Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 152, 153, 154, 155, 157, 158.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 152, 153, 154, 155, 157, 158 - Pembelajaran 4 Tema 8 Kelas 4 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku tepatnya terdapat pada halaman 152, 153, 154, 155, 157, 158.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 4 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 8 pada halaman 152, 153, 154, 155, 157, 158, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 8 subtema 3 pembelajaran 4 yang terdapat pada halaman 152, 153, 154, 155, 157, 158.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Pembelajaran 4 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Halaman 152, 153, 154, 155, 157, 158.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 4 Halaman 152 153 154 155 157 158

Ayo Bermain Peran

Bentuklah  kelompok  terdiri atas tiga anak. Kemudian,  carilah  cerita fiksi yang di dalamnya memiliki minimal tiga tokoh. Tuliskan nama dan sifat tokoh yang ada pada cerita yang telah dipilih. Peragakan peran dengan sifatnya yang sesuai dari  cerita itu  di  depan kelompok lain.  Sebagai contoh, kamu memeragakan Patih Gadjah Mada dan dua orang temanmu sebagai prajuritnya. Patih Gadjah Mada mengajak dua prajurit untuk melawan musuh. Dialog   saat bermain peran sebagai berikut.

Patih Gadjah Mada : “Prajurit, lawan musuh kita dengan semangat! Mari Kita serang bersama-sama. Serbuuuu!” (Patih Gadjah Mada berdiri tegap di depan  kedua prajurit, tangan  kanan menuding ke arah musuh)

Dua Prajurit : “Semangat, Patih! Serbuuuu!” (Kedua prajurit, mengangkat tombak)

(Patih Gadjah dan Dua  Prajurit, berlari) 

Ayo Mengamati

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 4 Halaman 152 153 154 155 157 158

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 152

Gambar di atas menunjukkan gambar cerita ”Cindelaras”? Pernahkah kamu  membaca cerita ”Cindelaras”? Atau  mungkin kamu melihat video  drama  ”Cindelaras ”? Coba, kamu cari informasi tentang cerita ”Cindelaras”.  Kamu  bisa membaca buku  atau kamu bisa memutar video.  Kemudian, tuliskan ringkasan mengenai cerita ”Cindelaras” pada kotak di bawah.

Ringkasan cerita
Cerita Cindelaras merupakan cerita rakyat yang memiliki pesan bahwa kita harus selalu cross check terhadap sebuah informasi, bisa saja itu fitnah atau hasutan. Jadi cerita ini sangat cocok dengan kondisi perpolitikan Indonesia saat ini yang penuh dengan hoax. 
Jadi cerita ini bermula pada kisah keluarga Raden Putra, raja kerajaan Jenggala yang sedikit ceroboh. Dia memiliki dua orang istri. Satu permaisuri dan satu selir. Sang selir tentu nya sakit hati menjadi pilihan kedua, jadi dia berkomplot dengan tabib istana, menghasut bahwa permaisuri meracuni nya. 
Raden Putra sang raja tidak cross check terhadap info ini dan asal main perintah kepada patih untuk membuang sang permaisuri. Tapi permaisuri tidak meninggal dan ternyata telah hamil. Anak itu bernama Cindelaras. Yang mendapat karunia seekor Ayam jago yang sangat kuat dan dapat berkokok Aku ayamnya cindelaras, tinggal di hutan, dan putra dari Raden Putra.
Cindelaras berniat bertemu dengan ayahnya. Maka dia melalui proses adu ayam hingga bertemu dengan ayamnya Raden putra. Dan kisah akhir tentu sudah dapat ditebak, ayam Raden putra kalah dan Raden putra mengakui kalau Cindelaras itu anaknya. Sang selir tentunya mendapat konsekuensi dan gantian dibuang ke hutan. 

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 153

Berdasarkan cerita ”Cindelaras”, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Siapakah yang menjadi tokoh utama dalam cerita ”Cindelaras”?

2. Siapakah yang menjadi tokoh pembantu atau tokoh tambahan dalam cerita ”Cindelaras”?

3. Siapakah tokoh yang berperan antagonis dalam cerita ”Cindelaras”?

4. Mengapa tokoh dalam soal nomor 2 dikatakan berperan antagonis?

5. Siapa lawan dari tokoh antagonis? Tuliskan contoh tokoh yang berperan protagonis dalam cerita ”Cindelaras”?

Jawablah pertanyaan di atas pada kolom  berikut.

  1. Tokoh utama dalam cerita "Cindelaras" adalah Cindelaras
  2. Tokoh pembantu atau tambahan dalam cerita Cindelaras yaitu ibu, burung rajawali, ayam, pengawal, dan Raden Putra.
  3. Tokoh antagonis dalam cerita adalah Raden Putra.
  4. Raden Putra termasuk tokoh antagonis karena menuduh ibu Cindelaras meracuni adiknya, lalu mengusir ibu Cindelaras dari istana.
  5. Lawan dari tokoh antagonis adalah tokoh protagonis. Tokoh protagonis dalam cerita tersebut yaitu Cindelaras, ibu, burung rajawali, ayam, dan pengawal.

Kamu telah mampu menunjukkan tokoh utama dan tokoh pembantu atau tokoh tambahan dalam cerita ”Cindelaras”. Masih ingatkah kamu dengan pengertian tokoh utama dan tokoh pembantu atau tokoh tambahan?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 154

Ayo Menulis

Coba, kamu ingat kembali pengertian tokoh, tokoh utama, dan tokoh pembantu atau tambahan. Selanjutnya, tuangkan kembali dalam bentuk tulisan tentang pengertian tokoh, tokoh utama, dan tokoh pembantu atau tambahan sesuai ingatanmu. Tuliskan dalam kolom  berikut.

Tokoh Utama ada tokoh yang memerani pertama dalam sebuah film atau drama sedangkan Tokoh Pembantu adalah orang yang hanya menjadi pelengkap dalam sebuah film atau drama.

Karakter atau sifat dalam sebuah cerita bermacam-macam. Dalam kehidupan sehari-hari pun, karakter manusia juga beragam. Meskipun demikian, manusia harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Selain itu sebagai manusia, kita  harus saling membantu. Mengapa demikian? Kita  hidup pasti memerlukan orang lain  untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhan hidup?

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia melakukan kegiatan ekonomi. Coba amatilah lingkungan sekitarmu. Identifikasikan kegiatan ekonomi orang-orang di daerahmu. Apakah pekerjaan  mereka? Pekerjaan yang dimaksudkan  yaitu mata  pencahar ian sehar i-har i  yang hasilnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mata pencaharian penduduk dapat dilihat dari  corak  kehidupan penduduk setempat, yaitu  corak  kehidupan tradisional (sederhana) dan corak  kehidupan modern (kompleks).

Mata pencaharian penduduk yang memiliki corak sederhana sangat berhubungan dengan pemanfaatan lahan dan sumber daya alam. Contohnya pertanian, perkebunan, dan peternakan. Adapun mata pencaharian penduduk yang memiliki corak modern biasanya lebih mendekati sektor jasa, transportasi, dan  pariwisata.  Bagaimanakah  dengan  penduduk di   lingkungan tempat tinggalmu?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 155

Ayo Mengamati

Kamu telah memahami berbagai jenis pekerjaan berdasarkan corak kehidupan penduduk setempat. Lakukan pengamatan terhadap kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarmu! Apa saja jenis pekerjaan yang ditekuni penduduk di lingkungan tempat tinggalmu? Apakah semua penduduk di  sekitarmu menekuni pekerjaan sesuai corak   kehidupan sederhana atau sebaliknya sesuai corak  kehidupan modern? Tuliskan kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarmu sesuai hasil pengamatanmu! Buat kesimpulan sesuai dengan corak kehidupan kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitarmu? Tuliskan dalam kotak berikut.

10 jenis pekerjaan yang ada di sekita tempat tinggalmu antara lain :
  1. Pegawai Negeri Sipil
  2. Pegawai Swasta
  3. Konsultan Arsitek
  4. Dokter
  5. Buruh
  6. Polisi
  7. Tentara Nasional Indonesia
  8. Wiraswasta
  9. Petani
  10. Pengusaha
Kebanyakan penduduk dilingkungan saya hidup dalam lingkungan dengan corak kehidupan sederhana sebagai petani

Ayo Membaca

Keragaman Karakteristik Individu

Adanya keragaman jenis pekerjaan dalam kegiatan ekonomi penduduk Indonesia menunjukkan adanya perbedaan karakteristik individu  dalam  masyarakat.  Adanya  karakteristik  individu  dalam masyarakat sangat bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Masih banyak manfaat lain adanya keragaman karakteristik individu dalam masyarakat terutama dalam kegiatan ekonomi. Contohnya sebagai berikut.

1.   Menumbuhkan Sikap  Nasionalisme

Sikap  nasionalisme  dalam  diri   setiap  individu dapat  tumbuh dengan adanya rasa cinta tanah air.  Rasa cinta tanah air  tecermin dari  sikap  mau  menerima  keragaman  karakteristik  individu dalam  masyarakat  sebagai  kekayaan khazanah  budaya bangsa Indonesia. Dengan demikian, masyarakat akan senantiasa menjaga keragaman karakteristik individu dalam masyarakat, bukan menghilangkan keragaman tersebut.

2.   Menciptakan Identitas Bangsa di Mata Internasional

Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia telah dikenal bangsa-bangsa dunia sebagai identitas diri bangsa Indonesia. Indonesia dikenal sebagai bangsa yang  beragam karakteristik masyarakatnya, tetapi bisa bersatu dalam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3.   Alat Pemersatu Bangsa

Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia pada hakikatnya menjadi alat pemersatu bangsa, bukan sebagai pemecah persatuan dan kesatuan bangsa. Kunci sukses mempertahankan persatuan dan kesatuan dalam  keragaman yaitu memegang teguh semboyan bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika yang  artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

4.   Sebagai Ikon Pariwisata

Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia akan memperkaya khazanah budaya bangsa. Kekayaan khazanah budaya masyarakat Indonesia yang beragam memberikan nilai keunikan dan keindahan tersendiri sehingga mampu menarik wisatawan manc negara untuk mengetahui dan mempelajari keragaman budaya Indonesia.

5.   Menambah Pendapatan Nasional

Dengan menjadi simbol pariwisata, otomatis akan  menambah devisa atau pendapatan negara. Hal  tersebut bisa terjadi karena banyak wisatawan asing dan domestik yang  berkunjung ke tempat- tempat pariwisata Indonesia.

6.   Memupuk Sikap  Toleransi

Adanya keragaman karakteristik masyarakat Indonesia menuntut sikap toleransi yang tinggi dari segenap masyarakat Indonesia untuk tetap  menjaga  keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sikap toleransi antarmasyarakat dapat ditunjukkan dengan sikap saling menghormati perbedaan yang ada, tolong-menolong tanpa mempermasalahkan perbedaan yang ada, dan menjunjung tinggi kepentingan bersama daripada kepentingan individu atau kelompok.

Ayo Menulis

Sudahkah kamu memupuk sikap toleransi dalam keragaman dengan masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu? Apa bentuk tindakan memupuk sikap toleransi dalam keragaman masyarakat di lingkungan   tempat tinggalmu.  Coba, kamu  tuliskan  tindakan-tindakanmu yang  mencerminkan sikap  toleransi   dalam   keragaman  masyarakat   di   lingkungan   tempat tinggalmu. Tuliskan dalam kotak berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 157

Ayo Renungkan

Apa yang sudah kamu pelajaran pada hari ini? Bagaimana perasaanmu saat melakukan kegiatan pada pembelajaran ini. Tuliskan pada kolom berikut.

Meringkas cerita Cindelaras
Mencari tau Tokoh Utama, Tokoh Pembantu, Peran Antagonis, Peran Protagonis
Mencri tau pengertian Tokoh Utama dan Tokoh Pembantu
Pembelajaran kehidupan ini sangat memberi manfaat yang banyak kepada saya dan saya senang belajar materi ini karena saya bisa mengambil banyak ilmu dari kehidupan ini.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 158

Kerja Sama dengan Orang Tua

Dalam kegiatan ekonomi, banyak jenis pekerjaan yang ditekuni masyarakat. Semua dilakukan dengan tujuan yang  sama yaitu  memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Keragaman jenis pekerjaan dalam kegiatan ekonomi masyarakat tersebut sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Coba, kamu diskusikan bersama orang tuamu hal yang akan terjadi jika semua masyarakat hanya menekuni satu jenis pekerjaan. Semua menekuni pekerjaan yang  sama. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Jika Semua Masyarakat Tetap Menekuni 1 Pekerjaan Contoh Seperti Pedagang, Maka Otomatis Semua Masyarakat Akan Bersaing Dan Menjadikan Pedagang Dengan Pedagang Lainnya Akan Terus mengalami Penghasilan Yang tetap,Karena Semua Pedagang Tersebut mencari Tempat Yang Banyak Pembeli Dan Penjual.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 152, 153, 154, 155, 157, 158. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 152, 153, 154, 155, 157, 158."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel