Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 149, 150, 153, 154, 155, 156, 158, 161, 162.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 149, 150, 153, 154, 155, 156, 158, 161, 162 - Pembelajaran 1 Tema 7 Kelas 5 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Peristiwa Mengisi Kemerdekaan tepatnya terdapat pada halaman 149, 150, 153, 154, 155, 156, 158, 161, 162.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 1 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 7 pada halaman 149, 150, 153, 154, 155, 156, 158, 161, 162 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 7 subtema 3 pembelajaran 1 yang terdapat pada halaman 149, 150, 153, 154, 155, 156, 158, 161, 162.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Pembelajaran 1 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Halaman 149, 150, 153, 154, 155, 156, 158, 161, 162.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 1 Halaman 149 150 153 154 155 156 158 161

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 149

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 1 Halaman 149 150 153 154 155 156 158 161

Amatilah gambar-gambar di atas!

Gambar-gambar tersebut merupakan peristiwa atau kegiatan-kegiatan positif dalam rangka mengisi kemerdekaan. Ceritakanlah kegiatan apa sajakah itu.

1. Kegiatan mencerdaskan kehidupan bangsa yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Kegiatan berupa kegiatan pembelajaran di dalam kelas.

2. Kegiatan memajukan kesejahteraan umum yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Kegiatan berupa pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah/swasta yang didukung oleh seluruh rakyat Indonesia.

3. Kegiatan olahraga yang mampu mengharumkan nama Indonesia di tingkat Internasional. Merupakan salah satu kegiatan positif yang merupakan nilai cinta tanah air dan bangsa, dan merupakan perwujudan dari kegiatan mengisi kemerdekaan.

4. Pergelaran wayang kulit. Merupakan salah satu kegiatan positif dalam mengisi kemerdekaan Indonesia dengan cara menjaga dan melestarikan serta membudayakan kesenian-kesenian asli Indonesia.

Hari menjelang sore. Ayah Beni mengajak Beni pulang dari  kebun cengkih Pak Rudi. Ayah Beni akan menghadiri undangan pertemuan warga. Pertemuan warga tersebut sangat penting karena akan membahas pembangunan jalan dusun.

Ayah : “Beni, ayo, kita pamit pulang ke Pak  Rudi.”
Beni : “Kenapa kita harus buru-buru pulang, Yah? Beni masih betah di sini.” Ayah : “Ayah ada undangan ke pertemuan warga. Ini surat undangannya.” Beni : ”Baik, Ayah. Nanti Ayah harus jelaskan tentang surat undangan, ya!”

Tahukah Kamu?

Surat Undangan

Surat undangan  merupakan surat yang berisi pemberitahuan dan permintaan kesediaan seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan. Kalimat yang  digunakan dalam undangan haruslah efektif, yaitu singkat, padat, dan jelas. Tujuannya agar orang yang  membacanya dapat segera mengerti isinya.

Surat undangan dibedakan atas 3 jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Undangan resmi

Undangan yang  mengatasnamakan sebuah instansi atau organisasi dan kedinasan. Biasanya dipergunakan untuk kepentingan kedinasan.

2. Undangan setengah resmi

Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi.

3. Undangan tidak resmi

Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan kepada perorangan untuk kepentingan perorangan, seperti undangan ulang tahun, undangan perayaan kelahiran.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 153

Ayo Mengamati

Perhatikan kembali surat undangan yang diterima ayah Beni. Menurutmu, termasuk jenis surat undangan yang manakah surat tersebut? Jelaskan.

Surat undangan yang diterima ayah Beni termasuk jenis surat undangan resmi. Termasuk undangan resmi karena yang mengundang ayah Beni mengatasnamakan organisasi, yaitu Kelurahan Senja Kecamatan Lembayung.

Kamu telah mengatahui jenis-jenis surat. Setiap jenis surat memuat bagian-bagian surat. Secara umum, inilah gambaran bagian-bagian yang ada dalam suatu surat.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 154

Pernahkah kamu melihat surat undangan yang diterima ayah atau ibumu? Dapatkah kamu menentukan bagian-bagian di dalamnya?

Perhatikan beberapa contoh surat undangan berikut, lalu lakukanlah petunjuk kegiatannya.

1. Tandai dengan warna merah untuk contoh undangan resmi.

2. Tandai dengan warna kuning untuk contoh undangan setengah resmi.

3. Tandai dengan warna biru untuk contoh tidak undangan resmi.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 1 Halaman 149 150 153 154 155 156 158 161

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 155

Ayo Berdiskusi

Bersama temanmu, diskusikan persamaan dan perbedaan antara undangan resmi, setengah resmi, dan tidak resmi dengan menggunakan tabel di bawah ini!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 1 Halaman 149 150 153 154 155 156 158 161

Ayo Mencoba

Undangan yang diterima ayah Beni terbuat dari kertas. Kertas merupakan benda yang mudah terbakar. Tahukah kamu bahwa pada peristiwa pembakaran, terjadi perubahan bentuk benda karena kalor, tetapi tidak mengubah wujud benda? Kertas yang  merupakan benda padat dibakar dengan api (panas) dan berubah menjadi abu yang  juga masih benda padat, hanya berubah bentuknya.

Perubahan wujud benda terjadi di sekitar kita. Salah satu perubahan wujud yang mungkin tidak kamu sadari adalah penyubliman. Pernahkah kamu mengamati kapur barus yang diletakkan ibu di dalam lemari untuk melindungi pakaian dari  ngengat? Kapur  barus di lemari pakaianmu dalam beberapa hari akan mengecil dan menghilang dari lemari pakaianmu. Apakah yang sebenarnya terjadi? Mengapa kapur barus itu seperti menghilang dari lemari?

Kapur barus merupakan benda padat, yang dalam waktu tertentu berubah wujud menjadi gas. Kapur barus  mengalami  penyubliman. Menyublim adalah  peristiwa berubahnya wujud benda  dari   padat ke  gas. Dapatkah kamu menemukan contoh penyubliman lain  di dalam kehidupan sehari-hari?

Untuk menunjukkan proses penyubliman, lakukan percobaan berikut.

PERCOBAAN

Mengamati perubahan wujud benda

Alat dan Bahan
  • 4 buah batu bata untuk membuat tungku sederhana
  • 1 buah lilin
  • 1 buah kaleng bekas susu
  • 5 butir kapur barus ukuran kecil
  • 1/5 bagian kaleng pasir kering
  • Piring aluminium
  • Es batu

Cara Kerja
  1. Tumpuk batu bata menjadi dua tingkat untuk dijadikan tungku sederhana.
  2. Letakkan lilin di tengah tungku, lalu nyalakan lilin.
  3. Isi kaleng bekas susu dengan pasir, lalu masukkan kapur barus.
  4. Letakkan kaleng bekas susu tersebut di atas tungku.
  5. Letakkan piring aluminium di atas kaleng susu, lalu  letakkan beberapa butir es batu.
  6. Diamkan selama sepuluh menit.

Pengamatan

Amatilah perubahan yang terjadi pada kapur barus setelah sepuluh menit. Angkatlah piring alumunium dari atas kaleng. Lalu, perhatikanlah apa yang terjadi pada dasar piring.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 156

Setelah melakukan pengamatan  pada kegiatan di atas, dapatkah kamu menjelaskan kesimpulanmu?

Percobaan yang telah dilakukan menunjukkan tentang salah satu contoh peristiwa menyublim, yaitu suatu peristiwa perubahan wujud dari zat padat menjadi gas. Kapur Barus yang dalam percobaan dipanaskan mengalami proses penyubliman (berubah menjadi zat gas) dan pada saat zat gas menyentuh piring yang dingin, maka zat gas tersebut berubah menjadi kristal-kristal yang berada di dasar piring dan dinding kaleng.

Perubahan wujud benda terjadi di sekitar kita tanpa kita  sadari. Perubahan wujud benda merupakan satu perubahan alami karena fenomena alam yang terjadi di sekeliling kita. Dalam kehidupan bermasyarakat, perubahan  juga terjadi.  Perubahan  itu   dapat  berupa perubahan  fisik   maupun  perubahan perilaku masyarakat.  Perubahan  secara  fisik   merupakan  perubahan  yang dapat dengan mudah dilihat, misalnya perubahan kenampakan suatu wilayah karena pembangunan gedung-gedung prasarana, dan juga jalan-jalan.

Usaha dan kegiatan pembangunan di negara kita sudah dilakukan sejak negara merdeka oleh  pemerintah hingga sekarang. Pembangunan nasional Indonesia merupakan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Artinya, pembangunan semua aspek dan bidang kehidupan, tidak hanya pembangunan fisik, tetapi juga manusia Indonesia seutuhnya.

Pembangunan tidak dapat dilakukan jika  kita belum merdeka dan berdaulat sebagai sebuah negara dan bangsa yang  diakui dunia. Oleh karena kita sudah merdeka, ada  banyak kegiatan pembangunan yang   perlu dilakukan untuk mengisi kemerdekaan ini.

Bacalah artikel berikut ini dengan saksama.

Ayo Membaca

Kegiatan Mengisi Kemerdekaan Negara Indonesia

Kemerdekaan  Negara Kesatuan  Republik Indonesia didapatkan dengan cara yang tidak mudah dan tidak murah. Bertahun-tahun para pemimpin bangsa ini berupaya dengan berbagai macam cara untuk melepaskan diri dari  penjajahan bangsa lain.   Ribuan nyawa manusia juga telah melayang dalam upaya ini.

Kini, Indonesia telah merdeka dan berdaulat. Namun, banyak hal yang harus dilakukan untuk mengisinya dalam rangka pembangunan  bangsa Indonesia yang  seutuhnya seperti yang dicita-citakan para pendiri bangsa ini.  Generasi penerus bangsa harus mengupayakan agar pembangunan manusia seutuhnya ini  dapat dilakukan terus-menerus dengan berbagai cara.

Cara-cara yang dapat dilakukan antara lain adalah mencintai dan bangga menjadi bangsa Indonesia. Hal ini dapat dimulai dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila sebagai dasar negara dan mengenal budaya bangsa sendiri. Rasa cinta tanah air  dan bangsa dapat dipupuk dan  dilakukan dengan  kegiatan-kegiatan  sederhana,  seperti mengunjungi berbagai daerah di Indonesia dan mengenal cara hidup dan nilai-nilai masyarakatnya.

Selain   itu,    kemerdekaan  harus   diisi    dengan   membangun   kualitas manusia Indonesia. Para pemuda hendaknya dapat menggunakan masa kemerdekaan  bangsa  dengan  menuntut  ilmu   setinggi-tingginya dan berkarya untuk membangun negara sendiri.  Berbagai ilmu  dan teknologi hendaknya dikuasai untuk memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara dan untuk menuju masyarakat Indonesia yang  sejahtera.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 158

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, temukan kosakata baku dan tidak baku. Kemudian, carilah arti  katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada Guru, atau berdiskusi dengan teman lainnya.

Perhatikan cara-cara menggunakan kamus

1.  Pilihlah sebuah kata dari daftar kosakata barumu. Misalnya pembangunan.

2.  Bukalah kamusmu, carilah daftar  kata-kata yang dimulai dengan  huruf awal “p”. Ingat, setiap kata pada kamus selalu diurutkan berdasarkan urutan abjad.

3.  Dalam daftar kata yang berhuruf awal “p” itu, carilah daftar kata yang dimulai dengan “pe”.

4.  Carilah daftar kata yang dimulai dengan “pem”. Kata tebal akan kamu temukan di antara kata-kata itu. Selamat mencari.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 1 Halaman 149 150 153 154 155 156 158 161

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 159

Ayo Menulis

Pahamilah bacaan di atas! Kemudian, kemukakan pendapatmu tentang sumbangsih atau kegiatan yang dapat kamu lakukan dalam rangka mengisi kemerdekaan RI! Tuliskanlah pendapatmu pada peta pikiran di  bawah ini. Lalu, diskusikanlah pendapatmu di dalam kelompok kecil.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 1 Halaman 149 150 153 154 155 156 158 161

Sumbangsih/kegiatan yang dapat dilakukan dalam mengisi kemerdekaan:
  • Mencintai dan bangga menjadi bangsa Indonesia
  • Mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila
  • Mengunjungi dan mengenal cara hidup & nilai-nilai masyarakat di berbagai daerah
  • Belajar dengan sungguh-sungguh
  • Turut menyukseskan program pemerintah
  • Menjaga/memelihara fasilitas umum
  • Berprestasi dalam bidang-bidang positif
  • Terlibat aktif dalam kegiatan sosial/kemasyarakatan
  • Saling menghormati dan menghargai antar sesama
  • Mengembangkan potensi diri
  • Mencintai produk-produk dalam negeri
  • Menjaga dan melestarikan serta mengembangkan budaya-budaya Indonesia

Kesimpulan apakah yang kamu dapatkan dari hasil diskusi dengan teman-temanmu?

Generasi muda dapat mengisi kemerdekaan dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif yang berdampak positif bagi diri sendiri dan bagi sesama, maupun bagi bangsa Indonesia. Kegiatan-kegiatan positif tersebut diharapkan mampu mendukung kegiatan pembangunan nasional, baik pembangunan fisik maupun nonfisik serta mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Ayo Mengamati

Amati gambar-gambar berikut yang menunjukkan kegiatan pembangunan! Pembangunan sarana dan prasarana di berbagai bidang berikut dilakukan untuk menunjang kegiatan masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan manusia guna mencapai kesejahteraan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 1 Halaman 149 150 153 154 155 156 158 161

Ayo Berlatih

Pernahkah kamu melihat kegiatan pembangunan yang ada di lingkungan sekolah dan tempat tinggalmu? Apakah yang kamu rasakan?  Bagaimana masyarakat sekitarmu menanggapi pembangunan tersebut?

Di masyarakat, terdapat kegiatan-kegiatan yang mendukung pembangunan nasional. Ada juga, kegiatan yang tidak mendukung kegiatan pembangunan nasional, baik pembangunan fisik maupun nonfisik.

Bersama teman-temanmu, carilah informasi mengenai permasalahan berikut.

• Faktor pendukung pembangunan nasional.

• Faktor penghambat pembangunan nasional.

Informasi dapat kamu peroleh dengan melakukan kegiatan-kegiatan berikut.

1. Studi pustaka: mencari informasi melalui buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet.

2. Diskusi: bisa dilakukan dalam diskusi kelompok kecil maupun diskusi kelas.

3. Wawancara: melakukan wawancara kepada orang yang memiliki pengetahuan seperti guru atau sejarawan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 161

Setelah informasi kamu dapatkan, tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Faktor Pendukung pembangunan nasional :
  • Merdeka dan berdaulat
  • Sumber daya manusia yang melimpah
  • Sumber daya alam yang besar yang belum dimanfaatkan
  • Letak geografis
  • Stabilitas keamanan, politik, sosial budaya, ekonomi, dan lain sebagainya
Faktor Penghambat pembangunan nasional :
  • Kualitas Sumber Daya Manusia yang rendah
  • Penguasaan teknologi yang masih rendah
  • Birokrasi yang buruk
  • Tingkat kepercayaan investor yang masih rendah
  • Infrastruktur yang masih buruk

Presentasikan hasil pencarianmu bersama teman sekelompokmu di depan kelas dengan percaya diri.

Tuliskanlah kesimpulanmu dari kegiatan tersebut di tempat yang disediakan di bawah ini.

Faktor Pendukung Pembangunan Nasional
Merdeka dan berdaulat
Dengan merdeka dan berdaulat, maka bangsa Indonesia punya kebebasan menentukan langkahnya sendiri dalam upaya melaksanakan pembangunan tanpa didikte/dipaksa oleh negara lain
Sumber daya manusia yang melimpah
Dengan sumber daya yang banyak, maka ongkos produksi suatu usaha bisa dipangkas, terutama ongkos produksi biaya pekerja
Sumber daya alam yang besar yang belum dimanfaatkan
Sumber daya alam yang melimpah menjadi salah satu faktor penarik minat investor luar negeri untuk menanamkan modalknya di Indonesia, sehingga mampu membuka lapangan kerja yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia, bukan oleh masyarakat luar negeri
Letak geografis
Letak Indonesia yang strategis, yaitu menjadi jalur perlintasan perekonomian dunia membuat Indonesia mengambil kesempatan dengan turut berperan serta di dalamnya.
Stabilitas keamanan, politik, sosial budaya, ekonomi, dan lain sebagainya
Dengan jaminan keamanan, maka roda perekonomian lebih cepat bergerak, investor mau menanamkan modalnya di Indonesia

Faktor penghambat pembangunan nasional
Kualitas Sumber Daya Manusia yang rendah
Tingkat pendidikan, etos kerja/semangat kerja, penyerapan kemampuan teknologi yang kurang dari masyarakat Indonesia menjadikan masyarakat Indonesia tersendat dalam melaksanakan pembangunan nasional
Penguasaan teknologi yang masih rendah
Menyebabkan barang-barang berteknologi tinggi terpaksa diimpor dari luar negeri, dan ini menambah beban utang/berkurangnya devisa bagi negara Indonesia
Birokrasi yang buruk
Peraturan yang berubah-rubah, berbelit dan sulit membuat investor (orang yang menanamkan investasi/modal) menjadi enggan untuk menanamkan modalnya di Indonesia
Tingkat kepercayaan investor yang masih rendah
Dengan kepercayaan yang rendah dari investor, membuat modal yang diperoleh Indonesia sedikit, sehingga tingkat percepatan pembangunan tersendat
Infrastruktur yang masih buruk
Jalan, jembatan dan infrastruktur lain yang buruk menyebabkan biaya produksi suatu barang dan jasa menjadi membengkak, sehingga tidak mempunyai daya saing dengan produk/jasa dari luar negeri, sehingga tingkat kecepatan pembangunan menjadi terhambat

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 162

Ayo Renungkan

Undangan adalah surat ajakan dari seseorang untuk menghadiri suatu acara. Jadi, kehadiran orang-orang yang mendapat undangan sangatlah diharapkan oleh pihak yang mengundang.

Apa yang kamu lakukan seandainya kamu mendapat undangan? Kamu abaikan isi undangan tersebut ataukah kamu baca isi undangan tersebut? Kamu akan datang tepat waktu sesuai waktu yang dicantumkan dalam undangan, terlambat, ataukah justru tidak datang?

Jika mendapat undangan maka akan saya baca isi undangan tersebut dan mencermati setiap informasi yang ada, dimulai dari siapa pengirim undangan tersebut, untuk kegiatan apa undangan tersebut dibuat, kapan pelaksanaan kegiatan tersebut serta dimana kegiatan akan dilaksanakan. jika tercantum di dalam undangan, saya juga akan memperhatikan busana yang diinginkan pelaksana kegiatan untuk saya kenakan. Saya akan berusaha untuk memenuhi undangan sebagai tanda bahwa saya menghormati pengirim undangan tersebut di waktu dan tempat yang telah diinformasikan.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Mintalah bantuan kepada orang tuamu atau dengan anggota keluarga lain yang sudah dewasa. Lakukan percobaan untuk membuktikan peristiwa menyublim. Tentukan sendiri jenis percobaannya dan laporkan hasilnya.

Perubahan wujud zat ada beberapa macam yaitu :
  • Membeku : peristiwa benda cair menjadi benda padat Melepaskan energi panas
  • Mencair : perisriwa perubahan benda padat menjadi benda cair Menerima energi panas
  • Menguap : peristiwa perubahan benda cair menjadi gas memerlukan energi panas
  • Mengembun : peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi cair. Melepaskan energi panas
  • Mengkristal : peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi padat. Melepaskan energi panas.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 149, 150, 153, 154, 155, 156, 158, 161, 162. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 149, 150, 153, 154, 155, 156, 158, 161, 162."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel