Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Literasi 2 Halaman 132.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Aku Cinta Membaca  Literasi 2 Kesadaran dan Kepedulian Bayar Pajak Halaman 132 - Literasi 2 Kesadaran dan Kepedulian Bayar Pajak Tema 6 Kelas 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 4 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Aku Cinta Membaca tepatnya terdapat pada halaman 132.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Literasi 2 Kesadaran dan Kepedulian Bayar Pajak Subtema 4 Aku Cinta Membaca terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 pada halaman 132, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 6 subtema 4 Literasi 2 Kesadaran dan Kepedulian Bayar Pajak yang terdapat pada halaman 132.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Literasi 2 Kesadaran dan Kepedulian Bayar Pajak  Subtema 4 Aku Cinta Membaca Halaman 132.

Kesadaran dan Kepedulian Bayar Pajak

Kesadaran   membayar   pajak   masih   belum  mencapai   tingkat   yang diharapkan.   Tidak    sedikit   masyarakat   yang    kurang   percaya   terhadap keberadaan pajak. Sebagian masyarakat menganggap pajak sebagai upeti yang   bersifat  memberatkan.  Mereka juga menganggap  pembayaran  pajak sulit,  ribet menghitung, dan sulit  membuat laporan.

Tidak  dapat dimungkiri bahwa kesadaran setiap masyarakat membayar pajak sangat rendah. Namun, sebagai warga negara Indonesia, kita  dituntut untuk membayar pajak. Pajak merupakan kewajiban warga negara. Membayar pajak harus dilakukan secara sukarela dan penuh kesadaran sebagai cerminan semangat gotong royong untuk kepentingan perekonomian nasional.

Pemerintah berupaya agar masyarakat sadar sepenuhnya untuk membayar pajak.  Pemerintah  memasang  slogan  dan  reklame  di   beberapa tempat strategis. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak, seperti Pajak Bumi  dan Bangunan (PBB),  pajak kendaraan bermotor, dan pajak penghasilan.

Perhatikan reklame berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Aku Cinta Membaca  Literasi 2 Kesadaran dan Kepedulian Bayar Pajak Halaman 132

Kedua reklame tersebut merupakan upaya pemerintah baik  pusat maupun daerah  untuk mengingatkan  kewajiban masyarakat  tentang  pajak. Setiap warga negara  wajib membayar pajak dan  retribusi yang   telah ditetapkan oleh  pemerintah pusat dan daerah. Hal tersebut sudah diatur dalam undang- undang yang   berlaku di  Indonesia. Pajak dan retribusi tersebut digunakan pemerintah untuk membangun bangsa.

Berdasarkan kedua  reklame tersebut  dapat  disimpulkan bahwa  pajak merupakan salah satu kewajiban yang  harus dilakukan setiap warga negara. Membayar pajak berarti kita  mendukung pembangunan di  Indonesia. Selain kewajiban, sebagai  warga negara  Indonesia kita   juga  memiliki hak   untuk menikmati hasil pembangunan berupa fasilitas umum seperti jalan, jembatan, sekolah, dan tempat ibadah.

Ketika  masyarakat memiliki kesadaran membayar pajak, membayar pajak akan dilakukan tanpa ada rasa terpaksa. Adanya kesadaran membayar pajak, diharapkan Indonesia menuju kesejahteraan. Slogan “LUNASI PAJAKNYA AWASI PENGGUNAANNYA” tidak hanya slogan yang  ditampilkan di media, tetapi bisa terwujud dan  terlaksana.   Pajak menjadi pendapatan  utama  negara  yang diperuntukkan serta  dikelola dengan  jelas dan  terbuka bagi kepentingan masyarakat.

Salah satu ciri negara maju adalah jika  kesadaran masyarakat membayar pajak tinggi, mendekati 100 persen. Contohnya, seandainya dari  50 juta belum bayar pajak, sedangkan yang  lain sudah membayar pajak sesuai kewajibannya, tentu Indonesia akan lebih  maju dari  sekarang. Tingkat kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia juga akan meningkat dan merata.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Literasi 2 Halaman 132

Mari Berkarya

Buatlah reklame sederhana  berisi perintah atau  ajakan pemerintah  untuk meningkatkan kesadaran  rakyat membayar pajak. Buatlah rancangan  atau sketsa karya yang  akan dibuat. Kemudian, sempurnakan sketsamu. Buatlah karya reklame pada kolom  berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Aku Cinta Membaca  Literasi 2 Kesadaran dan Kepedulian Bayar Pajak Halaman 132

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Aku Cinta Membaca  Literasi 2 Kesadaran dan Kepedulian Bayar Pajak Halaman 132

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Aku Cinta Membaca Literasi 2 Kesadaran dan Kepedulian Bayar Pajak Halaman 132. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Literasi 2 Halaman 132."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel