Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 143, 144, 146, 147, 149, 150.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 143, 144, 146, 147, 149, 150 - Pembelajaran 3 Tema 8 Kelas 4 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku tepatnya terdapat pada halaman 143, 144, 146, 147, 149, 150.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 3 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 8 pada halaman 143, 144, 146, 147, 149, 150, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 8 subtema 3 pembelajaran 3 yang terdapat pada halaman 143, 144, 146, 147, 149, 150.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Pembelajaran 3 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Halaman 143, 144, 146, 147, 149, 150.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 3 Halaman 143 144 146 147 149 150

Nelayan bekerja mencari ikan  di laut. Hasil  tangkapan ikannya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Mata pencaharian sebagai nelayan ditemui di  daerah pantai. Berbicara tentang nelayan mengingatkan kita pada cerita fiksi‘Nelayan dan Ikan Mas’.

Ayo Membaca

Bacalah cerita berikut!

Nelayan dan Ikan Mas

Dalam sebuah kisah diceritakan ada  sepasang  suami istri   yang sudah tua dan hidup sederhana, sebut saja kakek dan nenek. Mereka tinggal  di  gubuk  reot   di  tepi   pantai.  Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya, kakek bekerja sebagai nelayan. Nenek di rumah mengerjakan pekerjaan rumah.

Seperti hari-hari biasa, pagi itu  kakek pergi ke  laut  mencari ikan. Kakek mencari ikan  menggunakan jala.  Hampir seharian kakek menjala, tetapi  kakek belum juga mendapat  ikan. Hingga akhirnya, jala  kakek bergerak kencang. Kakek  segera mengangkat jalanya. Ternyata  kakek mendapat seekor ikan  mas kecil.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 3 Halaman 143 144 146 147 149 150

Alangkah terkejutnya kakek saat memegang ikan mas terdengar suara layaknya manusia. Suara itu berasal dari  mulut ikan mas. Ternyata ikan mas hasil tangkapan kakek bisa berbicara. Ikan  mas minta tolong kepada kakek untuk dilepas kembali ke  laut. Sebagai imbalannya, ikan mas akan memenuhi segala permintaan kakek. Akibat  rasa kaget, tanpa berpikir panjang kakek langsung melepas ikan  mas kembali ke laut  tanpa mengajukan permintaan apa pun.

Kakek pulang dengan tangan hampa karena seharian kakek tidak mendapatkan ikan. Tak pelak nenek yang sudah menunggu lama di rumah marah. Nenek bingung karena tidak ada yang bisa dimakan hari itu. Untuk menenangkan hati istrinya, kakek menceritakan pertemuannya dengan ikan mas ajaib yang bisa berbicara layaknya manusia dan berjanji mau memenuhi segala permintaannya. Mendengar cerita kakek,  nenek tambah  marah karena kakek tidak meminta apa pun   dari   ikan   mas. Pad ah al  h id u p  m ereka serba keku ran gan , bak cu cian lapu k, d an tinggal di gubuk reot.

Nenek menyuruh kakek kembali ke laut dan mengajukan permintaan kepada ikan mas. Nenek menginginkan bak cucian yang baru. Akhirnya, kakek kembali ke laut dan meminta bak cucian baru kepada ikan mas. Sungguh ajaib, dalam waktu sekejap sudah ada bak cucian baru di depan rumah. Keajaiban itu, ternyata tidak membuat nenek bersyukur. Sebaliknya, nenek semakin serakah. Nenek menyuruh kakek kembali ke laut   untuk mengubah gubuk reotnya menjadi rumah baru tanpa ada kayu lapuknya. Kakek pun  menuruti keinginan nenek. Kembalilah kakek ke laut  menemui ikan  mas dan menyampaikan keinginan istrinya. Lagi- lagi  terjadi keajaiban, sepulang dari  laut  rumah kakek sudah berubah menjadi rumah baru tanpa ada kayu  lapuknya.

Sang nenek masih saja tidak puas dengan rumah barunya. Banyak permintaan yang nenek  ajukan.  Mulai dari istana, menjadi penguasa provinsi atau gubernur, dan menjadi ratu. Semua sudah kakek sampaikan kepada ikan mas dan terkabulkan. Dasar manusia serakah, ia ingin meminta lebih .  Akirnya,  nenek  menyuruh kakek minta kepada ikan mas agar nenek menjadi dewi laut  dan ikan  mas menjadi pelayannya. Mendengar permintaan tersebut, ikan  mas tidak menjawab apa pun  dan langsung kembali berenang ke laut.

Ketika  kakek pulang  ke  rumahnya,  ia tidak melihat  lagi  istana dan pelayan-pelayan istrinya. Kakek hanya melihat gubuk reot  dengan beberapa  kayu lapuknya. Sementara  nenek tampak  duduk melamun memandangi bak  cucian yang  lapuk seperti sedia kala.  Penyesalan atas keserakahan nenek pun  tiada guna.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 143 & 144

Berdasarkan cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1. Mengapa cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’ disebut sebagai cerita fiksi?

Karena cerita fiksi  merupakan cerita imajinasi atau cerita yang benar-benar tidak nyata

2. Siapa sajakah tokoh-tokoh yang ada dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’?

  • Si Kakek
  • Si Nenek
  • Ikan Mas Ajaib
  • Sang Ratu

3. Bagaimanakah sifat dari tokoh-tokoh dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’?

Alternatif Jawaban:
Sifat dari tokoh dalam cerita Nelayan dan Ikan Mas adalah sebagai berikut :
Kakek: penurut
Nenek: serakah
Penjelasan:
Tokoh-tokoh yang ada dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas' adalah kakek, nenek, dan ikan mas.
Sifat kakek yang penurut dibuktikan dengan menuruti segala kemauan nenek. Ketika nenek ingin sesuatu, Kakek langsung menyampaikannya ke ikan mas.
Sifat nenek yang serakah dibuktikan dengan ketidakpuasaannya atas segala hal yang ia terima dan selalu merasa kekurangan.

Bukti kalimat pada teks:
Paragraf 3
Nenek menyuruh kakek kembali ke laut untuk mengubah gubuk reotnya menjadi rumah baru tanpa ada kayu lapuknya. Kakek pun menuruti keinginan nenek. Kembalilah kakek ke laut menemui ikan mas dan menyampaikan keinginan istrinya.
Paragraf 4
Sang nenek masih saja tidak puas dengan rumah barunya. Banyak permintaan yang nenek ajukan. Mulai dari istana, menjadi penguasa provinsi atau gubernur, dan menjadi ratu. Semua sudah kakek sampaikan kepada ikan mas dan terkabulkan. Dasar manusia serakah, ia ingin meminta lebih.

4. Hikmah apa yang bisa kamu petik dari cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’?

Kita hendaknya jangan serakah dan tidak melupakan masa lalu

5. Sikap apakah yang harus kita hindari agar kita bisa bersyukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa?

  • Congkak
  • Sombong
  • Berbohong
  • Patuh terhadap orang tua

Berdasarkan cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’, kamu dapat memahami adanya tokoh dan peran tokoh. Dalam cerita fiksi, tokoh memegang peranan penting. Tokoh akan membuat suatu cerita lebih  hidup dan menarik seolah-olah terjadi di alam nyata.

Tokoh adalah orang yang  menggambarkan suatu peristiwa dalam sebuah cerita yang  diperankan. Para tokoh dalam cerita memiliki peranan masing- masing yang  berbeda satu tokoh dengan tokoh lainnya. Mari  kita  mengingat kembali mengenai tokoh dalam cerita fiksi.

Pada dasarnya, tokoh dibedakan menjadi dua yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan (pembantu). Pada pembelajaran-pembelajaran sebelumnya kamu sudah mengenal berbagai tokoh dalam cerita. Mari, kita mengingat kembali.

1. Tokoh utama

Tokoh utama adalah tokoh yang  memiliki peranan penting dalam suatu cerita. Tokoh utama paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang  dikenai kejadian.Bahkan dalam novel-novel tertentu, tokoh utama senantiasa hadir dalam setiap kejadian dan dapat ditemui dalam tiap halaman novel  yang  bersangkutan.

2. Tokoh Tambahan (pembantu)

Tokoh tambahan (pembantu) adalah tokoh yang memiliki peranan tidak penting dalam cerita. Kehadiran tokoh pembantu sekadar menunjang tokoh utama.

Tokoh juga dapat dibedakan berdasarkan peran tokoh dalam sebuah cerita yaitu  tokoh protagonis dan antagonis. Mengapa dikatakan tokoh protagonis dan antagonis?

1. Tokoh Protagonis

Tokoh protagonis adalah tokoh yang memiliki watak baik sehingga disenangi dan dikagumi pembaca.

Protagonis adalah pelaku yang memiliki watak yang baik sehingga disenangi pembaca.

2. Tokoh Antagonis

Tokoh antagonis adalah tokoh yang tidak disenangi pembaca karena perannya tidak sesuai yang didambakan pembaca. Tokoh antagonis ini menjadi penyebab timbulnya konflik dan ketegangan yang  dialami oleh tokoh protagonis. Antagonis adalah pelaku yang  tidak disenangi pembaca yang  tidak sesuai dengan isi cerita yang  didambakan oleh  pembaca.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 146

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan penjelasan tentang tokoh dan jenisnya, diskusikan bersama dua orang temanmu tentang tokoh utama dan tokoh pembantu dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’. Selanjutnya berdasarkan peranannya, tuliskan tokoh protagonis dan tokoh antagonis dalam cerita ‘Nelayan dan Ikan Mas’. Tulislah hasil diskusi- mu pada kotak berikut.

Tokoh utama dan Tokoh Pembantu dalam cerita "Nelayan dan Ikan Mas"
Dari judul cerita tersebut, dapat disimpulkan tokoh utama adalah Sang Nelayan dan Ikan Mas
Tokoh pembantunya dapat berupa tokoh-tokoh lain yang terdapat di cerita seperti istri nelayan
Tokoh Protagonis dan tokoh antagonis dalam cerita "Nelayan dan Ikan Mas"
Tokoh Protagonis : Ikan Mas
Tokoh Antagonis : Nelayan dan Anak

Peran tokoh dalam cerita sebenarnya menggambarkan peran manusia dalam kehidupan nyata. Dalam kehidupan nyata manusia mempunyai karakter berbeda-beda. Ada yang berkarakter baik dan ada yang berkarakter tidak baik.  Ada yang  menyenangkan dan ada tidak menyenangkan. Semua itu merupakan keragaman karakteristik individu.

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat plural atau majemuk. Artinya, masyarakat Indonesia terdiri atas beragam karakteristik yang  berbeda antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain. Apa sebenarnya karakteristik itu?  Apa saja jenis karakteristik masyarakat Indonesia?

Karakteristik adalah  karakter dan gaya hidup seseorang serta nilai-nilai yang berkembang secara teratur sehingga tingkah laku  menjadi lebih konsisten dan mudah diperhatikan. Karakteristik juga berarti ciri atau karakter secara alamiah yang  melekat pada diri  seseorang. Jadi,  karakteristik individu adalah  ciri   atau  karakter yang   melekat  pada  diri   individu.  Karakteristik individu dalam masyarakat Indonesia beragam  jenisnya di antaranya fisik, jenis kegemaran, pekerjaan, ras, suku,  pengetahuan, serta agama atau kepercayaan.

Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia bukan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Keragaman karakteristik masyarakat  Indonesia juga bukan sumber timbulnya konflik  atau masalah. Sebaliknya, keragaman karakteristik masyarakat Indonesia merupakan kekayaan khazanah  budaya bangsa  yang   dapat  memperkukuh persatuan dan kesatuan Indonesia. Bagaimanakah cara kita  menghadapi karakteriksik masyarakat Indonesia?

Kita sebagai warga negara Indonesia hendaknya saling  menghormati perbedaan karakteristik antarmasyarakat. Banyak manfaat atas keragaman karakteristik masyarakat Indonesia.Beberapa manfaat yang  dimaksud sebagai berikut.

1.  Dapat belajar saling menghargai karakter setiap individu.

2.  Belajar bersosialisasi.

3.  Belajar toleransi.

4.  Saling melengkapi sesama individu.

5.  Hidup rukun dalam masyarakat.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 147

Ayo Berdiskusi

Kamu telah memahami berbagai jenis karakteristik individu dalam masyarakat. Teman-teman di sekolahmu tentu juga memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Bagaimanakah sikap kamu dalam menghadapi berbagai karakteristik teman di  sekolahmu? Manfaat apa yang  kamu peroleh dengan adanya karakteristik antarteman di sekolah? Diskusikan bersama dua orang temanmu. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 3 Halaman 143 144 146 147 149 150

1. Jenis Perbedaan Karakter : Usia
Sikap: Menghargai cara berpikir teman yang belum dewasa.
Manfaat: Hidup rukun dengan teman.

2. Jenis Perbedaan Karakter : Fisik
Sikap: menghargai fisik teman yg kurang sempurna atau unik
Manfaat: kita dapat melihat bahwa Tuhan itu menciptakan makhluknya beragam, dan kita harus bersyukur kalau kita sempurna

3. Jenis Perbedaan Karakter : Kegemaran
Sikap: menghargai kegemaran teman dan kegemaran sendiri.
Manfaat: menyadarkan kita bahwa setiap orang mempunyai keunikan dan kegemaran sendiri. Jadilah dirimu sendiri.

4. Jenis Perbedaan Karakter : Agama
Sikap: kita harus toleransi antarumat beragama
Manfaat: setiap agama pasti mengajarkan yang baik kepada penganutnya, maka hargailah kepercayaan mereka.

5. Jenis Perbedaan Karakter : Suku
Sikap: kita harus menghargai setiap suku. Suku adalah kekayaan bangsa yang harus dibanggai.
Manfaat: suku adalah kekayaan bangsa, maka kita wajib bangga apapun sukunya.

Pekerjaan merupakan salah satu jenis karakteristik individu dalam masyarakat. Misalnya, petani merupakan pekerjaan mayoritas bangsa Indonesia sebagai negara agraris. Nelayan adalah pekerjaan yang ditekuni oleh masyarakat di daerah pantai. Adapun di daerah pegunungan sebagian warganya menggarap perkebunan. Banyak ragam pekerjaan dalam masyarakat. Pekerjaan yang  ditekuni masyarakat sesuai dengan kondisi lingkungan alam sekitar.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 3 Halaman 143 144 146 147 149 150

Pekerjaan merupakan salah satu bentuk kegiatan ekonomi. Ingatkah kamu yang  dimaksud kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada dasarnya manusia bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jadi, pekerjaan merupakan salah satu bentuk kegiatan ekonomi.

Pada dasarnya, pekerjaan dibedakan menjadi dua sebagai berikut.

1. Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan yang menghasilkan suatu  barang yang bisa dipergunakan oleh seseorang. Contohnya petani (menghasilkan padi dan jagung), nelayan (menghasilkan ikan), peternak (menghasilkan daging, susu, dan woll), penjual kue, dan perajin.

2. Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah pekerjaan yang hasilnya bukan berupa barang, tetapi hasil pekerjaannya dapat dinikmati dan dirasakan orang lain. Contohnya guru, dokter, perawat, tukang potong rambut, polisi,  tentara, dan seniman. Jenis  pekerjaan jasa ini dibutuhkan masyarakat luas,  terutama di  bidang pendidikan, pelayanan kesehatan, layanan transportasi, ketertiban dan keamanan, serta pariwisata. Oleh karena itu,  pekerjaan yang  menghasilkan jasa disebut sebagai pekerjaan yang  berkaitan dengan sosial budaya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 149

Ayo Mencoba

Kamu telah memahami jenis-jenis pekerjaan, baik  pekerjaan yang menghasilkan barang maupun pekerjaan yang menghasilkan jasa. Sekarang lakukan pengamatan terhadap lingkungan tempat tinggalmu. Tuliskan jenis- jenis pekerjaan yang   ditekuni masyarakat tempat  tinggalmu. Kelompokkan jenis-jenis pekerjaan  tersebut  dalam  dua  kelompok yaitu   pekerjaan  yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang  menghasilkan jasa atau pekerjaan yang  berhubungan dengan sosial budaya. Tuliskan hasil pekerjaanmu dalam bentuk kolom  seperti berikut dan kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 3 Halaman 143 144 146 147 149 150

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 150

Ayo Renungkan

Keragaman karakteristik individu dalam masyarakat mempunyai peranan penting bagi kehidupan bersama. Manusia sebagai makhluk sosial selalu membutuhkan orang lain.  Tidak ada seorang pun  yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendirian. Coba renungkan hal berikut. Bagaimana jika dalam kehidupan masyarakat tidak ada petani? Apakah kita bisa memenuhi kebutuhan pangan secara terjangkau?

1. Bagaimana seharusnya kamu menyikapi keragaman karakteristik individu dalam masyarakat terutama dalam hal  pekerjaan warga masyarakat?

Dalam menyikapi keberagaman karakteristik individu di masyarakat utamanya dalam hal pekerjaan warga, yang seharusnya saya lakukan adalah MENGHORMATI KERAGAMAN yang ada tersebut. Penghormatan terhadap keberagaman pekerjaan atau usaha warga masyarakat ini bisa terwujud melalui sejumlah perilaku.

2. Apakah kamu bangga dengan keragaman pekerjaan di lingkungan tempat tinggalmu? Mengapa demikian?

Ya, karena keberagaman pekerjaan dapat membantu masalah sesuai bidangnya misalnya ada korsleting listrik tinggal panggil warga pln, jika ada maling tinggal panggil warga anggota polisi.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Apa pekerjaan orang tuamu? Apa cita-citamu kelak? Tentu ada keragaman  pekerjaan  dalam  keluargamu, bukan? Kamu hendaknya  bisa  bekerja bekerja sama  dengan orang tuamu terkait dengan keragaman pekerjaan dalam keluargamu. Bagaimanakah cara yang dapat kamu lakukan sebagai bentuk pencerminan sikap bekerja sama dengan orang tua atas perbedaan pekerjaanmu dan orang tuamu? Diskusikan dengan anggota keluargamu, lalu tuliskan pendapat kamu dan keluargamu dalam kolom  berikut.

Pekerjaan orangtua : petani wirausaha dan pegawai (pilih salah satu)
Cita-citaku : dokter, pilot, tentara dan lain lainya (pilih sesuai minatmu)
Bentuk kerjasama dengan orangtua : Saling mendukung dan memberikan semangat satu sama lain atas perbedaan pekerjaan tersebut

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 143, 144, 146, 147, 149, 150. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 143, 144, 146, 147, 149, 150."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel