Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 4 Literasi 3 Halaman 187

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 4 Literasi 3 Halaman 187 - Literasi 3 Tema 8 Kelas 4 Petani Jagung Yang Cerdik Subtema 4 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Petani Jagung Yang Cerdik tepatnya terdapat pada halaman 187.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 4 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Literasi 3 Subtema 4 Petani Jagung Yang Cerdik terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 8 pada halaman 187, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 8 subtema 4 Literasi 3 yang terdapat pada halaman 187.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Literasi 3 Subtema 4 Petani Jagung Yang Cerdik Halaman 187.

Bacalah cerita berikut dengan saksama!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Literasi 3 Subtema 4 Petani Jagung Yang Cerdik Halaman 187

Petani Jagung yang Cerdik

Di areal persawahan seorang petani tampak berdiri sambil memandangi tanaman jagung. Sudah sebulan lebih  tanaman jagung tersebut ia  tanam. Kini  tanaman  jagung itu   sudah  mulai tampak menghijau. Setelah berkeliling di  antara petak-petak sawahnya, matanya terhenti pada rumput-rumput liar di antara tanaman jagung. Tanpa menunggu lama, Pak  Saleh menyingsingkan lengan bajunya. Ia turun ke sawah dan menyiangi rerumputan di sela tanaman jagung.

Panas matahari kian menyengat. Sesekali Pak Saleh menyeka mukanya dengan lengan baju. Ia tak memedulikan panas yang membakar kulitnya. Ia  terus membersihkan rumput-rumput pengganggu. Tanpa terasa azan zuhur berkumandang dari  kejauhan. Ia terhenti sejenak, kemudian melangkah ke tepi  sawah. Ia berjalan menyusuri pematang dan berhenti di  sebuah gubug kecil  di  tengah  sawah. Sebuah botol minuman ia raih.  Sambil melepas lelah, ia menikmati hamparan hijau di bawah birunya langit. Nun  jauh di sana tampak perbukitan hijau.

“Istirahat, Pak Saleh?” terdengar suara mendekati gubug tempat Pak Saleh istirahat.

“Iya, Pak Jati. Mari, istirahat di sini dahulu sebelum pulang,” ajak Pak Saleh kepada Pak  Jati.

Pak Jati duduk bersama Pak Saleh di gubug tersebut.

“Pak Saleh, apakah Bapak tahu akan ada kontes jagung di Kecamatan Witahama?” kata Pak Jati.

“Iya, Pak. Saya sudah mendaftar di kantor kelurahan. Apakah Pak Jati turut serta dalam kontes tersebut?” tanya Pak Saleh.

“Tidak, Pak. Tahun ini saya tidak menanam jagung. Saya tidak bisa turut serta. Saya doakan semoga Pak Saleh memenangkan kontes tersebut,” kata Pak Jati.

“Amin, terima kasih doanya, Pak. Saya tidak berharap  menjadi pemenang. Yang terpenting saya berpartisipasi dan memperoleh pengalaman dalam kontes tersebut,” kata Pak  Saleh.

Beberapa minggu kemudian, Pak  Jati  bertemu dengan Pak  Saleh di sawah. Tampak Pak  Saleh sedang menyiangi rumput. Otot-otot tangan Pak  Saleh terlihat kuat saat mencabuti rumput liar.

“Selamat, Pak  Saleh! Anda  memang pantas terpilih menjadi petani jagung terbaik. Saya  bangga Anda  membawa nama baik  desa  kita,” teriak Pak  Jati.

“Terima kasih, Pak Jati. Semua ini berkat doa Anda dan para tetangga yang  lain,” kata Pak  Saleh dengan rendah hati.

“Banyak  orang penasaran, bagaimana cara Anda  merawat tanaman jagung tersebut?” tanya Pak  Jati.

“Ada-ada saja. Saya  merawat tanaman jagung sama seperti yang lain.  Tapi,  saya memiliki resep rahasia untuk tanaman  jagung saya,” jelas Pak  Saleh.

“Pupuk  rahasia?” tanya Pak  Jati dengan penasaran.

“Bukan,  Pak.  Bukan pupuk rahasia, tapi resep rahasia. Tapi apakah orang-orang  percaya kalau saya  memiliki resep  rahasia?” kata  Pak Saleh.

“Apa resep rahasia itu, Pak  Saleh?” tanya Pak  Jati penuh harap.

“Saya  hanya membagikan benih-benih jagung terbaik kepada petani-petani di sekitar sawah ini,” kata Pak  Saleh sambil tersenyum.

“Lo, benih  jagung terbaiknya kok malah diberikan ke petani lain?” “Itu dia kuncinya. Tanaman jagung punya serbuk sari dan putik kan, Pak?” “Iya, Pak.  Lantas?” tanya Pak  Jati kembali.

“Angin menerbangkan serbuk sari  dari  bunga-bunga yang  masak. Kemudian, angin menebarkannya dari  satu sawah ke sawah lain.”

“Wah, Pak  Saleh memang cerdas!” puji Pak  Jati.

“Coba  bayangkan jika  tanaman jagung di  sawah sebelah ini  buruk, maka serbuk sari  yang  ditebarkan ke  sawah saya pun  juga buruk. Ini tentu menurunkan kualitas jagung di  sawah saya.” Terang Pak Saleh kepada Pak  Jati.

“Musim  tanam yang  akan datang, saya akan coba resep Pak Saleh,” kata Pak  Jati.

“Begitu pula  dengan hidup kita,  Pak.  Jika kita  ingin menjadi petani yang   berhasil, kita   harus  menolong orang sekitar menjadi berhasil pula. Mereka yang  ingin hidup dengan baik  harus menolong orang di sekitarnya untuk hidup dengan baik  pula,”  kata Pak  Saleh kepada Pak Jati.

Pak  Jati  tersenyum mendengar perkataan dari   Pak  Saleh. Angin sepoi-sepoi menerpa kedua wajah petani ini. Mereka tampak menikmati udara dan pemandangan hijau di sawah mereka.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 4 Literasi 3 Halaman 187

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1.  Siapakah tokoh utama dalam cerita tersebut? Jelaskan.

Tokoh utamanya adalah Petani Jagung

2.  Siapakah tokoh tambahan dalam cerita tersebut? Jelaskan.

Tokoh tambahannya adalah jagung dan cerdik

3.  Bagaimana sifat tokoh utama?

Tokoh protagonisnya adalah petani jagung

4.  Siapakah tokoh protagonis dalam cerita tersebut?

Sifat tokoh utama sudah dijelaskan di dalam judul cerita, yaitu : Cerdik, Teliti dan Pandai Mengamati Keadaan / Situasi.

5.  Siapakah tokoh antagonis dalam cerita tersebut?

Tokoh antagonis (Jahat) ialah selain petani

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 4 Literasi 3 Petani Jagung Yang Cerdik Halaman 187. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 4 Literasi 3 Halaman 187"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel