Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 79, 80, 82, 83, 84.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 79, 80, 82, 83, 84 - Pembelajaran 4 Tema 8 Kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Perubahan Lingkungan tepatnya terdapat pada halaman 79, 80, 82, 83, 84.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 4 Subtema 2 Perubahan Lingkungan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 8 pada halaman 79, 80, 82, 83, 84 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 8 subtema 2 pembelajaran 4 yang terdapat pada halaman 79, 80, 82, 83, 84.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Pembelajaran 4 Subtema 2 Perubahan Lingkungan Halaman 79, 80, 82, 83, 84.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Perubahan Lingkungan Pembelajaran 4 Halaman 79 80 82 83 84

Ayo Membaca

Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok

Pada Pembelajaran 3 telah dibahas usaha ekonomi perorangan. Ada pula usaha ekonomi yang  dikelola secara berkelompok. Usaha ekonomi kelompok ini  dikelola secara bersama, baik  modal, pengelolaan, maupun keuntungan. Bentuk usaha ekonomi bersama sebagai berikut.

1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan negara yaitu sebuah perusahaan yang  seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki negara. BUMN dapat berbentuk perusahaan umum (perum) dan perseroan terbatas (persero). BUMN bergerak di bidang usaha yang  bersifat strategis atau vital, misalnya bidang energi listrik  dan telekomunikasi.

Di Indonesia juga terdapat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau perusahaan daerah. BUMD merupakan perusahaan yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki pemerintah daerah. Apa sajakah tujuan pendirian BUMD?

Tujuan pendirian BUMD sebagai berikut.

a. Ikut melaksanakan pembangunan ekonomi daerah dan pembangunan ekonomi nasional.

b. Memenuhi kebutuhan rakyat dan menyediakan lapangan kerja untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

2. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

Badan Usaha Milik Swasta merupakan perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki oleh swasta. Ada beberapa macam BUMS sebagai berikut.

a. Firma

Firma adalah usaha ekonomi bersama yang didirikan oleh sekurangnya dua sekutu. Pendiri firma biasanya orang-orang yang saling kenal satu dengan yang lain. Setiap anggota firma memiliki hak untuk bertindak atas  nama  firma. Anggota firma juga bertanggung jawab secara penuh atas risiko  kerugian firma. Usaha berbentuk firma biasa bergerak di bidang layanan konsultasi hukum dan keuangan.

b. Persekutuan Komanditer

Persekutuan komanditer (CV) didirikan oleh sekurangnya dua orang yang menyetorkan modal. Pada CV terdapat dua jenis sekutu, yaitu sekutu aktif  dan sekutu pasif. Sekutu aktif  berperan sebagai investor dan pengelola CV. Sekutu pasif berperan sebagai investor tanpa terlibat dalam pengelolaan CV. Usaha berbentuk CV dapat dikembangkan dari firma. Ini  dimungkinkan jika  firma ingin memperluas usahanya dan membutuhkan banyak modal.

c. Perseroan Terbatas

Perseroan terbatas (PT) adalah usaha bersama yang modalnya berupa kumpulan saham. Saham diartikan sebagai bukti  kepemilikan suatu perusahaan atas penyetoran modal. Setiap saham memiliki nilai nominal tertentu. Pemilik saham akan memperoleh keuntungan berupa dividen. Bagi  perseroan yang  ingin mengembangkan dan memperluas usaha, sahamnya dapat diperdagangkan di pasar modal.

3. Koperasi

Di Indonesia berkembang usaha bersama yang bertujuan menyejahterakan anggotanya. Usaha yang dimaksud adalah koperasi. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, koperasi adalah  badan  usaha  yang   beranggotakan orang-orang atau badan  hukum koperasi dengan  melandaskan  kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus gerakan ekonomi rakyat yang  berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi sesuai dengan UUD 1945 pasal 33  ayat (1), yaitu bentuk perekonomian disusun atas  usaha  bersama  berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi pertama kali dikembangkan oleh  Drs. Mohammad Hatta. Atas  perannya tersebut beliau dijuluki Bapak Koperasi Indonesia.
Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Perubahan Lingkungan Pembelajaran 4 Halaman 79 80 82 83 84

Ada berapa bentuk koperasi yang berkembang di Indonesia? Bentuk- bentuk koperasi di Indonesia sebagai berikut.

a. Koperasi konsumsi, yaitu koperasi yang menyediakan berbagai barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya beras, gula, minyak, sabun, peralatan rumah tangga, dan barang elektronik. Tujuan koperasi ini adalah memenuhi kebutuhan konsumsi sehari-hari bagi anggota dengan harga dan mutu layak.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Perubahan Lingkungan Pembelajaran 4 Halaman 79 80 82 83 84

b. Koperasi simpan pinjam, yaitu koperasi yang menyediakan layanan simpan dan pinjam. Koperasi jenis ini menerima simpanan dari anggota. Selanjutnya, uang yang telah terkumpul dipinjamkan kepada anggota.

c.Koperasi produksi, yaitu koperasi yang menyediakan bahan  baku produksi dan  menyalurkan hasil produksi anggotanya. Koperasi ini beranggotakan para produsen atau pengusaha, misalnya pengusaha batik, tahu dan tempe, dan sapi perah.

d. Koperasi jasa, yaitu koperasi yang menyediakan layanan atau  jasa tertentu bagi anggotanya. Contohnya, koperasi angkutan.

e. Koperasi serbausaha, yaitu koperasi mengelola berbagai jenis usaha, misalnya penyediaan barang konsumsi, simpan pinjam, penyediaan bahan baku, dan penyaluran hasil produksi. Contohnya, koperasi unit desa (KUD).

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Perubahan Lingkungan Pembelajaran 4 Halaman 79 80 82 83 84

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 79

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca teks “Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok”. Temukan pengertian dan ciri-ciri khusus dari setiap jenis usaha. Tulislah pada peta pikiran berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Perubahan Lingkungan Pembelajaran 4 Halaman 79 80 82 83 84

Firma
Pengertian:
Firma adalah usaha ekonomi bersama yang didirikan oleh sekurang-kurangnya dua sekutu.
Ciri-ciri:
  • Setiap anggota firma memiliki hak untuk bertindak atas nama firma.
  • Anggota firma bertanggung jawab penuh atas risiko kerugian firma.
  • Biasanya bergerak di bidang hukum atau keuangan.

Persekutuan Komanditer (CV)
Pengertian:
CV adalah usaha ekonomi yang didirikan oleh sekurangnya dua orang yang menyetorkan modal.
Ciri-ciri :
  • Ada dua jenis sekutu, yaitu sekutu aktif (sebagai investor dan pengelola usaha) dan sekutu pasif (sebagai investor tetapi tidak ikut mengelola usaha)
  • Tanggung jawab sekutu aktif tak terbatas, sedangkan sekutu pasif terbatas.

Koperasi
Pengertian
Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi.
Ciri-ciri:
  • Usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan.
  • Bertujuan menyejahterakan anggotanya.
  • Pembagian keuntungan menurut perbandingan jasa.
  • Sifat sukarela pada keanggotannya.
  • Modal tidak tetap, berubah menurut banyaknya simpanan anggota.

Perseroan Terbatas
Pengertian:
Perseroan terbatas adalah usaha bersama yang modalnya berupa kumpulan saham.
Ciri-ciri:
  • Bukti kepemilikan berupa saham (penyetoran modal).
  • Pemilik saham akan memperoleh keuntungan berupa dividen sesuai besar saham.
  • Untuk mengembangkan dan memperluas usaha, saham perseroan dapat diperdagangkan di pasar modal.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Pengertian
BUMN adalah perusahaan yang seluruh atau sebagian modalnya dimiliki negara.
Ciri-ciri:
  • BUMN dapat berupa perusahaan umum (Perum) atau perseroan terbatas (Persero).
  • BUMN bergerak di bidang usaha strategis atau vital, misalnya listrik dan kereta api.

Ayo Berkreasi

Buatlah kliping mengenai jenis-jenis usaha ekonomi yang dikelola secara berkelompok.

1. Siapkan buku gambar atau buku tulis tipis.

2. Carilah gambar jenis usaha yang dikelola secara berkelompok dari buku, surat kabar, atau majalah lama.

3. Guntinglah gambar dengan rapi, lalu  tempelkan pada buku  gambar atau buku tulis.

4. Berilah keterangan di bawah setiap gambar:

a. nama perusahaan, 
b. jenis usaha,
c. tempat kedudukan usaha, dan
d. sumber gambar.



Ayo Membaca

Tradisi Rasulan di Gunung Kidul

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Perubahan Lingkungan Pembelajaran 4 Halaman 79 80 82 83 84

Masyarakat Gunung  Kidul di Provinsi DI Yogyakarta mengenal tradisi rasulan. Kegiatan rasulan atau bersih dusun ini dilakukan oleh para petani setelah masa panen. Waktu pelaksanaan  tergantung  kesepakatan  warga setiap dusun, tetapi biasanya sekitar bulan Juni atau Juli.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Perubahan Lingkungan Pembelajaran 4 Halaman 79 80 82 83 84

Rasulan biasanya berlangsung selama beberapa hari. Rangkaian kegiatan diawali dengan  kerja bakti atau  membersihkan lingkungan sekitar dusun. Warga bergotong royong memperbaiki jalan, membuat  atau  mengecat pagar pekarangan, serta membersihkan makam. Selanjutnya, tradisi rasulan juga disemarakkan dengan berbagai rangkaian kegiatan olahraga dan pertunjukan seni budaya.

Berbagai tradisi dan atraksi seni budaya pada perayaan rasulan di Gunung Kidul ini berhasil menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun luar  negeri. Atraksi  seni budaya yang  disuguhkan seperti doger, jathilan, wayang kulit, dan reog Ponorogo.

Puncak keramaian acara rasulan terjadi saat diselenggarakannya kegiatan kirab. Kirab  adalah semacam karnaval atau arak-arakan mengelilingi desa. Dalam acara kirab  itu  dibawa pula  tumpeng dan sajian berupa hasil panen seperti pisang, jagung, padi, sayur-mayur, dan hasil panen lainnya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Perubahan Lingkungan Pembelajaran 4 Halaman 79 80 82 83 84

Di akhir kirab, warga melakukan doa bersama di balai dusun. Mereka berdoa memohon ketenteraman  dan keselamatan seluruh warga. Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan perebutan tumpeng yang  ditunggu-tunggu oleh masyarakat dan wisatawan.

Tradisi  rasulan merupakan aset budaya yang  harus dipertahankan. Tradisi ini  melestarikan  jiwa  kebersamaan  dan semangat  gotong royong, sehingga keharmonisan masyarakat dapat terjaga. Selain sebagai sarana untuk memupuk semangat kekeluargaan, tradisi ini juga menjadi salah satu wadah untuk melestarikan kesenian daerah Gunung Kidul.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 82

Ayo Bercerita

Ceritakan kembali tentang tradisi rasulan di Gunung Kidul tersebut dengan bahasamu sendiri.

  • Masyarakat Gunung Kidul memiliki tradisi rasulan atau bersih dusun setelah masa panen. Tradisi Rasulan berlangsung selama beberapa hari dengan diawali kerja bakti di sekitar dusun.
  • Tradisi rasulan juga disemarakkan dengan kegiatan olahraga dan pertunjukan seni budaya. Berbagai tradisi dan atraksi seni budaya ini berhasil menarik perhatian wisatawan. Atraksi yang disuguhkan seperti doger, jathilan, wayang kulit, dan reog Ponorogo.
  • Puncak acara rasulan terjadi saat diselenggarakannya kegiatan kirab yaitu semacam karnaval mengelilingi desa. Dalam acara kirab itu dibawa pula tumpeng dan sajian berupa hasil panen seperti pisang, jagung, padi, sayur-mayur, dan hasil panen lainnya.
  • Di akhir kirab, warga melakukan doa bersama di balai dusun memohon ketenteraman dan keselamatan seluruh warga. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan perebutan tumpeng.
  • Tradisi rasulan merupakan aset budaya yang harus dipertahankan karena tradisi ini melestarikan jiwa kebersamaan dan semangat gotong royong.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 83

Ayo Renungkan

Pengetahuan apa yang aku pelajari hari ini?

Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok
Membuat kliping mengenai jenis-jenis usaha ekonomi
Menceritakan ulang tradisi rasulan di Gunung Kidul

Keterampilan apa yang aku latih hari ini?

Membuat kliping mengenai jenis-jenis usaha ekonomi

Sikap apa yang aku kembangkan hari ini?

Menceritakan kembali tentang tradisi rasulan di Gunung Kidul dengan cara dan bahasa saya sendiri

Apa yang dapat aku berikan kepada lingkungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikapku?

Membantu membersihkan lingkungan, kerjasama, gotong royong, menghargai lingkungan dgn cara tdk mencemarinya, dll.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 84

Kegiatan Bersama Orang Tua

Tanyakan kepada orang tuamu, adat istiadat yang berlaku di daerah asal mereka.

Daerah asal orang tuaku:

Adat istiadat dari daerah asal orang tuaku:

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Perubahan Lingkungan Pembelajaran 4 Halaman 79 80 82 83 84

Alternatif Jawaban

Daerah asal orang tuaku: Jawa Tengah
Adat istiadat dari daerah asal orang tuaku:
Nama adat istiadat
  1. Siraman
  2. Neloni dan Mitoni
  3. Brobosan
  4. Pingitan
  5. Selapanan
Peristiwa
  1. Pernikahan
  2. Kehamilan
  3. Kematian
  4. Pernikahan
  5. Kehamilan
Makna
  1. Menyiapkan calon pengantin supaya bersih dalam menghadapi hidup baru
  2. Agar tak terjadi hal buruk pada calon anak yang dikandungnya serta ia akan diberi kemudahan dalam melahirkan kelak.
  3. Agar orang yang meninggal mendapatkan tempat yang baik di akhirat
  4. Untuk mempersiapkan fisik dan mental si gadis yang akan memasuki jenjang pernikahan.
  5. Memohon keselamatan bagi si jabang bayi

Daerah asal orang tuaku: Jawa Barat
Adat istiadat dari daerah asal orang tuaku:
Nama adat istiadat
  1. Nurunkeun
  2. Nendeun Omong
  3. Tahlilan
  4. Ngarot
  5. Narosan atau Nyeureuhan
Peristiwa
  • Kelahiran
  • Pernikahan
  • Kematian
  • Panen
  • Pernikahan
Makna
  1. Memberitahukan kepada para tetangga bahwa bayi siap dibawa keluar rumah
  2. Silaturahmi pihak mempelai laki-laki ke rumah pihak perempuan sebagai perkenalan
  3. Almahum/almarhumah diterima amal dan ibadahnya serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan
  4. Untuk memulai musim panen agar diberi hasil yang baik.
  5. Melamar atau meminang yang dilakukan orang tua calon pengantin laki-laki.

Daerah asal orang tuaku: Jakarta
Adat istiadat dari daerah asal orang tuaku:
Nama idat istiadat
  1. Ngerudat
  2. Nujuh Bulan
  3. Mangkeng
  4. Baritan atau Bebarit
  5. Pulang Tige Ari
Peristiwa
  1. Pernikahan
  2. Kehamilan
  3. Hajatan
  4. Panen
  5. Pernikahan
Makna
  1. Rombongan keluarga pengantin laki-laki menuju rumah pengantin perempuan, seraya membawa serah-serahan seperti roti budaya, pesalin, sie, dan lain-lain.
  2. Memohon berkat pada Yang Maha kuasa serta sebagai pemberitahuan tentang akan hadirnya seorang anggota baru di tengah-tengah mereka.
  3. Untuk memengaruhi alam, yaitu untuk menolak hujan, khususnya pada saat hajatan, perkawinan maupun sunatan.
  4. Sebagai sarana penyampaian ucapan terima kasih kepada Yang Mahakuasa atas berkah yang telah dilimpahkan, terutama yang menyangkut hasil panen.
  5. Upacara resepsi pernikahan yang di lakukan di rumah keluarga pengantin lelaki.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 79, 80, 82, 83, 84. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 79, 80, 82, 83, 84."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel