Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 191, 192, 193, 194, 195.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 191, 192, 193, 194, 195 - Pembelajaran 5 Tema 7 Kelas 5 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Peristiwa Mengisi Kemerdekaan tepatnya terdapat pada halaman 191, 192, 193, 194, 195.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 5 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 7 pada halaman 191, 192, 193, 194, 195, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 7 subtema 3 pembelajaran 5 yang terdapat pada halaman 191, 192, 193, 194, 195.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Pembelajaran 5 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Halaman 191, 192, 193, 194, 195.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 5 Halaman 191 192 193 194 195

Mengisi kemerdekaan dapat kita  lakukan dengan berbagai hal  yang  positif. Mengisi waktu dengan berlatih dan mengasah kreativitas dan keterampilan adalah salah satunya. Keterampilan  yang  didukung dengan kreativitas akan mampu menghasilkan karya atau produk-produk yang  berkualitas, indah, dan berguna.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 191

Ayo Mengamati

Masih ingatkah kamu apa itu undangan setengah resmi? Ingatlah kembali dan tuliskanlah di tempat yang tersedia di bawah ini!

Undangan setengah resmi adalah Undangan  yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi.

Tentunya, kamu juga masih ingat bukan arti dan ciri seni lukis daerah itu. Tuliskanlah di tempat yang tersedia di bawah ini!

Seni lukis adalah seni menggambarkan objek-objek berupa pemandangan alam, tumbuhan, binatang, manusia, benda di alam, untuk menimbulkan perasaan keindahan. Seni lukis daerah mengandung nilai-nilai budaya yang berkembang di suatu daerah.
Ciri-ciri seni lukis daerah :
  • Bersifat kedaerahan
  • Dipengaruhi oleh budaya dan latar belakang sejarah suatu wilayah
  • Corak dan motifnya dipengaruhi juga oleh kondisi fisik/geografis suatu daerah
  • Dipengaruhi oleh corak seni tradisional masyarakat setempat

Kedua keterampilan ini, yakni keterampilan menulis surat undangan dan keterampilan melukis, jika dipadukan, akan menjadi sebuah  karya yang indah dan menarik. Untuk memadukan kedua keterampilan ini,  dibutuhkan kreativitas dan ketekunan yang  baik.

Amati contohnya berikut ini!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 5 Halaman 191 192 193 194 195

Ayo Mencoba

Buatlah surat undangan setengah resmi dengan dihiasi lukisan daerah. Tema surat undangan yang dapat kamu pilih antara lain sebagai berikut.

1.  Pertunjukan kesenian

2.  Pentas seni

3.  Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia

4.  Perlombaan olahraga

5.  Kerja bakti

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 193

Ayo Berlatih

Ceritakan pengalamanmu membuat undangan yang dipadukan dengan seni lukis daerah pada kolom berikut!
Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 5 Halaman 191 192 193 194 195

Cerita Pengalamanku

Nama Kegiatan :
Membuat undangan yang dipadukan dengan seni lukis daerah
Bagian yang paling menarik :
Banyak ide yang didapat dalam rencana pembuatan undangan
Kesulitan yang dialami :
Gambar yang dibuat tidak sesuai harapan
Pendapat saya tentang kegiatan ini :
Baik dan penting, karena mampu menambah pengetahuan dan kreativitas dalam seni
Saya menyarankan/tidak menyarankan kegiatan ini karena :
Saya menyarankan kegiatan ini karena melatih kreativitas siswa serta menambah pengetahuan

Berbicara mengenai pengalaman, banyak peristiwa yang terjadi di sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dijadikan bahan cerita.

Tahukah Kamu?

Pernahkah kamu mengalami peristiwa berikut ini? Pada saat meminum air es, kamu akan menjumpai adanya titik-titik air di dinding tempat air es tersebut. Tahukah kamu bahwa titik-titik air tersebut terjadi karena adanya peristiwa pengembunan udara yang  berada di sekitar tempat es  tersebut? Udara mengalami peristiwa pengembunan karena udara di sekeliling gelas atau plastik melepaskan kalor  atau panas kepada es  di dalam wadahnya. Hal tersebut karena suhu udara di luar  gelas atau plastik lebih  besar atau tinggi dibandingkan dengan suhu es dalam gelas atau plastik.

Peristiwa pengembunan lain yang sering kita jumpai, yaitu ketika pada pagi hari, kita melihat ada titik-titik air di dedaunan. Sekitar rumah kita pun basah. Air sering menetes dari atas genting. Titik-titik air  tersebut merupakan embun yang  berasal dari  uap air  yang  mengembun menjadi titik-titik air.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 194

Ayo Mencoba

PERCOBAAN 1

Mengamati perubahan wujud benda 

Alat dan Bahan

1.  Es batu

2.  Gelas kaca

Cara Kerja

1.  Siapkan alat dan bahan.

2.  Masukkan es batu ke dalam gelas.

Pangamatan

Amatilah perubahan yang  terjadi pada es batu tersebut selama percobaan berlangsung dan catatlah dari  waktu ke waktu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 5 Halaman 191 192 193 194 195

Waktu & Perubahan Yang Terjadi
1 Menit = Dinding gelas mulai terasa dingin
5 Menit = Dinding gelas semakin dingin
10 Menit = Es mulai mencair volume air dalam gelas bertambah
15 Menit = Di dinding gelas mulai terdapat titik-titik air
20 Menit = Titik air di dinding gelas bertambah banyak
25 Menit = Es berubah menjadi cair, dinding bagian luar gelas menjadi basah

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 195

Kesimpulan :
Percobaan yang dilakukan membuktikan peristiwa pengembunan. Peristiwa pengembunan dapat terjadi disebabkan suhu pada gelas lebih dingin dibandingkan dengan suhu udara sekitarnya sehingga udara sekitar yang mengandung uap air menjadi mengembun. Uap air berubah menjadi cairan yang menempel pada sisi luar gelas.

Ayo Renungkan

Berbagai peristiwa telah kita alami. Peristiwa-peristiwa tersebut menjadi sebuah pengalaman bagi kita. Entah itu menyenangkan ataupun yang tidak menyenangkan. Orang bijak  berkata bahwa “Orang yang  beruntung adalah orang yang belajar dari pengalaman”. Kemukakanlah satu peristiwa atau pengalaman yang  pernah kamu alami dan sebutkan pelajaran apa yang dapat kamu ambil dari peristiwa tersebut!

Kerja Sama dengan Orang Tua

Tunjukkan undangan hasil karyamu kepada orang tua dan anggota keluargamu yang lain. Mintalah pendapat dan saran kepada mereka!

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 191, 192, 193, 194, 195. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 191, 192, 193, 194, 195."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel