Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 78, 81, 82, 83, 85, 86.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 78, 81, 82, 83, 85, 86 - Pembelajaran 1 Tema 7 Kelas 5 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan tepatnya terdapat pada halaman 78, 81, 82, 83, 85, 86.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 1 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 7 pada halaman 78, 81, 82, 83, 85, 86, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 7 subtema 2 pembelajaran 1 yang terdapat pada halaman 78, 81, 82, 83, 85, 86.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Pembelajaran 1 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Halaman 78, 81, 82, 83, 85, 86.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Pembelajaran 1 Halaman 78 81 82 83 85 86

Bangsa Indonesia pernah mengalami masa penjajahan cukup lama. Selama penjajahan, bangsa Indonesia mengalami penderitaan. Oleh karena  itu, bangsa Indonesia semangat untuk melepaskan diri dari penjajah. Namun, usaha untuk  memperoleh kemerdekaan ternyata tidak mudah. Indonesia harus  melalui berbagai rintangan dan peristiwa sejarah yang  perlu  dicatat dan menjadi pelajaran bagi  kehidupan bangsa.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 78

Amatilah gambar pada halaman sebelumnya dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1.  Peristiwa apakah yang tampak pada gambar di atas?

Peristiwa pembacaan naskah Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

2.  Adakah hubungan peristiwa pada gambar dan kemerdekaan bangsa Indonesia?

Ya, ada hubungan yang erat antara proklamasi dengan kemerdekaan bangsa Indonesia. Proklamasi merupakan salah satu tonggak sejarah dari perjalanan perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

3.  Apakah dengan adanya peristiwa pada gambar, Negara Kesatuan Republik Indonesia terbentuk?

Belum, terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak hanya cukup dengan pembacaan naskah proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945, tapi juga melalui berbagai tahapan dan peristiwa penting lainnya dalam perjalanan perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

4.  Apakah dengan adanya di peristiwa pada gambar, bangsa dan negara Indonesia terbebas dari penjajahan?

Belum, Karena setelah peristiwa proklamasi 17 Agustus 1945 tersebut, bangsa Indonesia masih harus mempertahankan kemerdekaan, terutama dari Belanda/NICA yang membonceng sekutu yang datang ke Indonesia, dimana Belanda/NICA ingin kembali menjajah, terbukti dengan adanya Agresi Militer  Belanda 1 tahun 1947 dan Agresi Militer Belanda 2 tahun 1948.

Proklamasi menjadi  peristiwa  paling    bersejarah  bagi  bangsa  Indonesia. Proklamasi menjadi tonggak sejarah  berdirinya bangsa  Indonesia menjadi negara yang merdeka dan berdaulat. Proklamasi menjadikan bangsa Indonesia terlepas dari  penjajahan. Proklamasi juga menjadi awal bagi bangsa Indonesia untuk menentukan nasibnya sendiri.

Pada akhir bulan Juli 1945, Jepang menyetujui pemberian kemerdekaan kepada Indonesia pada tanggal 7 September 1945. Namun, pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945, bom atom dijatuhkan Sekutu di  kota Hiroshima dan Nagasaki. Peristiwa itu mendorong diubahnya tanggal pemberian kemerdekaan Indonesia menjadi 24 Agustus 1945.

Kemudian,  pada tanggal 15  Agustus 1945,  Jepang menyerah tanpa  syarat kepada  Sekutu.  Akibatnya, terjadi  kekosongan  kekuasaan   di   Indonesia. Kesempatan inilah yang  kemudian dimanfaatkan oleh  bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan. Bacalah bacaan berikut dengan saksama.

Ayo Membaca

Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi

Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan  dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945. Sejak  pagi, telah dilakukan persiapan di rumah Ir. Soekarno, untuk menyambut Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Banyak tokoh pergerakan nasional beserta rakyat berkumpul di tempat itu. Mereka ingin menyaksikan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Sesuai kesepakatan yang diambil di rumah Laksamana  Maeda,  para tokoh Indonesia menjelang pukul  10.30  waktu Jawa  zaman Jepang atau pukul  10.00 WIB telah berdatangan ke rumah Ir. Soekarno. Mereka  hadir untuk menjadi saksi pembacaan  teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Acara yang  disusun dalam upacara di kediaman Ir. Soekarno itu, antara lain sebagai berikut.

a.  Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 
b.  Pengibaran bendera Merah Putih.
c.  Sambutan Wali Kota Suwiryo  dan dr. Muwardi.

Upacara  Proklamasi  Kemerdekaan  berlangsung  tanpa  protokol. Latief Hendraningrat memberi aba-aba  siap kepada semua  barisan pemuda. Semua yang  hadir berdiri tegak dengan sikap sempurna. Suasana menjadi sangat  hening. Ir.  Soekarno dan  Drs.  Moh.   Hatta  dipersilakan     maju beberapa     langkah     dari   tempatnya semula. Ir.  Soekarno mendekati mikrofon. Dengan  suaranya yang  mantap, Ir.  Soekarno didampingi   Drs. Moh.   Hatta  membacakan  teks Proklamasi Kemerdekaan  Indonesia yang telah diketik oleh  Sayuti Melik.  Berikut teks Proklamasi yang  diketik oleh Sayuti Melik.
Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Pembelajaran 1 Halaman 78 81 82 83 85 86

Pengibaran Bendera Merah Putih

Sesaat setelah pembacaan Proklamasi Kemerdekaan, dilanjutkan upacara pengibaran bendera Merah Putih. Bendera Sang Saka  Merah Putih dijahit oleh  Ibu  Fatmawati Soekarno. Suhud mengambil bendera  dari  atas baki (nampan) yang  telah disediakan dan mengibarkannya dengan  bantuan Shodanco Latief  Hendraningrat. Kemudian, Sang Merah Putih mulai dinaikkan dan  hadirin  yang   datang  bersama-sama  menyanyikan lagu Indonesia Raya.  Bendera dinaikkan perlahan-lahan  menyesuaikan  syair lagu  Indonesia Raya.  Seusai pengibaran bendera Merah Putih, acara dilanjutkan sambutan dari  Wali Kota Suwiryo  dan dr. Muwardi.

Ayo Berdiskusi

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 81

Berdiskusilah dengan teman sebangkumu mengenai bacaan di atas. Buatlah ulasan mengenai isi bacaan. Tuliskan pada kolom  berikut.

1. Judul bacaan

Pristiwa Pembacaan Teks Proklamasi

2. Isi bacaan yang paling menarik

  • Pembacaan Teks Proklamasi
  • Pengibaran Bendera Merah Putih
  • Menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama

Ayo Berlatih

Ayo, temukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan yang berjudul “Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi”. Kemudian,  carilah arti   katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada guru,  atau berdiskusi.

Perhatikan cara-cara menggunakan kamus.

1.  Pilihlah sebuah kata dari  daftar kosakata barumu. Misalnya: proklamasi

2.  Bukalah kamusmu, carilah daftar kata-kata yang dimulai dengan huruf awal “p”. Ingat, setiap kata pada kamus selalu diurutkan berdasarkan urutan abjad.

3.  Dalam daftar kata yang berhuruf awal “p” itu, carilah daftar kata yang dimulai dengan “pr”.

4.  Carilah daftar kata yang dimulai dengan “pro”. Kata proklamasi akan kamu temukan di antara kata-kata itu. Selamat mencari!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Pembelajaran 1 Halaman 78 81 82 83 85 86

Kosakata pada bacaan
Kosakata Baku :
Teks
Arti :
Naskah yang berupa kata-kata; Wacana tertulis
Kosakata Baku :
Proklamasi
Arti :
Pemberitahuan resmi kepada seluruh rakyat; Permakluman; Pengumuman
Kosakata Baku :
Laksamana
Arti :
Kelompok pangkat perwira tinggi dalam angkatan laut
Kosakata Baku :
Saksi
Arti :
orang yang melihat atau mengetahui sendiri suatu peristiwa/kejadian
Kosakata Baku :
Upacara
Arti :
Perbuatan atau perayaan yang dilakukan atau diadakan sehubungan dengan peristiwa penting
Kosakata Baku :
Protokol
Arti :
Peraturan upacara di istana kepala negara atau berkenaan dengan penyambutan tamu-tamu negara dan sebagainya; tata cara yang secara internasional berlaku dalam hubungan diplomatik
Kosakata Tidak Baku :
Baki
Arti :
Dulang kecil tidak berkaki untuk menyajikan makanan dan minuman; talam; nampan
Kosakata Tidak Baku :
Shodanco
Arti :
Suatu pangkat dalam militer Jepang

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 83

Ayo Menulis

Bacalah kembali bacaan Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi. Kemudian, tuliskan kembali peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia melalui kegiatan berikut.

1.  Kapan teks Proklamasi Kemerdekaan dibacakan?
 
Alternatif Jawaban:
17 Agustus 1945

2.  Di mana teks Proklamasi dibacakan?
  
Alternatif Jawaban:
Teks Proklamasi dibacakan di rumah Laksamana Maeda

3.  Siapakah yang membuat dan membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan?
  
lternatif Jawaban:
Yang membuat dan membacakan teks Proklamasi adalah Ir. Soekarno

4.  Siapa sajakah tokoh yang  hadir pada acara pembacaan teks Proklamasi?
  
Alternatif Jawaban:
Tokoh yng hadir pada peristiwa pembacaan teks Proklamasi yaitu Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta

5.  Apa saja susunan acara yang dilakukan pada pembacaan teks Proklamasi?
  
Alternatif Jawaban:
  • Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan
  • Pengibaran Bendera Merah Putih
  • Sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi

Kita   tahu  bahwa  teks  Proklamasi dibacakan pada  pukul 10.00 WIB. Bagaimanakah kira-kira cuaca dan suhu udara pada saat itu?  Apa yang  kamu rasakan saat ini pada pukul  yang  sama, yaitu  10.00 WIB? Bagaimanakah suhu udara saat ini? Panas ataukah dingin?

Suhu udara yang  kita  rasakan sangat terpengaruh oleh  sinar matahari.  Jika intensitas sinar matahari tinggi, suhu udara pun  akan tinggi. Sebaliknya, jika intensitas sinar matahari rendah, suhu udara pun  akan rendah. Hal tersebut juga berkaitan dengan perpindahan kalor  secara radiasi dari  sinar matahari.

Ayo Membaca

Kalor Mengubah Suhu  Benda

Kalor didefinisikan sebagai energi panas yang  dimiliki oleh  benda. Secara umum, mengetahui adanya kalor  yang  dimiliki oleh  benda dapat dilakukan dengan cara mengukur suhu benda tersebut. Jika suhu benda tinggi, kalor yang  dikandung oleh  benda juga besar. Sebaliknya, jika suhu benda rendah, kalor  yang  dikandung oleh  benda juga kecil.

Kalor  yang  dimiliki oleh  suatu benda bisa berubah-ubah. Bisa naik,  bisa juga turun karena kalor  dapat berpindah dari  suhu  tinggi menuju suhu rendah.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Pembelajaran 1 Halaman 78 81 82 83 85 86

Contoh bahwa kalor  dapat mengubah suhu benda: Air panas memiliki suhu tinggi. Air dingin memiliki suhu rendah.

Apabila kedua air dicampur, campuran itu akan menghasilkan suhu baru. Suhu rendah akan meningkat karena menerima panas yang bersuhu tinggi.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 85

Ayo Mencoba

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Pembelajaran 1 Halaman 78 81 82 83 85 86

Ceritakan pengalamanmu saat melakukan percobaan.

Saat air dipanaskan, air yang semula dingin (bersuhu rendah) menerima panas dari Api melalui Cerek.
Air menerima panas, lama-kelamaan air menjadi Panas (suhu meningkat).
Kesimpulan
Makin besar energi panas  yang   diterima air,  makin besar  pula kenaikan Suhu pada air.

Ayo Mengamati

Ayo, amatilah peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang menunjukkan adanya perubahan suhu benda yang  disebabkan kalor. Indentifikasi dengan cara menuliskan perubahan suhu benda yang  disebabkan oleh  kalor  pada tabel berikut!

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 86

  • Saat menjemur pakaian, pakaian yang dingin karena basah berubah menjadi hangat
  • setelah berolaraga tubuh menjadi berkeringat
  • Saat memasak air, air yang dingin berubah menjadi panas
  • Air raksa dalam termometer akan naik saat terkena panas tubuh
  • Besi yang dibakar akan terasa panas
  • Sendok menjadi panas saat digunakan untuk mengaduk air teh panas
  • Tubuh terasa panas saat terkena sinar matahari

Ayo Renungkan

Kemerdekaan seperti yang sekarang ini kita rasakan tidaklah terjadi begitu saja. Kemerdekaan terjadi melalui proses yang sangat  panjang. Berbagai peristiwa, usaha, dan pengorbanan turut andil dalam mencapai kemerdekaan, khususnya peristiwa penyusunan dan pembacaan teks Proklamasi.

Tidak bisa dimungkiri bahwa peran dan jasa tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan sangatlah  besar. Dengan segenap jiwa dan raga, mereka bersatu padu mempersiapkan proklamasi. Mereka bekerja sama, saling bahu-membahu, tanpa membedakan golongan.

Apakah sebagai generasi penerus bangsa, kamu akan  merusak nilai-nilai perjuangan tersebut? Akankah kamu mampu meneruskan perjuangan tersebut? Apa yang dapat kamu lakukan untuk meneruskan perjuangan para pahlawan pendahulu? Ungkapkan pendapatmu!

Tidak akan,yang dapat dilakulan untuk meneruskan perjuangan para pahlawan adalah dengan belajar untuk mempertahankan kemerdekaan.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bacakan teks Proklamasi di depan orang tua dan anggota keluargamu yang lain. Selesai membaca teks Proklamasi, mintalah tanggapan kepada mereka dan tuliskan pada kolom  berikut!

Alternatif jawaban disesuaikan dengan masing-masing siswa.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 78, 81, 82, 83, 85, 86. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 78, 81, 82, 83, 85, 86."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel