artinya kebiasaan
  • Melodi artinya susunan / rangkaian tiga nada atau lebih dalam musik yang terdengar berurutan secara logis serta berirama
  • Tradisional artinya sikap dan cara berpikir serta bertindak yang selalu berpegang teguh pada norma dan adat kebiasaan yang ada secara turun menurun.
  • Resonator artinya tempat penyimpanan suara
  • Modern artinya meninggalkan gaya atau tren lama yang berganti tren baru.

2.  Tuliskan gagasan pokok  setiap paragraf pada teks “Alat Musik Garantung dari  Sumatra Utara”.

Gagasan pokok paragraf 1 :
Indonesia kaya akan seni dan tradisi peninggalan nenek moyang
Gagasan pokok paragraf 2 :
Alat musik gerantung disukai masyarakat Sumatra Utara
Gagasan pokok paragraf 3 :
Alat musik gerantung terbuat dari kayu dan terdapat tujuh bilah kayu yang digantung di atas sebuah kotak
Gagasan pokok paragraf 4 :
Alat musik gerantung dimainkan dengan cara dipukul
Gagasan pokok paragraf 5 :
Alat musik gerantung sering digabungkan dengan alat musik modern

3.  Tuliskan informasi baru yang  kamu dapatkan dari  teks tersebut.

Alat Musik Garantung dari Sumatra Utara, alat musik ini terbuat dari kayu dan cara memainkan alat musik ini dengan cara dipukul.

Serahkan hasil tulisanmu kepada Bapak/Ibu guru.

Pertunjukan tari  secara umum dalam penampilan geraknya diiringi dengan musik. Begitu pula  tarian daerah tidak terpisahkan dari  suara alat musik. Jenis  dan nama alat musik sangat beragam. Berikut beberapa contoh alat musik daerah di Indonesia.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 90

Ayo Mencoba

Peragakan gerakan tari daerah bersama teman-temanmu. Jika memungkinkan, iringilah menggunakan alat musik daerah yang mudah kamu temui. Perhatikan kesesuaian gerak dengan ketukan/hitungan dari  musik yang  diperdengarkan.

Ayo Renungkan

Apa yang  telah kamu pelajari?

  • Menentukan kata sulit pada teks "Alat Musik Gerantung dari Sumatra Utara"
  • Menentukan gagasan pokok pada teks "Alat Musik Gerantung dari Sumatra Utara
  • Mengetahui nama alat musik daerah Indonesia

Bagaimana sikapmu atas keragaman budaya di Indonesia?

Bangga dan menyikapi dengan positif karena keberagaman tersebut menjadi ciri khas negara kita

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 87. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 87, 90."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel