Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Literasi 4 Halaman 138.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Aku Cinta Membaca  Literasi 4 Tarian Adat Alor yang Bermakna Persatuan Halaman 138 - Literasi 4 Tarian Adat Alor yang Bermakna Persatuan Tema 6 Kelas 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 4 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Aku Cinta Membaca tepatnya terdapat pada halaman 138.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Literasi 4 Tarian Adat Alor yang Bermakna Persatuan Subtema 4 Aku Cinta Membaca terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 pada halaman 138, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 6 subtema 4 Literasi 4 Tarian Adat Alor yang Bermakna Persatuan yang terdapat pada halaman 138.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Literasi 4 Tarian Adat Alor yang Bermakna Persatuan  Subtema 4 Aku Cinta Membaca Halaman 138.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Aku Cinta Membaca Literasi 4 Tarian Adat Alor yang Bermakna Persatuan Halaman 138

Tarian Adat Alor yang  Bermakna Persatuan

Ulang tahun  kemerdekaan  Republik Indonesia  ke-72  yang   jatuh pada Kamis, 17 Agustus 2017 diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia. Usia 72 tahun menandakan  bangsa  Indonesia sudah  berkecukupan dan sejahtera.  Itulah yang  selalu menjadi harapan kita  termasuk warga masyarakat yang  tinggal di Kampung Pelangi.

Pada hari itu  Warga Kampung Pelangi bersama-sama mengikuti upacara pengibaran sang Merah Putih. Dengan semangat dan penuh hikmat seluruh warga mengikuti upacara bendera. Upacara peringatan tersebut diprakarsai oleh  segenap pengurus RW dan seluruh warga Kampung Pelangi. Pelaksanaan upacara bendera tersebut merupakan bentuk tanggung jawab warga Kampung Pelangi sebagai warga negara Indonesia.

Semua peserta upacara mengenakan pakaian merah putih, atasan merah dan bawahan berwarna putih serta memakai sepatu. Pakaian tersebut senada dengan warna bendera bangsa Indonesia. Pakaian merah putih menunjukkan semangat nasionalisme dan kebanggaan terhadap bangsa Indonesia.

Kemerdekaan bagi warga Kampung Pelangi dan seluruh rakyat Indonesia adalah  karunia Tuhan  Yang  Maha Besar. Pada  usia  ke  72  tahun bangsa Indonesia harus bersifat lebih  dari  dewasa. Masyarakat Indonesia harus lebih dewasa dalam menyikapi berbagai persoalan, terutama persoalan SARA.

Setelah upacara selesai, warga Kampung Pelangi saling berjabat tangan. Mereka berjabat tangan sambil berucap “Dirgahayu ke 72 Republik Indonesia”. Semua tampak bahagia. Selanjutnya, warga duduk di  tepi  lapangan sambil menonton  penampilan  anak-anak  Kampung Pelangi. Anak-anak Kampung Pelangi yang   terdiri atas  laki-laki dan perempuan akan menampilkan tari Lego-Lego.

Tari  Lego   Lego   adalah  tarian  tradisional dari   masyarakat  Pulau  Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur  (NTT). Tarian ini biasanya dimainkan oleh  para penari pria  dan wanita secara masal. Dalam tarian ini mereka menari dengan bergandengan tangan. Para penari membentuk formasi melingkar dengan mengelilingi Mesbah. Tarian ini sering ditampilkan pada berbagai acara, baik itu acara adat, penyambutan tamu, maupun acara pertunjukan.

Kini  tari   Lego-Lego ditampilkan  oleh   anak-anak  Kampung Pelangi saat memperingati hari kemerdekaan. Mereka menari bersama tanpa menonjolkan asal usul  suku bangsa, agama, dan mata pencaharian orang tua. Tari Lego- Lego memiliki makna mendalam. Tari Lego-Lego berisi ungkapan rasa syukur dan kebahagiaan masyarakat kepada Tuhan. Selain itu,  tari  Lego-Lego menggambarkan semangat  persatuan serta kebersamaan masyarakat yang terjalin erat melalui gerak tarian. Hal  tersebut terlihat dari  para penari yang saling bergandengan. Rasa persatuan juga tampak saat para penari berkumpul menjadi satu untuk merayakan bersama tanpa membedakan jenis kelamin, status sosial, dan agama. Tarian ini ditampilkan untuk mengajak masyarakat bersatu membangun kampung dan negara secara bersama-sama.

Bagi penduduk di Pulau Alor, tari  Lego-Lego menjadi identitas suku bangsa di Pulau tersebut. Tarian ini menjadi salah satu identitas pemersatu masyarakat Pulau Alor yang  punya mimpi agar masyarakat dan pendatang terus bersatu. Mereka harus bersatu dalam  membangun wilayah Pulau Alor.

Sebagai salah satu dari  warisan leluhur, tari  Lego-Lego harus dilestarikan serta dijaga keberadaannya. Tarian ini tidak hanya dilakukan pada saat upacara adat, tetapi sering ditampilkan diberbagai acara seperti acara penyambutan tamu  dan  festival budaya. Hal   tersebut  dilakukan sebagai  usaha  dalam melestarikan dan memperkenalkan tari  Lego-Lego kepada masyarakat luas.

Penampilan tari Lego-Lego oleh anak-anak Kampung Pelangi membukti- kan  bahwa mereka turut melestarikan budaya daerah. Budaya daerah memuat nilai-nilai luhur yang  pantas diteladani generasi muda. Melestarikan budaya daerah adalah salah satu kewajiban generasi muda agar budaya tersebut tidak punah.

Selain melestarikan budaya daerah, warga Kampung Pelangi menikmati peringatan  kemerdekaan  Republik Indonesia  dengan  rasa  syukur. Apabila kita   juga ingin menikmati karunia Tuhan  berupa kemerdekaan, kita   harus bekerja keras disertai rasa syukur  kepada Tuhan Yang Maha Pencipta. Bentuk rasa syukur  atas kemerdekaan dapat dilakukan dengan berpartisipasi aktif  di lingkungan masing-masing.

Mengisi kemerdekaan  dengan  bekerja keras saja belumlah cukup. Kemerdekaan yang   kita  nikmati ini  juga harus diisi  dengan stabilitas, rasa aman, saling menghormati antarsesama. Untuk menciptakan kondisi tersebut diperlukan partisipasi aktif  dari  semua komponen bangsa. Kita  harus selalu menjaga toleransi dalam keragaman, dijauhkan dari  konflik  yang  kecil apalagi konflik  besar yang  membawa nama agama, dan etnis tertentu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Literasi 4 Halaman 138.

Mari Menari

Tari apa yang  pernah kamu peragakan? Bagaimana perasaanmu saat menari? Apakah dengan menari kamu sudah melestarikan budaya bangsa? Tuliskan jawabanmu pada kolom  berikut.\

Tari yang pernah saya peragakan adalah Tari Saman (Aceh). Saat menari, saya meraa sangat senang karena bisa mengekspresikan diri melalui gerakan badan. Dengan mempelajari tari saya sudah ikut melestarikan budaya bangsa yang sudah seharusnya kita pertahankan dan lestarikan.

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Pilihlah tarian yang paling dikuasai. Berlatihlah memperagakan  gerak-gerak  tari   dan menggabungkan dengan iringannya bersama teman satu kelompok. Siapkan segala perlengkapannya. Kemudian, tampilkan di depan kelas.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Aku Cinta Membaca Literasi 4 Tarian Adat Alor yang Bermakna Persatuan Halaman 138. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Literasi 4 Halaman 138."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel