Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 83, 84, 85, 86, 89.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 83, 84, 85, 86, 89 – Kunci Jawaban Pembelajaran 5 Tema 8 Kelas 6 Bumiku Subtema 2 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Bumiku dan Musimnya tepatnya terdapat pada halaman 106, 107, 108, 109, 111.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 5 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 8 pada halaman 83, 84, 85, 86, 89, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 8 subtema 2 pembelajaran 5 yang terdapat pada halaman 83, 84, 85, 86, 89.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Pembelajaran 5 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya Halaman 83, 84, 85, 86, 89.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya Pembelajaran 5 Halaman 83 84 85 86 89

Ayo Mengamati

Perputaran Bumi  mengelilingi Matahari dan perputaran  Bulan mengelilingi Bumi  menyebabkan gerhana bulan dan gerhana matahari. Apa  perbedaan antara gerhana bulan dan gerhana matahari? Bagaimana posisi Bumi,  Bulan, dan Matahari jika  terjadi gerhana bulan atau gerhana matahari? Agar  kamu memahaminya, pelajarilah uraian berikut.

Gerhana Bulan

Pernahkah kamu melihat gerhana bulan? Kapan gerhana bulan dapat dilihat? Gerhana bulan hanya mungkin terjadi pada malam hari ketika bulan purnama. Gerhana bulan terjadi ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus. Kedudukan Bumi  berada di antara Bulan dan Matahari.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya Pembelajaran 5 Halaman 83 84 85 86 89

Pada waktu gerhana bulan, cahaya Matahari yang  seharusnya diterima Bulan terhalangi Bumi.  Bulan berada dalam bayang-bayang Bumi.  Bayang-bayang Bumi  ada dua macam, yaitu  umbra dan penumbra.

Ada dua macam gerhana bulan, yaitu  gerhana bulan total dan gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan total terjadi ketika posisi Bulan berada pada umbra Bumi  sehingga Bulan tertutup penuh oleh  bayangan Bumi.  Adapun gerhana bulan sebagian terjadi ketika hanya setengah bagian Bulan masuk ke dalam umbra Bumi.  Bulan bergerak dan masuk ke daerah penumbra Bumi.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya Pembelajaran 5 Halaman 83 84 85 86 89

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 83

Buatlah kartu informasi yang  memuat informasi tentang gerakan bulan dan gerhana bulan!

Bekerjalah bersama temanmu. Gunakan bacaan yang telah kamu baca sebagai salah satu sumber informasi. Kamu dapat menggunakan sumber-sumber informasi lainnya.

Informasi terhadap gerakan bulan dan juga gerhana bulan adalah:
Gerakan Bulan
  • Rotasi Bulan. Rotasi adalah perputaran bulan yang berada pada porosnya.
  • Revolusi Bulan. Revolusi adalah perputaran  bulan mengitari bumi.
  • Bersama dengan Bumi mengitari Matahari. Hal ini mengikuti Bumi secara bersamaan dengan melakukan pengitari matahari.
Gerhana Bulan
Gerhana bulan akan terbentuk pada saat sebagian maupun keseluruhan daripada penampangan bulan yang idmana akan tertutup dari bayangan bumi itu sendiri. Kini terjadi pula apabila bumi yang akan berada di wilayah matahari dan juga bulan akan terdapat pada satu macam bentuk garis lurus yang dimana sama sehingga menjadikan sinar matahari untuk tidak dapat melakukan pencapaian bulan dikarenakan akan terhalangi oleh bumi.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 84

Ayo Mencoba

Bekerjalah bersama  kelompokmu. Lakukan kegiatan  percobaan  “Peristiwa Gerhana Bulan." Persiapkan alat dan bahan yang  dibutuhkan dan ikuti  urutan kegiatannya secara runut.

Kegiatan Percobaan “Peristiwa  Gerhana Bulan“ Alat dan Bahan : senter, bola  sepak, dan bola  tenis Urutan kegiatan :
1. Buatlah kelompok yang  beranggotakan lima  orang.

2. Bagilah peran untuk tiap anggota kelompok:
a. 1 orang sebagai Matahari (memegang senter)
b. 1 orang sebagai Bumi (memegang bola)
c. 1 orang sebagai Bulan (memegang bola  tenis)
d. 1 orang sebagai pengarah
e. 1 orang sebagai pengamat dan pencatat

3. Lakukan kegiatan di dalam ruangan gelap atau sedikt cahaya.

4. Posisikan Matahari, Bumi,  dan Bulan dalam satu garis lurus. Nyalakan senter yang diibaratkan sebagai Matahari. Lalu, anggota kelompok yang berperan sebagai pengamat melakukan pengamatan pada bola  tenis dari  sisi  bola  sepak yang  tidak terkena cahaya. Bagaimana tampilan Bulan dari  sisi bola  sepak yang  gelap?

5. Bersama dengan anggota kelompok, diskusikan hal-hal di bawah ini. 
a. Gambarkan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan saat terjadi gerhana bulan sesuai dengan kegiatan di atas!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya Pembelajaran 5 Halaman 83 84 85 86 89

b. Kapan terjadi peristiwa gerhana bulan?

Gerhana Bulan terjadi ketika sebagian atau keseluruhan bulan tertutup oleh bayangan bumi kaarena pada saat itu bumi berada diantara matahari dan bulan sehingga cahaya dari matahari tidak mencapai bulan karena tertutup oleh bumi tadi.

c. Apakah semua daerah di Bumi  dapat menyaksikan gerhana bulan? Jelaskan!

Tidak
Penjelasan:
Karena gerhana bulan terjadi karena
Matahari,bumi,bulan berada dalam satu garis lurus sehingga cahayaatahari yang menuju ke bulan terhalang oleh bumi.gerhana bulan terjadi di suatu wilayah saat wilayah itu sedang dalam waktu malam.

d. Apa yang akan terjadi pada bagian Bumi yang mengalami gerhana bulan?

Bagian bumi yang mengalami gerhana bulan akan menjadi lebih gelap dan dapat menyebabkan naiknya permukaan air laut akibat gravitasi bulan. Jika gerhana bulan total, biasanya fenomena pasang ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan dengan ombak yang keras.

6. Apa yang dapat kelompokmu simpulkan dari kegiatan tersebut?

Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa gerhana bulan terjadi pada malam hari ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus, dan Bumi berada di antara Bulan dan Matahari. Tidak semua daerah di Bumi dapat menyaksikan gerhana bulan, hal ini dikarenakan letak yang berbeda-beda. Bagian bumi yang mengalami gerhana bulan akan menjadi gelap

Buatlah laporan hasil kegiatan tersebut yang  mencakup judul, identitas kelompok, tujuan, alat, dan bahan, langkah kegiatan, hasil kegiatan, dan kesimpulan. Gunakan kertas HVS.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 85

Ayo Mengamati

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya Pembelajaran 5 Halaman 83 84 85 86 89

Perhatikan peta pikiran di atas.

Jelaskan informasi yang kamu dapatkan dari peta pikiran di atas secara tertulis.

Informasi yang saya dapatkan adalah :
Bumi melakukan gerak rotasi dan gerak revolus. Gerak rotasi bumi menyebabkan terjadinya siang dan malam dan pembagian daerah waktu. Sedangkan Gerak revolusi bumi menyebabkan adanya sistem kalender masehi, gerhana bulan, gerhana matahari, dan terjadinya perbedaan musim. Bumi memiliki satelit, yaitu bulan. Bulan melakukan gerakan rotasi dan revolusi. Gerak revolusi bulan ada dua yaitu gerak mengitari bumi dan gerak bulan mengitari matahari bersama bumi.

Ayo Membaca

Bacalah teks bacaan di bawah ini dengan teknik memindai!

Gerakan Bulan Berikut jenis gerakan bulan beserta akibatnya. 

a.   Rotasi  Bulan

Sama halnya Bumi dan planet lainnya, Bulan juga berputar pada porosnya atau berotasi. Waktu  yang  diperlukan Bulan untuk melakukan satu kali rotasi sama dengan  waktu yang   diperlukan  Bulan untuk  berevolusi mengelilingi Bumi. Dapat dikatakan bahwa periode rotasi bulan sama dengan periode revolusinya. Hal  itu  menyebabkan permukaan Bulan yang  menghadap Bumi  akan selalu terlihat sama.

b. Revolusi Bulan Mengelilingi Bumi

Selain berputar pada porosnya, Bulan juga bergerak mengelilingi Bumi  yang disebut revolusi bulan. Akibat  revolusi, Bulan akan tampak berubah-ubah jika dilihat dari  bumi, perubahan  ini  disebut fase bulan. Fase bulan dipengaruhi oleh  posisi Bulan terhadap Bumi  dan Matahari.

c.   Revolusi  Bulan  Mengelilingi Matahari

Selain berputar pada porosnya dan bergerak mengelilingi Bumi,  Bulan juga bergerak mengelilingi Matahari. Karena Bulan merupakan satelit alami Bumi yang  selalu bergerak mengiringi Bumi,  ketika Bumi  bergerak mengeliling Matahari, Bulan pun  melakukan hal  yang  sama. Waktu  yang  diperlukan Bulan mengelilingi Matahari sama dengan waktu yang  diperlukan Bumi mengelilingi Matahari. Dapat disimpulkan bahwa dalam 1  tahun, Bulan hanya satu  kali bergerak mengelilingi Matahari dan dua belas kali bergerak mengelilingi Bumi. Hal inilah yang  menyebabkan ada 12 bulan selama 1 tahun di dalam kalender.

Manusia hanya dapat merasakan akibat yang  ditimbulkan oleh  gerakan Bulan, baik  gerak rotasi maupun gerak revolusi.

Berikut akibat-akibat gerak bulan.

1. Adanya fase-fase bulan

2. Terjadinya pasang surut air laut

3. Terjadinya gerhana

4. Permukaan Bulan yang terlihat dari Bumi selalu sama

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 86

Berdasarkan informasi yang kamu dapatkan dari bacaan, lengkapilah peta pikiran di bawah ini dengan penjelasannya!
 
Revolusi mengelilingi Matahari

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya Pembelajaran 5 Halaman 83 84 85 86 89

Gerakan Bulan
  • Revolusi mengelilingi matahari
  • Bulan bergerak mengelilingi matahari
  • Waktu yang dibutuhkan bulan mengelilingi matahari sama dengan waktu bumi mengelilingi matahari
  • Dalam 1 tahun bulan sekali mengelilingi matahari dan 12 kali mengelilingi bumi
Revolusi mengelilingi bumi
  • Bulan bergerak mengelilingi bumi
  • Perubahan ketampakan bulan disebut fase bulan
  • Fase bulan dipengaruhi posisi bulan terhadap bumi dan matahari
Rotasi
  • Bulan berputar pada porosnya atau berotasi
  • Periode rotasi bulan sama dengan periode revolusinya
  • Permukaan bulan yang menghadap bumi akan terlihat selalu sama

Ayo Berlatih

Ayo, kita  berlatih menari Gantar, sebuah tarian tradisional dari  Kalimantan. Ciri umum gerakan dasar Tari Gantar

Berikut adalah unsur-unsur gerakan tari  Gantar.

1. Gerakan Tangan Memegang Kusak

Keempat jari tangan memegang kusak, menggenggam dari  bawah ke atas, sedang ibu jari melingkari kusak dari atas. Posisi kusak vertikal saat digenggam. Pada saat menggerakkan tangan yang  memegang kusak, sudut siku 25 derajat dan ke bawah hingga sudut 45 derajat dengan menggoncang-goncang bambu (kusak). Tangan pergelangan yang  aktif  bergerak.

2. Gerakan  Tangan Memegang Senak  (Tongkat)

Dasar gerakan memegang senak dan cara menggenggamnya: Keempat jari tangan memegang senak, menggenggam dari  sisi luar ibu jari menutup dari  atas ujung senak. Senak posisi lurus  ke bawah: pada saat diangkat, ujung bawah senak kurang lebih  1 jangkal dari  lantai dan ditaruh kembali hingga ujung bawah senak bertumpu di dasar lantai di depan ujung jari kaki kiri.

Gerakan ini dilakukan dengan mengikuti gerakan kaki (saat kaki melangkah senak diangkat: pada saat kaki diletakkan, Senak bertumpu di lantai).

3. Gerakan  Kaki dan Gerakan  Berjalan

Posisi awal kedua kaki  sejajar. Sebelum kaki  dilangkahkan, ujung jari  kaki menumpu atau menyentuh lantai, kemudian dilangkahkan. Gerakan ini dilakukan bergantian dengan kaki  melangkah kanan, kiri, kanan, kiri  dalam hitungan 1  sampai 4  atau sesuai yang  dikehendaki pelatih tari.  Tumit  kaki menumpu lantai. Sebaliknya, jari-jari kaki  ke  atas dengan arah hadap kaki agak ke kanan 25 derajat dan lurus  ke depan. Lalu, tumit kaki diangkat, ujung jari-jari kaki  menumpu lantai, kemudian kaki  ditarik ke  belakang agak ke samping melampaui kaki  kiri, ujung jari  kaki  menyentuh lantai, berat badan pada kaki yang  satunya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya Pembelajaran 5 Halaman 83 84 85 86 89

4.   Gerakan  Posisi Badan

Pada dasarnya, gerakan dan posisi badan pada saat  melakukan gerak tari Gantar dalam posisi biasa. Begitu juga pada gerak tari  lainnya dari  pedalaman Kalimantan Timur. Kalaupun ada tekanan pada posisi badan, tekanan itu tidak terlalu ditonjolkan seperti pada waktu badan merendah, pantat tidak ditonjolkan ke belakang seperti pada ciri khas tari  Bali, dan tidak membusungkan dada ke depan dan belakang hingga badan merendah untuk mengimbangi.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya Pembelajaran 5 Halaman 83 84 85 86 89

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 89

Ayo Renungkan

1.  Apa yang kamu pelajari hari ini?

Mencari informasi penting tentang gerakan bulan dan gerhana bulan
Menggambar posisi Matahari, Bumi, dan Bulan saat terjadi gerhana bulan
Menjelaskan kapan terjadinya peristiwa gerhana bulan
Menjelaskan Informasi dari peta pikiran Bumi
Menjelaskan Peta Pikiran Gerakan Bulan

2.  Apa yang masih belum kamu pahami?

Alternatif  jawaban berbeda-beda antar peserta didik

3.  Apakah dampak gerhana bulan bagi kehidupan?

Kalau sedang ada gerhana bulan dampaknya merusak mata kita karena sinar ultra violet yag mampu merusak mata kita.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Mintalah orang tuamu bercerita tentang pengalaman mereka saat terjadi gerhana bulan!

Alternatif jawaban berbeda-beda tergantung pengalaman dari masing-masing orang tua peserta didik

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 83, 84, 85, 86, 89. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 83, 84, 85, 86, 89."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel