Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 60, 61, 64, 66, 67, 68, 69.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 60, 61, 64, 66, 67, 68, 69 - Pembelajaran 5 Tema 7 Kelas 5 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 1 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan tepatnya terdapat pada halaman 60, 61, 64, 66, 67, 68, 69.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 5 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 7 pada halaman 60, 61, 64, 66, 67, 68, 69, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 5 yang terdapat pada halaman 60, 61, 64, 66, 67, 68, 69.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Pembelajaran 5 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Halaman 60, 61, 64, 66, 67, 68, 69.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 5 Halaman 60 61 64 66 67 68 69

Ayo Membaca

Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Pada tanggal 28  Oktober 1928, suatu tekad   yang   sangat penting bagi penguatan konsep wawasan kebangsaan Indonesia telah diikrarkan. Ikrar tersebut merupakan modal yang sangat berharga bagi terbentuknya negara kesatuan. Tekad  untuk bersatu dan mengesampingkan alasan-alasan kedaerahan,  kesukuan, keturunan,  keagamaan,  dan  golongan. Namun, persatuan itu tetap dalam kerangka saling menghormati dan menghargai perbedaan-perbedaan yang  ada. Kesemuanya bersatu padu dan melebur dalam ikrar  Sumpah Pemuda.

Sejak  peristiwa Sumpah Pemuda 1928, dunia dikejutkan oleh  kemampuan dan kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu padu dalam sebuah ikatan kebangsaan. Pengaruhnya pun  sangat besar bagi organisasi pergerakan.  Organisasi-organisasi  politik   yang   lahir   setelah  peristiwa Sumpah Pemuda semuanya memakai kata “Indonesia” dalam namanya. Begitu  pun   dengan  organisasi yang   masih  bersifat kedaerahan  mulai memproses untuk bersatu dalam satu wadah, yaitu  Organisasi Indonesia Muda. Adapun tujuannya adalah untuk mempererat tali persatuan segenap pemuda yang  berbangsa, berbahasa, dan bertanah air Indonesia.

Peristiwa Sumpah Pemuda telah membawa kesadaran dalam diri  setiap orang akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam sebuah bangsa. Penyatuan berbagai sifat kedaerahan menjadi sifat nasional terus dilakukan.

Peristiwa Sumpah Pemuda menegaskan rasa senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa. Rasa inilah yang  kemudian menyebabkan timbulnya semangat persatuan untuk membentuk sebuah negara kesatuan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 60

Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan teman sebangkumu teks di atas. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut pada bagan di bawah ini.

Ulasan Teks

Judul teks

Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Bagian yang paling menarik

Dunia dikejutkan oleh kemampuan dan kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu padu dalam sebuah ikatan kebangsaan.

Informasi penting

  • Tanggal 28 Oktober 1928 diucapkan ikrar Sumpah Pemuda
  • Perbedaan-perbedaan yang ada bersatu dan melebur  dalam ikrar sumpah pemuda
  • Organisasi yang bersifat kedaerahan bersatu dalam satu wadah, yaitu organisasi Indonesia Muda
  • Ikrar Sumpah Pemuda berpengaruh besar terhadap organisasi pergerakan
  • Ikrar Sumpah Pemuda menimbulkan semangat persatuan untuk membentuk sebuah negara kesatuan

Pendapat saya tentang teks ini

Teks yang sangat bagus, karena menjelaskan pentingnya persatuan dalam menggapai cita-cita, yaitu Indonesia merdeka. Ikrar Sumpah Pemuda membawa perubahan yang sangat besar dalam perjuangan bangsa Indonesia dalam melepaskan diri dari penjajahan.

Saya menyarankan/tidak menyarankan teks ini karena

Saya menyarankan teks ini karena menceritakan proses perjuangan bangsa Indonesia dalam usaha melepaskan diri dari penjajahan. Dengan didasari nilai Persatuan dalam ikrar Sumpah Pemuda, akhirnya cita-cita bangsa Indonesia tersebut dapat tercapai dalam beberapa tahun kemudian.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 61

Ayo Menulis

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut!

Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda

  • Pada tanggal 28 Oktober 1928 muncul tekad bersama untuk bersatu dan mengesampingkan perbedaan-perbedaan yang ada
  • Setelah Sumpah Pemuda 1928, dunia dikejutkan oleh kemampuan dan kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu padu dalam ikatan kebangsaan
  • Pentingnya persatuan dan kesatuan dalam sebuah bangsa

Ayo Bernyanyi

Pada peristiwa Sumpah Pemuda 1928, turut diakui lagu “Indonesia Raya” ciptaan W.R. Supratman sebagai Lagu Kebangsaan Indonesia. Ayo, kita  nyanyikan lagu tersebut dengan penuh khidmat.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 5 Halaman 60 61 64 66 67 68 69

Lirik Lagu Indonesia Raya

Stanza 2 (tidak  tercakup PP 44/1958)

Indonesia Tanah Yang Mulia Tanah Kita Yang Kaya Disanalah Aku Berdiri  Untuk Slama-lamanya Indonesia Tanah Pusaka Pusaka Kita Semuanya Marilah Kita Mendoa Indonesia Bahagia

Suburlah Tanahnya Suburlah Jiwanya
Bangsanya Rakyatnya Semuanya

Sadarlah Hatinya Sadarlah Budinya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Tanahku Negeriku Yang Kucinta

Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya


Stanza 3 (tidak  tercakup PP 44/1958)

Indonesia Tanah Yang Suci Tanah Kita Yang Sakti Disanalah Aku Berdiri  Menjaga Ibu Sejati Indonesia Tanah Berseri Tanah Yang Aku Sayangi Marilah Kita Berjanji Indonesia Abadi

Slamatkan Rakyatnya Slamatkan Puteranya
Pulaunya Lautnya Semuanya

Majulah Negerinya Majulah Pandunya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Tanahku Negeriku Yang Kucinta

Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 64

Ayo Menulis

Setelah bernyanyi, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

Apa yang  kamu rasakan saat menyanyikan lagu “Indonesia Raya”? Jelaskan!

Bersemangat, karena nada dari lagu Indonesia Raya dibawakan dengan semangat. Selain itu perasaan patriotisme timbul dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Bagaimanakah nada dan tempo lagu “Indonesia Raya”? Jelaskan!

Dinyanyikan dengan nada Do=G dengan birama 4/4. Con Bravura yang berarti dibawakan dengan semangat menggelora.

Apakah lirik lagu “Indonesia Raya” mencerminkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan? Jelaskan!

Ya, Lagu Indonesia Raya mencerminkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, karena lagu Indonesia dinyanyikan pertama kali pada saat Sumpah Pemuda 1928, dimana dalam ikrar Sumpah Pemuda timbul kebulatan tekad untuk bersatu dan mengesampingkan perbedaan-perbedaan yang ada, serta didukung oleh berbagai kelompok/organisasi kedaerahan yang bersatu.

Jelaskan isi lagu  tersebut dengan kata-katamu sendiri. Tuliskan dalam bahasa Indonesia  yang baik  dan benar. Perhatikan penggunaan kata-kata  baku. Perhatikan pula penggunaan tanda baca yang  benar. Tuliskan dalam kotak berikut.

Dalam lagu Indonesia Raya terdapat kata-kata "Marilah kita berseru, Indonesia bersatu", kata-kata ini mengajak bangsa Indonesia untuk satu kata, satu barisan agar Indonesia bersatu untuk mencapai kemerdekaan. Kemudian pada stanza ke-2 lagu Indonesia Raya terdapat kata-kata "Marilah kita Mendoa, Indonesia bahagia", ini menunjukkan ajakan agar seluruh bangsa Indonesia dilandasi nilai religius agar Indonesia sejahtera. Pada stanza ke-3 terdapat kata-kata "Marilah kita berjanji, Indonesia Abadi", ini menunjukkan ajakan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk sumpah setia terhadap Indonesia. Kemudian kata-kata "Slamatlah Rakyatnya, slamatlah putranya, pulaunya, lautnya, semuanya. Kata-kata ini mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk selalu menjaga Indonesia beserta apa yang ada didalamnya.

Ayo Membaca

Peristiwa Mengembun dan Menyublim

Selain peristiwa mencair,  membeku, dan menguap, masih terdapat dua peristiwa perubahan wujud benda. Perubahan wujud benda yang dimaksud adalah mengembun dan menyublim.

Mengembun  adalah   peristiwa  perubahan   wujud  gas   menjadi  cair. Peristiwa ini  merupakan kebalikan dari  peristiwa menguap.  Pada waktu gas mengembun, gas melepaskan kalor  karena terjadi penurunan suhu di sekitarnya. Peristiwa sehari-hari yang  mudah kamu jumpai antara lain peristiwa pengembunan yang  terjadi di pagi hari.  Meskipun pada malam sebelumnya tidak terjadi hujan, tetapi pada pagi hari,  terdapat tetesan air pada tanaman yang  berada di luar.   Kamu  juga dapat menjumpai beberapa tempat terasa lembap oleh  air.  Peristiwa mengembun ini  terjadi karena uap air dalam udara menyentuh permukaan seperti permukaan daun atau permukaan yang  lainnya.

Menyublim merupakan  peristiwa berubahnya  wujud zat   padat menjadi gas. Mengkristal adalah perubahan wujud gas menjadi padat. Peristiwa “lenyapnya” kapur barus yang  diletakkan di dalam lemari sering dijadikan contoh peristiwa menyublim. Contoh peristiwa ini  terjadi pada saat uap iodium yang    mengkristal menjadi padatan pada saat didinginkan pada suhu tertentu.

Peristiwa perubahan wujud benda dapat dijelaskan dengan menggunakan diagram berikut ini.  Perhatikanlah diagram tersebut dengan saksama!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 5 Halaman 60 61 64 66 67 68 69

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 66 & 67

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan teman sekelompokmu, diskusikanlah soal-soal berikut.

1.  Jelaskan bagan perubahan wujud benda di atas dengan lengkap berdasarkan pengamatanmu sebelumnya dan bacaan yang  kamu miliki.

Membeku adalah peristiwa perubahan wujud zat cair menjadi zat padat. Mencair adalah peristiwa perubahan wujud zat padat menjadi zat cair. Menguap adalah peristiwa perubahan wujud dari zat cair menjadi gas. Mengkristal adalah peristiwa berubahan wujud dari zat gas menjadi zat padat. Mengembun adalah peristiwa perubahan wujud dari zat gas menjadi zat cair, sedangkan menyublim adalah peristiwa perubahan wujud dari zat padat menjadi gas.

2.  Jelaskan perbedaan antara peristiwa mengembun dan menyublim!

  • Mengembun terjadi pada perubahan zat gas, sedang menyublim terjadi pada zat padat
  • Mengembun zat melepaskan kalor, sedang menyublim zat membutuhkan kalor

3.  Jelaskan perbedaan antara peristiwa mengembun dan disposisi!

Mengembun adalah perubahan wujud dari zat gas menjadi cair, sedang Deposisi adalah perubahan wujud dari zat gas menjadi zat padat.

4.  Jelaskan perbedaan antara peristiwa menyublim dan mengkristal!

Menyublim adalah perubahan wujud zat padat menjadi zat gas, sedangkan mengkristal adalah perubahan wujud zat gas menjadi zat padat.

5.  Apa saja yang  menyebabkan terjadinya peristiwa mengembun, menyublim dan mengkristal?

  • Menyublim disebabkan suhu yang meningkat pada zat padat sehingga berubah menjadi zat gas. (contoh: Kapur barus yang lama kelamaan akan habis)
  • Mengkristal disebabkan oleh pelepasan kalor yang dialami zat tersebut. (contoh: uap air jadi salju)
  • Mengembun disebabkan pelepasan kalor yang menyebabkan zat gas berubah jadi cair. (contoh : embun pagi)

6.  Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa mengembun?  Jelaskan!

Titik-titik embun di pagi hari, butiran embun pada bagian luar dari gelas yang ada es di dalam gelas tersebut. Mengembun adalah proses perubahan wujud zat gas menjadi zat cair.

7.  Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa menyublim? Jelaskan!

Kapur barus lama kelamaan akan habis, karena kapur barus menguap menjadi gas. Menyublim adalah peristiwa perubahan zat padat menjadi zat gas.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 68

Ayo Mencoba

Bersama  dengan   teman   sekelompokmu,  rancanglah   percobaan   untuk menunjukkan terjadinya peristiwa mengembun dan menyublim.

1.  Siapkanlah alat dan bahan yang  diperlukan.

2.  Tulislah tahapan dan langkah-langkahnya.

Percobaan Peristiwa MENGEMBUN:
Alat dan Bahan :
a. Gelas
b. bongkahan es
Langkah-langkah kerja:
  • Siapkan bongkahan es dan siapkan juga gelas
  • Masukkan bongkahan es ke dalam gelas 
  • Biarkan beberapa saat
  • Amati bagian gelas, terutama bagian luar gelas
Percobaan Peristiwa MENYUBLIM :
Alat dan bahan :
  • Es batu
  • Kapur barus
  • Api/lilin
  • Pasir
  • ePenyangga/tungku
  • Kaleng
  • Piring aluminium
Langkah-langkah kerja :
  • Letakkan lilin di tengah tungku
  • Isi kaleng dengan pasir, lalu masukkan kapur barus
  • Letakkan kaleng tersebut di atas tungku
  • Letakkan piring aluminium di atas kaleng, lalu letakkan beberapa butir es batu
  • Diamkan beberapa menit

3.  Gambarlah setiap tahapan yang  kamu rancang.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 5 Halaman 60 61 64 66 67 68 69

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 5 Halaman 60 61 64 66 67 68 69

4.  Lakukan percobaan sesuai tahap yang  telah kamu rancang.

Praktek siswa

5.  Catatlah setiap perubahan yang  terjadi dengan saksama.

Percobaan Mengembun :
Terdapat tetes-tetes embun yang menempel pada gelas
Percobaan Menyublim :
Terdapat kristal-kristal di dasar piring yang digunakan untuk menutup kaleng. Di dalam kaleng hanya terdapat pasir saja, kapur barus yang tadi diletakkan di atas pasir menghilang, karena kapur barus berubah menjadi gas, dan menjadi kristal pada dinding kaleng dan dasar piring.

6.  Buatlah laporan hasil percobaanmu ke dalam sebuah poster.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 5 Halaman 60 61 64 66 67 68 69

7.   Pada poster, jelaskan perbedaan utama kedua peristiwa perubahan wujud benda tersebut.

  • Pada peristiwa menyublim, zat padat berubah menjadi zat gas dengan cara zat padat mendapat kalor untuk melakukan perubahan zat.
  • Pada peristiwa mengembun, zat gas berubah menjadi zat cari dengan cara zat gas melepas kalor untuk melakukan perubahan zat. 

8.  Presentasikan hasil percobaanmu dengan percaya diri.

Pada percobaan peristiwa mengembun, es yang menguap dan berubah menjadi zat gas, akan berubah menjadi tetes-tetes embun karena zat gas melepaskan kalor, sehingga menjadi dingin dan lama-lama berubah menjadi zat cair. Ini dibuktikan dengan adanya tetes-tetes cairan/tetes embun yang melekat pada dinding gelas
Pada percobaan peristiwa menyublim, kapur barus yang dipanaskan mengalami proses penyubliman dan pada saat gas menyentuh piring yang dingin, gas berubah menjadi kristal-kristal di dasar piring dan dinding kaleng.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 69

Ayo Renungkan

Bersatu Kita Teguh, Bercerai  Kita Runtuh

Dengan mempelajari sejarah  perjuangan bangsa melawan penjajah, khusus- nya peristiwa Sumpah Pemuda, banyak pelajaran yang  kita  petik. Kita menjadi tahu bahwa persatuan dan kesatuan memiliki arti  penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Berbagai  perlawanan  yang   bersifat  kedaerahan  selalu saja  gagal  dalam mengusir penjajah. Bangsa kita  pun  mudah diadu domba.

Dengan demikian, tepat  kiranya pepatah  ”bersatu kita  teguh, bercerai kita runtuh”.    Persatuan dan kesatuan dapat kita   wujudkan dengan  membina kerukunan di rumah, sekolah, dan masyarakat. Selain itu,  pola  hidup gotong royong juga harus senantiasa dilakukan oleh  masyarakat.

Sekarang, ceritakan sikap dan perilakumu sehari-hari yang  sudah menunjuk- kan  nilai-nilai kerukunan hidup. Tuliskan pada kolom  berikut!

  • Saling menghargai
  • Saling menghormati
  • Saling membantu atar satu sama lain
  • Menjalin bersilaturahmi
  • Bersikap sopan
  • Hidup rukun antar sesama warga negara

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tua atau anggota keluargamu yang  lain,  amatilah kegiatan sehari-hari anggota masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Identifikasi dan sebutkan kegiatan-kegiatan yang  menunjukkan adanya nilai-nilai gotong royong!

Tuliskan  hasilnya pada kolom  berikut dan mintalah tanda tangan orang tua atau anggota keluargamu yang  lain  yang  telah bekerja sama denganmu!

  • Bekerja sama dalam menyelesaikan suatu permasalahan.
  • Saling membantu satu sama lain.
  • Tidak membeda-bedakan setiap orang.
  • Membantu teman yang sedang susah.
  • Mencari kesepakatan dengan cara musyawarah.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 60, 61, 64, 66, 67, 68, 69. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 60, 61, 64, 66, 67, 68, 69."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel