Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 42, 43, 46, 48, 49.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 42, 43, 46, 48, 49 – Kunci Jawaban Pembelajaran 4 Tema 9 Kelas 6 Menjelajah Luar Angkasa mengenai Keteraturan yang Menakjubkan tepatnya terdapat pada halaman 42, 43, 46, 48, 49.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 4 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 9 pada halaman 42, 43, 46, 48, 49, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 4 yang terdapat pada halaman 42, 43, 46, 48, 49.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Pembelajaran 4 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Halaman 42, 43, 46, 48, 49.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 4 Halaman 42 43 46 48 49

Ayo Mengamati

Perhatikanlah gambar di  atas! Tahukah kamu benda apakah itu?  Benda itu dibuat oleh  manusia di  bumi. Benda itu  diluncurkan ke  luar  angkasa untuk memenuhi kebutuhan manusia, terutama untuk kebutuhan komunikasi. Terdapat lebih dari 24.500 benda buatan manusia yang beredar di luar angkasa (data dari  SSN. (www.amazine.com). Apa  yang  terjadi dengan benda-benda itu?    Untuk apa sajakah benda-benda itu  dibuat? Bagaimana cara manusia meluncurkannya dari  bumi?

Tahukah kamu?

Tahukah kamu bahwa yang  kamu lihat itu  adalah gambar salah satu satelit buatan.  Satelit buatan  ini  dikirimkan  ke  orbit   bumi dengan tujuan tertentu.  Manusia telah lama meluncurkan satelit buatan untuk kemajuan ilmu  pengetahuan dan teknologi. Satelit buatan diluncurkan ke luar  angkasa dengan menggunakan pesawat luar  angkasa melalui roket. Satelit tersebut akan mengumpulkan data dan informasi yang akan dikirimkan ke bumi. Ada  berbagai misi  dalam peluncuran satelit buatan manusia. Diantaranya yaitu  untuk keperluan komunikasi dan informasi.  Tahukah  kamu misi   lain   satelit-satelit buatan  manusia? Untuk mengetahuinya, mari kita  simak percakapan Udin  dan Made.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 4 Halaman 42 43 46 48 49

Udin :   “Aku baru mengerti bahwa satelitlah yang  membantu kita  melakukan komunikasi dengan cepat dan akurat. Kata  Ayah, berkat satelit, kini semua informasi tersedia dengan mudah dan cepat. Ayah  bilang, dulu  sangat sulit  untuk menyampaikan pesan ke  seluruh kampung. Masyarakat harus menggunakan kentongan yang dipukul keras-keras. Sekarang, aku  tidak pernah melihat itu terjadi di tempat tinggalku!”

Made :   ”Iya, Ayah  dan Ibuku  pun   menceritakan hal  yang   sama. Sekarang, semua informasi dapat disampaikan dengan cepat. Misalnya, jika ada tetangga yang  sakit atau perlu bantuan, biasanya Pak  RT memberi tahu warga lewat telepon atau pesan singkat. Bantuan pun  segera datang.”

Udin    :   ”Itukah   yang    disebut  dengan   kehidupan  masyarakat  modern? Serba cepat  dan  dapat  menjangkau  banyak orang  dalam  waktu yang  singkat. Tetapi, Ayah  mengatakan ada juga beberapa hal  yang harus  diwaspadai oleh   masyarakat  modern.  Ayah  belum sempat menceritakannya kepadaku. Tahukah kamu, Made?”

Made :   ”Ah, aku  tahu itu!  Saat ini  mudah untuk mengetahui apa saja yang ingin kita  ketahui! Pergi ke perpustakaan, yuk! Ada beberapa sumber informasi yang  dapat kita  gunakan untuk menjawab pertanyaan itu! Kita  bisa meminta bantuan pustakawan di  sana untuk membantu kita.  Pasti ada artikel yang  telah membahas hal  itu!”

Ayo Membaca

Dampak Sosial  Modernisasi

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 4 Halaman 42 43 46 48 49

Modernisasi banyak membawa dampak bagi kehidupan sosial masyarakat. Salah   satunya   adalah   usaha   manusia   untuk   mengembangkan   ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu kebutuhan manusia yang  berkembang pesat adalah kebutuhan teknologi komunikasi dan informasi. Perkembangan teknologi komunikasi berkembang sangat pesat saat ini. Komunikasi kini tidak dibatasi  ruang dan  waktu. Seluruh penghuni dunia berkesempatan  untuk saling berkomunikasi dan  berkirim informasi. Sejak   tahun 1976,  Indonesia telah  memiliki satelit  komunikasi yang   diluncurkan ke  luar  angkasa untuk kebutuhan komunikasi. Hingga kini, telah delapan kali Indonesia meluncurkan satelit komunikas. Satelit terakhir yang  diluncurkan pada tahun 2017  adalah Satelit Telkom  3S untuk menggantikan satelit komunikasi sebelumnya.

Berkembangnya  ilmu   pengetahuan   dan  teknologi juga  memengaruhi kehidupan masyarakat. Teknologi  industri yang   semakin maju dapat melipatgandakan  hasil produksi dengan  cepat  dan  dengan  kualitas yang tinggi.  Selain itu, kemajuan teknologi juga membantu pendistribusian barang hasil produksi sehingga barang dapat tersedia di mana saja dan kapan saja.

Kemajuan  ilmu  pengetahuan  teknologi sebagai bagian dari  modernisasi dapat pula  menyebabkan kesenjangan dalam masyarakat. Masyarakat yang sudah  paham  dan  mampu memanfaatkan  teknologi akan  semakin maju. Sedangkan  masyarakat   yang    belum  mampu  memanfaatkan   kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan akan semakin tertinggal. Ketertinggalan akan pemanfaatan teknologi dapat borpotensi menimbulkan konflik  di masyarakat.

Masuknya pengaruh  asing  merupakan  salah  satu  dampak  terbukanya sistem komunikasi dan informasi. Pengaruh asing tersebut banyak juga yang kurang sesuai dengan norma mayarakat di Indonesia, sehingga dapat dengan mudah menimbulkan gesekan dalam kehidupan sosial masyarakat.

Kemajuan bidang industri menimbulkan pula dampak terhadap masyarakat. Contohnya adalah dengan adanya pencemaran lingkungan akibat kegiatan industri.  Air,  tanah, dan udara yang   tercemar jelas akan  membahayakan kehidupan masyarakatnya. Industrialisasi dengan  menggunakan  peralatan canggih pengganti tenaga manusia juga berdampak pada masyrakat. Dampak yang  sangat nyata adalah meningkatnya pengangguran. Hal  ini  disebabkan karena lapangan pekerjaan bagi mereka semakin sedikit. Meningkatnya pengangguran  dapat  menyebabkan tindak  kekerasan  dan  kriminalitas di dalam masyarakat.

Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan berikut ini dengan memerhatikan instruksi yang  diberikan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 42

A.  Membuat Peta  Pikiran

Dengan menggunakan bacaan di atas dan juga menggunakan sumber informasi lainnya yang  sesuai, buatlah sebuah peta pikiran. Peta pikiranmu sebaiknya memuat beberapa hal  berikut ini:
1. Dampak modernisasi terhadap masyarakat, baik  dampak positif maupun dampak yang  merugikan yang  perlu diwaspadai
2.  Menjelaskan contoh setiap dampak yag  disebutkan dalam artikel. Contoh lain  dapat didapatkan dari  sumber informasi lain  yang  sesuai.
3.  Tulisan  dan gambar keseluruhan harus jelas dan mudah dibaca. Kamu dapat menggunakan pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 4 Halaman 42 43 46 48 49

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 43

B. Membuat Kliping Dampak Modernisasi Secara  Sosial

Kamu  telah memahami dampak modernisasi dari  artikel dan kegiatan sebelumnya. Sekarang buatlah kliping mengenai hal  tersebut.

Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan. Kumpulkanlah paling sedikit dua artikel dan gambar dari surat kabar, majalah, atau media lainnya. Carilah artikel dan  gambar yang   menjelaskan dampak  modernisasi terhadap  kehidupan masyarakat Indonesia. Sebelumnya, bacalah perintah pembuatannya berikut ini.

1.   Gunakan surat kabar, majalah, atau media lain  sebagai sumbernya.

2.   Jelaskan artikel tersebut dengan menggunakan  kata tanya : di mana, siapa, mengapa, kapan, dan bagaimana.

3.   Jangan lupa  mencantumkan sumbernya.

4.   Buatlah klipingmu semenarik mungkin agar mengundang orang lain untuk membacanya.  Tuliskan dengan kalimat sederhana bagaimana artikel dan gambar tersebut menjelaskan dampak modernisasi secara sosial.

Alternatif jawaban berbeda-beda, tergantung artikel dari surat kabar yang di temukan masing-masing peserta didik.

Ayo Membaca

Bacalah cerita  fiksi berikut ini dengan saksama. Lalu, lakukanlah kegiatan di bawahnya. 

Proyek Rino

Oleh Diana Karitas

”Kenapa, Rin?  Kok mukanya cemberut begitu?” tanya Kak  Argia membuyarkan lamunan  Rino.  Suasana  rumah sepi. Ayah  masih di  kantor dan Ibu sedang bertandang ke  rumah tetangga yang  sedang sakit.  Hari  ini, Kakak Argia tidak ada kuliah, sedang Rino baru pulang sekolah. Masih dengan seragam lengkapnya, Rino duduk termangu di teras rumah.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 4 Halaman 42 43 46 48 49

“Ah, Kak  Argi, aku  sedang berpikir, bukan  cemberut.” sangkal Rino.  “Aku sedang  memikirkan  tentang  proyek sekolah,  Kak.  Kami   harus  membuat sesuatu yang  bisa dijual di Hari Pasar dua minggu lagi.  Barang tersebut harus hasil buatan sendiri dan tidak boleh menggunakan bahan yang  mahal. Kata bu guru,  supaya bisa dibeli  oleh  teman-teman lain di sekolah. Nah, aku sedang berpikir, kira-kira aku  akan membuat apa.” jelas Rino.

“Wah, itu proyek sekolah yang  bagus! Dengan begitu kamu dituntut kreatif dan juga berpikir ekonomis. Dulu waktu kakak seusiamu, kakak belum pernah dapat tugas seperti itu.” kata Kak Argia sambil mendekati Rino.

“Tapi itu kan tugas yang sulit, Kak. Rino kan belum pernah punya pengalaman seperti ini. Mana ini tugas perorangan, lagi.” kata Rino. Kali ini, ia benar-benar cemberut.

“Hei, Gurumu tahu kemampuan siswanya, sehingga tidak akan memberikan tugas yang  melebihi kemampuannya. Tugas ini boleh dibantu, kan?”  hibur Kak Argia.

“Ah!  Betul!   Itu yang  dikatakan Bu Guru.  Tugas ini boleh dibantu orang tua. Tetapi, orang tua hanya boleh mengarahkannya, tidak boleh mengerjakannya. Jadi  semua yang  akan mengerjakan aku,  Kak. Nah,  sepertinya aku  bisa minta tolong Kakak juga,  dong!”  Rino bersemangat menjelaskan arahan Bu Guru tadi sebelum pulang sekolah. Kali ini, mata Rino berbinar-binar.

“Boleh.  Hari  ini Kakak  tidak ada kuliah, jadi  kita  bisa memulainya setelah kamu makan siang. Sekarang, ganti baju seragammu, makan siang, terus kita kerjakan. Setuju?” kata Kak Argia sambil bergegas memasuki rumah. Rino pun senang bukan kepalang. Ia segera melakukan yang  disarankan kakaknya dan siap di ruang tengah dalam waktu setengah jam.

Rino  dan Kak  Argia  pun  terlihat sibuk berdiskusi. Rino  memegang buku dan pensil untuk membuat daftar barang-barang yang  disukai teman-teman sebayanya yang bisa dibuat sendiri. Ia menulis beberapa jenis makanan, mainan dan alat tulis.  Ia juga menuliskan beberapa hingga hiasan seperti gantungan kunci,  kartu pembatas buku,  hingga hiasan dinding sederhana. Rino  terlihat sangat bersemangat. Kak Argia pun  terlihat sabar membantunya.

“Nah,  dari   daftar barang tersebut, kamu tentukan barang yang   mudah dibuat. Selain mudah di buat, barang tersebut juga harus disukai oleh  teman- temanmu, sehingga mereka mau beli,” saran Kak Argia.  “Lalu, nanti kita  akan cari tahu cara membuatnya,” jelas Kak Argia.

“Cari tahu di mana, Kak? Kukira Kakak tahu cara membuatnya,” tanya Rino dengan wajah agak terkejut. Kak Argia  tersenyum sambil meninggalkan Rino dan masuk ke kamarnya. Tak lama berselang, Kak Argia telah duduk di samping Rino dengan membawa komputer jinjingnya.

“Nah,  mari kita   gunakan teknologi untuk membantu memecahkan masalahmu, Rin! Kakak  akan membantumu mencari tahu cara membuatnya melalui internet.  Dengan internet,  kita   dapat  terhubung dengan berbagai situs yang   dapat membantu kita,  tergantung bagaimana kita  mencari dan menggunakannya. Di  sini,  kamu juga bisa mencari ide  untuk menentukan bentuk gantungan  kunci   yang   kamu mau!”   Kak  Argia  menjelaskan sambil tangannya  lincah menggerakkan  jarinya mencari yang   ia  perlukan melalui komputer jinjingnya.

Rino terkagum-kagum melihatnya. “Wah, Kakak hebat! Terima kasih sekali, Kak,” tatap Rino tak  percaya.

“Tapi, Rin.  Kamu  hanya boleh menggunakan atau membuka situs-situs itu dengan ditemani Kakak  atau orang dewasa lainnya, ya.  Kamu  belum cukup umur untuk membuka situs-situs melalui internet itu.  Tidak semua yang  dapat terhubung dengan internet itu sesuai dengan usiamu,” jelas Kak Rino.

“Baiklah, Kak Argia, yang  penting kita bisa selesaikan proyek ini, ya!  Terima kasih, lho Kak!” seru Rino riang.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 46

Ayo Menulis

Dalam sebuah cerita fiksi biasanya terdapat satu tokoh utama dan satu atau lebih  tokoh tambahan. Tokoh  keduanya biasanya ditentukan dengan melihat seberapa sering sang tokoh muncul dalam cerita atau dialog di dalam cerita tersebut. Kita  juga dapat menentukan tokoh utama dan tokoh tambahan dengan melihat jalan cerita, dan tentang siapa cerita tersebut. Tokoh tambahan biasanya mendukung tokoh utama dalam cerita fiksi.  Peran tokoh tambahan salah satunya untuk memperjelas watak tokoh utama.

Lakukanlah  kegiatan berikut ini dengan mengikuti petunjuknya.

1. Sediakan kertas ukuran A4 atau folio.  Gunakan format diagram berikut ini  untuk menuliskan tokoh utama, tokoh tambahan, watak, dan tempat terjadinya cerita fiksi “Proyek Rino”.

2.   Pada tempat yang  disediakan, tuliskan isi cerita dari  cerita fiksi di atas.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 4 Halaman 42 43 46 48 49

Watak Tokoh Utama :
Antusias, bertanggung jawab
Watak Tokoh Tambahan :
Bijaksana, sabar
Gambar Tempat Peristiwa :
Rumah Rino
Hubungan antara Tokoh Utama dan Tokoh Tambahan :
Hubungan keluarga/Hubungan kakak beradik

Isi Cerita :
Rino berpikir keras saat pulang sekolah, ia mendapat tugas dari gurunya untuk membuat proyek sekolah. Kakaknya yang bernama Argia bertanya kepada Rino tentang masalah yang sedang dihadapi. Rino kemudian bercerita kepada kakaknya. Kakaknya yang baik segera membantu permasalahan yang dihadapi Rino dengan memanfaatkan internet, yaitu tentang berbagai cara membuat barang-barang yang diperlukan Rino untuk dijual di sekolah dalam kegiatan proyek sekolah. Kakak Rino juga menasihati agar Rino bijaksana dalam menggunakan internet.

Ayo Berdiskusi

Kamu   telah membaca cerita fiksi  yang   berjudul “Proyek  Rino.”  Dari  cerita tersebut, adakah hal  yang  mirip  dengan keadaan atau peristiwa yan  terjadi dalam  kehidupanmu  sendiri? Hal  penting apa  sajakah yang   dapat  kamu dapatkan dari   cerita tersebut? Bagaimana cara kita   dalam menggunakan kemajuan teknologi untuk meningkatkan persatuan  dan kesatuan  bangsa? Ceritakanlah kepada teman sebangkumu!

Made :   “Apa yang  sedang kamu renungkan, Udin?  Sepertinya kamu sedang memikirkan sesuatu yang  penting sekali!”

Udin :  “Ah,  sebenarnya  tidak  terlalu penting,  Made. Saya   hanya  berpikir bahwa ternyata sistem tata surya kita merupakan satu kesatuan yang

tidak terpisahkan satu dengan yang  lain.  Setiap anggota tata surya mempunyai jalurnya sendiri. Mereka melakukan bagiannya tanpa mengganggu anggota yang  lainnya. Coba  bayangkan jika  salah satu planet tidak mau berada di  jalurnya. Pasti berakibat pada planet- planet lainnya, termasuk Bumi,  kan? Lalu, apa jadinya?”

Made :   ”Wah, saya suka pemikiranmu itu, Udin! Itu perumpamaan yang bagus sekali tentang pentingnya persatuan dan kesatuan di sekeliling kita, ya!  Apa jadinya jika masyarakat di dalam negara kita  tidak bersatu? Pasti kacau balau dan tercerai berai!”

Persatuan dan kesatuan bangsa merupakan harapan  semua bangsa yang berdaulat di  muka  bumi, termasuk  Indonesia. Bangsa  yang   bersatu akan memudahkan pembangunan dan tercapainya cita-cita bangsa. Apa sebenarnya makna persatuan  dan  kesatuan  itu   sendiri?  Mari   kita   cari   tahu  dengan membaca bacaan berikut ini.

Ayo Membaca

Makna Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 4 Halaman 42 43 46 48 49

Indonesia merupakan sebuah negara kesatuan yang  terdiri atas berbagai suku,  bahasa, dan adat budaya. Makna kesatuan di dalamnya adalah Negara Indonesia sebagai bentuk persatuan dari  kumpulan suku-suku di  Indonesia yang  beragam dan mendiami wilayah geografis pulau-pulau di Indonesia. Dari segi  geografis, kita  dapat melihatnya dari  peta wilayah Indonesia. Pengertian wilayah Indonesia berarti bagian bumi yang  membentang dari  95° sampai 141° Bujur Timur dan 6° Lintang Utara sampai 11° Lintang Selatan. Wilayah Indonesia yang   terbentang dari   Sabang sampai  Merauke, sesuai dengan batas-batas wilayahnya.

Makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah juga rasa senasib dan sepenanggungan sebagai bangsa yang  bermukim di  dalam wilayah itu. Senasib karena telah berhasil menjadi bangsa yang  merdeka dan membentuk negara kesatuan yaitu  Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia juga bermakna semangat bagi para pemuda bangsa yang   berikrar dalam Sumpah Pemuda. Para pemuda dari  berbagai suku bangsa berikrar pada sebuah kongres pemuda tahun 1928. Kesadaran  terhadap  pentingnya persatuan  dan  kesatuan  bangsa menjadi tonggak sejarah bersatunya tekad pemuda Indonesia. Para pemuda bertekad untuk Indonesia yang  bersatu dan Indonesia sebagai sebuah kesatuan.

Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, istilah “Persatuan Indonesia” merupakan  hal   yang   sangat penting untuk memacu semangat perjuangan bangsa. Hal tersebut juga tercantum pada Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia  Tahun  1945  yang  berbunyi: “Dan  perjuangan pergerakan Indonesia telah sampailah pada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa menghantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang  merdeka, bersatu, berdaulat, adil  dan makmur”.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 48 & 49

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan teman sebangkumu jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.

1.   Apa makna persatuan dan kesatuan bangsa dari  bacaan tersebut?

Makna persatuan dan kesatuannya adalah Negara  Indonesia sebagai bentuk persatuan dari kumpulan suku-suku di Indonesia yang beragam dan mendiami wilayah geografis pulau-pulau di Indonesia.

2.   Apa makna persatuan kesatuan bangsa menurutmu sendiri?

Makna persatuan dan kesatuan adalah bersatunya beragam suku dan budaya, sehingga menjadi suatu bangsa yang menyatu menjadi satu kesatuan yang utuh.

3.   Bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa diupayakan oleh  para pendiri bangsa?

Persatuan berasal dari kata satu yang artinya tidak terpecah-belah atau utuh. Jadi arti persatuan yaitu bersatunya bermacam-macam aneka ragam kebudayaan menjadi satu yang utuh dan serasi.
Persatuan Indonesia adalah persatuan bangsa yang tinggal di wilayah Negara Indonesia, didorong untuk mencapai kehidupan yang bebas dalam negara yang merdeka dan berdaulat.

4.   Bagaimana makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia saat  ini? Berikanlah beberapa contoh!

Terdapat 3 makna penting di dalam persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia, yaitu:
  1. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.
  2. Menjalin rasa kemanusiaan dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan.
  3. Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong menolong antar sesama, serta sikap nasionalisme.
Contoh :
  • Mempelajari seni budaya dan kearifan lokal demi menjaga budaya Indonesia dari pengaruh gempuran budaya asing
  • Menjalin silaturahmi dengan kerabat dan warga sekitar
  • Tidak membeda-bedakan suku, ras, ataupun agama yang akan membuat perpecahan.

5.   Carilah satu berita utama  tentang  peristiwa yang   terjadi di  Indonesia. Berita utama tersebut berkaitan dengan persatuan dan kesatuan bangsa. Bacalah berita utama tersebut dengan saksama. Diskusikan dengan teman sebangkumu tentang makna persatuan dan kesatuan yang  ada di dalam berita utama tersebut.

Alternatif jawaban berbeda-beda, tergantung Peristiwa yang terjadi di Indonesia yang di temukan masing-masing peserta didik.

Ayo Renungkan

Bagaimana pendapatmu tentang cara hidup masyarakat modern yang kamu lihat di sekelilingmu?

Saya Prihatin dengan cara hidup masyarakat modern sekarang ini,, contohnya , mereka membeli barang" sesuai keinginan bukannya sesuai kebutuhan mereka. Lalu, mereka juga kurang sosialisasi dengan lingkungan sekitar,mereka lebih asik sendiri dengan gadget mereka. Dan menjadi seorang individualisme

Apa saja pengaruh berkembangnya teknologi komunikasi terhadap kehidupanmu sehari-hari?

  • Mempercepat arus komunikasi
  • Media sosial
  • Media hiburan

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 50

Kerja  Sama dengan Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, diskusikanlah tentang kesepakatan dan aturan dalam menggunakan peralatan elektronik, komputer atau telepon genggam, sebagai  sumber  informasi. Sumber informasi yang   dimaksud adalah  yang berasal dari  media cetak maupun media digital atau elektronik. Seperti koran, majalah, televisi atau internet.

Alternatif jawaban berbeda-beda tergantung hasil diskusi masing-masing peserta didik dan orang tua.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 42, 43, 46, 48, 49. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa kelas 6 tema 9 kurikulum 2013 edisi revisi 2018

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 42
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 43
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 46
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 48
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 49

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 42, 43, 46, 48, 49."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel