Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 112, 115, 117, 121, 122, 124.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 112, 115, 117, 121, 122, 124 - Pembelajaran 4 Tema 7 Kelas 5 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan tepatnya terdapat pada halaman 112, 115, 117, 121, 122, 124.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 4 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 7 pada halaman 112, 115, 117, 121, 122, 124 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 7 subtema 2 pembelajaran 4 yang terdapat pada halaman 112, 115, 117, 121, 122, 124.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Pembelajaran 4 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Halaman 112, 115, 117, 121, 122, 124.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Pembelajaran 4 Halaman 112 115 117 121 122

Sebagai negara yang  baru lahir,  Indonesia belum memiliki undang-undang dasar yang  berfungsi untuk mengatur segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Kepala negara dan kepala pemerintahan yang  akan menjalankan pemerintahan serta kelengkapannya juga belum ada. Para pemimpin bangsa segera memanfaatkan dengan sebaik-baiknya lembaga yang  ada pada waktu itu, yaitu  PPKI yang   dibentuk Jepang sejak tanggal 7 Agustus 1945  diketuai Ir.  Soekarno dan  wakil  ketuanya Drs. Moh.  Hatta. PPKI menggantikan tugas BPUPKI yang  sudah berakhir. BPUPKI dibentuk pada tanggal 29  April 1945. Apakah kepanjangan PPKI dan BPUPKI?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 112

Ayo Berlatih

Cari tahu kepanjangan PPKI dan BPUPKI, lalu tuliskan pada kotak berikut.

BPUPKI adalah singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia
PPKI aadalah singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia

Peristiwa apa saja yang mengiringi proses pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia? Ayo, bacalah uraian berikut.

Ayo Membaca

Proses Pembentukan NKRI

1.  Pembentukan Kelengkapan Pemerintahan

Pada tanggal 18 Agustus 1945, PPKI mengadakan sidangnya yang pertama di Gedung Kesenian Jakarta. Sidang dipimpin oleh  Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta sebagai wakilnya. Anggota  Sidang  PPKI sebanyak 27 orang.

Melalui pembahasan  secara musyawarah, sidang mengambil keputusan penting, antara lain  sebagai berikut.
a.  Mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai konstitusi RI. 
b.  Memilih presiden dan wakil  presiden, Ir.  Soekarno sebagai Presiden RI dan Drs. Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden RI.
c.  Tugas presiden untuk sementara waktu dibantu oleh Komite Nasional.

PPKI melanjutkan pekerjaannya guna melengkapi berbagai hal  yang diperlukan bagi berdirinya negara dengan melaksanakan sidang pada tanggal 19 Agustus 1945. Dalam sidang kedua, PPKI menghasilkan keputusan, antara lain  sebagai berikut.

a.  Menetapkan dua belas kementerian yang  membantu tugas presiden dalam pemerintah.

b.  Membagi wilayah Republik Indonesia menjadi delapan  provinsi, yaitu Provinsi Sumatra, Provinsi Jawa  Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa  Timur, Provinsi Sunda Kecil, Provinsi Maluku, Provinsi Sulawesi, dan  Provinsi Kalimantan.

2.  Pembentukan Komite Nasional Indonesia

PPKI kembali mengadakan sidang pada tanggal 22 Agustus 1945 yang memiliki agenda pokok tentang rencana pembentukan Komite Nasional dan Badan Keamanan Rakyat. Komite Nasional dibentuk di seluruh Indonesia dan berpusat di  Jakarta. Tujuannya  sebagai penjelmaan tujuan dan  cita-cita bangsa  Indonesia untuk menyelenggarakan kemerdekaan Indonesia yang  berdasarkan kedaulatan rakyat.

3.  Pembentukan Alat Kelengkapan Keamanan Negara

Dalam rapat Pleno PPKI pada tanggal 22 Agustus 1945, diputuskan pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR). BKR ditetapkan sebagai bagian dari  Badan Penolong Keluarga Korban Perang (BPKKP) yang merupakan induk organisasi dengan tujuan untuk memelihara keselamatan masyarakat, serta merawat para korban perang.

Perkembangan situasi negara  makin membahayakan. Pimpinan negara menyadari bahwa sulit  untuk mempertahankan negara  dan kemerdekaan tanpa angkatan perang. Dalam kondisi seperti itu,  pemerintah memanggil pensiunan  Mayor KNIL Oerip   Soemoharjo dari Yogyakarta  ke Jakarta dan  diberi tugas  membentuk  tentara  kebangsaan.  Dengan  Maklumat Pemerintah pada tanggal 5  Oktober  1945, terbentuklah organisasi ketentaraan yang bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

4.  Pembentukan Lembaga Pemerintahan di Seluruh  Daerah di Indonesia

Bentuk pemerintah daerah di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 18 (sebelum diamandemen). Pasal tersebut berbunyi: Pembagian  daerah  Indonesia  atas  daerah  besar  dan  kecil   dengan bentuk susunan  pemerintahannya ditetapkan dengan  undang-undang dengan  memandang  dan mengingat dasar musyawarah dalam sistem pemerintahan  negara,  dan  hak-hak  asal  usul    dalam  daerah-daerah yang  bersifat istimewa. Berdasarkan bunyi  pasal tersebut, berarti daerah Indonesia akan dibagi dalam daerah provinsi. Setiap daerah provinsi akan dibagi pula  dalam daerah yang  lebih  kecil.

Sesuai dengan keputusan PPKI tanggal 18  Agustus 1945  bahwa tugas presiden dibantu oleh  Komite Nasional, di daerah-daerah tugas gubernur (kepala daerah) juga dibantu oleh Komite Nasional di daerah. Pembentukan Komite Nasional Indonesia Daerah yang ada di tiap-tiap provinsi merupakan lembaga yang  akan  berfungsi  sebagai  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sebelum diadakan pemilihan umum. Dengan terbentuknya pemerintahan di daerah, yang  dibantu oleh  Komite Nasional di daerah, diharapkan roda pemerintahan dapat berjalan, baik  di tingkat pusat maupun di daerah.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 115

Ayo Berlatih

Cari tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1.  Apakah tugas PPKI?

Melakukan upaya-upaya persiapan kemerdekaan dan pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2.  Apa hasil Sidang PPKI pertama?

  • Penetapan dan pengesahan konstitusi sebagai hasil kerja BPUPKI yang sekarang dikenal dengan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai konstitusi Republik Indonesia.
  • Ir. Soekarno dipilih sebagai Presiden RI dan drs. Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia.
  • Tugas Presiden RI untuk sementara waktu dilakukan oleh sebuah Komite Nasional.

3.  Apa tujuan pembentukan KNI?

Tujuannya sebagai penjelmaan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia untuk menyelenggarakan kemerdekaan Indonesia yang berdasarkan kedaulatan rakyat.

4.  Kapan BKR sebagai cikal bakal TNI dibentuk?

Pada tanggal 22 Agustus 1945

5. Tuliskan 8 provinsi yang dibentuk sebagai hasil Sidang PPKI pertama!

  • Propinsi Sumatra
  • Propinsi Jawa Barat
  • Propinsi Jawa Tengah
  • Propinsi Jawa Timur
  • Propinsi Sunda Kecil
  • Propinsi Maluku
  • Propinsi Sulawesi
  • Propinsi Kalimantan

Peristiwa sebelum, saat, dan sesudah Proklamasi juga melahirkan tokoh-tokoh yang  sangat berjasa bagi bangsa dan negara. Dengan jiwa rela  berkorban dan pantang menyerah serta gagah  berani, mereka berdiri di  barisan terdepan untuk memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara. Selain tokoh Dwitunggal, yakni  Ir. Soekarno dan Drs.  Moh.  Hatta, juga kita  kenal Amhad Soebarjo. Dia juga sangat berjasa dalam perumusan dan penyusunan naskah Proklamasi.

Ayo Membaca

Ahmad Soebarjo

Ahmad  Soebarjo lahir di Karawang, Jawa Barat pada tanggal 23 Maret 1897. Beliau dikenal sebagai  sosok yang rendah hati dan bersahaja. Peran yang menonjol adalah ketika beliau ikut menjadi Panitia Sembilan yang  merumuskan Piagam Jakarta yang menjadi cikal bakal Pembukaan UUD 1945.

Beliau juga menjadi penengah antara golongan muda dan golongan tua  ketika terjadi perbedaan pendapat. Perbedaan itu muncul ketika akan menentukan waktu pembacaan Proklamasi.

Ahmad Soebarjo juga dikenal sebagai tokoh perumus  naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Beliau  diperintahkan oleh Ir. Soekarno untuk mengutip kata-kata dari Piagam Jakarta terutama  bagian pembukaannya, yaitu  “Atas  berkat rahmat  Allah  maka  rakyat Indonesia menyatakannya kemerdekaannya”.  Kalimat tersebut  diminta untuk dijadikan kalimat pembuka naskah Proklamasi. Pada akhirnya, disepakati kalimat pertama  pada  teks Proklamasi Kemerdekaan  Indonesia adalah “Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”. Kalimat ini berasal dari  kutipan alinea ketiga Piagam Jakarta.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 117

Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan teman sebangkumu teks di atas. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut pada bagan di bawah ini.

Ulasan Teks

Judul teks

Ahmad Soebardjo

Bagian yang paling menarik

Ahmad Soebardjo mempunyai peran yang penting, yaitu ketika beliau ikut menjadi salah satu Panitia Sembilan yang merumuskan Piagam Jakarta yang menjadi cikal bakal Pembukaan UUD 1945.

Informasi penting

  • Ahmad Soebardjo lahir di daerah Karawang, Jawa Barat pada tanggal 23 Maret 1897
  • Menjadi salah seorang Panitia Sembilan yang turut merumuskan Piagam Jakarta yang merupakan cikal bakal Pembukaan UUD 1945
  • Salah seorang tokoh perumus naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Pendapat saya tentang teks ini

Ahmad Soebardjo layak menjadi teladan, sikap kepemimpinan yang bisa ditiru, karena mempunyai peran yang besar bagi perjalanan bangsa dan negara Indonesia dalam usaha mencapai kemerdekaan.

Saya menyarankan/tidak menyarankan teks ini karena

Saya menyarankan teks ini karena berisi sikap keteladanan salah seorang pemimpin Indonesia, selain itu teks ini juga berisi tentang peran beliau dalam perjuangan bangsa Indonesia.

1.  Jelaskan peran dan perjuangan penting yang dilakukan oleh Ahmad Soebarjo!

  • Menjadi penengah/juru damai dalam Peristiwa Rengasdengklok, di mana beliau bisa menjadi penengah antara golongan tua dan golongan muda yang bersitegang saat terjadi perbedaan mengambil langkah dalam persiapan kemerdekaan Indonesia
  • Berperan dalam Panitia Sembilan yang merumuskan Piagam Jakarta yang menjadi cikal bakal pembukaan Undang-Undang Dasara (UUD) 1945
  • Sebagai perumus dalam naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia, terutama pada kalimat pertama teks Proklamasi

2.  Kemukakan hal yang dapat kamu pelajari dari kisah peran dan perjuangan Ahmad Soebarjo!

Bahwa Sikap seorang pemimpin itu harus rela berkorban, pekerja keras, pantang menyerah, bisa bekerja sama dengan yang lain, mampu menjadi penengah dan dapat mencari jalan keluar saat terjadi masalah dengan yang lainnya, ini bisa dilihat saat peristiwa Rengasdengklok. 

Berbagai peristiwa dalam usaha  pembentukan  Negara Kesatuan  Republik Indonesia yang  merdeka dan berdaulat telah menunjukkan arti  pentingnya persatuan dan kesatuan. Bangsa Indonesia dibangun di atas keragaman dan perbedaan. Ras,  suku,  golongan, agama dan budaya yang  hidup beriringan manjadikan Indonesia bangsa yang  besar.

Perbedaan merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang  perlu dijaga. Satu di antara perbedaan yang  dimiliki bangsa Indonesia adalah suku bangsa dan budaya. Sebagai bangsa yang  terdiri atas beraneka ragam suku bangsa, kita harus bangga karena suku-suku yang  ada mempunyai budaya yang  beragam. Keragaman tersebut terlihat jelas dalam unsur-unsurnya.

Ayo Membaca

Unsur-Unsur Budaya

1.  Religi/Kepercayaan
Di Indonesia, diakui adanya enam agama resmi, yaitu Hindu, Buddha, Islam, Katolik,  Kristen, dan Konghucu. Semuanya dapat mengembangkan sikap tolerensi dan kerukunan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Pembelajaran 4 Halaman 112 115 117 121 122

2.  Mata Pencaharian
Keragaman alam di  Indonesia menyebabkan mata pencaharian masya- rakatnya juga beragam. Sebagian penduduk Indonesia menjadi petani karena memang tanahnya subur. Sementara itu, orang-orang yang  tinggal di tepi  sungai atau pantai mengandalkan perikanan sebagai mata pencahariannya. Lalu, ada pula  yang  menjadi pedagang, peternak, pekerja jasa, atau mata pencaharian lainnya.

3.  Teknologi dan Peralatan
Teknologi berkaitan dengan kepandaian dan keterampilan orang dalam membuat atau melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidup. Teknologi bermula dari  bentuk yang  sangat sederhana, lalu berkembang terus sesuai dengan perkembangan dan kemajuan zaman. Selain itu, kebutuhan manusia mulai beragam. Teknologi yang  sudah ada sejak zaman dulu  hingga sekarang seperti teknologi dan peralatan  senjata, wadah, alat angkut, tempat berlindung (rumah), alat pembuat makanan dan minuman, serta pakaian dan perhiasan.

4.  Kesenian
Hampir semua suku bangsa di Indonesia memiliki kesenian yang menjadi ciri khasnya. Kesenian dapat dikelompokan menjadi dua macam.

a.  Kesenian yang dapat dinikmati oleh mata, misalnya seni patung, seni ukir, seni lukis, seni rias,  seni tari,  seni pedalangan (wayang), dan seni olahraga.

b.  Kesenian yang dapat  dinikmati oleh telinga, misalnya seni musik dan seni sastra. Setiap suku di Indonesia juga memiliki lagu  daerah, alat musik, dan berbagai keseniannya sendiri-sendiri.

5. Pengetahuan 
Berbagai suku bangsa di Indonesia telah memiliki pengetahuan yang tinggi. Pengetahuan itu telah mereka terapkan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan hidup. Pengetahuan itu antara lain  tentang alam sekitar, flora fauna, bahan- bahan mentah, benda-benda  di  lingkungan alam, tubuh manusia, sifat dan kelakuan manusia, serta pengetahuannya tentang ruang dan waktu.

Misalnya, pengetahuan tentang berbagai jenis tanaman dan ramuan obat tradisonal, pengetahuan menentukan arah orang Dayak  sehingga tidak tersesat di hutan belantara, dan pengetahuan menentukan arah para pelaut tradisional kita  ketika mengarungi samudra dengan kapal pinisinya sehingga bangsa kita  dikenal sebagai bangsa bahari.

6. Sistem Kemasyarakatan
Sistem kemasyarakatan adalah pola hidup yang  menjadi kebiasaan dan dianut serta telah menjadi kebiasaan suatu masyarakat. Ada sistem perkawinan, sistem kekerabatan, dan sistem berperilaku dalam masyarakat.

Contohnya, sistem marga pada suku Batak dan sistem trah pada suku Jawa. Kedua contoh ini merupakan sistem kekerabatan suku-suku tersebut.

7. Bahasa
Setiap suku bangsa mempunyai alat komunikasi sendiri-sendiri yang terkadang hanya dimengerti dan dipakai oleh suku itu sendiri. Itulah yang  dinamakan dialek. Lalu, bagaimana suku-suku di Indonesia bisa berkomunikasi dengan suku yang lain?

Beruntunglah kita memiliki bahasa Indonesia yang telah ditetapkan sebagai bahasa nasional dan bahasa persatuan. Tentu kamu ingat bukan salah satu ikrar  Sumpah Pemuda 1928.

Kamu  telah mengetahui unsur-unsur budaya di Indonesia. Keragaman unsur budaya tersebut lahir karena adanya berbagai faktor. Faktor itu seperti faktor biologis (keturunan, ras, suku), geografis (keadaan alam), dan historis (sejarah/ masa lampau), serta keterbukaan terhadap pihak luar.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 121

Ayo Mengamati

Cari tahu dengan mengamati unsur-unsur budaya yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Jika kamu mengalami kesulitan, baca kembali uraian tentang unsur-unsur budaya di atas. Kemudian, tuliskan nama-nama bagian dari kebudayaan pada suku yang kamu kenal.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Pembelajaran 4 Halaman 112 115 117 121 122

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 122

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Pembelajaran 4 Halaman 112 115 117 121 122

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Pembelajaran 4 Halaman 112 115 117 121 122

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Pembelajaran 4 Halaman 112 115 117 121 122

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Pembelajaran 4 Halaman 112 115 117 121 122

Ayo Mencoba

1.  Bentuklah kelompok terdiri atas 3 anak. Kemudian, tirukan gerakan di atas dengan pola lantai sesuai gambar.

2.  Berlatihlah hingga kelompok kalian kompak memperagakan gerak di atas.

3.  Peragakan gerak di atas dengan pola lantai sesuai gambar di depan kelompok lain.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 124

Ayo Renungkan

Kamu sekarang telah duduk di kelas V. Tentu kamu memiliki banyak teman yang beragam latar belakangnya. Kamu memiliki teman yang sifat, pembawaan, asal usul, kebiasaan, bahkan suku, ras, dan agama yang  beragam, bahkan bisa jadi   berbeda dengan dirimu. Betapa beragamnya teman dan lingkunganmu. Lalu, apa yang kamu rasakan dengan memiliki teman-teman yang beragam tersebut? Bagaimana kamu harus memperlakukan teman- temanmu yang memiliki perbedaan-perbedaan itu? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut.



Kerja Sama dengan Orang Tua

Kamu  telah berhasil membuat identitas sukumu dengan menyebutkan unsur- unsur budayanya. Kamu  pun   juga telah mengetahui identitas suku teman- temanmu di kelas dengan mengenal unsur-unsur budayanya. Nah,  sekarang, ceritakan kepada orang tuamu dan anggota keluargamu yang  lain  mengenai identitas suku bangsamu dan suku bangsa dari  seorang temanmu!



Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 112, 115, 117 121, 122, 124. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 112, 115, 117, 121, 122, 124."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel