Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Literasi 6 Halaman 143.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Aku Cinta Membaca  Literasi 6 Mengharumkan Nama Bangsa Halaman 143 - Literasi 6 Mengharumkan Nama Bangsa Tema 6 Kelas 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 4 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Aku Cinta Membaca tepatnya terdapat pada halaman 143.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Literasi 6 Mengharumkan Nama Bangsa Subtema 4 Aku Cinta Membaca terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 pada halaman 143, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 6 subtema 4 Literasi 6 Mengharumkan Nama Bangsa yang terdapat pada halaman 143.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Literasi 6 Mengharumkan Nama Bangsa Subtema 4 Aku Cinta Membaca Halaman 143.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Aku Cinta Membaca Literasi 6 Mengharumkan Nama Bangsa Halaman 143

Mengharumkan Nama Bangsa

Seorang pelajar SMA kembali memberi kebanggaan bagi Indonesia dalam sebuah ajang kejuaraan tingkat internasional. Irfan  Urane Azis (16 tahun) dari SMA Nusantara, Magelang, berhasil meraih medali emas  dalam International Mathematic Contest (IMC) 2017. Kompetisi tersebut diselenggarakan di Singapura pada 4-7  Agustus 2017. Sebenarnya bukan Irfan  saja yang  berhasil meraih kemenangan dalam kompetisi tersebut. Secara keseluruhan, tim Indonesia berhasil meraih 14 emas, 26 perak, 50 perunggu, dan 38 merit (juara harapan).

Pencapaian kemenangan tim  Indonesia menjadi sangat istimewa karena Irfan  mendapatkan nilai  tertinggi dari  sekitar 1.178 peserta yang  berasal dari 11 negara. Irfan  berhak mendapatkan predikat Grand  Champion. Irfan  berhasil jadi  Juara Umum lomba tersebut.

Sebagai lomba berskala internasional, tingkat kesulitan International Mathematic Contest (ICM) sangat tinggi. Dalam lomba tersebut ada 18  soal Matematika yang harus diselesaikan dalam total waktu 60 menit. Topik soalnya meliputi geometri, aljabar, teori bilangan, kombinatorik, dan sebagainya.

Anggota tim Indonesia pada ICM 2017 berjumlah 129 pelajar. Mereka terdiri atas pelajar kelas 3  SD sampai kelas 11 SMA. Jumlah total peserta ICM 2017 adalah 1.178 pelajar. Peserta kompetisi tersebut berasal dari  11 negara, yaitu China, Malaysia, Hong  Kong, Taiwan, Filipina,  Indonesia, Korea,  Thailand, Iran, Vietnam, dan Australia.

Prestasi tim  Indonesia pada ICM 2017 sangat membanggakan. Perolehan medali melebihi standar  yang   ditetapkan  oleh   panitia  lomba, khususnya perolehan medali emas Indonesia. Pencapaian ini  semakin istimewa karena ada pelajar dari  Indonesia yang  meraih nilai  tertinggi, Grand  Champion, yaitu Irfan.

Informasi kemenangan tim  Indonesia pada ICM 2017 tidak banyak dikupas media. Hanya beberapa media cetak dan elektronik yang  membahas prestasi anak bangsa tersebut secara panjang lebar. Akibatnya tidak banyak masyarakat Indonesia yang  mengenal nama-nama mutiara muda Indonesia ini. Padahal, mereka telah berjuang mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Turut  mengharumkan nama baik  Indonesia merupakan bentuk partisipasi terhadap  pembelaan  negara.  Sebagai pelajar  kamu  dapat  berpartisipasi dengan cara semangat dalam belajar. Dengan demikian, kamu akan menjadi orang yang  dapat membawa nama baik  bangsa.

Turut mengharumkan nama bangsa di kancah internasional merupakan satu bentuk tanggung jawab warga Indonesia. Tidak  hanya di bidang pendidikan, sebagai pelajar kamu dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di bidang olahraga, kesenian daerah, musik, dan jurnalistik. Masih banyak bidang ilmu yang  dapat ditekuni dan dapat membawa nama baik  bangsa Indonesia.

Bentuk tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari- hari sangatlah  banyak. Sebagai pelajar,  kamu dapat  melakukan beberapa sikap berikut.

  1. Ikut berpartisipasi dalam acara kenegaraan (contoh upacara bendera). Jika kamu telah berpartisipasi dalam acara kenegaraan akan membuat kita mencintai dan menghargai negara kita  sendiri.
  2. Menjadi pelajar yang  teladan. Jika kamu menjadi seorang yang  pintar kita dapat mengikuti berbagai kejuaraan dan mengharumkan bangsa dan negara.
  3. Menjaga  kultur budaya bangsa. Kamu harus menyaring masuknya budaya barat yang  masuk ke Indonesia. Tanpa kita  sadari kita  mengalami penjajahan melalui media yang  secara tidak langsung seperti  musik dan film.  Jika  kita  tidak menyaring budaya barat tersebut, otomatis kita  akan menyerap berbagai sifat, perilaku, dan budaya barat tersebut. Yang  lebih membahayakan kita  dapat mencampurkan budaya kita  dengan budaya mereka.
  4. Membela bangsa Indonesia tercinta. Negara Indonesia mengalami krisis  di beberapa bidang seperti SARA dan penurunan kualitas hidup. Kita  harus membantu negara untuk bangkit dari krisis SARA. Kita jangan menyalahkan segelintir orang. Akan tetapi, kita memiliki tanggung jawab terhadap segala peristiwa yang  terjadi di Indonesia.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 143

Mari Bercerita

Apa bentuk tanggung jawabmu sebagai pelajar?

  • Ikut berpartisipasi dalam acara Kenegaraan di sekolah (Upacara Bendera)
  • Melestarikan budaya bangsa
  • Menjaga kultur budaya bangsa

Apa yang bisa kamu lakukan untuk mengisi kemerdekaan Indonesia? 

Cara yang bisa saya lakukan untuk mengisi kemerdekaan yaitu mengikuti berbagai kegiatan positif seperti lomba kemerdekaan, menjaga nama baik tingkat daerah, nasional, maupun internasional, memelihara pasilitas publik. dan belajar dengan giat untuk mencrdaskan kehidupan bangsa.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Aku Cinta Membaca Literasi 6 Mengharumkan Nama Bangsa Halaman 143. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Literasi 6 Halaman 143."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel