Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 106, 107, 108, 109, 111.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 106, 107, 108, 109, 111 – Kunci Jawaban Pembelajaran 4 Tema 6 Kelas 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat tepatnya terdapat pada halaman 106, 107, 108, 109, 111.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 4 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 pada halaman 106, 107, 108, 109, 111, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 6 subtema 3 pembelajaran 4 yang terdapat pada halaman 106, 107, 108, 109, 111.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Pembelajaran 4 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat Halaman 106, 107, 108, 109, 111.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat Pembelajaran 4 Halaman 106 107 108 109 111

Ciri masyarakat sejahtera antara lain  dalam keadaan sehat. Oleh  karena itu, kesehatan tubuh dan kesehatan lingkungan harus diperhatikan oleh  semua warga negara.  Setiap warga negara  hendaknya memiliki kesadaran  untuk hidup sehat. Apa  yang  sudah kamu lakukan untuk menjaga kesehatanmu? Banyak papan reklame yang  mengajak kita  untuk hidup sehat. Apakah kamu pernah melihat?

Ayo Mengamati

Amatilah gambar berikut!
Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat Pembelajaran 4 Halaman 106 107 108 109 111

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat Pembelajaran 4 Halaman 106 107 108 109 111

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat Pembelajaran 4 Halaman 106 107 108 109 111

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat Pembelajaran 4 Halaman 106 107 108 109 111

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat Pembelajaran 4 Halaman 106 107 108 109 111

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 106

Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan teman sebangkumu gambar-gambar reklame di atas mengenai hal berikut!

1. Apa isi setiap reklame pada gambar di atas?

Isi reklame di atas adalah :
  • Gambar 1 berisi melindungi anak-anak dari bahaya penyalahgunaan narkoba
  • Gambar 2 berisi himbauan bijak memilih makanan
  • Gambar 3 berisi larangan merokok
  • Gambar 4 berisi informasi pencegahan penyakit demam berdarah
  • Gambar 5 berisi ajakan lomba balita sejahtera pada suatu desa

2. Apakah menurut kalian reklame itu menarik? Apa alasannya?

Reklame di atas menarik, karena dilengkapi dengan gambar yang menarik dan disertai dengan paduan warna yang menarik dan tulisan reklame cukup singkat dan jelas.

Pada pembelajaran 2, kamu sudah mengetahui bahwa reklame ada bermacam- macam di antaranya ada reklame media visual seperti pada gambar di atas. Berdasarkan pemasangannya, reklame media visual  ada yang  dipasang di luar ruang. Contoh reklame media visual  yang  dipasang di luar  ruang yaitu  baliho. Baliho dapat digunakan sebagai media promosi atau pengiklanan suatu produk baru dan dapat juga digunakan sebagai media pemberitaan kegiatan tertentu. Pernahkah kamu melihat bentuk baliho? Dapatkah kamu membuat baliho?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 107

Ayo Berlatih

1. Carilah gambar baliho. Kemudian tempel pada kotak berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat Pembelajaran 4 Halaman 106 107 108 109 111

2. Apa yang akan kamu tuliskan dan gambarkan jika kamu diminta membuat baliho sederhana tentang pemberitaan hidup sehat supaya sejahtera?

  • Yang akan saya tuliskan adalah judul baliho, isi baliho yang berisi penjelasan tentang judul baliho.
  • Yang akan saya gambarkan adalah gambar yang menarik dan sesuai dengan judul baliho.

3. Gambarkan rancangan baliho tentang pemberitaan hidup sehat supaya sejahtera. Kamu dapat mencari gambar-gambar di media cetak maupun internet untuk mendukung rancanganmu. Gambar-gambar dapat digunakan dengan cara teknik montase. Buatlah rancangannya pada selembar kertas.

Jawaban dapat berbeda tergantung ide keterampilan masaing-masing siswa dalam membuat rancangan baliho.

Apa yang kamu lakukan untuk mendukung supaya masyarakat Indonesia sejahtera sehingga negara kuat? Apakah kamu juga menjaga kesehatanmu? Bagaimana caramu menjaga kesehatan, Saat ini  mungkin kamu tidak lagi kanak-kanak,  mungkin kamu  sudah  remaja.  Masa  remaja  adalah  masa memasuki pubertas. Pada masa pubertas hendaknya kamu sudah bisa menjaga kesehatan tubuhmu, misalnya dengan cara rajin  berolahraga. Ingatkah kamu mengenai ciri-ciri masa pubertas?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 108

Ayo Menulis

Ciri-ciri masa pubertas pada anak laki-laki yaitu :
  • Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin
  • Suaranya jadi membesar
  • Tumbuh jakun
  • Tumbuh kumis, jambang dan janggut

Ciri-ciri  masa pubertas pada anak perempuan yaitu :

Ciri-ciri masa pubertas pada anak perempuan yaitu :
  • Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin
  • Suara jadi melengking
  • Payudara membesar
  • Pinggul membesar 

Selain sehat, masyarakat sejahtera juga harus memiliki keterampilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pemerintah  selalu berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mari, membaca bacaan berikut!

Ayo Membaca

Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Tingkat kesejahteraan masyarakat setiap daerah di Indonesia tidaklah sama. Perbedaan tingkat kesejahteraan masyarakat tersebut di antaranya disebabkan  pendapatan   setiap  kepala  keluarga berbeda-beda.  Selain itu, tingkat kesejahteraan  masyarakat juga disebabkan oleh   kemiskinan, letak geografis, globalisasi, lapangan  kerja,   kualitas masyarakat, dan persebaran penduduk.

Pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk meningkatkan kesejahteraan  masyarakat  salah  satu  upaya  yang   dapat  dilakukan yaitu mengubah   pembangunan yang berorientasi  di  kota   besar   menjadi pembangunan yang  merata hingga kepelosok desa. Pembangunan hendaknya dilakukan secara merata hingga ke  desa maupun sampai ke  pelosok desa.

Pembangunan di  kota besar  hanya  akan  memicu urbanisasi. Masyarakat desa akan berbondong-bondong bekerja di kota. Akibatnya, masyarakat desa enggan melakukan usaha di desa misalnya di sektor pertanian.

Sektor pertanian memiliki ketahanan  paling tinggi dalam menghadapi imbas berbagai krisis.  Pedesaan dapat berperan penting dalam penyediaan pangan. Bahkan, pedesaan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat karena kemampuannya  menyerap tenaga  kerja (khususnya di  bidang pertanian). Dengan membangun  pedesaan,  kesejahteraan  masyarakat  di   desa  akan meningkat.

Upaya lain  untuk meningkatkan kesejahteraan yaitu  dengan menye- lenggarakan pelatihan untuk masyarakat desa. Sebagai contoh, pemerintah memberdayakan  ibu-ibu PKK (Pembinaan  Kesejahteraan  Keluarga) untuk dilatih  membatik.  Ibu-Ibu di  desa  diberikan pelatihan membatik dengan mendatangkan  narasumber  yang ahli   dalam  bidangnya.  Mereka dilatih hingga mahir dalam membatik. Selanjutnya, mereka diberi pelatihan tentang manajemen usaha dan cara pemasaran produk. Pelatihan tersebut menjadi bekal yang  cukup bagi ibu-ibu di  desa untuk mandiri berkegiatan ekonomi. Dengan demikian, pelatihan membatik dapat melatih jiwa kewirausahaan dan mengurangi kemiskinan yang  ada di Indonesia.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 109

Apakah judul  bacaan di  atas sesuai dengan isinya? Tuliskan  tanggapanmu pada kolom  berikut!

Judul bacaan dengan isi bacaan sesuai karena bacaan berisi tentang upaya yang dilakukan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Media menyampaikan informasi melalui bacaaan. Tetapi pada beberapa media dapat ditemui antara judul  bacaan dan isi bacaan tidak sesuai. Hal  tersebut dapat membingungkan pembaca. Bagaimana judul  bacaan yang  tidak sesuai dengan isinya? Cermati bacaan berikut.

Ayo Membaca

Bacalah bacaan berikut! Kemudian, cermati judul dan isi bacaannya!

Sukseskan Gerakan  Literasi di Masyarakat

Indonesia ingin tingkat ekonomi masyarakatnya sejajar dengan  bangsa lain.  Upaya membangun kemampuan ekonomi untuk kemandirian dan daya saing merupakan bagian dari  cita-cita Indonesia untuk sejajar dengan negara lain.  Oleh  karena itu,  Indonesia perlu menata sistem ekonomi yang  berbasis ilmu  pengetahuan dan teknologi (iptek).

Secara sederhana  membangun kesejahteraan  masyarakat hanya perlu dilakukan dengan menanamkan minat baca pada diri masyarakat. Jika minat baca masyarakat meningkat, maka tingkat kesejahteraan masyarakat akan ikut meningkat. Oleh sebab itu, penanaman minat baca pada masyarakat perlu ditingkatkan.

Penanaman  minat baca harus dilakukan secara rutin sehingga menjadi kegiatan  literasi yang   bermanfaat  dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan literasi tidak hanya dimaknai secara konvensional, yaitu kemampuan membaca dan  menulis. Akan   tetapi,  dapat  diterjemahkan  sebagai  kegiatan  untuk mengatasi persoalan, meningkatkan kualitas hidup, dan kesejahteraan.

Kegiatan literasi ini diharapkan mampu meningkatkan pola pikir masyarakat. Masyarakat dapat  menciptakan sebuah  karya berdasarkan pengetahuan yang  mereka peroleh dari  membaca. Karya  tersebut dapat dipasarkan atau dikenalkan kepada masyarakat umum.

Kegiatan literasi dapat  dilakukan di  sekolah, keluarga, dan masyarakat. Kegiatan  literasi sangat  berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat  Indonesia. Kegiatan  ini  sangat  dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan kualitas individu, keluarga, dan masyarakat.

Kebiasaan  masyarakat  yang   menonton atau  mendengar dari   berbagai media elektronik lebih  sering dilakukan dibandingkan membaca atau menulis. Kebiasaan  masyarakat  tersebut  harus  segera  dikurangi. Masyarakat harus memperbanyak waktu untuk mengunjungi sumber ilmu  pengetahuan, salah satunya perpustakaan.

Perpustakaan berperan sebagai media pembelajaran bersama untuk me- ngembangkan potensi masyarakat. Selain menyediakan sumber-sumber bacaan untuk menggali informasi dan pengetahuan, perpustakaan juga memfasilitasi masyarakat dengan berbagai kegiatan pelatihan dan keterampilan. Kegiatan pelatihan dan keterampilan tersebut bertujuan untuk meningkatkan ke- sejahteraan  masyarakat. Jadi,  perpustakaan sangat  berperan kendali dalam penguatan literasi masyarakat. Perpustakaan harus meningkatkan jumlah dan mutu buku  untuk membangun bangsa yang  gemar membaca.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 111

Bacaan di atas antara judul dan isi bacaan tidak sesuai? Apa judul yang menurutmu sesuai? Tuliskan dalam kolom berikut.

Judul bacaan kurang sesuai. Judul yang sesuai sebagai berikut "Menanamkan Minat Baca Pada Masyarakat".

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 106, 107, 108, 109, 111. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 106, 107, 108, 109, 111."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel