Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 119, 121, 122, 123, 124.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 119, 121, 122, 123, 124 - Pembelajaran 4 Tema 8 Kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Upaya Pelestarian Lingkungan tepatnya terdapat pada halaman 119, 121, 122, 123, 124.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 4 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 8 pada halaman 119, 121, 122, 123, 124 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 8 subtema 3 pembelajaran 4 yang terdapat pada halaman 119, 121, 122, 123, 124.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Pembelajaran 4 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Halaman 119, 121, 122, 123, 124.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 4 Halaman 119 121 122 123 124

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 119

Ayo Mengamati

Amati kegiatan usaha ekonomi di sekitar tempat tinggalmu.

Bagaimana sikap pelaku usaha ekonomi dalam menjalin hubungan dengan pesaingnya?

1. Apakah terjalin sikap saling menghargai satu sama lain?

Sikap saling menghargai satu sama lain adalah seperti menghargai perbedaan masing-masing. Contohnya, kita dapat menghargai teman kta walaupun kita berbeda keyakinan dalam memeluk agama.

2. Apakah di antara mereka saling bersaing dengan ketat hingga terjadi permusuhan?

Tidak, tidak ada persaingan yang menimbulkan permusuhan, yang ada persaingan sehat ( Persaingan yang tetap menjunjung etika)

Diskusikan hasil pengamatanmu bersama teman-temanmu!

Alternatif jawaban berbeda-beda tergantung pengamatan masing-masing siswa

Sikap pelaku usaha terhadap pesaingnya:

Ayo Membaca

Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain

Kamu telah memahami kegiatan ekonomi yang  berkembang di Indonesia. Setiap orang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang  menjadi petani, penjahit, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya.

Kegiatan  ekonomi yang   dilakukan setiap  orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain  dapat dilihat dari  kegiatan  produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan produksi, orang yang  terlibat adalah tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan produksi. Tenaga  kerja akan memperoleh balas jasa dari  produsen berupa upah atau gaji dari  produsen. Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh  distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor adalah agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.

Konsumen adalah pihak yang  mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa diperoleh dari   produsen secara langsung atau melalui perantara (distributor). Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut (produsen, distributor, dan konsumen) akan saling berhubungan membentuk arus diagram ekonomi.

Setiap pelaku kegiatan ekonomi memiliki peran yang saling menguntungkan. Menurut kodratnya, manusia berperan sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Sebagai  makhluk sosial,  manusia  akan  berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain.  Sebagai makhluk ekonomi, manusia akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk sosial maupun makhluk ekonomi, manusia hendaknya memiliki etika moral. Dengan etika moral, manusia dapat menghargai setiap kegiatan ekonomi yang  dilakukan oleh  orang lain.

Amatilah pakaian yang kamu kenakan! Bagaimana proses produksi pakaian? Untuk menghasilkan pakaian dibutuhkan waktu yang  lama. Pada mulanya, produsen pakaian membutuhkan bahan baku kain  dan benang. Kain dapat diperoleh dari   perusahaan pemintalan benang. Bahan baku benang berupa kapas yang  dihasilkan dari  perkebunan tanaman kapas. Untuk menjadi benang, kapas dipintal terlebih dahulu. Benang ditenun di pabrik tenun hingga menjadi  kain. Selanjutnya, kain   dapat dibuat pakaian oleh   penjahit. Itulah proses panjang produksi pakaian.

Kamu sudah  mengetahui bahwa banyak pihak terlibat dalam proses produksi pakaian. Ada petani tanaman kapas, pekerja pemintalan, penenun kain, penjahit, dan pengusaha garmen. Setiap pelaku dalam proses produksi pakaian itu  mempunyai peran penting, begitu pula dalam proses produksi benda lain.  Oleh karena itu hendaknya kita  perlu menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain.

Bagaimana kita menghargai kegiatan usaha ekonomi orang  lain? Cara menghargai kegiatan usaha ekonomi dapat dilakukan sebagai berikut.

1. Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat dalam kegiatan perekonomian.

2. Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya.

3. Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang  dilakukan orang lain.

4. Meneladani keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 121

Ayo Mencoba

Informasi-informasi penting apa yang dapat kamu peroleh dari teks “Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain”?

Tulislah dalam diagram berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 4 Halaman 119 121 122 123 124

Alternatif Jawaban:  
  • Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat dalam kegiatan perekonomian
  • Menghormati usaha orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya
  • Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang dilakukan orang lain
  • Meneladani keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 122

Ayo Berdiskusi

Produksi pakaian  melibatkan peran  banyak pihak: petani  kapas, pemintal benang, pabrik tekstil, dan penjahit. Setiap pihak memiliki peran penting. Namun, mereka juga mendapatkan  keuntungan. Identifikasikan peran dan keuntungan yang  diperoleh petani kapas, pemintal benang, pabrik tekstil, dan penjahit. Diskusikan bersama kelompokmu, lalu  tulislah dalam bentuk tabel berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 4 Halaman 119 121 122 123 124

Jenis Usaha
  1. Petani panas
  2. Pemintal benang
  3. Pemilik pabrik tekstil
  4. Pegawai pabrik tekstil
  5. Penjahit
Peran
  1. Menghasilkan buah kapas
  2. Mengubah serat kapas menjadi benang
  3. Mengubah benang menjadi kain
  4. Melakukan proses produksi kain
  5. Mengubah kain menjadi pakaian
Keuntungan yang Diperoleh
  1. Memperoleh uang dari penjualan kapas
  2. Memperoleh jasa dari pekerjaannya
  3. Memperoleh keuntungan dari penjualan kain
  4. Memperoleh jasa dari pemilik pabrik tekstil
  5. Memperoleh jasa dari pemesan baju

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 122 & 123

Ayo Renungkan

Pengetahuan apa yang aku pelajari hari ini?

Sikap menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain

Keterampilan apa yang aku latih hari ini?

Membuat Diagram/Peta Konsep Informasi-Informasi Penting dalam teks Bacaan Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain.

Sikap apa yang aku kembangkan hari ini?

Sikap menghargai orang lain

Apa yang dapat aku berikan kepada lingkungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikapku?

Menceritakan kepada orang tuaku dan teman-teman di lingkungan tempat tinggalku bahwa setiap aktivitas ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain dan setiap palaku usaha ekonomi mempunyai tugas yang saling menguntungkan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 124

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bersama orang tuamu, identifikasikan nilai-nilai kebersamaan dalam keragaman sosial di lingkungan tempat tinggalmu.

Nilai-nilai kebersamaan dalam keragaman sosial di lingkungan tempat tinggalku:

Alternatif Jawaban: 
Nilai-nilai kebersamaan dalam keragaman sosial di lingkungan tempat tinggal sebagai berikut :
  • Ikut serta membangun tembat ibadah.
  • Saling menghormati antar umat beragama.
  • Ikut dalam kerja bakti maupun siskamling.
  • Ikut dalam kegiatan bermusyawarah.
  • Saling berinteraksi antar tetangga.
  • Menghargai budaya satu sama lain.
  • Bergotong royong antar sesama
  • Menolong sesama jika memerlukan bantuan

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 119, 121, 122, 123, 124. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 119, 121, 122, 123, 124."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel