Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 102, 104, 106, 107.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 102, 104, 106, 107 – Kunci Jawaban Pembelajaran 2 Tema 8 Kelas 6 Bumiku Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Bumi, Matahari, dan Bulan tepatnya terdapat pada halaman 102, 104, 106, 107.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 2 Subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 8 pada halaman 102, 104, 106, 107, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 8 subtema 3 pembelajaran 2 yang terdapat pada halaman 102, 104, 106, 107.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 2 Subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan Halaman 102, 104, 106, 107.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan Pembelajaran 2 Halaman 102 104 106 107

Ayo Membaca

Bacalah dengan saksama informasi tentang gerhana bulan. Garis bawahi kata kunci dan informasi penting yang kamu temukan pada tiap paragraf!

Gerhana Bulan

Gerhana bulan merupakan suatu peristiwa yang terjadi dimana kedudukan matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus, sehingga bayangan Bumi menutupi sebagian ataupun keseluruhan  Bulan. Proses  terjadinya gerhana bulan ini dimulai saat Bumi berada di antara Matahari dan juga Bulan pada satu garis yang sama. Hal ini mengakibatkan sinar Matahari tidak sampai ke Bulan karena terhalang oleh  Bumi.

Gerhana bulan ini bisa terjadi karena pada saat Bumi berada di antara Matahari dan juga Bulan dalam posisi sejajar seperti yang  sudah dijelaskan sebelumnya. Pada hal  demikian Bumi  akan menghalangi sinar Matahari yang  menuju ke Bulan,  sehingga permukaan Bulan akan tertutupi oleh  bayangan Bumi.

Proses terjadinya gerhana bulan ini lebih lama jika dibandingkan dengan Matahari, meskipun perbedaan waktunya hanya beberapa menit saja. Seperti halnya gerhana matahari, proses terjadinya gerhana bulan ini sebagai berikut.

1. Dimulai ketika Bulan yang  bersinar terang tiba-tiba tertutup sedikit demi sedikit oleh  bayangan hitam. Bayangan hitam tersebut adalah bayangan dari Bumi.

2. Setelah itu lama-kelamaan Bulan yang  bulat akan tertutup semakin banyak hingga Bulan hanya terlihat sebagian dan semakin lama Bumi akan terlihat menyabit.

3. Setelah Bumi  menyabit, lama-kelamaan Bulan akan tampak menghilang karena tertutup oleh  bayangan Bumi.  Saat inilah kita  tidak dapat melihat Bulan,  Bulan seperti menghilang.

4. Setelah Bulan tertutup semua dan tampak seperti menghilang, kemudian kita  akan menyaksikan Bulan kembali muncul dari  arah pertama kali Bulan menghilang. Munculnya Bulan ini dimulai dari  bentuk Bulan sabit, setelah itu  Bulan tersebut semakin lama akan semakin terlihat setengah, dan semakin lama akan semakin utuh sehingga tampak seperti semula.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 102

Teks bacaan diatas terdiri dari tiga paragraf yang memiliki gagasan pokok yang berbeda. Bacalah kembali masing-masing  paragraf. Carilah informasi penting dari  paragraph tersebut yang  bisa disajikan melalui gambar (visual) dan sajikan kembali informasi tersebut secara visual. 

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan Pembelajaran 2 Halaman 102 104 106 107

Ayo Mencoba

Lakukan kembali pada halaman 96-98. Pada kesempatan ini, fokuskan pengamatanmu pada posisi Bulan. Buatlah kelompok kerja yang  terdiri atas lima  siswa. Bagaimanakah kenampakan Bulan dari  Bumi?

Pilihlah salah satu kegiatan di bawah ini!

Siapkan alat dan bahannya dan ikuti  petunjuk kegiatan secara runut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 103

1. Kegiatan A

Alat dan Bahan

  • Senter (model matahari) 
  • Bola plastik  ukuran kecil / bola tenis (model bulan)
  • Bola plastik ukuran besar / globe (model bumi) 

Langkah Kegiatan

• Bagilah tanggung jawab dalam kelompokmu                                                                 A
1 orang memegang senter (matahari) 
1 orang memegang bola plastik kecil (Bulan)
1 orang memegang bola plastik besar (Bumi)
1 orang memberikan instruksi untuk menyalakan/mematikan senter dan memastikan bahwa kedudukan senter, bola kecil dan bola besar mengikuti garis lurus.

1 orang mengamati dan mencatat
  • Buat posisi seperti pada gambar!
  • Nyalakan senter dan amati apa yang terjadi. 
  • Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang gelap. 
  • Coba kamu perhatikan posisi Bulan. Bagaimanakah kenampakan Bulan dari Bumi?

Kedudukan Bulan (Bola Kecil) berada diantara Bumi (Bola Besar) dan Matahari (Senter). Kedudukan tersebut menyebabkan cahaya Matahari (Senter) ke Bumi (Bola Besar) terhalang oleh Bulan (Bola Kecil). Dengan demikian Kegiatan A ini merupakan simulasi Gerhana Matahari.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan Pembelajaran 2 Halaman 102 104 106 107

2. Kegiatan B

Alat dan Bahan

  • Senter
  • Benang 
  • Globe/bola ukuran besar 
  • Bola tenis
  • Dudukan bola 

Langkah Kegiatan

  • Letakkan globe/bola besar di atas meja.
  • Ikatlah bola tenis dengan tali, kemudian gantungkan pada dudukan bola.
  • Letakkan bola tenis di belakang globe/bola besar.
  • Nyalakan senter, kemudian arahkan cahaya pada bola besar/globe sehingga membentuk garis lurus.
  • Amati dan catatlah apa yang kamu lihat.
  • Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang yang gelap. 

Ketika Senter dinyalakan, sinar Senter (Matahari) tidak sampai ke Bola Kecil (Bulan) karena terhalang oleh Globe / Bola Besar (Bumi). Dengan demikian kegiatan B merupakan simulasi Gerhana Bulan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan Pembelajaran 2 Halaman 102 104 106 107

Lakukan kegiatan ini secara bergantian sehingga setiap anggota kelompok melakukan percobaan dan pengamatan.

Catatlah hasil pengamatanmu dan sajikan dalam bentuk laporan. Presentasikan laporan pengamatan dan percobaan yang  kamu lakukan. Perhatikan  presentasi   laporan  kelompok lain yang  melakukan  kegiatan yang berbeda dengan kelompokmu. Bandingkan laporanmu dengan laporan kelompok tersebut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 104

Apakah kamu menemukan hal yang sama? Apakah kamu menemukan hal yang berbeda?

Tuliskan hasil perbandinganmu di kotak yang disediakan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan Pembelajaran 2 Halaman 102 104 106 107

Alternatif jawaban berbeda-beda tergantung dari laporan kelompokmu dan laporan kelompok temanmu.

Ayo Berkreasi

Reklame adalah  media  periklanan  dan  pemberitaan.  Reklame bertujuan menyebabkan informasi kepada khalayak ramai tentang suatu produk atau pesan lain.  Reklame dibuat dengan maksud menarik perhatian masyarakat.

Reklame  yang   baik   bukan  sekadar  menarik  perhatian  khalayak ramai.  Isi reklame harus dapat menggerakkan keinginan orang untuk membeli produk yang  direklamekan.

Beberapa contoh reklame adalah :

1. Iklan

Pemberitahuan  kepada  khalayak mengenai barang atau  jasa  yang   dijual, dipasang  di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

2. Spanduk

Spanduk adalah kain rentang yang  berisi slogan, propaganda, atau  berita yang   perlu diketahui umum.

3. Brosur

Brosur merupakan reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas, disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan dipahami konsumen/target. 

4. Embalase

Embalase adalah jenis reklame yang ditempatkan langsung pada kemasan produk, berfungsi sebagai daya tarik, pemberitahuan, informasi tentang produk tersebut.

5. Poster

Poster adalah jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang   dibuat semenarik mungkin dan ditempatkan dengan cara ditempel di tempat-tempat umum yang  strategis.

6. Baliho

Baliho  adalah jenis reklame yang  berisi gambar/tulisan  menarik dan  informatif dengan ukuran besar, ditempatkan di tempat umum  dan  strategis  menggunakan  tiang besar dan kuat dan bersifat semi permanen.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 106

Ayo Berkreasi

Persiapkan sebuah kegiatan pameran informasi.

Bentuklah kelompok kerja yang  terdiri atas tiga atau empat orang.

Sajikan kembali semua informasi yang telah kamu dapatkan dan pelajari sebelumnya tentang gerhana matahari dan gerhana bulan.

Kamu   boleh menggunakan catatanmu  atau  hasil-hasil belajar sebelumnya sebagai bahan yang  akan kamu pamerkan dan presentasikan.

Supaya menarik, buatlah reklame pameranmu dalam bentuk brosur,  buatlah semenarik mungkin dan tempelkan di dinding kelas.

Sajikan kalimat informasi dalam katalog yang kamu buat. Perhatikan komposisi huruf dan gambar, kontras warna dan tata letaknya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan Pembelajaran 2 Halaman 102 104 106 107

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 107

Ayo Renungkan

Tuliskan hal-hal yang  menurutmu sangat menarik yang  kamu lakukan hari ini. Tuliskan hal-hal yang  menurutmu kurang menarik yang  kamu lakukan hari ini.

Apa yang akan kamu lakukan untuk membuat hal yang kurang menarik menjadi lebih  menarik?

Alternatif jawaban berbeda-beda tergantung masing-masing peserta didik

Kerja Sama dengan Orang Tua

Berdiskusilah dengan orang tuamu. Pilihlah salah satu topik yang sedang banyak dibicarakan di media massa. Buatlah sebuah reklame yang berhubungan dengan topik tersebut bersama dengan orang tuamu.

Alternatif jawaban berbeda-beda tergantung hasil diskusi antara orang tua dan peserta didik masing-masing.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 102, 104, 106, 107. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 102, 104, 106, 107."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel