Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90 – Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Tema 6 Kelas 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat tepatnya terdapat pada halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 1 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 pada halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 6 subtema 3 pembelajaran 1 yang terdapat pada halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Pembelajaran 1 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat Halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90.


Mengikuti kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari  Ulang Tahun Kemerdekaan  Republik Indonesia atau  Proklamasi Kemerdekaan  merupakan bentuk tanggung jawab sebagai warga negara. Dengan mengikuti upacara tersebut,  akan  tumbuh  rasa  cinta  pada  negara.  Selain itu   kamu  akan mengingat perjuangan para  pahlawan yang   gigih dan  pantang  menyerah untuk mewujudkan negara Indonesia merdeka, sehingga akan tumbuh rasa menghargai  jasa  para  pahlawan.  Sebagai manusia,  kamu harus  mampu menjalankan tanggung jawabmu kepada Tuhan Yang Maha Esa,  diri  sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 84

Ayo Berdiskusi

Apakah yang  dimaksud dengan tanggung jawab? Coba,  diskusikan bersama satu orang temanmu. Tuliskan yang kalian ketahui mengenai tanggung jawab pada kolom  berikut.

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan melaksanakan kewajiban-kewajibannya.

Kata tanggung  jawab  sering  kita   dengar.  Setelah  berdiskusi mengenai tanggung jawab, apakah kamu sudah dapat menjelaskan arti  tanggung jawab dan menyebutkan perilaku bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari? Coba,  perhatikan bacaan di  bawah.  Sebelum membaca,  lakukan kegiatan
berikut.

Ayo Membaca

Bacalah judul  bacaan di  bawah. Kemudian, tentukan kata kunci  pada judul. Berdasarkan kata kunci yang  telah kamu temukan, perkirakanlah isi teks. Coba, ceritakan di depan teman-temanmu.

Wujud Tanggung Jawab sebagai Warga Negara

Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku  atau perbuatan baik yang  disengaja maupun yang  tidak disengaja. Tanggung jawab juga dapat  berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran dan kewajiban. Tanggung jawab sudah menjadi bagian kehidupan manusia dimana masing- masing akan memikulnya sendiri-sendiri, sehingga tanggung jawab bersifat kodrati. Apabila seseorang  tidak mau bertanggung  jawab maka tentu ada pihak lain  yang  memaksa untuk bertanggung jawab.

Setiap orang merupakan bagian dari   masyarakat yang   tinggal di  suatu negara. Setiap warga negara tentunya terikat oleh  berbagai aturan, hukum, dan norma yang   berlaku di  dalamnya. Namun demikian, seseorang  secara sukarela menjadi warga negara tanpa paksaan, sehingga harus menghargai dan mencintai negaranya dengan berperilaku penuh tanggung jawab.

Tanggungjawab  warga negara terhadap bangsa dan negaranya dilaksanakan dengan cara memenuhi hak  dan kewajibannya sebagai warga negara   seperti  yang    tercantum  dalam  landasan   konstitusional  negara Indonesia, yakni   Undang-Undang  Dasar 1945.  Berbagai bentuk sikap dan perilaku dapat diwujudkan sebagai cermin dari  tanggung jawab warga negara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah memahami dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan, baik  politik, ekonomi, sosial maupun budaya. Pancasila sebagai nilai  luhur bangsa tidak hanya cukup dihafalkan, namun harus diamalkan dalam wujud sikap dan perilaku. Misalnya menghargai pendapat teman saat diskusi dalam kelas. Hal tersebut merupakan perwujudan dari  sila  ke empat Pancasila.
Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat Pembelajaran 1 Halaman 84 86 87 88 89 90

Selalu   menjaga dan memelihara nama baik  bangsa merupakan bentuk tanggung jawab warga negara di  mata dunia internasional sebagai bangsa dan negara yang   merdeka, berdaulat, beradab dan bermartabat. Untuk itu sebagai warga negara yang  baik,  seseorang harus selalu menjaga persatuan dan kesatuan, menjauhkan dari  sikap dan perilaku yang  diskriminatif atau membeda-bedakan. Membina solidaritas sosial sebagai sesama warga negara Indonesia akan menciptakan kerukunan hidup berbangsa dan bernegara.

Meningkatkan wawasan kebangsaan  agar senantiasa  terbina rasa kebangsaan, paham  kebangsaan dan  semangat  kebangsaan pada  setiap diri  warga negara juga merupakan perwujudan dari  sikap tanggung jawab sebagai warga negara. Untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, dapat dilakukan dengan  belajar, membaca, menonton berita, memperingati hari- hari besar nasional, dan lain  sebagainya. Jika masyarakat Indonesia memiliki wawasan kebangsaan yang  luas maka negara Indonesia akan menjadi negara yang  tangguh karena warga negaranya memahami dan memiliki semangat kebangsaan yang  kuat.

Masih banyak lagi  bentuk-bentuk pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara  dalam  kehidupan sehari-hari.  Di  antaranya  melaksanakan kewajiban membayar pajak dan ikut  berpartisipasi dalam kegiatan upacara bendera. Tertib membayar pajak berarti melaksanakan tanggungjawab sebagai warga negara. Dengan mengikuti kegiatan upacara bendera dengan khidmat berarti mencintai dan menghargai negara. Selain itu  pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara juga dapat diwujudkan dengan menjadi pelajar yang   rajin,   pintar,  dan berprestasi sehingga dapat mengharumkan nama bangsa. Melestarikan warisan budaya bangsa dengan lebih  mencintai budaya leluhur dan mempertahankannya agar tidak tersingkir oleh  budaya asing juga merupakan wujud pelaksanaan tanggung jawab warga negara.

Teks  di  atas  merupakan teks nonfiksi yang terdiri dari enam paragraf. Setiap paragraf memiliki gagasan utama. Gagasan utama dapat terletak di  awal paragraf, di  akhir paragraf, dan di  awal serta di  akhir paragraf. Gagasan utama  juga ada  yang   terletak  di  tengah  paragraf. Gagasan utama/ide pokok/pokok pikiran memiliki ciri yang  paling umum di antara kalimat-kalimat lainnya. Kalimat lainnya merupakan  kalimat penjelas yang  bersifat menerangkan maksud dari  gagasan utama yang  berada di dalam kalimat utama.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 86 & 87

Ayo Berlatih

Setelah membaca bacaan di atas, coba sebutkan gagasan utama setiap paragraf dan letaknya! Kemudian, tuliskan pada kolom berikut!

Gagasan Utama
Paragraf
  1. Pengertian tanggung jawab
  2. Kecintaan warga negara dengan penuh tanggung jawab
  3. Tanggung jawab warga negara
  4. Bentuk tanggung jawab negara di Internasional
  5. Wujud dari sikap tanggung jawab
  6. Wujud pelaksanaan tanggung jawab warga negar

Letak Paragraf
  1. Di awal paragraf
  2. Akhir paragraf
  3. Di awal paragraf
  4. Di awal paragraf
  5. Di awal paragraf
  6. Akhir Paragraf

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui tentang tanggung jawab sebagai  warga negara dalam kehidupan sehari-hari. Tanggung jawab sebagai warga negara merupakan bentuk dari  pelaksanaan hak  dan kewajiban warga negara sesuai dengan  landasan  konstitusional negara  Indonesia yaitu   Undang-Undang Dasar 1945. Bagaimana pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari? Bergabunglah dengan temanmu membentuk kelompok, kemudian carilah beberapa contoh pelaksanaan  tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari!

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 87

Contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Memahami dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
  2. Menjalankan tugas dan kewajiban yang dibebankan negara kepadanya dengan penuh tanggungjawab.
  3. Menjadi teladan bagi rakyat dalam bertindak sebagai negarawan yang arif dan bijaksana
  4. Bagi para pelajar dengan belajar giat untuk meraih cita-cita mewujudkan warga bangsa yang cerdas
  5. Cerdas dan cermat dalam bertindak dan mengambil keputusan

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 88

Tuliskan  kesimpulan tentang  pelaksanaan  tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dikaitkan dengan terbentuknya negara Indonesia yang  kuat dan tangguh.

Kesimpulan : Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik dapat mewujudkan negara Indonesia yang kuat dan tangguh.

Saat Udin  dan teman-temannya mengikuti kegiatan upacara peringatan Hari  Proklamasi kemerdekaan  Republik Indonesia  di  halaman  sekolah, ada pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Pembacaan teks pembukaan Undang Undang Dasar 1945 tersebut diucapkan dengan lantang oleh salah satu peserta didik sebagai petugas upacara. Seluruh peserta upacara mendengarkan dengan hikmat dan penuh perhatian.

Dalam teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tertulis tujuan negara yang  salah satunya adalah memajukan kesejahteraan umum. Hal  ini  berarti negara memiliki tujuan dan harapan  kehidupan masyarakat yang  sejahtera. Negara selalu berupaya untuk mengembangkan  kehidupan berbangsa yang mendorong untuk mencapai masyarakat sejahtera.

Banyak  upaya  yang   dapat  ditempuh  untuk  mewujudkan masyarakat sejahtera.  Upaya yang  ditempuh tidak hanya dilakukan oleh  negara, namun harus didukung oleh   seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah mengembangkan sikap saling toleransi antar warga negara atas perbedaan masing-masing. Seperti diketahui bahwa Indonesia memiliki beragam suku, budaya dan agama. Untuk itu setiap warga negara harus saling menghormati dan  menghargai, karena  beragam  suku,   budaya dan  agama  merupakan kekayaan budaya Indonesia.

Pemerataan  pembangunan juga menjadi upaya untuk menyejahterakan masyarakat Indonesia. Pembangunan tidak hanya dilaksanakan di kota-kota besar saja, namun diratakan hingga ke pelosok dan perbatasan wilayah negara Indonesia. Memperbanyak lapangan kerja dan memperbaiki fasilitas umum akan membuat masyarakat Indonesia lebih   nyaman dan sejahtera  karena pengangguran akan semakin berkurang dan  masyarakat semakin mudah dalam mendapatkan fasilitas umum.

Selain itu,  masyarakat juga harus taat dan patuh membayar pajak. Pajak digunakan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Jadi membayar pajak adalah upaya untuk menyejahterakan masyarakat.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 89

Ayo Menulis

Kamu telah mengetahui tentang upaya untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Sekarang lakukan identifikasi tentang upaya untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Tuliskan hasilnya menggunakan bahasa dan kalimatmu sendiri.

Upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan menuju masyarakat sejahtera.

  1. Saling toleransi antarwarga negara atas perbedaan masing-masing.
  2. Saling menghormati antar individu walaupun bertentangan
  3. Meratakan pembangunan ke seluruh pelosok negeri
  4. Membayar pajak tept waktu yang nantinya juga berguna bagi kesejahteraan bersama
  5. Memperbaiki fasilitas umum agar penggunaannya menjadi aman dan nyaman
  6. Memperbanyak lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran


Dalam setiap  upacara  peringatan  Hari  Proklamasi  Kemerdekaan  Republik Indonesia seperti yang  diikuti oleh  Udin  dan teman-teman di  sekolah, pasti ada pembacaan teks Proklamasi oleh  pembina upacara. Salah satu makna proklamasi kemerdekaan adalah  memberikan arah  dan  kewenangan bagi bangsa Indonesia untuk menuju masyarakat yang sejahtera dengan kekuasaan serta menguasai dan mengelola sumber-sumber daya ekonomi secara mandiri.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 90

Ayo Mencoba

Cobalah melakukan wawancara  dengan  pejabat  pemerintah  atau  tokoh masyarakat yang  ada di  sekitarmu tentang makna proklamasi kemerdekaan dalam  upaya  membangun  masyarakat  Indonesia  sejahtera.  Selanjutnya buatlah laporan hasil wawancara dan serahkan pada gurumu untuk dinilai.

Alternatif jawaban halamn 90 kelas 6 tema 6 dapat bervariasi, tergantung dari  narasumber yang di wawancarai oleh siswa itu sendiri.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel