Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 197, 198, 199, 200, 201.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 197, 198, 199, 200, 201 - Pembelajaran 6 Tema 7 Kelas 5 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Peristiwa Mengisi Kemerdekaan tepatnya terdapat pada halaman 197, 198, 199, 200, 201.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 6 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 7 pada halaman 197, 198, 199, 200, 201, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 7 subtema 3 pembelajaran 6 yang terdapat pada halaman 197, 198, 199, 200, 201.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Pembelajaran 6 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Halaman 197, 198, 199, 200, 201.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 6 Halaman 197 198 199 200 201

Ingatlah sikap kepahlawanan dan patriotisme yang  ditunjukkan oleh  seorang guru. Manfaat apa yang   kamu rasakan terhadap sikap kepahlawanan dan patriotisme guru? Karena guru,  kamu bisa membaca, menulis, dan berhitung serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kamu  pun  diarahkan untuk menguasai berbagai keterampilan.

Bisakah kamu membayangkan jika  seorang guru tidak memiliki   sikap kepahlawanan dan patriotisme? Pasti kamu akan menjadi anak yang  miskin ilmu  dan keterampilan. Kamu  akan tumbuh menjadi generasi yang  tertinggal. Guru  merupakan pahlawan masa kini  bagi kita.  Kita harus menghargai jasa- jasanya.

Berbagai peristiwa dari  masa penjajahan, pergerakan dan kebangkitan nasional, Proklamasi Kemerdekaan, dan usaha mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara  telah melahirkan banyak pejuang dan pahlawan bagi bangsa kita.  Jasa mereka begitu besar. Kita  pun  harus bisa menghargainya. Bagaimanakah caranya? Bacalah bacaan berikut dengan saksama.

Ayo Membaca

Menghargai Jasa Para Pahlawan

Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawan. Pepatah itu mengingatkan kita untuk selalu menghargai jasa para pahlawan. Para pahlawan telah berjuang dengan mengorbankan harta, benda, jiwa, bahkan nyawanya untuk meraih kemerdekaan seperti yang sekarang ini kita nikmati. Berkat pengorbanan dan pengabdiannya, bangsa kita bisa terlepas dari penjajahan dan menjadi negara yang merdeka, bebas, dan berdaulat.

Kini  kamu sebagai putra putri penerus bangsa mempunyai tugas untuk meneruskan cita-cita para pahlawan. Kamu berkewajiban melanjutkan perjuangan pahlawan sebagai pahlawan pembangunan mewujudkan bangsa Indonesia yang sejahtera, aman, damai, tertib, tenteram, dan bahagia. Dengan demikian, kamu telah turut menghargai  jasa  para pahlawan.

Untuk menjadi pahlawan pembangunan, kamu dapat menerapkan nilai-nilai kepahlawanan yang telah ditunjukkan mereka. Berikut nilai-nilai kepahlwanan yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-harimu.

1. Rela Berkorban

Sikap rela berkorban adalah sikap yang lebih mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Sikap rela berkorban dapat dibiasakan di lingkungan rumah, keluarga, dan masyarakat. Kita harus peduli kepada orang lain.

2. Berjiwa  Besar

Berjiwa besar adalah sikap yang mau menerima segala yang terjadi dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Berjiwa besar dapat diwujudkan dengan mau menerima kekalahan dengan ikhlas, meminta maaf dan memberi maaf.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 197

Ayo Berlatih

Pahamilah bacaan di atas! Kemudian, tuliskan cara menghargai jasa para pahlawan bangsa!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 6 Halaman 197 198 199 200 201

  • Lebih mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi
  • Peduli kepada orang lain
  • Mengisi kemerdekaan dengan belajar dan bekerja sungguh-sungguh
  • Mengembangkan sikap rela berkorban
  • Lebih mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. 
  • Saling menghargai dan menghormati.
  • Memiliki semangat cinta tanah air yang tinggi.
  • Belajar dan berusaha dengan giat.
  • Memperingati setiap peristiwa bersejarah.
  • Melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menjaga keamanan dan ketertiban.
  • Mencintai dan menggunakan produk dalam negeri.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 198 & 199

Ayo Berlatih

Ayo Belajar dari Masalah

1.  Bel tanda masuk berbunyi. Semua siswa masuk kelas. Ketika  akan masuk kelas, tidak sengaja Bambang menginjak kaki Heru. Bambang minta maaf kepada Heru. Tetapi, Heru  justru memarahi Bambang. Heru  menganggap Bambang sengaja menginjak kakinya. Persoalan sepele tersebut menjadi besar.

Jika kamu menjadi Heru, tindakan apakah yang akan kamu lakukan kepada Bambang?

Jika menjadi Heru sebaiknya memaafkan apa yang telah dilakukan Bambang, hal ini dikarenakan Bambang tidak sengaja dan tidak ada niat sengaja menginjak kaki Heru.

Jika kamu menjadi Bambang, tindakan apakah yang akan kamu lakukan kepada Heru?

Jika menjadi Bambang pasti akan meminta maaf kepada Heru, serta menjelaskan apa yang telah dilakukannya adalah tidak sengaja dan berjanji akan lebih berhati-hati lagi.

2. Di kelasmu sering diadakan ulangan harian. Pernahkah kamu mendapat nilai yang kamu harapkan dan nilai yang tidak kamu harapkan? Bagaimana sikapmu ketika mendapat nilai yang kamu harapkan?

Kita patut bersyukur, dan nilai yang baik tersebut bisa dijadikan penyemangat, serta kembali belajar lebih giat karena mempertahankan nilai bagus lebih sulit dari merebut nilai bagus.

Bagaimana sikapmu ketika mendapat nilai yang tidak kamu harapkan?

Bisa dijadikan pelajaran dan dijadikan cambuk bagi diri sendiri untuk lebih giat lagi belajar.

3. Di kelasmu, akan diadakan ulangan. Kamu ingin mendapat nilai bagus.
Karena itu, kamu pun belajar dengan tekun. Bagaimana sikapmu saat menghadapi ulangan? Apa alasannya?

Pikiran harus tenang dan fokus serta tidak gugup. Tidak lupa berdoa. Belajar tetap digiatkan agar hasil yang diperoleh sesuai harapan. Dalam mengerjakan soal ulangan juga harus dipenuhi ketelitian dan kesabaran.

Jika ada temanmu yang meminta jawabanmu, apakah kamu rela memberikannya? Mengapa demikian?

Sebaiknya ditolak, karena melanggar peraturan. Tidak dianjurkan bekerja sama dalam kejelekan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 200

4. Setiap berangkat ke sekolah, Andi dan Agus selalu bersama-sama. Mereka berjalan kaki.  Saat berjalan kaki,  tiba-tiba seorang nenek jatuh persis di hadapan mereka. Agus dan Andi terus berjalan karena takut terlambat masuk sekolah. Padahal, nenek itu membutuhkan pertolongan mereka untuk bisa berdiri. Apakah sikap Andi dan Agus mencerminkan sikap rela berkorban? Mengapa?

Sikap yang dilakukan Andi dan Agus tidak menunjukkan sikap rela berkorban. Mereka tidak rela berkorban datang terlambat dan dapat sangsi/hukuman demi perbuatan yang lebih mulia yaitu menolong seorang nenek yang sedang membutuhkan pertolongan.

Jika kamu menjadi Agus atau Andi, tindakan apa yang akan kamu lakukan?

Sebaiknya kita menolong nenek tersebut dan rela datang terlambat ke sekolah. Kita siap menerima hukuman karena menolong nenek tersebut nilainya lebih besar daripada datang tidak terlambat ke Sekolah.

5. Saat Pak Guru sedang menjelaskan di depan kelas, ada dua orang temanmu yang asyik berbicara sendiri. Mereka tidak memperhatikan penjelasan Pak Guru. Bagaimana sikapmu terhadap dua temanmu itu? Mengapa demikian?

Dengan menegurnya dengan halus, karena mereka tidak menghargai Pak Guru yang sedang menjelaskan pelajaran, selain itu juga mengganggu teman-teman yang lain yang serius mendengarkan, serta tidak ikut-ikutan berbicara dengan mereka.

Bagaimana sikap yang seharusnya dilakukan oleh kedua temanmu saat Pak Guru sedang mengajar? Mengapa demikian?6

Sebaiknya mereka mendengarkan apa yang disampaikan Pak Guru, karena menghargai tindakan yang dilakukan Pak Guru, serta dengan mendengarkan pelajaran Pak Guru juga memberi manfaat pada diri kita sendiri, yaitu bertambahnya wawasan dan ilmu pengetahuan.

Ayo Berkreasi

Sikap yang juga mencerminkan nilai-nilai kepahlawanan adalah cinta tanah air. Sikap cinta tanah air dapat diwujudkan dengan berbagai cara, salah satunya mengembangkan dan melestarikan budaya bangsa. Unsur budaya bangsa yang  dapat kamu pelajari dan kamu kembangkan adalah seni lukis daerah.

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah belajar mengenai pengertian, ciri, contoh, dan bahkan kamu telah mencoba menerapkannya dengan memadukannya ke dalam surat udangan. Sekarang, buatlah karya seni lukis daerah berupa gambar kesenian yang berasal dari suku bangsa atau daerahmu sendiri.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 202

Ayo Renungkan

Kamu telah mempelajari materi yang dapat mengantarkanmu menjadi seorang pahlawan, baik bagi dirimu sendiri, orang lain, keluarga, maupun bangsa dan negara. Selanjutnya, kamu tentu akan berusaha membiasakan perilaku-perilaku yang  dapat mendukungmu menjadi pahlawan. Bagaimana

wujud perilaku yang akan kamu lakukan? Apakah perilaku tersebut sudah kamu biasakan mulai dari  sekarang?

Isilah tabel berikut ini dengan perilaku-perilaku yang dimiliki oleh pahlawan. Catatlah apakah kamu sudah membiasakan untuk melaksanakannya atau belum.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 6 Halaman 197 198 199 200 201

Perilaku dalam Pembiasaan
  1. Berani mengakui kesalahan yang dilakukan (berani) √
  2. Membantu mereka yang kesusahan (rela berlorban) √
  3. Tidak melakukan perbuatan tercela yang merugikan orang lain (membela kebenaran dan keadilan)
  4. Bangga menjadi orang Indonesia (Cinta tanah air)
  5. Tidak putus asa saat mengalami kegagalan berkali-kali (berjiwa besar) √
  6. Gotong royong membersihkan rumah setiap akhir pekan (kerja sama dan tanggung jawab)
  7. Memupuk rasa tanggung jawab dan saling menghargai lewat berbagai kegiatan sehari-hari. (menjaga persatuan dan kesatuan) √

Kerja Sama dengan Orang Tua

Buatlah cerita tentang pengorbanan orang tua terhadapmu sebagai perwujudan sikap rela berkorban!

  • Orang tua rela bekerja kers demi memenuhi kebutuhan anaknya.
  • Orang tua (ibu) mengandung kita selama 9 bulan,tanpa letih dan lelah.
  • Orang tua lebih mementingkan anaknya dari pada dirinya sendiri

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 197, 198, 199, 200, 201. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 197, 198, 199, 200, 201."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel