Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 109, 110, 112, 113, 114, 116, 117, 118.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 109, 110, 112, 113, 114, 116, 117, 118 – Kunci Jawaban Pembelajaran 4 Tema 9 Kelas 6 Menjelajah Angkasa Luar mengenai Benda Angkasa Luar dan Rahasianya tepatnya terdapat pada halaman 109, 110, 112, 113, 114, 116, 117, 118.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 4 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 9 pada halaman 109, 110, 112, 113, 114, 116, 117, 118, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 9 subtema 2 pembelajaran 4 yang terdapat pada halaman 109, 110, 112, 113, 114, 116, 117, 118.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Pembelajaran 4 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya Halaman 109, 110, 112, 113, 114, 116, 117, 118.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya Pembelajaran 4 Halaman 109, 110, 112, 113, 114, 116, 117.

Stasiun Bumi  Jatiluhur

Tahukah kamu gambar apakah itu?  Gambar itu  adalah sebuah stasiun bumi yang  menerima informasi yang  dikirim oleh  satelit. Stasiun bumi itu  terletak di Jatiluhur, Jawa  Barat. Melalui stasiun ini data dan informasi yang  dikirimkan satelit akan diterima untuk diteruskan.

Ayo Berdiskusi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memungkinkan manusia menjelajah hingga angkasa  luar.   Hal  tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia di bumi yang  semakin beragam karena pengaruh modernisasi. Bersama dengan teman sebangkumu diskusikan manfaat ilmu pengetahuan dan teknologi luar  angkasa terhadap kehidupanmu sehari-hari. Presentasikan hasil diskusimu dalam diskusi di kelasmu. Adakah kesimpulan yang  bisa kamu dapatkan dari  diskusi tersebut? Adakah pertanyaan baru yang muncul yang  ingin kamu tanyakan?

Setiap pengaruh  selalu memberikan dua dampak, yaitu   dampak baik   dan dampak yang  tidak baik. Dengan mengetahui keduanya, diharapkan kita dapat menentukan sikap terhadap setiap pengaruh yang  ada. Demikian juga dengan pengaruh modernisasi terhadap  perubahan  budaya yang   terjadi di  dalam masyarakat. Jika kamu amati di sekitarmu, tahukah kamu dampak negatif dari modernisasi terhadap  perubahan budaya masyarakat kita?  Bacalah bacaan berikut ini sebelum melakukan kegiatan berikutnya.

Ayo Membaca

Dampak Modernisasi terhadap Budaya  Masyarakat

Modernisasi  memiliki dampak  negatif  dan  positif  terhadap   budaya masyarakat. Salah satu dampak negatif dari   pengaruh modernisasi antara lain  munculnya keraguan terhadap norma dan nilai  masyarakat yang  telah ada.  Hal  ini  dapat menyebabkan pertentangan antara anggota masyarakat tersebut.

Modernisasi juga dapat  menyebabkan terjadinya kesenjangan  budaya. Misalnya, perkembangan teknologi komunikasi melalui penggunaan internet. Apabila masyarakat tidak memanfaatkannya dengan benar, dapat menimbulkan potensi masalah.  Komunikasi  yang   bebas  melalui  internet,  misalnya.  Jika kebebasan mengakses informasi dan komunikasi ini  tidak diimbangi sikap bijak penggunanya, maka teknologi ini justru akan merugikannya. Masyarakat harus mampu menyaring informasi dengan menggunakan nilai  dan norma yang telah dianutnya. Dengan demikian, masuknya paham-paham yang dapat memecah persatuan bangsa dapat diatasi sejak dini.

Masuknya  budaya  luar   seperti  budaya  individualisme, konsumerisme, hedonisme, juga dapat mengancam jati  diri  bangsa.  Individualisme adalah paham yang  selalu mementingkan kepentingan diri sendiri atau kelompoknya. Sedangkan konsumerisme adalah cara pikir  dan cara hidup konsumtif yang menggunakan sesuatu tanpa mempertimbangkan kebutuhannya. Dan hedonisme adalah paham yang  mementingkan kesenangan dan gaya hidup hura-hura.

Ayo Berdiskusi

Lakukan kegiatan berikut ini dengan memerhatikan instruksi yang diberikan. 

Membuat Poster 

Dengan  menggunakan  bacaan  di   atas  dan  juga  menggunakan  sumber informasi lainnya yang   sesuai, buatlah sebuah poster. Postermu sebaiknya memuat beberapa hal  berikut ini:

a.  Bagaimana modernisasi memengaruhi gaya hidup dan cara berpikir masyarakat modern.
b.   Menjelaskan contoh setiap pengaruh modernisasi yang  disebutkan dalam artikel.   Contoh lain  dapat didapatkan dari   sumber informasi lain  yang sesuai.
c. Tulisan    dan   gambar   keseluruhan  jelas  dan   mudah   dibaca.  Kamu dapat menggunakan pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya Pembelajaran 4 Halaman 109, 110, 112, 113, 114, 116, 117.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 109

Ayo Berlatih

Bersama dengan temanmu sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.

1. Dengan menggunakan bacaan di atas, lengkapilah tabel berikut. Buatlah daftar dampak negatif modernisasi terhadap budaya bangsa, lalu cari tahu cara-cara untuk mengatasinya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya Pembelajaran 4 Halaman 109, 110, 112, 113, 114, 116, 117.

Enam dampak negatif modernisasi terhadap Budaya masyarakat Indonesia, adalah:
  • Masyarakat cenderung mencintai produk barat daripada produk lokal
  • Masyarakat yang tadinya tertutup atau homogen menjadi terbuka dan plural
  • Masyarakat mulai meninggalkan tradisi dan budaya lokal yang pernah ada.
  • Masyarakat lebih konsumtif
  • Masyarakat lebih memilih menutup diri dan anti sosial
  • Masyarakat dapat mengakses setiap informasi yang ada di dunia dan dapat menirunya padahal belum tentu sesuai dengan budaya Indonesia.

Cara mengatasi dampak negatif modernisasi adalah:
  • Menyaring informasi yang tersedia dan sesuai dengan budaya Indonesia.
  • Pemerintah atau Komunitas pecinta budaya Indonesia membuat sebuah acara tentang  budaya Indonesia yang menarik perhatian masyarakat.
  • Pemerintah dan Industri perfilman membuat sebuah karya film yang sedikit memasukkan budaya Indonesia.
  • Masyarakat lebih berbuka diri dengan mengikuti gotong royong atau mengikuti berita mengenai kejadian yang sedang terjadi di Indonesia.
  • Koki atau juru masak membuat kuliner nusantara dengan tampilan lebih menarik hingga menarik minat masyarakat untuk berkunjung.
  • Pemerintah membuat aturan dalam sekolah mengenai memasukkan budaya indonesia dan norma yang berlaku di Indonesia ke dalam kurikulum pelajaran.

2.   Membuat Poster

Berdasarkan hasil penelahan  terhadap  dampak negatif modernisasi di atas,  pilihlah salah  satu  dampak dan  cara penanggulangannya untuk dijadikan bahan  poster. Poster biasa digunakan untuk mempromosikan sesuatu ke  masyarakat sekitar. Gunakanlah alat dan bahan yang  sesuai untuk membuat postermu. Lalu,  presentasikan postermu di  depan kelas dan pajanglah di beberapa tempat strategis di gedung sekolah agar dapat dibaca oleh  semua anggota komunitas sekolah.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 110

Ayo Menulis

Berdasarkan kegiatan yang   telah kamu lakukan, tuliskanlah kesimpulanmu tentang dampak modernisasi terhadap budaya masyarakat kita. Kamu  dapat juga menghubungkannya dengan kehidupanmu sehari-hari.

Modernisasi atau globalisasi adalah sebuah masa dimana sisi gaya hidup, orientasi, dan budaya menjadi satu. Globalisasi dan Modernisasi adalah sebuah masa dimana Ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang dengan cepat, sehingga menyebabkan kegiatan manusia lebih terbantu dengan teknologi. Globalisasi juga sangat berkaitan dengan komunikasi dan informasi apa saja dapat ditemukan dengan mudah dan cepat.

Salah satu pengaruh negatif yang harus diwaspadai terhadap budaya masyarakat kita adalah individualisme atau mementingkan diri sendiri.  
Pernahkah kamu mengalami peristiwa seperti itu di dalam kehidupanmu sehari-hari?

Simaklah cerita fiksi berikut ini dengan saksama.

Ayo Membaca

Berbesar Hati Menerima Kekalahan

Edo dan Bagus adalah sahabat karib.  Mereka satu kelas di sebuah sekolah dasar di Solo, Jawa Tengah. Namun, sejak seminggu ini sikap Edo mendadak  berubah terhadap Bagus. Sekarang, Edo selalu berangkat sekolah sendiri.  

Bahkan, jika Bagus mendekatinya untuk bicara, tiba-tiba Edo segera beranjak pergi.

“Kenapa sekarang Edo tidak mau bicara dan bermain denganku, ya?” tanya Bagus kepada Damar, teman sebangkunya ketika jam istirahat sekolah.

"Iya, aku juga melihat kalian seperti sedang bermusuhan.  Apa karena kamu yang terpilih menjadi ketua kelas pada pemilihan minggu lalu?  Edo kan juga kandidat ketua kelas,” tebak Damar.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya Pembelajaran 4 Halaman 109, 110, 112, 113, 114, 116, 117.

“Tapi kan kita melakukannya secara sportif.  Itu pilihan teman-teman satu kelas.  Bu Guru Aneke sendiri yang mengawasi,” kata Bagus.

Damar mengangguk membenarkan. Ketika bel pulang sekolah, Edo buru-buru keluar kelas. Ia sengaja menghindar untuk pulang bersama Bagus.  Karena tergesa-gesa, kaki Edo tersandung kaki meja.  Kepalanya terbentur ujung meja.

“Aduh!” Edo mengerang kesakitan.

Bagus, Damar, dan Bimo yang melihatnya segera menolong Edo.  Bagus memapah Edo menuju kursi.  Bagus segera mengambil peralatan P3K di lemari kelas.  Luka di dahi Edo segera ia obati.

“Aku akan mengantarmu pulang, Edo,” kata Bagus.

“Terima kasih, Bagus.  Aku bisa pulang sendiri, kok,” tolak Edo.

“Emm, kenapa belakangan ini kamu selalu menghindariku, Edo?  Apa salahku?  Bukankah kita berteman sejak lama?” tanya Bagus.

Edo menunduk. Ia lalu menghela napas.

“Sebenarnya, aku tidak bisa menerima kekalahanku waktu pemilihan ketua kelas. Aku iri kepadamu, Bagus. Sebagian besar teman-teman lebih memilihmu daripada aku. Padahal, sedari dulu aku yang menjadi ketua kelas!” jelas Edo.

“Aku tidak ingin bermaksud menggesermu yang biasa menjadi ketua kelas, Edo. Aku ikut menjadi kandidat ketua kelas karena pilihan teman-teman, termasuk kamu, kan, Do?” kata Bagus. Edo ingat, waktu itu memang ia yang mengusulkan nama Bagus untuk ikut juga menjadi kandidat. Saat itu, Edo sangat yakin, ia yang akan terpilih  menjadi ketua kelas, bukan Bagus


“Bukankah saat itu kita melakukan pemilihan secara terbuka dan jujur, Do?  

Ingat, kan kata Bu Aneke?  Kita harus sportif.  Yang tidak terpilih harus berbesar hati mau memberikan kesempatan kepada yang lainnya,” Damar menimpali.

“Bu Aneke juga bilang, dengan bersikap sportif sebetulnya kita sudah menjadi pemenang.  Menang karena mampu menunjukkan kebesaran jiwa untuk menerima kekalahan,” tambah Bimo.

Edo mengangguk, kemudian menyalami Bagus.

“Maafkan aku, Bagus. Sekarang aku sadar bahwa sikapku menjauhimu adalah salah besar.  Kamu sahabat terbaikku, Bagus,” kata Edo.

Edo dan Bagus pun bersalaman erat. Damar dan Bimo tersenyum melihatnya.

Apa pendapatmu tentang cerita tersebut? Apakah kamu dapat memahami isi ceritanya? Kamu dapat menceritakan pemahamanmu tentang isi cerita tersebut melalui gambar yang kamu buat sendiri sesuai imajinasimu berdasarkan bacaan tersebut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 113

Ayo Menulis

Berdasarkan cerita fiksi di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri.

A. Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian yaitu awal cerita, tengah, dan  akhir cerita. Tentukanlah pokok pikiran pada bagian cerita tersebut. Lalu,  tuliskanlah pokok pikiran atau ide cerita pada setiap bagian pada diagram  berikut ini.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya Pembelajaran 4 Halaman 109, 110, 112, 113, 114, 116, 117.

Judul :
Berbesar Hati Menerima Kekalahan
Pengarang :
Fitri Kurnia Sari
Pokok Pikiran Awal :
Edo menjauh dari Bagus yang merupakan sahabatnya
Pokok Pikiran Tengah :
Edo mengalami musibah, kakinya tersandung meja dan jatuh, kemudian ditolong Bagus
Pokok Pikiran Akhir :
Penjelasan Edo dan penyelesaian masalah Edo dengan Bagus
Edo bersahabat dengan Bagus. Namun sejak seminggu Edo menjauh dari Bagas. Bagas tentu bertanya-tanya. Setiap Bagus mendekat untuk mengajak berbicara, Edo selalu menjauh,  Bagus memperkirakan sikap Edo ini berhubungan dengan peristiwa pemilihan ketua kelas. Bagus ingin berdiskusi dengan Edo, tapi Edo tetap menjauh, termasuk hari ini saat bel pulang terdengar, Edo dengan tergesa-gesa bergegas keluar menghindar, Edo tidak memperhatikan sekitarnya, sehingga terjatuh dan kepalanya terbentur meja. Bagus dan teman-teman segera menolong Edo. Kesempatan ini dimanfaatkan Bagus untuk berdiskusi dengan Edo. Akhirnya Edo menjelaskan apa yang menjadi permasalahannya. Setelah memberi pengertian ke Edo oleh Bagas dan teman-temannya, akhirnya Edo meminta ke Bagus dan mereka kembali bersahabat.

B. Bacalah kembali cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar. Buatlah gambarmu dalam bentuk gambar berseri. Pada setiap gambarnya, kamu dapat memberikan keterangan tambahan. Gunakan kertas ukuran A4 kemudian bagi menjadi empat. Gunakanlah keempatnya untuk menggambarkannya. 

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya Pembelajaran 4 Halaman 109, 110, 112, 113, 114, 116, 117.

C. Tukarkanlah gambarmu dengan temanmu yang lain dan mintalah pendapat mereka. Apakah ada persamaan dan perbedaan antara gambar dan keterangan yang kamu buat dengan milik temanmu? Diskusikan mengapa terjadi persamaan dan perbedaan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 114

Usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa merupakan tanggung jawab setiap warga negara. Salah satu sikap yang perlu dikembangkan adalah sikap tenggang rasa dan solidaritas yang merupakan salah satu asas dalam wawasan Nusantara. Sikap mementingkan diri sendiri merupakan salah satu sikap yang dapat mengancam usaha persatuan dan kesatuan bangsa. Dapatkah kamu menemukan peristiwa di sekelilingmu yang dapat mendukung persatuan dan kesatuan bangsa kita?

Alternatif jawaban berbeda-beda sesuai hasil diskusi masing-masing peserta didik.

Ayo Membaca

Pengambilan Keputusan Bersama sebagai Peristiwa Persatuan dan Kesatuan Keputusan adalah segala sesuatu yang telah ditetapkan berdasarkan berbagai pertimbangan dan pemikiran. Termasuk di dalamnya pertimbangan dan pemikiran untuk mencapai tujuan dari keputusan. Keputusan bersama adalah keputusan sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Tentu saja, keputusan ini akan menjadi lebih rumit. Mengapa demikian? Di dalamnya terdapat lebih dari satu orang, yang umumnya mempunyai pemikiran yang berbeda. Bahkan, setiap orang yang mengikuti proses keputusan bersama mungkin mempunyai pendapat sendiri. Maka, agar keputusan bersama tercapai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan beberapa nilai yang harus dijunjung tinggi. 

Sebagai negara yang berdasarkan Pancasila, Kita harus memperhatikan dan menjunjung tinggi nilai-nilai yang sesuai dengan Pancasila. Sila keempat “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam keputusan bersama, yaitu:
  • Semua peserta dalam pengambilan keputusan bersama harus memahami mengenai apa dan tujuan keputusan bersama yang akan diambil.
  • Semua peserta dalam pengambilan keputusan bersama harus saling memahami dan menghargai pendapat orang lain.
  • Setiap peserta pengambilan keputusan bersama harus dengan lapang dada menerima masukan dalam bentuk kritik, usul, dan saran dari peserta lain.
  • Semua peserta tidak boleh memaksakan kehendaknya untuk dijadikan sebuah keputusan bersama.

Ayo Berdiskusi

Kamu tentu telah mengalami beberapa kali kegiatan yang melibatkan musyawarah untuk mencapai mufakat. Berdasarkan artikel di atas, bersama dengan teman sebangkumu cobalah untuk mencari tahu dengan saksama  bagaimana peristiwa persatuan dan kesatuan terdapat dalam peristiwa pengambilan keputusan bersama. Jelaskan juga bagaimana peristiwa tersebut berhubungan dengan sila-sila dalam Pancasila yang telah kamu pelajari sebelumnya. Tuliskanlah hasil diskusimu di atas selembar kertas, lalu bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas.  Tempelkanlah hasil diskusimu di papan tulis.

Buatlah sebuah tabel untuk menjelaskan sikap-sikap apa saja yang diperlukan dalam musyawarah dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan.  Pada sisi yang lain, sebutkan sikap sebaliknya yang dapat mengganggu atau mengancam terciptanya persatuan dan kesatuan dalam peristiwa tersebut. Perhatikanlah sikap mana saja yang telah kamu lakukan. Berilah tanda centang () terhadap sikap yang telah kamu lakukan dan tanda silang () untuk sikap-sikap yang tidak ingin kamu lakukan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 116


Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya Pembelajaran 4 Halaman 109, 110, 112, 113, 114, 116, 117.

Sikap dalam Musyawarah yang mendorong Persatuan dan Kesatuan
  • Saling memahami dan menghargai pendapat orang lain dalm bermusyawarah
  • Lapang dada menerima masukan dalam bentuk kritik, usul serta saran dari peserta musyawarah.
  • Tidak boleh memaksakan kehendak kepada peserta miusyawarah yang lainnya.
  • Semua peserta musyawarah harus melaksanakan hasil keputusan musyawarah dengan penuh tanggung jawab.
Sikap dalam Musyawarah yang Mengancam Persatuan dan Kesatuan
  • Memaksakan kehendak kepada peserta didik
  • Tidak mau menerima masukan, saran dan kritik dari pesrta musyawarah lainnya
  • Tidak mau melaksanakan hasil keputusan musyawarah

Ayo Berdiskusi

Kamu tentu telah mengalami beberapa kali kegiatan yang melibatkan musyawarah untuk mencapai mufakat. Berdasarkan artikel di atas, bersama dengan teman sebangkumu cobalah untuk mencari tahu dengan saksama  bagaimana peristiwa persatuan dan kesatuan terdapat dalam peristiwa pengambilan keputusan bersama. Jelaskan juga bagaimana peristiwa tersebut berhubungan dengan sila-sila dalam Pancasila yang telah kamu pelajari sebelumnya. Tuliskanlah hasil diskusimu di atas selembar kertas, lalu bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas.  Tempelkanlah hasil diskusimu di papan tulis.

Buatlah sebuah tabel untuk menjelaskan sikap-sikap apa saja yang diperlukan dalam musyawarah dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan.  Pada sisi yang lain, sebutkan sikap sebaliknya yang dapat mengganggu atau mengancam terciptanya persatuan dan kesatuan dalam peristiwa tersebut. Perhatikanlah sikap mana saja yang telah kamu lakukan. Berilah tanda centang () terhadap sikap yang telah kamu lakukan dan tanda silang () untuk sikap-sikap yang tidak ingin kamu lakukan. masyarakat untuk mencapai tujuan bersama. Lakukanlah kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelasmu.
1. Tentukan satu atau tiga tema musyawarah untuk mengerjakan sebuah proyek bersama, misalnya “Menyelenggarakan Lomba Membuat Poster Cinta Tanah Air dan Bangsa di Sekolah”; atau “Menyelenggarakan Kegiatan Bakti Sosial di Rumah-rumah Ibadah di Sekitar Sekolah”; atau “Menyelenggarakan Kegiatan Jalan Bersama untuk Aksi Cinta Indonesia”.

2. Pilihlah satu atau dua orang untuk memimpin musyawarah.  

3. Pilih satu orang untuk mencatat hasil musyawarah.

4. Hal-hal yang dimusyawarahkan:
a. Tujuan kegiatan sehubungan dengan usaha meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.
b. Bentuk kegiatan
c. Cara melaksanakan kegiatan
d. Pembentukan panitia pelaksana kegiatan
e. Pembagian tugas setiap bagian kegiatan

5. Di akhir kegiatan, setiap siswa akan melakukan refleksi terhadap proses musyawarah dengan menjawab pertanyaan berikut ini:
a. Bagaimana proses berjalannya musyawarah?
b. Perbedaan pendapat apa saja yang telah muncul?
c. Bagaimana cara pencapaian mufakat dari perbedaan pendapat tersebut?
d. Bagaimana peran pemimpin diskusi? Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi pemimpin diskusi?

e. Apa peran pencatat kegiatan musyawarah?  Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi pencatat kegiatan musyawarah?

f. Bagaimana peran dan tanggung jawab peserta musyawarah?

g. Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi peserta musyawarah?

h.Bagaimana kegiatan musyawarah ini dapat memengaruhi persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitarmu?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 117
Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat tentang kegiatan musyawarah yang memengaruhi persatuan dan kesatuan masyarakat?

Kesimpulanku:
Bahwa dalam setiap musyawarah harus diliputi semangat gotong royong, kerkeluargaan, mengutamakan kepentingan bersama, dapat di petanggung jawabkan serta ditunjang oleh sikap lapang dada dan berjiwa besar.

Ayo Renungkan

Bagaimana peran ilmu pengetahuan dan teknologi angkasa luar dalam memengaruhi cara pikir dan perilaku orang-orang di sekitarmu?

Bagaimana pandanganmu tentang kemajuan teknologi saat ini terhadap kegiatan belajarmu? Sikap apa saja yang harus kamu kembangkan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi di sekitarmu?

Bacalah kembali cerita fiksi tentang kunjungan Rima ke Lembang pada pembelajaran 3. Jika kamu menjadi Agatha, sikap apa yang harus ia kembangkan untuk mengatasi masalahnya? Bagaimana sikap itu berpengaruh terhadap persatuan dan kesatuan di dalam kelompoknya?

Alternatif jawaban berbeda-beda tergantung masing-masing peserta didik.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 118

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, buatlah daftar kegiatan dan peristiwa di dalam keluargamu yang dapat mendorong persatuan dan kesatuan antaranggota keluargamu. Lalu, tuliskan juga tantangan-tantangan yang kamu hadapi untuk menjaga persatuan dan kesatuan di dalam keluargamu, baik dalam keluargamu sendiri maupun keluarga besarmu.

Alternatif jawaban berbeda-beda tergantung kerjasama peserta didik beserta orang tua masing-masing.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 109, 110, 112, 113, 114, 116, 117, 118. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa kelas 6 tema 9 kurikulum 2013 edisi revisi 2018

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 109
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 110
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 112
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 113
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 114
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 116
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 117
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 118

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 109, 110, 112, 113, 114, 116, 117, 118."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel