Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 125, 126, 128, 130.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 125, 126, 128, 130 - Pembelajaran 5 Tema 8 Kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Upaya Pelestarian Lingkungan tepatnya terdapat pada halaman 125, 126, 128, 130.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 5 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 8 pada halaman 125, 126, 128, 130 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 8 subtema 3 pembelajaran 5 yang terdapat pada halaman 125, 126, 128, 130.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Pembelajaran 5 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Halaman 125, 126, 128, 130.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 5 Halaman 125 126 128 130

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 125

Ayo Mencoba

Mengetahui Tingkat Pemborosan Air

1.   Sediakan satu buah gelas (ukuran ±300 mL).

2.   Bukalah keran air  sekecil mungkin sehingga air  hanya menetes perlahan- lahan! Apabila tidak ada keran air  di  sekolahmu, dapat diganti dengan penampung air,  misalnya ember atau kaleng bekas. Buatlah lubang kecil pada  penampung air   itu,   kemudian  isilah dengan  air   hingga  penuh! Usahakan lubang itu cukup kecil sehingga air hanya keluar dengan menetes.

3.   Tampunglah tetesan air  tersebut hingga gelas penuh. Gunakan air  yang kamu tampung untuk mencuci piring atau menyiram tanaman.

4.   Catatlah waktu yang  diperlukan oleh  tetesan air  untuk memenuhi gelas tersebut.

5.   Seandainya keran atau tandon air di rumahmu bocor  sehingga air menetes seperti pada percobaan ini, berapa liter  air  yang  terbuang sia-sia selama satu hari (24  jam)?

6.   Tulislah laporan dan kesimpulan kegiatan ini, kemudian kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru.

Laporan dan kesimpulan dalam kegiatan ini relatif berbeda untuk setiap siswa, sesuai dengan masing-masing siswa/kelompok.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 5 Halaman 125 126 128 130

Ayo Membaca

Penghematan Air

Amatilah penggunaan air di rumahmu! Air digunakan untuk mandi, mencuci pakaian, memasak, dan mencuci piring. Berapa banyak air yang  digunakan di rumahmu setiap hari?

Walaupun hingga  saat  ini  air  selalu tersedia di  alam, tetapi kita  harus menggunakan air  secara bijaksana. Menghemat penggunaan air  sangat bermanfaat,  terutama  jika   air   diperoleh  melalui  pompa  air   listrik   atau PDAM. Semakin sering kita  menghidupkan pompa tersebut, semakin besar tagihan listrik  yang  harus kita  bayar. Demikian juga jika  kita  menggunakan air  dari  PDAM. Semakin banyak air  yang  kita  pakai, tagihan air  per  bulannya juga semakin  besar.  Mungkin kamu belum dapat membayangkan tentang pemborosan penggunaan air.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 126

Ayo Berdiskusi

1. Diskusikan bersama teman-teman sekelompokmu mengenai tindakan-tindakan penghematan air yang dapat kalian lakukan.

  • Mandi dengan shower, daripada dengan gayung atau bathtub
  • Mempersingkat waktu mandi
  • Mematikan keran ketika mencuci tangan, gosok gigi
  • Kurangi konsumsi barang yang menyedot air
  • Pakai sedikit deterjen untuk mencuci
  • Siram tanaman di pagi hari

2. Selanjutnya, buatlah buklet berisi cerita ajakan untuk melakukan tindakan- tindakan penghematan air.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 5 Halaman 125 126 128 130

3. Lengkapi cerita dengan gambar yang mendukung. Perhatikan langkah-langkah pembuatan gambar cerita.

Ayo Membaca

Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang  akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 5 Halaman 125 126 128 130

2. Menentukan Tema
Pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan dibuat. Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau pengalaman diri sendiri dan orang lain.

3. Pembuatan Sketsa

Setelah menentukan tema langkah selanjutnya yaitu membuat sketsa. Sketsa sebaiknya dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 5 Halaman 125 126 128 130

4. Penyelesaian Gambar

Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang menurutmu paling baik. Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang  tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih  hidup.

Jika sudah mantap, warnai gambarmu dengan rapi. Kamu dapat mewarnai dengan teknik basah atau teknik kering. Pewarnaan dengan teknik basah menggunakan cat air, cat minyak, atau tinta. Sebaliknya, pewarnaan dengan teknik kering menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 5 Halaman 125 126 128 130

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 128

Ayo Berkreasi

Buatlah sketsa gambar cerita berdasarkan tema yang telah kamu tentukan pada Pembelajaran 2.



Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 129

Ayo Renungkan

Dari pembelajaran hari ini, kamu telah mendapat pengetahuan baru, melatih keterampilan, dan mengembangkan sikap-sikap baik.

Adakah pengetahuan dan keterampilan yang dapat kamu berikan bagi perbaikan lingkungan sekitarmu? Apakah itu?

Membuat buklet berisi cerita ajakan kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggal saya untuk melakukan tindakan-tindakan penghematan air

Pengetahuan dan keterampilan yang dapat aku berikan bagi perbaikan kehidupan lingkungan sekitarku:

Sikap baik apakah yang dapat menjadikan kehidupanmu dan lingkungan sekitarmu menjadi lebih baik?

Sikap baikku yang dapat menjadikan kehidupan dan lingkungan sekitarku menjadi lebih baik:

Sikap untuk menghemat air

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 130

Kegiatan Bersama Orang Tua

Diskusikan dengan orang tuamu, tindakan apa saja yang dapat kalian lakukan untuk menghemat air bersih di rumah?

Tindakan yang dilakukan keluargaku untuk menghemat air bersih di rumah:
6 cara yang dapat dilakukan untuk menghemat air yaitu :
  • Menggunakan air secukupnya, seperlunya
  • Mematikan air jika tidak digunakan
  • Tidak mandi menngunakan bath yp atau berentam, lebih baik mandi menggunakan shower  
  • Menggunakan air bekas cucian beras untuk menyiram tanaman
  • Mencuci mobil apabila sangat diperlukan/ tidak terlalu sering
  • Mencuci pakaian sekaligus, tidak masing-masing (dikumpulkan hingga agak banyak lalu dicuci)

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 125, 126, 128, 130. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 125, 126, 128, 130."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel