Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 132, 134, 135, 136.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 132, 134, 135, 136 - Pembelajaran 6 Tema 8 Kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Upaya Pelestarian Lingkungan tepatnya terdapat pada halaman 132, 134, 135, 136.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 6 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 8 pada halaman 132, 134, 135, 136 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 8 subtema 3 pembelajaran 6 yang terdapat pada halaman 132, 134, 135, 136.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Pembelajaran 6 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Halaman 132, 134, 135, 136.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 6 Halaman 132 134 135 136

Ayo Membaca

Tahap Mewarnai Gambar  dalam Membuat Gambar  Cerita

Setelah menentukan tema  dan  membuat sketsa sesuai tema, tahap berikutnya ialah mewarnai gambar. Ada dua macam teknik pewarnaan, yaitu pewarnaan  basah  dan  pewarnaan  kering. Teknik   pewarnaan  basah  ialah pewarnaan menggunakan media yang  memerlukan pengencer, misalnya tinta, cat air, atau cat minyak. Sebaliknya, teknik pewarnaan kering ialah pewarnaan menggunakan media yang   tidak memerlukan bahan  pengencer,  misalnya pensil warna, krayon, atau oil pastel.

Gambar berikut merupakan gambar dari  sebuah cerita tentang seorang anak yang  tidak mau bekerja sama dengan temannya dalam menyelesaikan tugas mewarnai. Saat melihat teman-teman lain  telah menyelesaikan tugas, si  anak mau bekerja sama untuk segera menyelesaikan tugas. Perhatikan gambar sebelum diwarnai dan setelah diwarnai.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 6 Halaman 132 134 135 136

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 6 Halaman 132 134 135 136

Perhatikan gambar-gambar tersebut. Gambar pertama merupakan gambar sketsa yang telah disempurnakan. Gambar berikutnya merupakan gambar yang telah diwarnai.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 132

Ayo Mencoba

Pada Pembelajaran 5 kamu telah membuat sketsa gambar cerita pada buklet. Sekarang warnailah gambarmu. Gunakan gabungan teknik kering dan teknik basah.

Ayo Membaca

Uniknya Keragaman Budaya Indonesia dalam Festival Kuwung 2016

Festival Kuwung merupakan acara seni dan budaya sekaligus pesta rakyat yang  paling ditunggu-tunggu kehadirannya setiap tahun. Festival yang  digelar dalam rangka hari jadi  Banyuwangi (Harjaba) ke  245 ini menyuguhkan beragam  tradisi  daerah  yang   dikemas dalam sebuah pertunjukan yang  megah.

Rakyat Banyuwangi berpesta, penampilan seluruh peserta mampu mengundang decak kagum. Berbagai seni daerah tampil dengan sangat menarik dan  menghibur. Tidak  hanya para penari dan  aksi   teatrikal yang  tampil dengan memikat, pawai mobil  dengan aneka lampu yang menampilkan miniatur budaya daerah juga mampu mencuri perhatian. Ratusan pendukung acara pun  tampil dalam balutan kostum yang atraktif.

Ditambah iringan musik tradisional sepanjang acara membuat suasana malam Banyuwangi begitu meriah.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt)  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  M.Y.  Bramuda,  Festival  Kuwung  2016  mengangkat tema Kembang  Setaman Bumi   Blambangan. Tema  ini  sebagai perlambang keharmonisan hidup masyarakat Banyuwangi yang  terdiri dari  berbagai etnis dan latar belakang budaya.

“Di Banyuwangi sendiri beragam etnis seperti suku Jawa,  suku Using, suku Bali,  Etnis  Madura, Etnis  Tionghoa, Etnis  Arab  menjadi penduduk daerah yang telah berpuluh tahun hidup berdampingan dalam kerukunan,” katanya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 6 Halaman 132 134 135 136

Festival Kuwung pun  membingkai keragaman budaya beragam etnis dan suku tersebut dalam rangkaian fragmen yang  menarik. Pembukaan Kuwung menyuguhkan Tradisi  Saulak, Suku  Mandar. Tradisi  Saulak merupakan tradisi pernikahan khas warga Mandar yang merupakan warga pesisir pantai.  Berikutnya pawai menampilkan etnis Jawa   Mataraman membawakan  fragmen berjudul Cungkup Tapanrejo  yang  mengisahkan babat alas warga Jawa  dalam memulai kehidupan baru.

Selain itu, juga ada penampilan suku Using yang  menampilkan Sarine Kembang  Bakung.  Cerita  ini   mengisahkan kegigihan dan  semangat masyarakat desa  dalam melestarikan budaya adat  Using. Sementara itu  pawai Etnis  Madura tampil dengan  pakaian khas daerahnya. Para penampil membawakan Tari  Topeng  dan fragmen yang   mengisahkan mata pencaharian mereka sebagai petani kakao. Etnis  Bali menampilkan tradisi Melasti Bali Banyuwangen. Juga  tidak ketinggalan atraksi Ogoh- Ogoh yang  menjadi ciri khas perayaan Nyepi umat Hindu.

Etnis  Tionghoa juga memeriahkan acara dengan menampilkan fragmen  bertema   Liong    Harmoni   Tionghoa.   Mereka  menampilkan berbagai  tarian  dengan  kostum  khasnya.  Suasana  semakin  meriah dengan penampilan Barongsai. Sebelumnya Festival Kuwung juga dimeriahkan oleh  penampilan  defile perwakilan dari  beberapa daerah, seperti kota Bogor,  Kediri,  Sleman, Probolinggo hingga Sumbawa Barat yang  menampilkan tari  Kipas.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 134

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

1. Peristiwa apa yang terjadi pada teks “Uniknya Keragaman Indonesia dalam Festival Kuwung 2016”?

Peristiwa peringatan hari jadi kota Banyuwangi (Harjaba) ke 245 yang dimeriahkan dengan acara pesta rakyat yang berisi acara pentas seni dan budaya.

2. Keberagaman apa yang ditampilkan pada teks tersebut?

Tentang keragaman berbagai seni budaya etnis dan suku yang ada di Banyuwangi berupa tarian, tradisi dan adat istiadat, pakaian adat.

3. Sikap apa yang dapat kalian tiru dari teks?

Dengan mempelajari berbagai adat istiadat dan kesenian daerah untuk membantu melestarikan budaya Indonesia, serta sikap saling menghormati dan menghargai antar suku/etnis yang ada sehingga timbul sikap kerukunan dalam usaha meningkatkan persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Bacalah hasil diskusi di depan kelompok lain dan Bapak/Ibu Guru.

Uniknya Keragaman Budaya Indonesia dalam Festival Kuwung 2016
  • Acara Festival Kuwung 2016 yang diadakan di Banyuwangi dalam rangka Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) merupakan acara seni dan budaya yang juga menjadi acara pesta rakyat Banyuwangi. Berbagai kesenian daerah ditampilkan, juga terdapat pawai mobil dengan aneka lampu hias serta diiringi musik tradisional.
  • Festival Kuwung menampilkan berbagai etnis yang ada di Banyuwangi, antara lain Suku Using yang merupakan suku asli Banyuwangi, suku Jawa Matraman, Suku Mandar, Suku Madura, Etnis Tionghoa, Etnis Arab, Etnis Bali. Masing-masing suku/etnis menampilkan salah satu kesenian khas daerah masing-masing. Selain itu juga terdapat penampilan perwakilan dari beberapa kota di luar Banyuwangi, seperti kota Bogor, Kediri, Sleman, Probolinggo hingga Sumbawa Barat.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 135

Ayo Mencoba

Identifikasikan keragaman  seni  dan  budaya  yang   terdapat  pada  bacaan “Uniknya Keragaman Indonesia dalam Festival Kuwung 2016”. Tulislah hasil identifikasimu dalam tabel berikut.

Keragaman Seni  dan Budaya  pada  bacaan “Uniknya Keragaman Budaya  Indonesia dalam Festival Kuwung 2016”

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 6 Halaman 132 134 135 136

Suku :
Using
Kesenian yang ditampilkan :
Cerita "Sarine Kembang Bakung"
Suku :
Madura
Kesenian yang ditampilkan :
Pakaian khas daerah
Suku :
Jawa
Kesenian yang ditampilkan :
Fragmen yang berjudul "Cungkup Tapanrejo"
Suku :
Mandar
Kesenian yang ditampilkan :
Tradisi Saulak
Suku :
Tionghoa
Kesenian yang ditampilkan :
Fragmen bertema "Liong Harmoni Tionghoa"
Suku :
Bali
Kesenian yang ditampilkan :
Tradisi Melasti Bali Banyuwangen

Ayo Renungkan

Pengetahuan dan keterampilan yang dapat aku berikan bagi perbaikan kehidupan lingkungan sekitarku:


Sikap baikku yang dapat menjadikan kehidupan dan lingkungan sekitarku menjadi lebih baik:


Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 136

Kegiatan Bersama Orang Tua

Tulislah  kegiatan yang  mendukung keberagaman sosial budaya yang  pernah keluargamu ikuti. Ceritakan dengan bahasa yang  runtut dan ejaan yang  benar.

Kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya yang  pernah diikuti keluargaku:
  • Saling menghormati antar suku bangsa
  • Tidak membeda bedakan dalam memilih teman
  • Bila perlu bisa mengadakan event event/ acara acara yg berkaitan dengan keberagaman misalnya perlombaan pakaian adat

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 132, 134, 135, 136. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 132, 134, 135, 136."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel