Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11, 12, 13.

 Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11, 12, 13 – Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Tema 9 Kelas 6 Menjelajah Luar Angkasa mengenai Keteraturan yang Menakjubkan tepatnya terdapat pada halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11, 12, 13.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 1 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 9 pada halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11, 12, 13 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 1 yang terdapat pada halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11, 12, 13.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Pembelajaran 1 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11, 12, 13.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 1 Halaman 3 4 5 6 7 8 10 11 12

Perhatikan kedua gambar berikut ini  dengan saksama! Apakah yang  dapat kamu katakan tentang kedua gambar tersebut? Apakah yang  membedakan keduanya? Benda langit apa sajakah yang  kamu lihat? Apakah kamu pernah melihatnya secara langsung? Tuliskan beberapa pertanyaan yang  terlintas di dalam pikiranmu tentang kedua gambar tersebut. Lalu diskusikanlah dengan teman sebangkumu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 1 Halaman 3 4 5 6 7 8 10 11 12

Ayo Berdiskusi

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 1 Halaman 3 4 5 6 7 8 10 11 12

Bersama dengan teman sebangkumu, diskusikan tentang nama benda-benda langit tersebut. Tuliskan juga semua fakta menarik yang  kamu ketahui tentang benda-benda  langit tersebut.  Jika  diperlukan, kamu dapat  menggunakan sumber lain.  Seperti buku   pengetahuan, surat kabar,  majalah, atau sumber informasi elektronik lainnya.

Kalian  telah berdiskusi tentang benda-benda langit. Tulislah hal-hal yang  ingin lebih  kamu ketahui tentang benda-benda langit di  buku  tulismu. Sekarang, mari kita  simak percakapan Lani dan Siti.

Lani : “Wah, menarik sekali mengetahui tentang  benda-benda  langit di alam semesta! Banyak hal   tentang  alam semesta yang  belum saya ketahui, Siti.”

Siti :    ”Benar,  Lani!  Tempat  kita  tinggal Bumi ini   contohnya.  Bumi hanya  sebagian kecil dari  benda-benda langit yang  ada di  alam semesta. Para ahli  astronomi masih terus mempelajari    banyak hal  tentang alam semesta. Dari  mereka kita  mendapatkan pengetahuan tentang angkasa luar  dan alam semesta ini.  Aku sudah tidak sabar ingin membaca beberapa keterangan tentang benda-benda langit dalam artikel berikut! Yuk, kita baca bersama, Lani!”

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3

Ayo Membaca

Bacalah artikel berikut ini dengan saksama.

Benda Langit di Sekitar Kita

Alam  semesta  memiliki banyak galaksi dengan bentuk yang  berbeda- beda. Galaksi adalah sekumpulan bintang yang terikat oleh gaya gravitasi. Galaksi  terdiri   atas   banyak   sekali planet-planet yang  mengelilinginya. Galaksi Bima  Sakti  merupakan galaksi tempat manusia tinggal. Galaksi Bima Sakti  berbentuk spiral. Di dalamnya terdapat benda-benda langit yang sangat banyak.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 1 Halaman 3 4 5 6 7 8 10 11 12

Di dalam galaksi Bima  Sakti  terdapat sistem tata surya kita.  Tata  Surya kita  terdiri atas delapan planet yang  mengelilingi Matahari. Selain planet dan Matahari, sistem tata surya juga terdiri atas satelit, asteroid, dan komet. Mari kita  lihat lebih  dekat sistem tata surya kita.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 1 Halaman 3 4 5 6 7 8 10 11 12

Setiap planet dalam tata surya berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit.  Selama tetap berada di  orbitnya, Planet-Planet  tersebut tidak saling bertabrakan. Planet-planet  yang   mengelilingi Matahari  adalah Merkurius, Venus, Bumi,  Mars,  Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Setiap planet berputar pada porosnya. Peristiwa berputarnya planet pada porosnya disebut  rotasi.   Rotasi bumi menyebabkan  kita   dapat mengalami peristiwa siang dan malam secara bergantian.

Semua planet yang  ada dalam sistem tata surya akan berputar mengelilingi Matahari. Oleh karena itu, Matahari disebut sebagai pusat tata surya. Peristiwa berputarnya  Planet  mengelilingi Matahari disebut  dengan  revolusi. Setiap planet memiliki waktu yang  berbeda untuk mengelilingi Matahari dalam satu kali  putaran penuh. Rotasi bumi menyebabkan perubahan siang dan malam, Tahukah kamu apa yang  kamu rasakan di Bumi  dengan adanya revolusi Bumi terhadap Matahari?

  • Terjadinya perbedaan lama siang dan malam
  • Pergerakan semu tahunan Matahari
  • Terjadinya perubahan musim di bumi
  • Terlihatnya rasi bintang yang berbeda dari bulan ke bulan

Ayo Mencoba

Bermain Peran

Sistem tata surya bergerak melibatkan delapan planet dan Matahari sebagai pusatnya. Hal ini pasti menarik untuk diamati. Kamu  dan teman sekelompok- mu akan bermain peran. Permainan ini untuk menunjukkan pergerakan planet- planet dan Matahari di  dalam sistem tata surya kita.  Perhatikanlah bahwa setiap planet dalam tata surya akan melakukan rotasi dan revolusi terhadap Matahari secara bersamaan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 4

Alat dan Bahan:
Kertas karton, spidol

Langkah  Kegiatan:
1.  Perhatikanlah dengan saksama gambar sistem tata surya pada halaman sebelumnya. Namailah setiap planet yang  terdapat dalam tata surya secara berurutan!

Nama Planet dalam Tata Surya Berdasarkan Urutan dari Matahari

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 1 Halaman 3 4 5 6 7 8 10 11 12

Planet
Planet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan lintasan tertentu yang disebut orbit. Planet tidak memiliki cahaya sendiri. Penampakan planet yang terlihat terang di langit karena planet memantulkan cahaya bintang. Sistem tata surya memiliki delapan planet yang meliputi Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
a. Merkurius
Planet yang pertama adalah Merkurius. Merkurius menjadi planet yang terkecil, merkurius juga planet yang paling dekat dengan matahari. Planet Merkurius memiliki beberapa ciri-ciri yaitu:
Merkurius merupakan planet yang memiliki predikat sebagai planet terkecil dan terdekat dari Matahari.
  • Berwarna abu-abu.
  • Memiliki jarak 57 juta km dari Matahari.
  • Terdiri dari 70% logam dan 30% silikat.
  • Berdiameter sekitar 4.879 km.
  • Bersuhu 430° C untuk bagian planet yang menghadap Matahari dan -180° C untuk yang membelakangi Matahari.
b. Venus
Planet Venus merupakan planet kedua yang terdekat dari Matahari. Karena planet venus sering muncul pada pagi dan sore hari, planet venus ini juga dikenal sebagai bintang fajar atau bintang senja. Ciri-ciri Venus sebagai berikut:
  • Biasa dikenal sebagai “bintang fajar” atau “bintang senja”.
  • Berwarna putih kekuningan.
  • Memiliki jarak 108 juta km dari Matahari.
  • Memiliki diameter 12.104 km.
  • Berotasi melawan arah rotasi planet-planet lain.
c. Bumi
Bumi terdapat pada urutan planet ketiga yang terdekat dari Matahari. Bumi terdiri dari 70% air dan 30% daratan. ciri-ciri planet kesayangan kita ini adalah:
  • Berwarna biru kehijauan.
  • Memiliki jarak 149,6 juta km dengan Matahari.
  • Memiliki diameter sebesar 12.742 km.
  • Memiliki 1 buah satelit alami bernama bulan.
d. Mars
Planet mars merupakan planet yang berada pada urutan keempat dari matahari. Mars sering disebut sebagai “planet merah” karena memiliki permukaan yang berwarna kemerah-merahan. Ciri-ciri planet Mars adalah sebagai berikut :
  • Jarak antara mars dan Matahari adalah 227 juta km.
  • Memiliki diameter sekitar 6.779 km.
  • Memiliki 2 satelit, yaitu Phobos dan Demos.
e. Yupiter
Planet yupiter merupakan planet yang berada pada urutan kelima dari matahari. Yupiter juga merupakan planet yang terbesar pada tata surya kita. Ciri-ciri dari planet yupiter ini adalah:
  • Merupakan planet terbesar pada tata surya.
  • Memiliki warna yang tampak berlapis-lapis dengan kombinasi warna orange dan putih.
  • Memiliki jarak sejauh 778,55 juta km dengan Matahari.
  • Diameternya adalah sekitar 139.820 km.
  • Merupakan planet yang memiliki satelit terbanyak pada tata surya, yaitu sebanyak 67 satelit.
f. Saturnus
Selain menjadi planet yang berada pada urutan keenam dari matahari, saturnus juga terkenal dengan cincin yang mengelilinginya. Cincin yang mengelilingi saturnus ini merupakan gumpalan-gumpalan es yang melayang dan mengelilingi atmosfer planet. Berikut adalah ciri-ciri planet saturnus:
  • Berwarna kuning pucat.
  • Memiliki cincin yang terbuat dari gumpalan-gumpalan es yang mengelilingi atmosfernya.
  • Jarak planet saturnus dan Matahari adalah sejauh 1,4 milyar km.
  • Berdiameter sebesar 116.463 km.
  • Memiliki satelit sebanyak 56 satelit.
g. Uranus
Planet Uranus merupakan planet yang berada pada urutan ketujuh pada sistem tata surya kita. Planet ini merupakan planet dengan suhu terdingin, yaitu sekitar -224° Celcius. Ciri-ciri planet uranus antara lain sebagai berikut :
  • Merupakan planet yang memiliki suhu terendah & terdingin yaitu sekitar -224° Celcius.
  • Berwarna biru muda.
  • Memiliki jarak 2.870 juta km dari matahari
  • Memiliki cincin unik yang melingkari planet secara vertical.
  • Berdiameter 50.724 km.
  • Memiliki satelit sebanyak 27 buah satelit.
h. Neptunus
Planet neptunus merupakan planet dengan urutan terakhir dari sistem tata surya kita. Jaraknya dengan matahari, sekitar 4.450 juta km. Ciri-ciri Neptunus antara lain sebagai berikut
  • Merupakan planet yang berwarna biru.
  • Memiliki jarak sejauh 4,5 milyar km dari Matahari.
  • Ber diameter 49.530 km
  • Dikelilingi oleh 8 buah satelit, di antaranya adalah Triton, Proteus, Nereid, dan Larissa.

2.  Buatlah  kelompok yang   terdiri atas  sembilan orang. Satu orang akan berperan sebagai Matahari. Lainnya akan berperan sebagai delapan planet yang  ada dalam sistem tata surya kita.

3.  Potong kertas karton sesuai kebutuhan. Kemudian,  tuliskan nama-nama planet dan Matahari dengan menggunakan spidol. Pasang tali pada kedua ujung karton lalu  kalungkan pada leher setiap anggota kelompok. Setiap anggota kelompok diperbolehkan untuk berdandan sesuai dengan karakter planet yang  diwakili berdasarkan imajinasi.

4.  Lakukan diskusi dengan anggota kelompok untuk menentukan peran setiap anggota. Setiap anggota kelompok mempelajari kerakteristik setiap planet yang  telah diketahui sehubungan gerakan rotasi dan revolusinya.

5.  Kamu  telah berlatih peran dan mengetahui orbit  planet dan revolusinya terhadap  Matahari. Sekarang, peragakanlah peristiwa rotasi dan revolusi planet-planet dalam tata surya terhadap Matahari.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 5


6. Buatlah sebuah laporan pengamatan dari  kegiatan di  atas dengan menggunakan bentuk laporan sebagai berikut:

Laporan Pengamatan
Judul Kegiatan : Bermain Peran Sistem Tata Surya
Tujuan Pengamatan :
Mengetahui cara kerja sistem tata surya yang diperagakan
Metode : Bermain peran
Hasil Pengamatan :
Setiap planet dalam tata surya berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, Planet-Planet tersebut tidak saling bertabrakan. Planet-planet yang mengelilingi Matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
Kesimpulan :
Semua planet yang ada dalam sistem tata surya akan berputar mengelilingi Matahari. Peristiwa berputarnya Planet mengelilingi Matahari disebut dengan revolusi. Setiap planet memiliki waktu yang berbeda untuk mengelilingi Matahari dalam satu kali putaran penuh

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 6

7. Urutkan planet-planet  tersebut berdasarkan ukurannya dari  yang  terkecil hingga yang  terbesar berdasarkan gambar yang  tersedia di halaman sebelumnya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 1 Halaman 3 4 5 6 7 8 10 11 12

Berdasarkan jaraknya dari Matahari, kedelapan planet Tata Surya ialah Merkurius (57,9 juta km), Venus (108 juta km), Bumi (150 juta km), Mars (228 juta km), Jupiter (779 juta km), Saturnus (1.430 juta km), Uranus (2.880 juta km), dan Neptunus (4.500 juta km).

8.  Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!

a.   Apakah nama planet yang  terletak paling dekat dengan Matahari?

Merkurius

b.   Apakah nama planet yang  terletak paling jauh dari  Matahari?

Neptunus

c. Apakah nama planet yang  memiliki ukuran paling kecil  dalam sistem tata surya?

Merkurius

d.   Apakah nama planet yang  memiliki ukuran paling besar dalam sistem tata surya?

Jupiter

e.   Apakah nama planet yang  mengalami revolusi paling cepat? Mengapa?

Planet merkurius, karena planet ini yang memiliki kala revolusi paling cepat dan paling dekat dengan matahari.

f.   Apakah nama planet yang  memiliki mengalami revolusi paling lama? Mengapa?

Neptunus. Mengapa? Karena Neptunus terletak paling kaih dari Matahari sehingga jarak yang ditempuh untuk satu kali mengelilingi Matahari menjadi sangat lama.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 7

Ayo Berdiskusi

Kamu  telah mengetahui bermain peran tentang sistem tata surya

Berdasaran kegiatan tersebut, tuliskan paling sedikit tiga pertanyaan tentang sistem tata surya. Tuliskan pertanyaanmu di tempat yang  telah disediakan di bawah ini.

  1. Apa yang dimaksud dengan galaksi?(Galaksi adalah sekumpulan bintang yang terikat oleh gaya gravitasi)
  2. Selain planet dan Matahari, benda apa saja yang terdapat dalam tata surya?(Selain planet dan Matahari, sistem tata surya juga terdiri atas satelit, asteroid, dan komet)
  3. Apa saja nama-nama planet yang tergabung dalam sistem tata surya?(Merkurius, venus, bumi mars, jupiter, saturnus, uranus, dan neptunus)
  4. Sebutkan nama planet terbesar di tata surya! (Planet terbesar dalam tata surya adalah Planet Jupiter, ukuran luas permukaannya diperkirakan sebesar ±69.000 km jauh lebih besar 11 kali dibandingkan planet Bumi)
  5. Apa nama planet yang memiliki cincin yang indah di tata surya? (Planet Saturnus, cincin yang mengelilingi planet tersebut terdiri dari berbagai komponen seperti batuan, es, dan berbagai partikel kecil lainnya)

Kumpulkankan pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat oleh setiap anggota  kelompokmu. Diskusikan daftar  pertanyaan  kelompokmu dengan menggunakan berbagai sumber informasi sebagai rujukannya. Catatlah hasil diskusi kelompokmu dan tandailah pertanyaan-pertanyaan  yang  belum bisa dijawab. Serahkan pertanyaan yang  belum terjawab tersebut kepada gurumu untuk dijadikan bahan diskusi kelas.

Tempelkan hasil diskusi kelompokmu di dinding kelas bersama dengan hasil kelompok lainnya. Amati  hasil diskusi kelompok lain.  Adakah pertanyaan yang sama dengan kelompokmu? Apakah hasil diskusi kelompok lain  sama dengan hasil diskusi kelompokmu?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 8

Berdasarkan kegiatan tersebut, tuliskan beberapa hal baru yang  menarik yang kamu temukan selama kegiatan. Tuliskan beberapa kosakata baru beserta artinya.  Lalu  tuliskan juga beberapa  pertanyaan  yang masih  kamu miliki tentang kegiatan pembelajaran kali ini.

Fakta Menarik :
Setiap planet dalam sistem tata surya memilik ciri-ciri khusus dan unik, salah satunya terdapat planet yang disebut mirip dengan bumi yaitu mars.

Kosakata Baru : Arti
Astronomi : Ilmu yang mempelajari tentang benda benda langit
Asteroid : Benda langit yang letaknya diantara planet Mars dan Jupiter
Satelit :    Benda langit yang mengelilingi planet
Galaksi :  Sekumpulan bintang yang terikat oleh gaya gravitasi
Tata surya : Kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya
Komet :   Benda langit yang bergerak menjauhi matahari dan memiliki ekor
Orbit :           Garis yang dilalui oleh planet dalam peredarannya mengelilingi benda langit lain yang lebih besar
Planet :         Benda luar angkasa yang memiliki orbit mengelilingi matahari
Rotasi planet : Rotasi planet adalah perputaran planet pada sumbu porosnya
Revolusi planet :     Peredaran planet dalam orbitnya untuk mengelilingi matahari

Mengapa planet-planet dalam tata surya tidak saling bertabrakan?(Planet-planet tetap mengelilingi matahari dan tidak terjadi tabrakan karena matahari mempunyai gaya gravitasi terhadap planet serta planet beredar pada orbitnya)

Ayo Membaca

Bacalah sebuah karangan fiksi berikut ini dengan saksama.

Barisan yang Menyenangkan Oleh Amanda Naila

Tiara sedang duduk di halaman belakang rumahnya, menengadah menatap langit malam yang  cerah. Siang tadi, gurunya baru menjelaskan tentang tata surya. Tentu,   Tiara  mengerti tentang delapan planet di  tata  surya. Ia  juga mengerti tentang posisi Matahari sebagai pusat tata surya. Namun, satu hal yang  masih menjadi pertanyaan Tiara adalah mengapa Bumi  tidak pernah bertabrakan dengan planet-planet lain,  padahal jarak mereka sangat dekat.

Tanpa Tiara sadari, ayahnya yang baru kembali dari musala mendapatinya sedang melamun. Perlahan, ia menghampiri  Tiara dan bertanya, “Hei, anak Ayah kok melamun?”

Tiara terkejut dengan kehadiran ayahnya yang tak disadarinya. Ia terlalu lama memikirkan pertanyaannya  sendiri. “Oh, Ayah,” ujarnya sembari tertawa.  “Aku sedang memikirkan sesuatu  yang   baru aku   pelajari tadi  siang. Mengapa ya,  Yah,  planet-planet bergerak lurus  dan tidak menabrak satu sama lain?   Mereka terlihat  seperti  memiliki jalur khusus.”

Ayah Tiara tersenyum. “Sebenarnya, planet-planet itu memang mempunyai jalur mereka  sendiri. Jalur itu bernama orbit. Planet-planet  ini   bergerak mengikuti orbit  yang  mengelilingi Matahari sebagai pusat tata surya. Orbit planet-planet itu  berbentuk elips.   Oleh   karenanya, planet-planet  di  dalam sistem tata surya tidak akan menabrak satu sama lain.”

Tiara yang sedari tadi mendengarkan dengan saksama penjelasan ayahnya, akhirnya pun mengangguk. “Benar-benar sebuah keajaiban Tuhan ya, planet- planet itu bergerak mengikuti orbitnya sendiri.”

“Tiara, Ayah, kita makan sama-sama, yuk! Ayah pasti juga sudah lapar. Ibu sudah siapkan,” tiba-tiba Ibu bergabung mengajak mereka makan.

Ayah  Tiara mengusap rambut putrinya dengan lembut. “Ya, benar-benar sebuah bukti kebesaran Tuhan. Nah, sekarang, yuk kita makan malam untuk merasakan kebesaran Tuhan bagi tubuh kita!”

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 10 & 11


Lengkapi diagram berikut setelah kamu membaca cerita fiksi “Barisan yang Menyenangkan”.

Judul Cerita Fiksi:

Barisan yang Menyenangkan

Penulis :

Amanda Naila

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 1 Halaman 3 4 5 6 7 8 10 11 12

Tokoh Utama

Tiara

Sifat dari Tokoh Utama

Cerdas, Rasa ingin tau yang kuat dan religius

Tindakan yang dilakukan

Pemikiran yang mendalam tentang informasi yang didapat


Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan karangan fiksi “Barisan yang
Menyengkan”.

1. Bercerita tentang apakah karangan fiksi tersebut?

Pemikiran Tiara tentang orbit edar planet-planet

2. Siapakah tokoh utama karangan fiksi tersebut?

Tiara

3. Siapakah tokoh tambahan dalam karangan fiksi tersebut?

Ayah, Ibu

4. Di manakah peristiwa dalam karangan fiksi tersebut??

Halaman belakang rumah Tiara

5. Gambarkan tokoh utama dan tempat dalam karangan di atas sesuai imajinasimu. Gunakan kotak pada halaman setelah ini, lalu gambar tokoh utama dan tempat cerita itu  terjadi. Berilah warna dengan menggunakan pensil warna. Lalu jelaskan gambar yang  telah kamu buat di depan kelas dengan percaya diri.

Tokoh Utama
Seorang gadis berusia 12 Tahun dengan rambut kepang dua yang cantik dan energik dan religius.
Tempat/Latar
Halaman Belakang Rumah Tiara

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 12

Setelah mendengarkan presentasi teman-temanmu, lakukanlah perenungan dengan menjawab pertanyaan berikut ini.

1. Apakah kamu  dan  teman-temanmu   memiliki gambaran  yang   serupa tentang tokoh utama dan tempat dari  karangan tersebut? Dalam hal  apa saja gambaran yang  kalian buat memiliki kesamaan?

Ya, Dalam hal ciri fisik tokoh utama, serta lokasi/tempat bercerita.

2.   Bagian mana saja yang  berbeda dengan gambaran teman-temanmu?

Cara penyajian gambar dan penyampaian materi

3.   Apakah yang  terjadi jika di dalam cerita tersebut tidak ada tokoh utama?

Cerita jadi tidak menarik, jadi hambar, karena tokoh utama memegang peran penting dalam cerita.

4.   Apakah fungsi tokoh utama dalam cerita fiksi tersebut?

Tokoh utama membuat suatu cerita lebih hidup dan menarik, seolah-olah terjadi di alam nyata. Tokoh utama paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.

Ayo Renungkan

  1. Setelah mengetahui tentang Bumi dan angkasa luar, bagaimana kamu bersikap terhadap Tuhan Yang Maha Esa?
  2. Bagaimana keteraturan memengaruhi cara kerja semesta?

  1. Sikap ku agar senantiasa beribadah kepada sang pencipta karena kita sangat kecil dibandingkan dengan sang pencipta.
  2. Sangat penting karena dunia akan hancur jika tidak ada keteraturan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 13

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ketika senja tiba, amatilah langit, bersama orang tuamu. Lanjutkan hingga malam hari. Gambarkan dan tuliskan benda-benda yang dapat kamu lihat di langit.

Alternatif jawaban berbeda-beda, tergamtung pengamatan masing-masing siswa beserta orang tua.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11, 12, 13. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa kelas 6 tema 9 kurikulum 2013 edisi revisi 2018

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 3
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 4
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 5
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 6
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 7
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 8
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 10
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 11
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 12
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 13

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11, 12, 13."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel