Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 71, 73, 75, 76.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 71, 73, 75, 76 - Pembelajaran 6 Tema 7 Kelas 5 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 1 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan tepatnya terdapat pada halaman 71, 73, 75, 76.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 6 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 7 pada halaman 71, 73, 75, 76, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 7 subtema 1 pembelajaran 6 yang terdapat pada halaman 71, 73, 75, 76.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Pembelajaran 6 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Halaman 71, 73, 75, 76.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 6 Halaman 71 73 75 76

Ayo Membaca

Bacalah dengan saksama bacaan tentang Kongres Perempuan berikut ini!

Kongres Perempuan Indonesia

Kongres Perempuan Indonesia berlangsung tiga kali. Pada tanggal 22 Agustus 1928 di Yogyakarta, diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia I. Kongres  ini diikuti  berbagai  wakil organisasi  wanita  di antaranya Ny. Sukamto, Ny. Ki Hajar Dewantara, dan Nona Suyatin. Kongres berhasil membentuk Perserikatan Perempuan Indonesia (PPI).  Kongres itu juga berhasil merumuskan tujuan mempersatukan  cita-cita dan  usaha memajukan wanita Indonesia serta mengadakan gabungan atau perikatan di  antara  perkumpulan wanita. Pada tangal 28–31  Desember 1929,  PPI mengadakan  kongres di  Jakarta dan mengubah nama PPI  menjadi PPII (Perserikatan Perhimpunan Isteri  Indonesia).

Tanggal 20–24 Juli 1935, diadakan Kongres Perempuan Indonesia II di Jakarta dipimpin oleh Ny. Sri Mangunsarkoro. Kongres tersebut membahas masalah perburuhan perempuan, pemberantasan buta huruf, dan perkawinan.

Kongres Perempuan III berlangsung di Bandung tanggal 23–28 Juli 1938 dipimpin oleh  Ny. Emma Puradireja, membicarakan hak  pilih  dan dipilih bagi wanita di badan perwakilan. Dalam kongres tersebut, disetujui RUU tentang  perkawinan modern yang disusun oleh Ny. Maria Ulfah dan disepakati tanggal lahir  PPI 22 Desember sebagai Hari Ibu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 71

Ayo Menulis

Ayo, temukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan yang berjudul “Kongres  Perempuan Indonesia”. Kemudian, carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada Guru,  atau berdiskusi.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 6 Halaman 71 73 75 76

Kosakata Pada Bacaan
Kosakata Baku
Kongres, mengubah, istri, perserikatan, modern
Kosakata Tidak Baku
Kongres, merubah, isteri, perikatan, moderen

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut dengan  menggunakan  prinsip: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 6 Halaman 71 73 75 76

Kongres Perempuan Indonesia

Kongres Perempuan Indonesia dilaksanakan?

Kongres Perempuan Indonesia 1 di laksanakan pada tanggal 22 Agustus 1928, Kongres Perempuan Indonesia 2 Tanggal 20-24 Juli 1935 dan Kongres Perempuan 3 Tanggal 23-28 Juli 1938.
 
Di manakah Kongres Perempuan Indonesia dilaksanakan?

Kongres Perempuan Indonesia 1 di Yogyakarta, Kongres Perempuan Indonesia 2 di Jakarta, Kongres Perempuan Indonesia 3 di Bandung.

Siapakah peserta Kongres Perempuan Indonesia?

Kongres diikuti wakil berbagai organisasi wanita
 
Apakah hasil Kongres Perempuan Indonesia I?

Membentuk Perserikatan Perempuan Indonesia (PPI), mempersatukan cita-cita dan usaha memajukan wanita Indonesia serta mengadakan gabungan diantara perkumpulan wanita.
 
Apa hasil Kongres Perempuan Indonesia II?

Kongres tersebut membahas masalah perburuhan perempuan, pemberantasan buta huruf dan perkawinan.

 Apa hasil Kongres Perempuan Indonesia III?

Kongres Perempuan Indonesia III membicarakan hak pilih dan dipilih bgi wanita di badan perwakilan dan disetujui RUU tentang perkawinan modern.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 73

Ayo Bernyanyi

Ayo, tumbuhkan kesadaran dalam diri untuk cinta tanah air dengan menyanyikan lagu berikut!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 6 Halaman 71 73 75 76

Setelah itu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

Apa yang kamu rasakan saat menyanyikan lagu “Tanah Air”? Jelaskan!

Merasa bangga karena Tanah Air Indonesia begitu berharga dan patut dijaga kelestarian dan keindahannya.

Bagaimanakah nada dan tempo lagu “Tanah Airku”? Jelaskan!

Nada Do = Bes Birama 4/4 Tempo Largetto : lambat namun lebih cepat daripada largo

Apakah lirik lagu “Tanah Airku” mencerminkan nilai-nilai cinta tanah air? Jelaskan!

Betapa luas dan indahnya Indonesia dari Sabang sampai Marauke. Dari kecintaan terhadap tanah air menunjukkan bahwa untuk menjaga kelestarian dan keindahan tanah air dibutuhkan persatuan dan kesatuan.

Ayo Berdiskusi

Diskusikan jawaban  pertanyaan-pertanyaan  tersebut.  Diskusikan bersama teman-teman  sekelompokmu (4-5 orang). Tuliskan  hasil diskusi kalian, lalu diskusikan bersama kelompok lain.  Tuliskan hasil diskusi kalian dalam kotak berikut.

1.  Nilai yang  terkandung pada lagu  “Tanah Airku” adalah:

Nilai yang terkandung pada lagu Tanah Airku adalah Cinta Tanah Air dan Bangsa Indonesia

2.  Bagaimana caramu mencintai tanah air?

  • Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh
  • Merawat dan menjaga fasilitas umum
  • Mematuhi peraturan yang ada
  • Menumbuhkan rasa banggga sebagai Bangsa Indonesia

Persamaan hak dan kewajiban antara golongan pria dan wanita  dalam bidang tertentu merupakan salah satu bentuk penerapan nilai-nilai Sumpah Pemuda dan  Kongres  Perempuan  Indonesia.  Dalam  melakukan  kegiatan demi kepentingan bangsa dan   negara, setiap golongan memiliki hak   dan kewajiban yang  sama. Alasan-alasan yang  bersifat kedaerahan, keagamaan, kesukuan, dan golongan harus dikesampingkan dengan tetap menghormati dan menghargai adanya perbedaan. Sikap tersebut juga berlaku dalam bidang kebudayaan.

Tahukah Kamu?

Kebudayaan nasional merupakan hasil dari akal budi seluruh bangsa Indonesia yang terdiri atas  beragam suku bangsa. Bahkan, kebudayaan nasional juga diatur dalam UUD  1945,  bahwa  “pemerintah memajukan kebudayaan   nasional   Indonesia”.  Dengan   demikian,   perkembangan dan pelestarian kebudayaan nasional menjadi tanggung jawab seluruh bangsa Indonesia. Mengembangkan dan melestarikan kebudayaan daerah merupakan salah satu caranya karena kebudayaan daerah merupakan akar dari  kebudayaan nasional.

Upaya-upaya pengembangan dan pelestarian kebudayaan nasional yang lain adalah sebagai berikut.

1.  Secara terus-menerus diadakan kegiatan pengenalan dan penyebaran budaya nasional kepada masyarakat.

2.  Kegiatan penggalian situs-situs bersejarah dan pemeliharaan temuan- temuan sejarah harus senantiasa digalakkan.

3.  Pengembangan budaya daerah dan nasional melalui pendidikan dan pengajaran, misalnya menjadikan bahasa dan kesenian daerah sebagai mata pelajaran muatan lokal wajib di sekolah-sekolah.

4.  Senantiasa dikembangkan sikap menghormati kebudayaan sendiri dan kebudayaan daerah lain.

5.  Mengenal dan mempelajari kebudayaan sendiri yang merupakan warisan leluhur.

Ayo Berlatih

Ayo, tunjukkan sikapmu terhadap pernyataan-pernyataan pada tabel berikut. Kerjakan sesuai pemahaman konsepmu mengenai penerapan nilai-nilai Sumpah Pemuda dan keragaman di Indonesia.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 75

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 6 Halaman 71 73 75 76

1. Mempelajari kesenian dari daerah lain.

Setuju, Alasan : Dengan mempelajari kesenian daerah lain, berarti turut melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia.

2. Mengagung-agungkan  suku bangsanya sendiri.

Tidak Setuju, Alasan : akan menimbulkan permusuhan dengan suku bangsa Indonesia lainnya.

3. Memilih ketua kelas berdasarkan kesamaan daerah asal.

Tidak Setuju, Alasan : Karena telah melakukan diskriminasi dan sikap tidak menghormati perbedaan dengan suku lain.

4. Memilih-milih teman berdasarkan kesamaan daerah asal.

Tidak Setuju, Alasan : Karena telah melakukan diskriminasi dan sikap tidak menghargai dan menghormati perbedaan yang ada.

5. Tidak mengikuti upacara bendera.

Tidak Setuju, Alasan : Tidak menunjukan sikap/nilai cinta tanah air dan bangsa.

6. Mengibarkan bendera Merah Putih setiap hari besar kenegaraan.

Setuju, Alasan : Menunjukan sikap/nilai cinta tanah air dan bangsa.

7. Mempelajari bahasa asing.

Setuju, Alasan : Menambah wawasan dan pengetahuan serta memperluas pergaulan dengan bangsa-bangsa lain.

8. Berdiam diri di rumah ketika ada kegiatan kerja bakti di lingkungannya.

Tidak Setuju, Alasan : Tidak menerapkan nilai-nilai gotong royong, kebersamaan dan nilai persatuan dan kesatuan.

9. Lebih memilih memberi upah kepada orang lain untuk menggantikannya dalam kegiatan ronda malam.

Tidak Setuju, Alasan : Tidak menerapkan nilai-nilai gotong royong, kebersamaan dan nilai persatuan dan kesatuan.

Ayo Berdiskusi

Buatlah satu  kelompok belajar. Catatlah keragaman  suku  bangsa  dan budaya yang  ada di sekitar tempat tinggalmu. Kemudian, diskusikan dengan kelompokmu, bagaimana  cara  kelompokmu menunjukkan  sikap menerima keragaman suku bangsa dan budaya yang  ada di lingkungan sekitar tempat tinggalmu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 76

Hasil  diskusi ditulis pada selembar kertas dan serahkan kepada guru untuk kemudian didiskusikan secara bersama dalam satu kelas. Buatlah seperti tabel berikut!

1. Keragaman Suku Bangsa dan Budaya
Ada anak yang bersuku lain
Sikap yang Ditunjukkan
    Berteman dengan baik dan tidak saling merendahkan satu sama lain

2. Keragaman Suku Bangsa dan Budaya
Ada pertunjukan kesenian daerah lain
Sikap yang Ditunjukkan
    Ikut menikmati pertunjukan dan mempelajarikesenian tersebut

3. Keragaman Suku Bangsa dan Budaya
Ada teman melaksanakan upacara adat
Sikap yang Ditunjukkan
    Tidak mengganggu jalannya upacara adat tersebut

4. Keragaman Suku Bangsa dan Budaya
Ada pemilihan ketua kelas
Sikap yang Ditunjukkan
    Memilih keua kelas berdasarkan hati nurani

5. Keragaman Suku Bangsa dan Budaya
Ada teman yang sedang sakit
Sikap yang Ditunjukkan
    Berkunjung dan memberikan semangat agar cepat sembuh

Ayo Renungkan

Masa pergerakan dan kebangkitan nasional tidak semata-mata dilakukan oleh kaum pria. Kaum perempuan pun  turut berperan dan memiliki andil besar bagi usaha-usaha pergerakan nasional.

Apa saja yang  dilakukan oleh  kaum perempuan? Ayo, kita  pelajari bersama. Kongres Perempuan Indonesia berperan penting dalam memajukan perempuan Indonesia. Bagaimanakah peranan  perempuan  pada  masa  kini?   Tulislah pendapatmu pada kotak berikut ini.

Sebagai pribadi yang mandiri, yang perlu mengembangkan dirinya agar dapat berperan aktif dalam pembangunan dan menjawab tantangan kemajuan yang dibawa oleh pembangunan.
Sebagai istri dan ibu, bersama-sama suami/bapak bertanggung jawab atas kesejahteraan, kebahagiaan keluarga dan pembinaan generasi muda yang berkualitas dalam arti sebagai manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehat, cerdas, berbudi luhur, berkepribadian kuat, mandiri, kreatif, mempunyai semangat kebangsaan yang tinggi dan berorientasi ke masa depan.
Sebagai anggota masyarakat, yang mempunyai kesadaran dan tanggung jawab dan kesetiakawanan sosial yang tinggi dan berperan serta secara aktif dalam membina kehidupan bermasyarakat yang aman dan tentram.
Sebagai warga Negara, yang perlu menyadari akan hak dan kewajibannya serta berperan aktif dalam segala bidang kehidupan berbangsa dan bernegara.
Sebagai warga dunia, yang perlu menyadari permasalahan yang dihadapi dunia dan ikut serta memelihara perdamaian dunia dan menciptakan kemakmuran dunia yang lebih merata.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Nyanyikan kembali lagu “Tanah Airku” di depan orang tua dan anggota keluargamu yang lain. Selesai bernyanyi, mintalah tanggapan kepada mereka mengenai lagu yang kamu nyanyikan dan penampilanmu saat menyanyikan lagu  itu.  Tuliskan tanggapan itu pada kolom  berikut!

tanggapan saya, lagu tanah airku sangat bagus untuk dinyanyikan,lagu tanah airku untuk saya,itu sangat terharu,karena nadanya yg sangat membuat saya jadi merasa terharu,jika saya menyanyikan lagu tanah airku,saya merasa lagu itu sangatlah indah dan saya kalo menyanyikan lagu tanah airku saya seperti merasa hebat,karena dapat menghafalkan lagu lagu dari Indonesia.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 71, 73, 75, 76. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 71, 73, 75, 76."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel