Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 104, 105, 106, 108, 109, 110, 111.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 104, 105, 106, 108, 109, 110, 111 - Pembelajaran 2 Tema 8 Kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Upaya Pelestarian Lingkungan tepatnya terdapat pada halaman 104, 105, 106, 108, 109, 110, 111.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 2 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 8 pada halaman 104, 105, 106, 108, 109, 110, 111 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 8 subtema 3 pembelajaran 2 yang terdapat pada halaman 104, 105, 106, 108, 109, 110, 111.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Pembelajaran 2 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Halaman 104, 105, 106, 108, 109, 110, 111.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 2 Halaman 104 105 106 108 109 110 111

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 104 & 105

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

1. Apa yang terjadi jika kita mencuci baju menggunakan air yang tercampur minyak?

  • Akan terdapat bercak noda minyak yang menempel di baju.
Jika kita hubungkan dengan perbandingan massa jenis air dan minyak, maka kita akan menemukan bahwa massa jenis minyak (entah minyak goreng atau minyak tanah) lebih kecil dari massa jenis air yang menyebabkan minyak akan naik ke atas. Jika kita mencuci maka terdapat bagian baju yang sengaja kita tenggelamkan, namun ada yang di permukaan. Nah bagian baju yang dipermukaan inilah yang akan terkena noda minyak.
  • Kulit sensitif akan merasa gatal
Pemakaian baju yang dicuci dengan tanpa sengaja menggunakan air yang terkontaminasi minyak mentah (minyak yg belum diolah lagi) akan menyebabkan iritasi kulit bagi pemilik kulit sensitif.

2. Apa yang terjadi jika kita minum air yang tercemar kuman penyebab penyakit?

Air tercemar kuman umumnya berupa bakteri Escherichia coli dan Salmonela typusa. Pencemaran air tersebut disebabkan karena limbah organik. Limbah organik berasal dari makhlukhidup seperti makanan bahkan kotoran hewan dan manusia.

3. Apa yang terjadi pada ikan-ikan di sungai yang menjadi tempat pembuangan limbah cair dari industri?

Ikan-ikan akan mati karena tercemar limbah dari pabrik industi, karena limbah itu mengandung zat kimia yang berbahaya bagi ikan.

4. Apa yang dapat kalian simpulkan dari jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas?

Kualitas air memengaruhi kehidupan manusia , hewan , maupun tumbuhan dan kita harus menggunakan air yg bersih dalam kehidupan kita sehari hari,karena air sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup.karena apabila air itu tercemar itu akan sangat memengaruhi kehidupan kita.

Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelompok-kelompok lain dan Bapak/Ibu Guru.

Ayo Membaca

Hari Air Sedunia

Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22  Maret. Dengan adanya peringatan hari air sedunia, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah.

Persediaan air bersih semakin berkurang karena cadangan air tanah berkurang. Cadangan air  tanah berkurang karena air  hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan langsung mengalir ke parit, selokan, lalu ke sungai dan terus ke laut. Air hujan tidak dapat masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. Banyak pohon di hutan ditebangi. Lahan-lahan hijau berubah menjadi perumahan, perkantoran, dan kawasan industri.

Berkurangnya cadangan air tanah mengakibatkan banyak mata air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering pada musim kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari- hari. Hasil  panen pun  jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan.

Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu mengurangi krisis air bersih sebagai berikut.

1. Menghemat penggunaan air.

2. Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.

3. Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 106

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan teks “Hari Air Sedunia” di atas, lengkapilah tabel berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 2 Halaman 104 105 106 108 109 110 111

1. Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret
2. Faktor-faktor berikut menyebabkan persediaan air bersih berkurang:
  • Cadangan air tanah berkurang karena air hujan terus mengalir di permukaan tanah dan tidak masuk ke dalam tanah.
  • Banyak pohon ditebangi sehingga tidak ada akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah.
  • Lahan-lahan hijau berubah menjadi kawasan permukiman dan industri.
3. Akibat kekurangan air bersih:
  • Kebutuhan manusia akan air bersih tidak tercukupi.
  • Hasil panen berkurang. 
  • Banyak hewan dan tumbuhan mati.
4. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi krisis air bersih:
  • Menghemat penggunaan air.
  • Membuat lubang resapan yang berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah. 
  • Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah

Ayo Mengamati

Gambar tersebut merupakan cuplikan dari buku cerita bergambar yang berjudul “Kakek Bangau yang Baik Hati”. Buku tersebut menceritakan sebuah sawah yang  kekeringan. Ketam dan katak yang  biasa hidup di  situ  menjadi sangat tersiksa. Mereka meminta pertolongan kepada Kakek  Bangau. Merasa iba,  maka Kakek  Bangau terbang berkeliling mencarikan tempat  berair bagi ketam-ketam dan katak-katak. Akhirnya Kakek Bangau menemukan sebuah telaga, lalu dipindahkannya katak-katak dan ketam-ketam ke telaga itu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 108

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

1. Apakah gambar tersebut mendukung cerita?

Ya, Gambar tersebut mendukung cerita.

2. Jika jawabanmu “ya”, apa alasanmu? Jika jawabanmu “tidak”, apa pula alasanmu?

Karena mampu membuat pembaca mudah memahami jalan cerita dengan bantuan gambar tersebut.

Karya gambar cerita banyak kita temui pada buku cerita, terutama buku cerita bergambar atau komik. Perhatikan gambar berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 109

Ayo Menulis

Kamu telah melihat contoh karya gambar cerita. Apa ciri-ciri karya gambar cerita? Tulislah dalam kotak berikut.

Ciri-ciri karya gambar cerita:
  • Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau cerita.
  • Memberikan gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang disampaikan.
  • Menambah nilai keindahan sajian sebuah tulisan atau cerita.
  • Gambar sederhana sehingga memudahkan pembaca mengerti tentang karakter masing-masing tokoh
  • Gambar mampu membuat pembaca terlibat secara emosional

Ayo Mencoba

Tentukan satu tema yang  kamu pilih  untuk membuat  gambar cerita. Kamu dapat  mengingat-ingat pengalamanmu yang   paling berkesan atau  kamu dapat mengambil beberapa contoh tema berikut.

1. Lingkunganku sehat airku bersih.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 2 Halaman 104 105 106 108 109 110 111

2. Aku menjaga sungaiku bersih.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 2 Halaman 104 105 106 108 109 110 111

3. Indonesia beragam, Indonesia kaya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 2 Halaman 104 105 106 108 109 110 111

Selain ciri-ciri dan tema gambar cerita, kamu juga harus mengetahui teknik menggambar cerita. Semua ini sudah kamu pelajari pada Tema 6. Mari kita ulang lagi.

Menggambar cerita dapat dilakukan dengan teknik kering atau teknik basah. Teknik  kering menggunakan  media  pensil, arang, kapur,  krayon, atau bahan lain yang  tidak memerlukan air atau minyak. Sebaliknya, teknik basah menggunakan media berupa cat  air,  cat  minyak, tinta, atau media lain  yang  memerlukan air atau minyak khusus sebagai pengencer.

Dalam pelaksanaannya, kamu dapat menggunakan berbagai macam teknik. Kamu  dapat menggambar cerita dengan teknik kering saja. Kamu dapat membuat gambar cerita dengan teknik basah saja. Namun, kamu juga dapat menggambar cerita dengan menggabungkan teknik kering dan teknik basah.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 110

Ayo Renungkan

Hari ini saya belajar tentang: 
  • Hari ini saya belajar tentang memahami hak dan kewajiban terhadap lingkungan dan air
  • Menjelaskan ciri-ciri karya gambar
  • Membuat gambar cerita

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 111

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bersama orang tuamu, identifikasikan pengaruh kualitas air bagi keluargamu.

Pengaruh kualitas air bagi keluargaku:
Kualitas air yang baik adalah jernih, tidak berbau, tidak ada benda yang terlarut dan tidak berasa. Kualitas air yang buruk dapat menimbulkan penyakit seperti sakit perut, diare bahkan tipus. Apabila kulaitas air dirumah baik dan bersih, maka kesehatan penggunanya lebih terjamin.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 104, 105, 106, 108, 109, 110, 111. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 104, 105, 106, 108, 109, 110, 111."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel