Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 96, 97, 98, 99, 100.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 96, 97, 98, 99, 100 - Pembelajaran 4 Tema 8 Kelas 4 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Keunikan Daerah Tempat Tinggalku tepatnya terdapat pada halaman 96, 97, 98, 99, 100.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-4 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 4 Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 8 pada halaman 96, 97, 98, 99, 100, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 8 subtema 2 pembelajaran 4 yang terdapat pada halaman 96, 97, 98, 99, 100.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Pembelajaran 4 Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Halaman 96, 97, 98, 99, 100.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 4 Halaman 96 97 98 99 100

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 4 Halaman 96 97 98 99 100

Tangerang merupakan kota unik dilihat dari kegiatan ekonominya. Kegiatan ekonomi masyarakat dapat dilihat dari hadirnya pasar tradisional yang terletak di Jalan Kisamun pusat Kota Tangerang hingga berdirinya banyak pabrik di Tangerang.

Tangerang dijuluki kota 1000 industri karena merupakan pusat industri di Pulau Jawa. Di Tangerang berdiri lebih dari 1000 pabrik. Banyak perusahan-perusahaan internasional yang memiliki pabrik di  kota ini.  Selain keunikan pada kegiatan ekonomi, Tangerang memiliki keunikan dari  bangunan-bangunan  lama yang masih berdiri sampai sekarang. Ayo, lakukan kegiatan berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 96

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok terdiri atas 4 anak. Lakukan kegiatan berikut dan berdiskusilah.

1. Cari tahu pekerjaan masyarakat Kota Tangerang. Tuliskan pada kotak berikut.

Karena kota tangerang termasuk kota yang padat di pulau jawa menurut saya banyak yang bekerja dibidang :
  • Industri
  • Berdagang,
  • Bertani
  • Pekerja Pabrik 
  • Sopir
  • Guru 
  • Pegawai Kantoran
  • Dokter, dll .

2. Di Kota Tangerang banyak bangunan tua. Kamu  dapat mencari tahu nama-nama bangunan tua di Tanggerang melalui berbagai media. Mintalah pendampingan kepada guru, orang tua, atau orang dewasa jika kalian akan mengakses internet. Tuliskan nama bangunan dan keunikannya pada kotak berikut.

  • Museum Benteng Heritage
  • Vihara Padumuttara
  • Klenteng Boen San Bio Tangerang
  • Prasasti Tangga Djamban
  • Bendungan Pasar Baru
  • Masjid Jami’ Kalipasir

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 97

Ayo Membaca

Bacalah cerita fiksi  mengenai Kota Tangerang. Kamu dapat memperoleh cerita fiksi mengenai Kota Tangerang dari berbagai media. Mintalah pendampingan kepada guru, orang tua, atau orang dewasa jika kamu akan mengakses internet. Setelah kamu membaca cerita fiksi mengenai Kota Tangerang, tuliskan hal-hal berikut.

1. Menceritakan tentang apa cerita fiksi yang kamu baca?

  • Cerita tentang pendekar Cisadane
  • Si ayub dari teluknaga Tanggerang yang berjuang membela kaum tertindas yang dialkukan
  • Cerita dibalik banjir besar kali Cisadane

2. Adakah tokoh dalam teks yang kamu baca? Jika ada tuliskan nama tokoh dan peranannya dalam cerita itu.

Tokoh adalah peran dalam cerita terbagi menjadi 3 tokoh yaitu :
  • Antagonis : Jahat
  • Protagonis : Baik
  • Tritagonis : Tidak baik & Tidak jahat

Ceritakan kembali isi bacaan yang  kamu baca di depan teman-teman.

Tangerang sebagai kota industri banyak berdiri pabrik, di antaranya pabrik sepatu dan pabrik ban. Amatilah gambar berikut.

Ayo Mengamati

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 4 Halaman 96 97 98 99 100

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 98


1. Siapa saja yang bekerja di pabrik ban? Siapa saja yang bekerja di pabrik sepatu? Apakah ada pekerja yang sama pada kedua pabrik tersebut? Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut.

Pada gambar pertama terlihat bahwa pekerja di pabrik ban didominasi oleh para laki-laki. Kesamaan pada kedua gambar adalah adanya para pekerja laki-laki pada kedua pabrik tersebut.
Pada gambar kedua terlihat sebagian besar buruh yang bekerja pada pabrik sepatu adalah perempuan. Namun, di sana juga terlihat ada pekerja laki-laki.
Ya, mereka sama sama bekerja di sebuah Pabrik, tetapi bukanlah pabrik yang sama

2. Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi. Barang hasil industri memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Adakah di sekitar tempat tinggalmu industri penghasil benda atau barang? Jika ada, sebutkan nama industri yang dijalankan. Siapa saja pekerja dan pekerjaannya. Tuliskan pada kotak berikut.

Alternatif jawaban disesuaikan daerah tempat tinggal masing-masing siswa

Di suatu tempat kerja seringkali kita jumpai banyak pekerja dengan berbagai spesialisasinya, sebagai contoh di rumah sakit. Di rumah sakit ada dokter, perawat, ahli gizi, satpam, sopir, dan juru masak. Demikian juga spesialisasi pekerjaan di sekolah. Di sekolah ada pekerja sebagai guru, petugas perpustakaan, satpam, dan tukang kebun, atau orang yang membersih- kan sekolah. Pekerja dan pekerjaan pada suatu tempat kerja tentu beragam. Bukan hanya pekerja dan pekerjaan, siswa di sebuah sekolah tentu juga beragam. Ada siswa yang suka berolah raga, ada siswa yang suka menari, ada siswa yang suka sains, ada siswa yang suka menggambar, ada anak yang suka membaca, dan masih banyak lagi. Setiap siswa juga mempunyai karakter yang berbeda. Ada anak yang pemalu, ada anak yang pendiam, ada anak yang berani, dan masih banyak lagi. Keragaman siswa pada suatu sekolah hendaknya disikapi secara positif.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 99

Ayo Berlatih

1. Apa manfaat dari keragaman karakteristik di sekolah bagi dirimu?

Berikut adalah beberapa manfaat akibat adanya keberagaman karakteristik di sekolah adalah:
  • Menanamkan sifat menerima dan menghargai adanya perbedaan.
  • Arti dari memperkuat persatuan dan kesatuan.
  • Bisa memberikan informasi dan saling berteman walaupun terdapat perbedaan.
  • Selain itu, apabila kita memiliki teman yang berasal dari daerah lain, kita akan kaya akan pengetahuan. Kita dapat mengetahui informasi tentang daerah asal teman kita tersebut, misalnya saja tentang adat istiadatnya, keunikan daerahnya, makanan khas dan bahasa daerahnya.

2. Bagaimana sikapmu terhadap temanmu yang pendiam?

Sikapmu terhadap temanmu yang pendiam dapat dilihat di bawah ini, yakni:
  • Berusaha mengajak ngobrol
  • Mencoba berteman baik dengan dia
  • Inisiatif. Artinya cobalah untuk mendekatinya dengan cara menceritakan hobi dan minatnya.
  • Persuasif. Sering-seringlah mengajaknya untuk pergi atau mengikuti aktivitas bermanfaat bersamanya. 
  • Tuluslah dengannya. Biasanya teman yang pendiam memiliki hobi yang sangat unik atau sangat pintar di kelas.

3. Bagaimana sikapmu terhadap teman yang berbeda agama?

  • Sikap kita terhadap teman yang berbeda agama adalah dengan cara bertoleransi antar sesama, menghargai, kita tidak boleh membedak-bedakan teman yang berbeda agama, ras, suku, dan budaya.
  • Tidak memaksakan kehendak orang lain untuk memeluk agama.
  • Tumbuhkan sikap toleransi antar sesama umat manusia

4. Bagaimana sikapmu terhadap teman yang berasal dari daerah lain?

Ada beberapa hal mengenai bagaimana sikapmu terhadap teman yang berasal dari daerah lain . Beberapa di antaranya adalah:
  • Menghormatinya
  • Memperlakukan teman dengan baik tanpa melihat ia dari daerah mana
  • Tulus berteman dengannya, karena dalam pertemanan tidak menjadi masalah apakah ia berasal dari daerah mana, melainkan karena kecocokan dan kenyamanan dengan temanlah yang menjadi patokan dalam pertemanan itu sendiri
  • Ajaklah ia ke tempat-tempat tertentu. Ini akan membuatnya tahu letak daerah baru yang ia tempati. Untuk itu, ajaklah ia supaya ia mengenal daerah baru yang kamu tahu yang ada di daerahmu.
  • Jika sudah dekat dengannya, ajaklah ia ke rumahmu untuk berkegiatan atau bermain bersama-sama.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 100

Ayo Renungkan

Apakah yang sudah kamu pelajari hari ini? Bagaimana perasaanmu sesudah melakukan kegiatan pada pembelajaran ini? Tuliskan pada kotak berikut.

Yang saya pelajari hari ini adalah :
  • Mencari tahu pekerjaan masyarakat Tanggerang
  • Mencari tau nama-nama bangunan tua di Tanggerang
  • Mencari tau tokoh dalam cerita fiksi mengenai Kota Tanggerang

Kerja Sama dengan Orang Tua

Tanyakan kepada orang tuamu keunikan daerah tempat tinggalmu. Tanyakan mengenai industri yang ada, pekerjaan orang-orang di lingkungan tempat tinggalmu, kesenian yang ada, adat istiadat, makanan khas, dan bahasa. Tuliskan hasilnya pada kolom  berikut.

Alternatif jawaban disesuaikan dengan daerah tempat tinggal masing-masing siswa.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 96, 97, 98, 99, 100. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 96, 97, 98, 99, 100."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel