Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 124, 126, 128, 129, 130, 131, 132.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 124, 126, 128, 129, 130, 131, 132 - Pembelajaran 1 Tema 8 Kelas 4 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku tepatnya terdapat pada halaman 124, 126, 128, 129, 130, 131, 132.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 1 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 8 pada halaman 124, 126, 128, 129, 130, 131, 132, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 8 subtema 3 pembelajaran 1 yang terdapat pada halaman 124, 126, 128, 129, 130, 131, 132.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Pembelajaran 1 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Halaman 124, 126, 128, 129, 130, 131, 132.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 124 126 128 129 130 131 132

Siti dan Lani mencari bengkel sepeda untuk menambal ban sepeda. Siti merasa lapar. Tiba-tiba terdengar suara, ting. . . ting. . . ting. . . . Di seberang jalan terlihat penjual bakso dorong lewat.  Penjual bakso mendorong gerobaknya dan sesekali berhenti untuk membunyikan mangkok sebagai tanda bahwa ada bakso. Siti dan Lani  sepakat untuk makan bakso dahulu. Mereka memanggil penjual bakso.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 124 126 128 129 130 131 132

Selesai melayani pesanan bakso Siti dan Lani, tukang bakso melanjutkan perjalanannya. Siti dan Lani memperhatikan gerobak bergerak maju karena dorongan tukang bakso. Begitu juga dengan sepeda, sepeda bergerak maju karena dituntun, didorong, dan dikayuh. Mendorong dan mengayuh merupakan gaya yang  dapat menyebabkan gerobak dan sepeda bergerak. Berikut lebih lanjut pengetahuan tentang gaya dan gerak.

Masih ingatkah kamu dengan pembelajaran di subtema 1 dan subtema 2 yang membahas tentang gaya dan gerak? Untuk melakukan gaya kamu perlu tenaga. Bagimana hubungan gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari? Dalam kehidupan sehari-hari banyak peristiwa yang  menunjukkan bahwa ada hubungan antara  gaya dan gerak. Berikut beberapa contoh hubungan gaya dan gerak.

Ayo Mengamati

1. Gaya memengaruhi benda diam menjadi bergerak.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 124 126 128 129 130 131 132

Gambar di atas menunjukkan peristiwa pintu terbuka dan pintu menutup. Dengan adanya gaya berupa dorongan dan tarikan pintu bergerak membuka dan menutup.

2. Gaya  memengaruhi benda bergerak menjadi diam.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 124 126 128 129 130 131 132

Gambar di atas menunjukkan peristiwa bus dari melaju kemudian berhenti. Pada peristiwa itu pak sopir melakukan gaya dengan menginjak rem bus.
Dengan gaya yang dilakukan pak sopir bus menjadi lambat, lalu berhenti.

3. Gaya memengaruhi perubahan bentuk benda

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 124 126 128 129 130 131 132

Gambar di atas menunjukkan peristiwa perubahan bentuk plastisin. Pada peristiwa itu  anak bermain plastisin dengan  melakukan gaya membentuk berbagai bentuk dari plastisin. Dengan gaya  yang dilakukan, plastisin menjadi berubah bentuk.

4. Gaya memengaruhi perubahan arah gerak benda.

Gambar berikut menunjukkan peristiwa perubahan arah gerak bola karena gaya yang  diberikan pada bola.  Pada peristiwa itu  bola  dilambungkan ke atas sehingga bola bergerak ke  atas. Kemudian, bola dipukul ke  depan sehingga bola  bergerak ke arah depan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 124 126 128 129 130 131 132

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 126

Ayo Berdiskusi

Amatilah peristiwa di lingkunganmu yang  berkaitan dengan hubungan antara gaya dan gerak. Tuliskan hasil pengamatanmu pada kotak berikut.

Laporan Hasil Pengamatan 
Nama : (isi nama kamu)
Kelas : 4
Alamat : (isi alamat kamu)
Objek atau peristiwa yang diamati  
  1. Ketapel
  2. Ember
  3. Gerabah
  4. Sepak bola
  5. Sepeda
  6. Pintu
  7. Meja
  8. Kursi
Hasil pengamatan berupa hubungan gaya dan gerak sesuai peristiwa.
  1. Anak bermain ketapel ( arah gerak benda )
  2. Menimba dengan ember ( benda diam menjadi bergerak )
  3. Perajin membuat gerabah( merubah bentuk benda ) 
  4. Bermain sepak bola ( benda diam menjadi bergerak ) 
  5. Mengerem sepeda ( benda bergerak menjadi diam )
  6. Membuka pintu ( benda diam menjadi bergerak ) 
  7. Mendorong meja ( benda diam menjadi bergerak )
  8. Menarik kursi ( benda diam menjadi bergerak )

Siti dan Lani sampai di bengkel sepeda. Sambil menunggu pekerja bengkel menambal ban sepeda, Siti dan Lani bercerita. Saat Siti asyik bercerita, tiba-tiba Lani berteriak sambil menunjuk ke atas. “Ada angsa terbang, cantik, ya” kata Lani. Siti menjadi teringat bahwa ia pernah membaca cerita fiksi  ”Angsa dan Telur Mas.” Berikut cerita yang pernah dibaca Siti. 

Ayo Membaca

Ikuti cerita dalam bacaan yang dibaca oleh Siti berikut.

Angsa dan Telur Emas Aesop

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 124 126 128 129 130 131 132

Alkisah, ada seorang petani sederhana memiliki seekor angsa. Angsa yang dimiliki petani bukan sekadar angsa biasa, melainkan angsa yang  cantik dan istimewa. Keistimewaannya adalah angsa milik  petani menghasilkan telur emas. Petani senang memiliki angsa istimewa itu. Setiap pagi petani bisa mengambil telu remas dikandang . Peta n i membawa telur emas dari  angsa miliknya ke pasar. Petani menjual telur emas dengan harga tinggi. Dalam waktu singkat petani berubah menjadi kaya.

Kekayaan ternyata tidak membuat petani lebih  bersyukur dan tetap rendah  hati. Sebaliknya, kekayaan membuat  petani  serakah.  Petani menginginkan angsa bisa menghasilkan telur emas lebih   banyak lagi dalam  waktu singkat. Petani tidak sabar dan ingin cepat menjadi  orang kaya raya. Ketidaksabaran  petani terhadap angsa m iliknya m uncul karena angsa hanya memberikan sebuah telur setiap hari. Petani merasa dia  tidak akan cepat menjadi kaya  dengan cara begitu.

Alkisah, ada seorang petani sederhana memiliki seekor angsa. Angsa yang dimiliki petani bukan sekadar angsa biasa, melainkan angsa yang  cantik dan istimewa. Keistimewaannya adalah angsa milik  petani menghasilkan telur emas. Petani senang memiliki angsa istimewa itu. Setiap pagi petani bisa mengambil telur emas dikandang . Petani membawa telur emas dari  angsa miliknya ke pasar. Petani menjual telur emas dengan harga tinggi. Dalam waktu singkat petani berubah menjadi kaya.

Kekayaan ternyata tidak membuat petani lebih bersyukur dan tetap rendah hati. Sebaliknya, kekayaan membuat  petani  serakah.  Petani menginginkan angsa bisa menghasilkan telur emas lebih   banyak lagi dalam  waktu singkat. Petani tidak sabar dan ingin cepat menjadi  orang kaya raya. Ketidaksabaran  petani terhadap angsa m iliknya m uncul karena angsa hanya memberikan sebuah telur setiap hari. Petani merasa dia  tidak akan cepat menjadi kaya  dengan cara begitu.

Setiap hari sepulang dari pasar, petani menghitung uangnya. Suatu hari, setelah menghitung  uangnya, sebuah  gagasan  muncul di kepala petani. Petani berpikir bahwa ia  akan mendapatkan semua telur emas dalam diri angsa sekaligus dengan cara memotong angsa. Gagasan petani pun  dilaksanakan. Betapa kaget dan sedihnya petani ketika tidak menemukan satu telur pun   dalam perut angsa. Angsa istimewanya  terlanjur mati  dipotong. Hanya penyesalan  yang   bisa petani rasakan saat ini.  Keinginan petani menjadi kaya  raya  semakin jauh dari  angan-angannya.

Dari cerita di atas kita dapat mengambil hikmah atau pembelajaran. Kita sebagai manusia harus mensyukuri yang  sudah dimiliki. Jangan serakah hanya karena ingin cepat kaya. Sesungguhnya Tuhan sudah mengatur rezeki manusia. “Barang siapa yang  telah memiliki sesuatu dengan berlimpah, tetapi serakah dan menginginkan yang  lebih  lagi, akan kehilangan semua yang  dimilikinya”.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 128 & 129

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan cerita “Angsa dan Telur Mas” di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Apa inti dari teks cerita tersebut?

Cerita seorang petani yang memiliki angsa istimewa. Angsa bertelur emas dan petani ingin angsanya banyak bertelur supaya ia cepat kaya.

2. Siapakah tokoh utama dalam cerita tersebut?

Seorang Petani dan Seekor angsa

3. Bagaimanakah sikap yang dimiliki tokoh utama?

Serakah dan tidak bersyukur

4. Bagaimanakah seharusnya sikap tokoh utama atas nikmat yang sudah ia peroleh?

Selalu bersyukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan dan tidak besifat serakah

5. Apa yang akan kamu lakukan jika menjadi tokoh utama dalam cerita tersebut?

Tidak ingin serakah, selalu bersyukur atas rezeki yang telah Tuhan berikan kepada kita.

Pada dasarnya, cerita fiksi adalah cerita rekaan. Isi cerita fiksi dibuat berdasarkan hasil olahan imajinasi atau daya pikir pengarangnya secara artistik dan intens. Cerita fiksi  diwarnai oleh  kultur,  pengalaman batin, filosofi, religiositas, dan  latar  belakang pengarang  lainnya. Selain itu,   cerita  fiksi diolah berdasarkan pandangan, tafsiran, kecerdikan, wawasan, dan penilaian pengarang terhadap berbagai peristiwa, baik peristiwa nyata maupun peristiwa hasil rekaan semata.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 130 & 131

Ayo Berdiskusi

Banyak cerita fiksi yang dapat kamu baca di perpustakaan sekolah atau di toko-toko buku. Buatlah kelompok terdiri atas lima  anak. Kemudian, setiap anak mencari lima judul cerita fiksi, baik di perpustakaan sekolah, di toko-toko buku,  maupun dari  internet. Mintalah pendampingan  kakak atau orang tua pada saat mengakses internet. Cerita yang  diperoleh setiap siswa, hendaknya dibaca oleh  4 anak anggota kelompok. Setelah kelima anak membaca cerita yang  diperoleh, berdiskusilah mengenai inti  cerita. Kemudian,  tuliskan hasil diskusi pada kotak tabel berikut.

Alternatif Jawaban : 
1. Angsa dan Telur Mas
Tokoh dalam Cerita : Petani 
Sifat Tokoh dalam Cerita : Serakah 
Inti Cerita dari Hasil Diskusi : Cerita tentang seorang petani yang memiliki angsa istimewa. Angsa bertelur emas. Petani ingin angsanya banyak bertelur supaya ia cepat kaya.

2. Ainun Habibie
Tokoh dalam Cerita : Bunga citra lestari,reza rahardian, tio pakusadewo
Sifat Tokoh dalam Cerita : Pantang Menyerah
Inti Cerita dari Hasil Diskusi : Cerita tentang Rudy Habibie seorang genius ahli pesawat terbang yang punya mimpi besar: berbakti kepada bangsa Indonesia dengan membuat pesawat terbang untuk menyatukan Indonesia. Sedangkan Ainun adalah seorang dokter muda cerdas .

3. Laskar pelangi
Tokoh dalam Cerita :
  1. Ikal
  2. Lintang
  3. A Kiong
  4. Mahar
  5. Syahdan
  6. Trapani
  7. Harun
  8. Sahara
  9. Borek
  10. Kucai
Sifat Tokoh dalam Cerita : Baik Hati
Inti Cerita dari Hasil Diskusi : Laskar pelangi adalah novel karya andrea hirata.begitu banyak dalam masa kecil para anggota laskar pelangi.sebelas anak melayu belitong yg luar biasa ini tak pernah menyerah.tengoklah lintang, seorang kuli kopra kecil yg jenius & dengan senang hati bersepeda  80 km pada pagi hari untuk menuntut ilmu.atau mahar seorang pesuruh tukang parut yg sekaligus seniman dadakan.& juga 9 orang laskar pelangi lainnya.

4. Negeri 5 menara
Tokoh dalam Cerita :
Zafran (Herjunot Ali) Genta (Fedi Nuril), Arial (Denny Sumargo) Riani (Raline Shah) dan Ian (Igor saykoji) 
Sifat Tokoh dalam Cerita : disiplin
Inti Cerita dari Hasil Diskusi : Pada mulanya, sang tokoh Alif ingin menjadi sosok intelek seperti Habibie. Ia mengingkan bersekolah di SMA Bukittinggi demi mencapai cita-citanya. Sayangnya, Amak, orang tua Alif tidak mengijinkan hal tersebut. Ia menginginkan Alif menjadi seorang ustad atau pemuka agama sehingga ia berpikir menyekolahkannya di pondok pesantren. Alif sebenarnya berberat hati, tapi pada akhirnya ia menuruti Amak-nya dan melanjutkan pendidikan di Pesantren Madani. Pada mulanya, Alif begitu kaget menjumpai kehidupan di dalam pondok pesantren yang begitu disiplin. Namun seiring berjalannya waktu, ia kemudian ikut lebur di dalamnya bersama sahabat-sahabatnya yang lain. Mereka semua percaya pada sebuah mantra: Man Jadda Wajada yang berarti siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil. 

5. Sangkuriang
Tokoh dalam Cerita :
- Dayang sumbi
- Wayungyang
- Prabu sungging
- Sangkuriang
- Tumang
- Jaka
- Ki Ageng 
Sifat Tokoh dalam Cerita : Durhaka kepada orangtua
Inti Cerita dari Hasil Diskusi :
Sangkuriang hifup di hutan denganibunya dayang sumbi karena diusir dari kerajaan dan seekor anjing bernama tumang konon anjing ini adalah ayahnya yang dikutuk suatu saat sangkuriang pergi memburu ,hari sudah mau malam tp hasil buruan tidak juga didapat akhirnya dengan fikiran pendek sangkuriang menyembelih anjing dan dibawa pulang daging nya. kemudian setelah itu ibunya menanyakan anjing tersebut dan ibunya murka mengetahui anjing nya mati. sangkuriang pun di pukul dan di usir. lama tidak jumpa sanhkuriang dan ibunya yang masih cantik saling jatuh cinta dalam perjalanan cinta mereka ibunya mengetahui sangkuriang adl anaknya, ibunya mencoba berbagai cara untk berpisah akhirnya ibunya menyuruh sangkuriang untuk membuat prrahu yang besar untuk ia berlayar bersama dayang sumbi tapi harus selesai seblm fajar
sangkuriang hampir menyelesaikan tapi takfir berkata lain ibunya menganggap waktu nya habis. sangkuriang marah du tendangnya perahu itu sampai terbalik dan sekarang jadi tangkuban perahu

6. Jilbab Traveler
Tokoh dalam Cerita :
Bunga Citra Lestari, Morgan Oey, Giring Ganesha 
Sifat Tokoh dalam Cerita : Gemar Menulis dan traveling
Inti Cerita dari Hasil Diskusi :
RANIA SAMUDRA (Bunga Citra Lestari), 24 tahun, seorang penulis yang gemar traveling, dijuluki Jilbab Traveler oleh para pembacanya. Ketika ayahnya sakit, Rania memutuskan pulang. Namun sang ayah malah memberikan misi pada Rania mengunjungi Baluran, alam yang luar biasa indah di timur pulau Jawa, tempat dimana ayah dan ibunya dulu menemukan cinta. Di sana, Rania bertemu dengan HYUN GEUN (Morgan Oey), fotografer asal Korea yang tampan tapi cuek. Hyun Geun ditemani sahabatnya, ALVIN (Ringgo Agus), berhasil memaksa Rania untuk memandu mereka ke kawah Ijen. Tetapi keputusan itu membuat Rania kehilangan momen terpenting bersama ayahnya.
Perasaan menyesal mendorong Rania berhenti menjelajah dunia. Tidak juga peduli ketika Hyun Geun yang merasa bersalah mencoba mendekat, bahkan hingga pemuda gondrong itu kembali ke Korea. Rania tetap bersikeras tinggal di rumah, mendampingi ibunya. Melihat hal ini, TIA dan ERON, dua kakak Rania, segera berinisiatif menjodohkan Rania dengan ILHAN (Giring Ganesha). Kebaikan hati dan perhatian Ilhan membuat Rania yakin dia akan menerima cinta Ilhan. Sampai sebuah undangan menjadi peserta Writers in Residence di Gangwon, Korea Selatan, muncul di hadapannya.
Rania menghadapi dilema terbesar dalam hidupnya. Saat keputusan nyaris di genggaman tangan, bayangan Hyun Geun bermunculan kembali seperti mimpi yang memangil-manggil dari kejauhan. Jilbab Traveler: Sparks in Korea, yang diangkat dari novel semi biografi Asma Nadia, mengungkap kisah cinta, perjalanan menjelajah keindahan illahi dan gadis yang bertanya, di manakah Allah menyiapkan titik henti bagi petualangannya?

Ban sepeda Siti selesai ditambal. Siti dan Lani lega. Karena hari sudah sore, Siti dan  Lani  pulang.  Siti m engayuh  sepeda dan Lani  m em bonceng di belakang. Siti mengayuh sepeda dengan santai, tidak tergesa-gesa ataupun lambat sehingga laju sepeda Siti pun  sedang.

Ayo Renungkan

Kamu telah mempelajari hubungan gaya dan gerak. Apakah gaya dan gerak benda penting bagi kehidupanmu? Coba, kamu renungkan dan beri alasan atas hasil renunganmu. Tuliskan  hasil renungan beserta alasannya dalam bentuk kolom  seperti berikut.

Iya, karena gaya dapat mempengaruhi suatu benda sehingga dapat bergerak. Begitu juga hubungannya dengan kehidupan sehari-hari gaya kita dapat menghasilkan pergerakan atau bergeser.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 132

Kerja Sama dengan Orang Tua

Gaya sangat kamu butuhkan pada saat kamu akan memindahkan barang- barang berat di  rumahmu, misalnya lemari, meja belajar, tempat tidur, dan barang-barang lain.  Gaya yang sangat  kamu  butuhkan  pada  saat  akan memindahkan barang-barang berat di rumah antara lain  gerak otot menarik dan  mendorong. Tuliskan tiga gaya yang sering kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Apa yang dihasilkan dari gaya yang kamu lakukan. Bekerja samalah dengan anggota keluargamu untuk mengerjakan tugas ini. Tuliskan hasilnya pada kotak berikut.

Contoh pemanfaatan gaya otot dalam kehidupan sehari-hari adalah.
  • Memindahkan benda.
  • Menggerakkan tubuh.
  • Melatih dan membentuk tubuh.
  • Melakukan pekerjaan.
  • Mempertahankan postur tubuh.
  • Menendang bola
  • Tarik tambang

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 124, 126, 128, 129, 130, 131, 132. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 124, 126, 128, 129, 130, 131, 132."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel