Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Literasi 5 Halaman 141.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Aku Cinta Membaca  Literasi 5 Masyarakat Sejahtera, Tanggung Jawab Bersama Halaman 141 - Literasi 5 Masyarakat Sejahtera, Tanggung Jawab Bersama Tema 6 Kelas 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 4 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Aku Cinta Membaca tepatnya terdapat pada halaman 141.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Literasi 5 Masyarakat Sejahtera, Tanggung Jawab Bersama Subtema 4 Aku Cinta Membaca terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 pada halaman 141, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 6 subtema 4 Literasi 5 Masyarakat Sejahtera, Tanggung Jawab Bersama yang terdapat pada halaman 141.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Literasi 5 Masyarakat Sejahtera, Tanggung Jawab Bersama Subtema 4 Aku Cinta Membaca Halaman 141.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Aku Cinta Membaca Literasi 5 Masyarakat Sejahtera, Tanggung Jawab Bersama Halaman 141

Masyarakat  Sejahtera, Tanggung Jawab Bersama

Istilah masyarakat  berasal dari   kata musyarak (dari bahasa  Arab)  yang memiliki arti  ikut  serta atau berpartisipasi, sedangkan dalam bahasa Inggris disebut society. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, masyarakat berarti sejumlah manusia dalam arti seluas-luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang  mereka anggap sama. Sementara itu,  sejahtera berarti aman sentosa dan makmur serta selamat atau terlepas dari  segala macam gangguan.

Masyarakat sejahtera  berarti suatu  tata  kehidupan dan  penghidupan masyarakat baik  materiil maupun spiritual yang  diliputi oleh  rasa takut, keselamatan  kesusilaan, dan  ketenteraman  lahir   batin.  Kondisi   tersebut memungkinkan setiap  masyarakat untuk mengadakan  usaha  penemuan kebutuhan jasmani dan sosial yang  sebaik-baiknya bagi diri,  keluarga, serta masyarakat. Pemenuhan kebutuhan tersebut, mereka menjunjung tinggi hak asasi serta kewajiban sebagai manusia.

Upaya mewujudkan masyarakat Indonesia yang  sejahtera diperlukan kerja sama dari   berbagai pihak. Pemerintah (negara), pihak swasta, dan setiap warga  negara  Indonesia harus  berperan  aktif.   Kesejahteraan  masyarakat Indonesia merupakan tanggung jawab kita  bersama. Berikut beberapa upaya untuk menyejahterakan masyarakat Indonesia.

Pertama, memperkuat ketahanan sosial dan budaya masyarakat berdasar- kan   keutamaan  nilai-nilai luhur budaya lokal.  Penguatan ketahanan  sosial budaya dapat dilakukan dengan meningkatnya jumlah sarana prasarana  baik sosial maupun peribadatan. Usaha memperkukuh ketahanan sosial dan budaya dapat dilakukan dengan memberi kebebasan berkembangnya organisasi dan lembaga masyarakat yang  bertujuan meningkatkan kuantitas masyarakat Indonesia. Ketahanan  sosial dan budaya yang   baik   akan membentuk tata kehidupan yang  harmonis dengan sasaran berkurangnya jumlah konflik antarwarga.

Kedua, pengembangan kreativitas masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya alam. Kita  harus mendukung masyarakat yang   memiliki kemampuan untuk menciptakan standar kehidupan yang layak melalui pemanfaatan sumber daya alam. Pemanfaatan  sumber daya alam dapat  dilakukan masyarakat melalui bidang pertanian, perkebunan, perikanan, kehutanan, industri dan pertambangan  dengan  berdasarkan kepada prinsip-prinsip pembangunan yang  berkelanjutan. Dengan pengembangan kreativitas tehadap pemanfaatan sumber daya alam, kesejahteraan masyarakat Indonesia akan lebih  baik.

Ketiga, memantapkan tata kehidupan masyarakat yang aman, damai, tertib, taat hukum, dan harmonis. Terwujudnya  penegakan hukum secara adil  dan bertanggung jawab antara lain  ditandai dengan berkurangnya jumlah kasus tindak kejahatan dan berkurangnya angka gangguan keamanan, meningkatnya kemampuan dan  profesionalisme aparat  dalam menjaga ketertiban dan keamanan. Dalam menegakan hukum, pemerintah tetap menghormati HAM, tata hukum, dan nilai-nilai keutamaan budaya daerah (hukum adat).

Keempat,  pengembangan  Program Desa  Sehat.  Program Desa  Sehat adalah gerakan untuk menciptakan atau mewujudkan sebuah desa dengan kondisi masyarakat yang  memiliki pengetahuan tentang kesehatan termasuk gizi, mampu menerapkan pola  hidup sehat, dan bersih baik  jasmani maupun rohani. Selain itu,  Program Desa Sehat untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, bersih, rapi dengan mampu memanfaatkan sumber daya alam yang  ada untuk kelangsungan hidup baik  diri sendiri maupun orang lain.

Upaya mewujudkan Desa Sehat bukanlah kegiatan  yang   mudah. Untuk mewujudkan Desa Sehat harus didukung berbagai aspek seperti aspek sosial, budaya, pendidikan, kebijakan daerah  hingga kesadaran  masyarakat desa untuk mau mengubah pola  pikir dan kebiasaan-kebiasaan mereka. Terutama kebiasaan sehari-hari masyarakat yang  tidak sesuai dengan pola  hidup bersih dan sehat. Aspek   peningkatan  pendidikan  masyarakat  perlu ditingkatkan melalui berbagai kegiatan penyuluhan terkait permasalahan kesehatan yang biasanya timbul di masyarakat. Dengan adanya penyuluhan, diharapkan akan muncul pemahaman masyarakat tentang perilaku hidup sehat di lingkungan tempat tinggalnya.

Indonesia terdiri atas berbagai agama dan latar belakang budaya. Sebagai warga negara  Indonesia, kita   harus  memelihara kebudayaan dengan  baik dan turut serta dalam pembangunan. Selain itu,  kita   harus mampu hidup berdampingan secara damai dengan kelompok masyarakat lain.  Pemerintah (negara), pihak swasta, dan warga negara  (individu) harus bekerja sama. Jika ketiga pilar  dapat bekerja sama dengan baik,  kesejahteraan masyarakat Indonesia akan terwujud.

Ketiga pilar  tersebut memiliki peran yang  berbeda.  Peran  individu adalah meningkatkan ketaqwaannya, menaati aturan di  masyarakat, menjaga kesehatan, dan mengoptimalkan sumber daya yang  ada pada dirinya (tubuh, akal,  waktu dan usia).   Agar  tercukupi kebutuhannya, setiap lelaki  dewasa diwajibkan bekerja. Setiap orang wajib memperhatikan anggota keluarga dan kerabatnya yang   menjadi tanggung jawabnya. Peran pihak swasta adalah membantu atau mendukung mewujudkan impian masyarakat yang  kreatif dan inovatif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan  ekonominya. Dukungan dari  pihak swasta berupa bantuan modal sangat dibutuhkan oleh  masyarakat kecil yang  ingin maju.

Sementara itu, peran negara sangat besar dalam mewujudkan kesejahteraan, di  samping individu dan  pihak swasta.  Peran negara  dalam mewujudkan kesejahteraan  masyarakat  di   antaranya, memberikan fasilitas kesehatan gratis, membebaskan biaya pendidikan, menerapkan kebijakan dalam bidang pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan; serta mengelola seluruh sumber daya alam milik negara untuk kepentingan umum.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Literasi 5 Halaman 141.

Mari Bercerita

Apakah masyarakat di sekitar  tempat  tinggalmu  sudah  sejahtera?  Coba ceritakan di  depan teman-temanmu  satu kelas. Sebelum bercerita, tuliskan ceritamu mengenai  masyarakat  di  sekitar tempat  tinggalmu pada  kolom berikut.

Ya, sudah sejahtera karena pengembangan kreativitas masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya alam. Kita harus mendukung masyarakat yang memiliki kemampuan untuk menciptakan standar kehidupan yang layak melalui pemanfaatan sumber daya alam. Pemanfaatan sumber daya alam dapat dilakukan masyarakat melalui bidang pertanian, perkebunan, perikanan, kehutanan, industri dan pertambangan dengan berdasarkan kepada prinsip-prinsip pembangunan yang berkelanjutan. Dengan pengembangan kreativitas tehadap pemanfaatan sumber daya alam, kesejahteraan masyarakat Indonesia akan lebih baik.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Aku Cinta Membaca Literasi 5 Masyarakat Sejahtera, Tanggung Jawab Bersama Halaman 141. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Literasi 5 Halaman 141."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel