Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 185, 186, 187, 188, 189.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 185, 186, 187, 188, 189 - Pembelajaran 4 Tema 7 Kelas 5 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Peristiwa Mengisi Kemerdekaan tepatnya terdapat pada halaman 185, 186, 187, 188, 189.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 4 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 7 pada halaman 185, 186, 187, 188, 189, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 7 subtema 3 pembelajaran 4 yang terdapat pada halaman 185, 186, 187, 188, 189.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Pembelajaran 4 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Halaman 185, 186, 187, 188, 189.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 4 Halaman 185 186 187 188 189

Salah satu cara yang tepat untuk mengisi kemerdekaan bagi para generasi penerus adalah dengan melestarikan kebudayaan bangsa dengan cara mempelajarinya. Kebudayaan bangsa merupakan warisan leluhur yang mengandung  nilai-nilai luhur cerminan dari   kehidupan manusia dan masyarakat.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 4 Halaman 185 186 187 188 189

Perhatikanlah gambar di atas. Dapatkah kamu menjelaskan makna gambar tersebut? Bagaimana denganmu? Apakah kamu pernah mempelajari budaya daerahmu? Mengapa kamu perlu mempelajarinya?

Sebuah masyarakat memiliki budaya dan nilai-nilai yang dijaga dan diteruskan secara turun-temurun dari  satu generasi ke generasi berikutnya. Mangapa hal itu perlu dilakukan? Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama. Lalu, lakukan kegiatan berikutnya!

Ayo Membaca

Beda Budaya, Tetap Saudara

Melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa merupakan sikap yang perlu dikembangkan sebagai perwujudan sikap positif dalam menyikapi keragaman. Selain itu, juga merupakan sikap dan kegiatan positif untuk mengisi kemerdekaan.

Untuk bisa mempunyai sikap menerima keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di masyarakat, diperlukan kesadaran dan keterbukaan. Namun, dengan menghayati semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”, perbedaan- perbedaan itu   akan  makin tidak terasakan.  Kesamaan  cita-cita  untuk menjadi bangsa yang kuat, bersatu, dan utuh telah menyingkirkan sejumlah perbedaan yang  ada. Kata  Bung  Karno  “Bersatu karena Kuat,  Kuat karena Bersatu’.    Berikut ini  adalah usaha-usaha  yang   dapat  dilakukan untuk menerima keragaman suku bangsa dan budaya masyarakat lain.

Selain lagu daerah, kita juga bisa mempelajari tarian dari daerah dan suku lain. Di berbagai tempat, telah banyak didirikan sanggar tari yang bisa menjadi tempat untuk memperkenalkan budaya dari  daerah dan suku lain.  Dengan mempelajari lagu   dan tari  dari  daerah dan suku lain,  kita sesungguhnya telah menerima keragaman budaya dalam masyarakat.

Mengembangkan Budaya  Daerah Sendiri

Berbagai atraksi budaya yang dimiliki oleh berbagai suku bangsa di Indonesia bisa hilang jika tidak diwariskan kepada generasi penerus. Unsur-unsur budaya yang  menjadi ciri khas bangsa Indonesia bisa tinggal cerita. Oleh  karena itu,  jika  di  sekitarmu masih ada atraksi budaya, ikuti dan pelajarilah.

Dengan mengikuti dan mempelajari budaya bangsa, seiring dengan berjalannya waktu, akan muncul rasa mencintai. Pada akhirnya, akan timbul keinginan untuk mengembangkan dan melestarikannya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 185

Ayo Berlatih

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 4 Halaman 185 186 187 188 189

Cara Melestarikan Budaya Bangsa
  • Mempunyai sikap mau menerima keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di masyarakat,
  • Mempelajari kesenian daerah lain
  • Mengembangkan budaya daerah sendiri

Ayo Membaca

Cara lain untuk melestarikan kebudayaan bangsa adalah dengan memperkenalkan kepada masyarakat dengan cara mengadakan pertunjukan kesenian. Pertunjukan kesenian selain memperkenalkan kepada masyarakat umum, juga dapat membina rasa cinta budaya bagi anak-anak yang mementaskannya. Seperti apa yang  dilakukan oleh  siswa-siswi pada bacaan berikut!

Siswa  SD Juara Pekanbaru Persembahkan Pentas Seni

Pentas seni merupakan kegiatan untuk menumbuhkan percaya diri tampil di depan teman-teman, guru, dan masyarakat umum. Juga untuk menumbuhkan kreativitas dalam berkarya dan berkesenian, melatih kekompakan, serta menumbuhkan rasa ingin tahu bagi teman-teman yang lain. Demikian halnya dengan yang  dilaksanakan oleh SD Juara Pekanbaru.

Kegiatan pentas seni dimulai dengan penampilan tari persembahan dari siswa kelas 4 dan diiringi oleh  musik dan lagu “Bermain Layang-Layang”. Kemudian, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Mars  Pramuka”. Lalu, penampilan lagu-lagu keagamaan persembahan dari  siswa kelas 3.

Para siswa, guru, dan penonton sangat senang dan bersemangat. Berharap kegiatan ini terus diadakan bahkan juga ditiru oleh sekolah-sekolah yang lain. Tujuannya agar budaya bangsa kita  tetap lestari.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 186

Ayo Mencoba

Pada saat merencanakan sebuah acara seperti pentas seni, biasanya kamu juga membuat daftar pihak-pihak yang perlu diundang untuk menghadirinya. Oleh karena itu, kamu perlu membuat surat undangan.

Dengan menggunakan tempat yang tersedia di bawah ini, buatlah sebuah surat undangan resmi untuk menghadiri kegiatan pentas seni yang diadakan di sekolahmu.

Tahukah Kamu?

Perilaku  di Lingkungan Sekolah

Sekolah merupakan  masyarakat dalam ukuran yang kecil. Di sekolah, banyak terdapat keragaman. Banyak warga sekolah yang berasal dari berbagai daerah yang berarti juga memiliki latar belakang yang berbeda. Lalu, bagaimana caramu bersikap?

Menghormati dan Menghargai Sesama Teman

Wujud nyata sikap saling menghormati dan menghargai sesama teman adalah toleransi. Toleransi merupakan sikap dan perilaku mau menerima perbedaan. Misalnya, mau menerima perbedaan pendapat dalam sebuah diskusi. Selain menghargai pendapat, perwujudan sikap dan perilaku adalah toleransi terhadap kebiasaan teman, kelakuan teman, dan lain-lain.

Menolong Teman Tanpa Membedakannya

Wujud nyata sikap saling menolong teman dapat ditunjukkan dengan membantu teman yang  kesulitan belajar, menengok teman sekolah yang sakit, meminjamkan buku ke teman, dan lain-lain.

Menumbuhkan Semangat Persaudaraan

Bertikai hanya akan memperbanyak musuh. Bertikai hanya akan menambah kesulitan. Bertikai tidak ada untungnya. Perlakukan teman layaknya saudara dengan saling membantu, saling memaafkan, dan saling mengingatkan. Salah satu kegiatan sekolah yang mengajarkan kebersamaan, tanggung jawab, dan persaudaraan adalah pramuka.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 187

Ayo Mengamati

Bersama dengan teman sebangkumu, jawablah pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang lengkap dan jelas.

Semboyan bangsa kita adalah Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda, tetapi tetap satu jua. Berikan contoh yang mencerminkan kebhinnekatunggalikaan di daerah tempat tinggalmu!

  • Kerja bakti seluruh warga membersihkan lingkungan desa/kelurahan yang warganya berasal dari berbagai etnis/suku
  • Amannya kegiatan perayaan tahun baru imlek bagi etnis china di daerah mayoritas etnis jawa/etnis lainnya
  • Saling bersilaturahmi saat lebaran/idul fitri dalam satu lingkungan, walau berbeda agama
  • Warung makan memberi tirai/penghalang pandangan pada saat bulan puasa
  • Kaum muslim di Bali menghormati acara Nyepi di Bali dengan tidak keluar dari rumah
  • Menghadiri undangan rapat warga, walau berbeda suku

Keanekaragaman terbukti tidak menjadi penghalang terwujudnya persatuan dan kesatuan. Bagaimanakah caramu turut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa?

  • Tidak membeda-bedakan perlakuan terhadap seseorang berdasarkan suku, ras dan sebagainya
  • Menghargai hak-hak orang lain yang berjalan seimbang dengan kewajiban
  • Keberagaman di Indonesia merupakan suatu anugerah dan bukan sebagai penghalang
  • Menjalankan toleransi dalam kehidupan sehari-hari
  • Mengedepankan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama
  • Menggiatkan gotong royong sehingga timbul sikap kebersamaan dan kekeluargaan
  • Mempelajari sejarah, adat istiadat, budaya suku-suku yang ada di Indonesia untuk memahami perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 188 & 189

Perbedaan merupakan hal yang biasa yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itulah, kita harus menerima keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat. Tuliskan tiga contoh perilaku yang  dapat kamu lakukan untuk menerima keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat!

  • Berteman dengan orang-orang yang berasal dari suku dan budaya yang berbeda-beda dengan kita
  • Terbuka untuk mempelajari suku bangsa dan budaya yang berbeda dengan kita
  • Tidak menganggap suku dan budaya sendiri lebih unggul dari suku maupun budaya etnis/suku lain
  • Ikut serta dalam kegiatan budaya yang diselenggarakan di lingkungan sekitar yang diselenggarakan oleh warga dengan berbagai suku bangsa

Ayo Berlatih

Kamu telah mempelajari keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Kamu tentu menyadari bahwa  keragaman merupakan kenyataan yang tidak bisa dihindari. Contohnya setiap temanmu memiliki latar belakang yang berbeda denganmu. Meskipun memiliki sejumlah perbedaan, persahabatan  dengan teman tetap bisa terjalin, bukan? Dalam pergaulan, sudah selayaknya kita mengedepankan  sikap saling menghormati dan toleransi.

Lalu, bagaimanakah caramu menyikapi perbedaan dan keragaman yang ada di sekitar tempat tinggalmu? Kamu tentu pernah mengamalkan sikap dan perilaku yang mencerminkan keragaman di bawah ini. Namun, jika belum pernah mengamalkan, kamu bisa segera mengamalkannya.

1. Menghargai pendapat teman

Sudah, dengan mendengarkan pendapat teman tersebut dan tidak memotong pembicaraannya

2. Bersahabat dengan teman yang berkebutuhan khusus

Sudah, dengan mengajaknya bermain bersama

3. Menolong teman yang kekurangan

Sudah, dengan mengajak dan mentraktirnya makan di kantin sekolah

4. Mendukung hobi teman meskipun berbeda dengan hobimu

Sudah, dengan menerima ajakannya untuk melakukan hobi positifnya

5. Menghormati asal usul teman

Sudah, dengan tetap mengajaknya bermain dan belajar bersama dengan tidak mempermasalahkan asal usulnya

6. Tidak membeda-bedakan teman berdasarkan agama

Sudah, dengan tetap mengajaknya bermain dan belajar bersama tanpa mempermasalahkan agamanya yang berbeda

7. Menghormati kesenian dari daerah lain

Sudah, dengan menghadiri undangan teman yang sedang mementaskan keseniannya yang berbeda dengan kita

8. Mempelajari kesenian dari daerah lain.

Sudah, dengan membaca dalam buku tematik, dan dengan mempraktekkannya dalam pembelajaran dalam kelas, turut menyaksikan pementasan kesenian dari daerah lain

9. Menghormati bahasa daerah dari suku bangsa lain

Sudah, dengan tidak mengolok-olok/mengejek kosakata-kosakata bahasa daerah tertentu

10. Tidak membedakan teman berdasarkan kaya atau miskin

Sudah, dengan mengajaknya bermain dan belajar bersama tanpa membedakan teman

11. Menjenguk teman yang sakit

Sudah, dibuktikan dengan mendapat ucapan terima kasih dari orang tua teman kita yang sakit saat berkunjung menjenguknya

12. Menghargai perilaku teman meskipun berbeda dengan perilakumu

Sudah, dibuktikan dengan menjadi teman/sahabat baiknya

13. Menyaksikan pertunjukan kesenian dari daerah lain

Sudah, dibuktikan dengan makin paham dan mengerti dengan budaya dari daerah lain

14. Mempelajari lagu tradisional

Sudah, dibuktikan dengan mengerti dan hafal beberapa lagu tradisional/lagu daerah

15. Menyaksikan upacara adat dari daerah lain

Sudah, dibuktikan dengan mengerti dan memahami beberapa upacara adat dari daerah lain.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 190

Ayo Renungkan

Saya Berikrar
1.  Sebagai makhluk sosial, manusia bergantung kepada manusia lain.  Karena itu, saya berjanji saling mengasihi dan menyayangi. Dengan demikian, saya dapat bekerja sama dengan orang lain.

2.  Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa dan budaya. Saya berjanji untuk menghargai suku bangsa dan budaya lain  dengan cara mempelajarinya.

3.  Prinsip keadilan sosial dan kerja keras perlu dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh  karena itu,  saya berjanji bersikap adil  dan bekerja keras dengan cara giat belajar untuk mengisi kemerdekaan.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Mintalah orang tuamu bercerita tentang kesenian daerah yang  sering mereka saksikan pada waktu kecil.  Kemudian, bandingkan dengan kesenian daerah yang  sering kamu saksikan sekarang. Apakah masih ada  kesenian daerah pada waktu orang tuamu masih kecil hingga sekarang?

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 185, 186, 187, 188, 189. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 185, 186, 187, 188, 189."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel