Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 134, 135, 139, 140.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 134, 135, 139, 140 - Pembelajaran 2 Tema 8 Kelas 4 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku tepatnya terdapat pada halaman 134, 135, 139, 140.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 2 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 8 pada halaman 134, 135, 139, 140, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 8 subtema 3 pembelajaran 2 yang terdapat pada halaman 134, 135, 139, 140.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Pembelajaran 2 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Halaman 134, 135, 139, 140.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 2 Halaman 134 135 139 140

Ayo Mengamati

Amatilah gambar benda-benda berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 2 Halaman 134 135 139 140

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 134

Benda-benda pada gambar di atas merupakan gambar benda tiga dimensi. Apakah yang  dimaksud benda tiga dimensi? Tuliskan pendapatmu mengenai pengertian benda tiga dimensi pada kolom  berikut.

Ciri-ciri benda 3 dimensi adalah :
  • Mempunyai Panjang, Lebar, dan Tinggi
  • Dapat dinikmati dari sudut pandang mana saja
  • Menempati ruang

Ayo Membaca

Gambar adalah karya seni rupa dua dimensi. Karya seni rupa dua dimensi merupakan karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Objek gambar adalah benda-benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi adalah karya seni  rupa yang memiliki  panjang, lebar, dan tinggi,  serta memiliki volume. Unsur volume inilah yang menjadi pembeda antara benda dua dimensi dan benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi misalnya benda hias dan benda yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas bunga, meja, kursi,  lemari, dan lampu hias.

Berdasarkan pengertian karya seni tiga dimensi di atas, dapat kamu pahami adanya ciri-ciri tiga dimensi sebagai berikut.

1. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.

2. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.

3. Memiliki volume.

Ditinjau dari jenis bendanya, ada tiga jenis benda yang  biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Tiga jenis benda yang dimaksud sebagai berikut.

1. Benda Kubistis
Benda kubistis adalah benda-benda yang  berbentuk menyerupai bangunan kubus atau balok. Contohnya kotak pensil, kotak tisu, meja, kursi, lemari, bak sampah, dan kulkas.

2. Benda Silindris
Benda silindris adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai silinder (elips). Contohnya botol, gelas, piring, mangkuk, teko, dan guci.

3. Benda Bebas
Benda Bebas adalah benda-benda yang  bentuknya tidak beraturan. Contohnya buah-buahan,  pepohonan,  batu-batuan,  dan benda alam lain.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 135

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, supaya kamu lebih memahami karya benda tiga dimensi.

1. Bagaimana ciri-ciri benda berbentuk tiga dimensi.

Ciri-ciri karya seni 3 dimensi :
  • Mempunyai, Panjang, Lebar dan Tinggi
  • Dapat dinikmati dari sudut pandang mana saja
  • Menempati ruang

2. Apa saja jenis-jenis benda karya tiga dimensi?

Secara umum, jenis-jenis karya seni rupa tiga dimensi adalah sebagai berikut:
  • Kriya
  • Patung
  • Keramik
  • Arsitektur

3. Apa saja contoh lain benda tiga dimensi yang dapat ditemukan dalam lingkungan kehidupan sehari-hari?

Adapun beberapa contoh benda yang merupakan karya seni rupa tiga dimensi sebagai berikut:
  • Patung
  • Bangunan seperti rumah adat
  • Arca
  • Vas bunga, guci dan semacamnya
  • Topeng
  • Gantungan kunci
  • Keris

4. Bagaimanakah teknik dasar menggambar benda tiga dimensi?

Teknik dasar menggambar benda tiga dimensi adalah teknik garis dan perspektif. Benda tiga dimensi terdiri dari tiga sumbu yakni mendatar, vertikal, dan diagonal. Keberadaan tiga sumbu ini membutuhkan teknik perspektif yang tepat.

Ayo Berlatih

Kamu telah memahami jenis-jenis benda yang  bisa kamu tuangkan dalam gambar tiga dimensi. Sekarang perhatikan gambar benda tiga dimensi berikut. Kelompokkan   gambar-gambar  yang    ada  berdasarkan  jenisnya.  Tuliskan dalam buku  tugasmu ada berapa jenis benda dalam kelompok benda kubistis, kelompok benda silindris, dan kelompok benda bebas? Presentasikan di depan kelas secara bergantian.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 2 Halaman 134 135 139 140

Jenis benda tiga dimensi banyak bentuknya. Kamu bisa menemukan benda- benda tiga dimensi di lingkungan tempat tinggalmu. Adakah perajin atau penjual gerabah di tempat tinggalmu? Lakukan kegiatan berikut.

Ayo Mengamati

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Lakukan kunjungan secara kelompok ke tempat perajin atau penjual gerabah di lingkungan tempat tinggalmu. Amati gerabah yang dijual atau  dibuat perajin. Tuliskan nama gerabah yang  termasuk jenis benda yang  biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Tuliskan sesuai tiga kelompok jenis benda tiga dimensi!

Teko merupakan benda tiga dimensi. Saat kita melihat teko, mengingatkan  kita pada cerita “Aladin  dan Lampu Ajaib”.  Cerita
 
”Aladin  dan Lampu Ajaib  merupakan contoh cerita fiksi. Tahukah kamu cerita ”Aladin  dan Lampu Ajaib”? Coba, cari tahu mengenai cerita ”Aladin dan Lampu Ajaib.”

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 2 Halaman 134 135 139 140

Ayo Berdiskusi

1. Coba cari tahu mengenai cerita fiksi  ”Aladin dan Lampu Ajaib” dengan cara bertanya kepada orang tua, kakak, guru,  atau siapapun yang kamu anggap tahu. Kamu  juga bisa mencari tahu  melalui berbagai media. Jika  kamu akan membuka internet, mintalah pendampingan dari  orang tuamu atau orang dewasa. 

2. Tuliskan kembali dengan singkat cerita
 
”Aladin dan Lampu Ajaib.”
 
Tuliskan juga tokoh-tokoh dan sifatnya. Tuliskan dalam kotak berikut.

Benda tiga dimensi berupa teko dapat dibuat dengan cara dibentuk dari tanah liat. Karena pengaruh gaya saat membentuk, tanah liat yang tadinya tidak berbentuk menjadi bentuk teko. Masih ingatkah kamu dengan pembelajaran 1  yang membahas tentang hubungan gaya dan gerak? Dapatkah kamu menemukan hubungan gaya dan gerak pada peristiwa di  lingkungan tempat tinggal? Amatilah gambar peristiwa berikut.

Ayo Mengamati

Amatilah gambar peristiwa anak bermain ketapel, paman menimba dengan ember, dan perajin membuat gerabah berikut.

1.  Anak bermain ketapel

Bermain ketapel dilakukan dengan menarik karet dan melepaskan karetnya. Berhati-hatilah saat bermain ketapel. Jangan diarahkan kepada teman.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 2 Halaman 134 135 139 140

2. Paman menimba dengan ember

Paman menimba dengan menarik tali timba. Perhatikan gambar berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 2 Halaman 134 135 139 140

3.  Perajin membuat gerabah

Gerabah dibuat dari tanah liat. Tanah dibentuk oleh perajin menjadi berbagai bentuk. Perhatikan gambar berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 2 Halaman 134 135 139 140

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 139

Bagaimana hubungan gerak dan gaya kaitannya dengan peristiwa tersebut?
Coba, tuliskan dalam kotak-kotak berikut.

Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa menimba adalah

Gaya adalah kekuatan berupa dorongan atau tarikan pada benda yang dapat mengubah arah dan bentuk benda Gerak yaitu perpindahan benda dari satu titik ke titik yang lainnya.
Gaya yang sering kita temui di alam sekitar kita ada banyak jenisnya seperti :
  • Gaya otot yaitu gaya yang ditimbulkan akibat kerja oto pada manusia atau hewan, seperti manusia yang mengangkat ember atau sapi yang menarik gerobak
  • Gaya gesek, yaitu gaya yang bekerja pada benda akibat dua permukaan yang saling bersentuhan. misalnya telapak kaki yang bergesekan dengan laintai
  • Gaya gravitasi, yaitu gaya yang disebabkan oleh adanya grafitasi pada sebuah planet yang menarik benda ke arah pusat gravitasi. Contohnya, kelapa jatuh kebawah akibat adanya grafitasi dari bumi
  • Gaya magnet, yaitu gaya yang timbulkan karena adanya medan magnet, misalnya paku yang bergerak kearah magnet
  • Gaya pegas, yaitu : Gaya yang bekerj pada benda yang elastis, seperti pada karet gelang atau per pada pulpen.

Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa bermain ketapel adalah

BERMAIN KETAPEL : nah pada saat bermain ketapel yang bekerja adalah gaya otot saat menarik ketapel dan gaya pegas.. Pada ketapel kita fokus pada gaya pegas yang bekerja sehingga menyebabkan benda dapat lepas dari ketapel dan melompat ke tempat yang jauh, dan hal ini menandakan benda bergerak atau berpindah tempat.

Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa membuat gerabah adalah

MEMBUAT GERABAH : pada saat proses membuat gerabah juga berlaku gaya otot dan gaya gesek. Gaya gesek antara telapak tangan dngn tanah liat ini yang menyebabkan gerabah dapat terbentuk.. Selain itu pd proses pembuatan gerabah, juga berlaku gaya mesin jika mesin yang digunakan. Perubahan bentuk gerabah terjadi karena adanya gaya dan gerak.

Ayo Mencoba

Untuk membuktikan adanya hubungan antara gaya dan gerak, praktikkan permainan ketapel. Bawalah ketapel dari rumah atau Bapak/Ibu Guru akan menyiapkan ketapel. Praktikkan cara bermain ketapel. Berhati-hatilah, jangan mengarahkan ketapel kepada teman atau orang lain. Buktikan adanya hubungan antara gaya dan gerak. Bapak/Ibu Guru akan memberikan penjelasan kepadamu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 140

Ayo Renungkan

Apa yang sudah kamu pelajari hari ini? Apakah kamu merasa senang dengan kegiatan yang kamu lakukan hari ini? Apakah kamu kesulitan dalam mengikuti kegiatan dalam pembelajaran hari ini?  Coba  renungkan! Tuliskan hasil renunganmu dalam kotak berikut.

Alternatif Jawaban
Saya tidak kesulitan dalam belajar, saya bisa memahaminya dengan cepat tapi saya tidak bisa menghapalnya dengan mudah.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Coba amati peristiwa yang berhubungan dengan gaya dan gerak di lingkungan tempat tinggalmu bersama orang tua atau kakakmu. Tuliskah peristiwa yang kamu amati. Tuliskan juga hubungan gaya dan gerak pada peristiwa itu.  Tuliskan pada kolom  berikut.

Nama                              : Isi nama peserta didik
Daerah Tempat Tinggal : Isi daerah tempat tinggal peserta didik

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 2 Halaman 134 135 139 140

Gaya adalah kekuatan berupa dorongan atau tarikan pada benda yang dapat mengubah arah dan bentuk benda Gerak yaitu perpindahan benda dari satu titik ke titik yang lainnya.
  • Gaya yang sering kita temui di alam sekitar kita ada banyak jenisnya seperti :
  • Gaya otot yaitu gaya yang ditimbulkan akibat kerja oto pada manusia atau hewan, seperti manusia yang mengangkat ember atau sapi yang menarik gerobak
  • Gaya gesek, yaitu gaya yang bekerja pada benda akibat dua permukaan yang saling bersentuhan. misalnya telapak kaki yang bergesekan dengan laintai
  • Gaya gravitasi, yaitu gaya yang disebabkan oleh adanya grafitasi pada sebuah planet yang menarik benda ke arah pusat gravitasi. Contohnya, kelapa jatuh kebawah akibat adanya grafitasi dari bumi
  • Gaya magnet, yaitu gaya yang timbulkan karena adanya medan magnet, misalnya paku yang bergerak kearah magnet
  • Gaya pegas, yaitu : Gaya yang bekerj pada benda yang elastis, seperti pada karet gelang atau per pada pulpen.
2. BERMAIN KETAPEL : nah pada saat bermain ketapel yang bekerja adalah gaya otot saat menarik ketapel dan gaya pegas.. Pada ketapel kita fokus pada gaya pegas yang bekerja sehingga menyebabkan benda dapat lepas dari ketapel dan melompat ke tempat yang jauh, dan hal ini menandakan benda bergerak atau berpindah tempat.
3. MEMBUAT GERABAH : pada saat proses membuat gerabah juga berlaku gaya otot dan gaya gesek. Gaya gesek antara telapak tangan dngn tanah liat ini yang menyebabkan gerabah dapat terbentuk.. Selain itu pd proses pembuatan gerabah, juga berlaku gaya mesin jika mesin yang digunakan. Perubahan bentuk gerabah terjadi karena adanya gaya dan gerak.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 134, 135, 139, 140. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 134, 135, 139, 140."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel