Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 115, 116, 117, 118.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 115, 116, 117, 118 - Pembelajaran 3 Tema 8 Kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Upaya Pelestarian Lingkungan tepatnya terdapat pada halaman 115, 116, 117, 118.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 3 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 8 pada halaman 115, 116, 117, 118 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 8 subtema 3 pembelajaran 3 yang terdapat pada halaman 115, 116, 117, 118.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Pembelajaran 3 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Halaman 115, 116, 117, 118.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 3 Halaman 115 116 117 118

Ayo Membaca

Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Dalam kehidupan sehari-hari, kita  tidak lepas dari kegiatan ekonomi. Apa sajakah  kegiatan ekonomi yang dilakukan sehari-hari? Kegiatan ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi ini  saling berkaitan satu sama lain.  Satu kegiatan ekonomi terhambat, akan mengganggu kegiatan ekonomi lainnya.

1. Produksi

Apakah produksi? Amatilah kegiatan ekonomi seorang petani! Petani menanam padi di sawah, lalu memberi pupuk, dan menyiangi rumput yang tumbuh di sela-sela tanaman  padi. Setelah bulir-bulir padi mulai bernas, petani mengusir burung-burung yang  berusaha makan bulir-bulir padi itu. Saat padi menguning, itulah saatnya petani memanen. Hasil  panen lalu dijual.

Dari ilustrasi tersebut, si petani telah melakukan kegiatan produksi. Jadi, produksi adalah kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih   bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Orang yang  melakukan kegiatan produksi disebut  produsen.  Berikan contoh  kegiatan  produksi yang   terdapat  di sekitar tempat tinggalmu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 3 Halaman 115 116 117 118

Kegiatan produksi berpengaruh terhadap kesejahteraan pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi adalah barang atau jasa yang  dapat memberikan manfaat atau keuntungan. Sumber daya ekonomi dapat berasal dari  sumber daya alam atau sumber daya manusia. Sumber daya ekonomi dapat  diolah menjadi modal dasar  pembangunan.  Bagi pemilik sumber daya ekonomi, adanya proses produksi memungkinkannya memperoleh balas jasa. Balas jasa ini  berupa sewa, bunga modal, atau gaji. Dengan balas jasa ini, pemilik sumber daya ekonomi dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Bagi  produsen, adanya proses produksi menyebabkan produsen memperoleh keuntungan.  Selanjutnya, keuntungan  tersebut  digunakan untuk menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidup. Ini dilakukan dalam upaya mencapai kemakmuran hidup.

2.   Distribusi

Setiap hari kamu makan dan mengenakan pakaian. Bahan makanan tersebut dihasilkan di  suatu tempat tertentu. Pakaian juga diproduksi di tempat tertentu lainnya. Untuk mendatangkan bahan makanan dan pakaian diperlukan kegiatan penyaluran. Kegiatan inilah yang  disebut distribusi. Jadi,  distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari  produsen ke  konsumen.  Orang yang   melakukan kegiatan  ini  disebut distributor. Kelancaran distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalan yang memadai. Tujuannya agar hasil produksi dapat segera sampai kepada konsumen dengan cepat dan tepat sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 3 Halaman 115 116 117 118

3.   Konsumsi

Perhatikan aktivitas teman sekolah ketika waktu istirahat! Ada  yang jajan di kantin, ada pula  yang  makan bekal dari rumah. Jajan di kantin dan makan bekal termasuk kegiatan konsumsi.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 3 Halaman 115 116 117 118

Konsumsi adalah kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai  guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Orang yang  melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Untuk mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat mengeluarkan pengorbanan ter- tentu. Pengorbanan dapat berupa uang atau waktu.

Dari uraian di atas kamu mengetahui kegiatan ekonomi dan dampaknya bagi masyarakat. Kegiatan ekonomi dapat berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 115

Ayo Mencoba

Berdasarkan teks “Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat” buatlah peta pikiran yang memuat informasi-informasi penting dari teks tersebut.

Peta Pikiran Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 3 Halaman 115 116 117 118

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 116

Ayo Mengamati

Bersama kelompokmu, amatilah berbagai kegiatan produksi dan distribusi di lingkungan sekitarmu. Identifikasilah orang-orang yang diuntungkan dari setiap usaha tersebut. Tulislah hasil pengamatan kalian dalam tabel berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 3 Halaman 115 116 117 118

Kegiatan
  1. Pabrik kerupuk
  2. Menjual pasir
  3. Pabri Sawit
  4. Menjual pupuk
  5. Pabrik tempe
Jenis
  1. Produksi
  2. Distribusi
  3. Produksi
  4. Distribusi
  5. Produksi
Orang Yang Diuntungkan
  1. Masyarakat yang sukamakan kerupuk
  2. Masyarakat yang sedang membangun rumah
  3. Masyarakat umum dan pekerja
  4. Petani
  5. Masyarakat yang suka tempe
Keuntungan Yang Diperoleh
  1. Makan lebih lahap
  2. Pembangunan rumah lancar
  3. Harga minyak lebih murah
  4. Tanah menjadi subur
  5. Makanan sehat dan enak

Ayo Berdiskusi

Keragaman jenis usaha ekonomi menimbulkan keragaman sosial dalam masyarakat. Apa keuntungan dari kondisi ini? Diskusikan bersama teman-teman kelompokmu. Tulislah hasilnya dalam tabel berikut.

Keragaman sosial akibat berbagai jenis usaha menimbulkan keuntungan, yaitu:
  • Dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan warga
  • Dapat untuk memenuhi kebutuhan warga yang bermacam-macam
  • Dapat meningkatkan kebersamaan dengan saling mengenal satu dengan lain
  • Dapat meningkatkan sikap saling menghargai antar sesama warga
  • Dapat meningkat rasa persatuan dan kesatuan warga

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 117

Ayo Renungkan

Apa yang telah aku pelajari hari ini?

  • Membuat peta pikiran Pengaruh Kegiatan Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat
  • Mengamati kegiatan Produksi dan Distribusi di lingkungan sekitar rumah
  • Menjelaskan keuntungan keragaman sosial akibat berbagai jenis usaha

Pengetahuan apa yang dapat kumanfaatkan dalam kehidupanku sehari-hari?



Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 118

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bagaimana bentuk sikap toleransi atas keragaman sosial budaya di lingkungan tempat tinggalmu? Diskusikan bersama orang tuamu, lalu tuliskan.

Bentuk sikap toleransi atas keragaman sosial budaya di lingkungan tempat tinggalku :
  • Saling menghargai antar keberagaman budaya
  • Merasa bangga dengan budaya ssndiri
  • Menguasai salah satu seni sesuai kemampuan

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 115, 116, 117, 118. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 115, 116, 117, 118."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel