Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 97, 98, 99, 102, 103.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 97, 98, 99, 102, 103 - Pembelajaran 1 Tema 8 Kelas 5 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Upaya Pelestarian Lingkungan tepatnya terdapat pada halaman 97, 98, 99, 102, 103.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 1 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 8 pada halaman 97, 98, 99, 102, 103 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 8 subtema 3 pembelajaran 1 yang terdapat pada halaman 97, 98, 99, 102, 103.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Pembelajaran 1 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Halaman 97, 98, 99, 102, 103.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 1 Halaman 97 98 99 102 103

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 97

Perhatikan gambar di atas.
1. Kegiatan apa yang dilakukan dalam gambar tersebut?

Kegiatan penanaman pohon atau biasa disebut dengan reboisasi

2. Di mana kegiatan itu biasa dilakukan?

Kegiatan penanaman pohon dapat dilakukan di wilayah/daerah perbukitan yang tandus/gersang serta di lingkungan sekitar, seperti halaman rumah ataupun di halaman sekolah.

3. Apa tujuan dari kegiatan itu?

Kegiatan penanaman pohon bertujuan menghijaukan lingkungan dengan tanaman-tanaman yang mampu menyerap air sebagai sumber cadangan air.

4. Apa manfaat dari kegiatan itu?

Dapat membuat lingkungan menjadi lebih asri, memanfaatkan lahan yang tidak terpakai (lahan tidur), jika pohon yang ditanam telah tumbuh besar, maka dapat menahan erosi/longsor dan banjir, akar-akar pohon dapat menyimpan air sebagai persediaan air tanah.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 98 & 99

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan berikut dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

1. Apa syarat-syarat air yang  layak kita gunakan sebagai air minum dan untuk memasak?

Syarat-syarat air layak digunakan sebagai air minum dan untuk memasak:

Air yang layak untuk digunakan sebagai air minum dan memasak bagi manusia harus jernih, tidak berasa, dan tidak berbau.

2. Bagaimana kualitas air yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian?
Kualitas air yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian:

Untuk mencuci pakaian, maka air yang digunakan harus jernih serta dapat melarutkan kotoran dan sabun.

3. Bagaimana kualitas air yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman?

Kualitas air yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman:

Untuk menyiram tanaman, air yang digunakan untuk menyiram sebaiknya tidak mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tanaman, seperti air detergen. Kita dapat memakai air bekas mencuci makanan atau air hujan.

Presentasikan hasil diskusimu, lalu diskusikan dengan kelompok-kelompok lain.

Ayo Membaca

Air untuk Kebutuhan Sehari-hari

Bagaimana rasa air laut? Ya, air laut terasa asin. Jika kamu berenang di pantai dan terpercik air laut, kamu akan mengetahui bahwa air laut terasa asin. Sebagian besar (97%) air yang menutupi planet bumi ini berupa air laut. Air laut tidak bagus untuk diminum. Air laut juga tidak dapat digunakan  dalam kebanyakan industri dan keperluan rumah tangga. Untunglah 3% air di dunia berupa air segar, yaitu air yang tidak asin dan dapat digunakan untuk minum, memasak, dan mencuci.

Persyaratan air bersih meliputi tiga komponen, yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba yang terdapat di dalamnya.

1. Persyaratan secara fisik 

a. Tidak keruh
b. Tidak berwarna apa pun 
c. Tidak berasa apa pun
d. Tidak berbau apa pun
e. Suhu antara 10o-25o C (sejuk)
f. Tidak meninggalkan endapan

2. Syarat kimiawi

a. Tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun 
b. Tidak mengandung zat-zat kimiawi yang  berlebihan
c. Cukup yodium
d. pH (derajat keasaman) air antara 6,5 – 9,2
3. Syarat mikrobiologi

Tidak mengandung kuman-kuman penyakit seperti disentri, tipus, dan kolera

Masyarakat memerlukan air dalam jumlah yang sangat besar. Air yang akan digunakan diambil dari sungai-sungai terdekat atau sumber-sumber air lain seperti sumur. Air dari sungai dan sumber-sumber air dialirkan dan disimpan dalam tangki penampung  yang   sangat besar. Tangki  penampungan berisi air ditambahkan sejumlah kecil gas chlorine untuk membunuh kuman berbahaya. Selanjutnya, air  dipompa melalui pipa bawah tanah menuju ke  rumah-rumah penduduk. Air inilah yang digunakan untuk keperluan sehari-hari masyarakat.

Sumber air lainnya didapat dari  penggalian tanah. Lubang penggalian ini  dinamakan sumur. Masyarakat membuat sumur sebagai sumber air untuk keperluan sehari-hari. Dahulu, orang menggunakan timba untuk mengambil air  dari  sumur. Namun, sekarang kita  dapat menggunakan pompa air  bertenaga listrik.   Dengan pompa itu  air  dialirkan ke  atas melalui pipa menuju ke  bak  penampung air,  kamar mandi, dapur, dan tempat-tempat lain  di rumah.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 102

Ayo Berdiskusi

Informasi penting apa yang dapat kamu temukan pada teks “Air untuk Kebutuhan Sehari-hari?” Tulislah dalam bentuk peta pikiran berikut

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 1 Halaman 97 98 99 102 103

  1. Air laut terasa asin. Sebagian besar (97%) air yang menutupi planet bumi ini berupa air laut. Sebanyak 3% air di dunia berupa air segar
  2. Persyaratan air bersih meliputi tiga komponen, yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba
  3. Sumber air diambil dari sungai-sungai terdekat atau sumber-sumber air lain seperti sumur.
  4. Air untuk kebutuhan sehari-hari dengan persyaratan meliputi tiga kompenen secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba yang terdapat didalamnya.

Ayo Renungkan

Hari ini saya belajar tentang:

  • Menjelaskan kegiatan yang ada pada gambar "menanam pohon"
  • Belajar kegunaan air yang layak untuk diminum, yang layak untuk mencuci pakaian dan untuk menyiram tanaman.
  • Menjelaskan informasi penting pada teks "Air Untuk Kebutuhan Sehari-hari"
 

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 103

Kegiatan Bersama Orang Tua

Apakah air di rumahmu memenuhi persyaratan air bersih? Apa alasannya?

Air di rumahku (memenuhi/tidak memenuhi) persyaratan air bersih. Penjelasan:

Memenuhi, karena air di rumahku bening (tidak berwarna), tidak berbau, tidak berasa, dan jernih (tidak ada campuran).

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 97, 98, 99, 102, 103. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 97, 98, 99, 102, 103."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel