Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 51, 52, 55, 56, 57, 59, 60, 61.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 51, 52, 55, 56, 57, 59, 60, 61 – Kunci Jawaban Pembelajaran 5 Tema 9 Kelas 6 Menjelajah Angkasa Luar mengenai Keteraturan yang Menakjubkan tepatnya terdapat pada halaman 51, 52, 55, 56, 57, 59, 60, 61.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 5 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 9 pada halaman 51, 52, 55, 56, 57, 59, 60, 61 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 9 subtema 1 pembelajaran 5 yang terdapat pada halaman 51, 52, 55, 56, 57, 59, 60, 61.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Pembelajaran 5 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Halaman 51, 52, 55, 56, 57, 59, 60, 61.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 5 Halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61

Ayo Mengamati

Matahari terbit di  timur dan terbenam di  sebelah barat setiap hari. Tidak pernah berubah hingga kini.  Apa saja yang  kamu amati ketika matahar terbit dan tenggelam? Adakah perbedaan yang  kamu lihat dan rasakan ketika kamu menyaksikan peristiwa alam itu?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 51

Buatlah paling sedikit dua pertanyaan yang  berhubungan dengan peristiwa alam tersebut!

  1. Apa kah matahari mengelilingi bumi atau bumi yang mengelilingi matahari?
  2. Apa sebutan dari peristiwa bumi mengelilingi matahari?
  3. Mengapa matahari terbit dari timur?
  4. Mengapa jika malam hari suasana menjadi gelap?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 52

Ayo Berdiskusi

Peristiwa terbit dan tenggelamnya matahari merupakan salah satu peristiwa alam. Ketua peristiwa tersebut menunjukkan keteraturan yang terus berlangsung hingga saat ini.  Bersama dengan teman sebangkumu, diskusikan hal-hal berikut ini:

1.   Adakah keteraturan  peristiwa alam  yang   kamu amati  selain peristiwa Matahari terbit dan tenggelam tersebut?

Ada. Diantaranya rotasi Bumi yang selalu teratur arah rotasinya. Peredaran planet-planet yang teratur pada jalur orbitnya. Keteraturan arah revolusi bulan terhadap Bumi. Keteraturan rotasi satelit-satelit planet lainnya terhadap planetnya masing-masing, dan sebagainya.

2.   Bagaimana kamu menjelaskan makna keteraturan?

Keteraturan adalah suatu kesamaan keadaan/kegiatan, atau suatu proses yang terjadi beberapa kali/berulang dimana proses tersebut terjadi secara baik/rapi/teratur.

3.   Bagaimana keteraturan memberikan manfaat kepada manusia?

  • Keteraturan peredaran benda langit pada orbitnya memberi manfaat bagi manusia terutama dalam menentukan arah/posisi melalui rasi bintang
  • Keteraturan rasi bintang digunakan manusia untuk menentukan waktu yang tepat untuk memulai masa tanam/menggarap sawah
  • Keteraturan angin darat dan angin laut bermanfaat bagi manusia saat melaut
  • Adanya keteraturan siklus air bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia
  • Adanya keteraturan siklus siang dan malam bermanfaat bagi manusia dalam menentukan waktu beraktivitas dan waktu istirahat

4.   Keteraturan seperti apa yang  kamu harapkan terjadi di sekitarmu?

Keteraturan dalam bersosialisasi/berinteraksi antar manusia
Keteraturan dalam berinteraksi dengan alam/lingkungan

5.   Bagaimana  memastikan  terjadinya  keteraturan   di   dalam  kehidupan pribadimu?

Dengan berkomitmen/berdisiplin melaksanakan segala hal yang sudah menjadi kewajiban saya dan menyeimbangankan kewajiban tersebut dengan hak saya, sehingga terjadi keteraturan.

6.   Bagaimana   memastikan   terjadinya  keteraturan   dalam   hidup   ber- masyarakat?

Keteraturan dalam masyarakat akan terjadi apabila setiap individu melaksanakan kewajiban dan menerima haknya sesuai ketentuan/seimbang
  • Pola hubungan Santri yang mencium tangan ketika bertemu Kyai.
  • Pola hubungan antara penjual dan pembeli di pasar tradisional.
  • Pola hubungan antara setiap individu beragama Hindu dengan setiap Pemangku/Sulinggih di Pura.
  • Pola hubungan interaksi dengan rekan disabilitas.
  • Seorang anak yang rutin pergi ke sekolah untuk belajar.
  • Seorang pegawai yang rutin pergi ke kantor untuk melayani masyarakat.
  • Seorang hansip yang rutin melakukan jaga malam keliling kampung.
  • Seorang dokter yang rutin melakukan pembersihan alat-alat kesehatan sebelum memulai praktek.
  • Perilaku pendatang yang melapor kepada ketua RT setempat sebelum keliling kampung meminta sumbangan pembangunan masjid.
  • Perilaku pengendara yang mematikan motor ketika masuk gang kecil saat jam belajar masyarakat.

Jelaskanlah hasil diskusimu dengan menggunakan peta pikiran. Lalu, presentasikanlah di  dalam kelompok kecil  di  dalam kelas. Catatlah hal-hal menarik dan baru dari   hasil diskusi dengan  teman-temanmu.  Tuliskanlah beberapa pertanyaan yang  muncul pada saat diskusi tersebut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 5 Halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 5 Halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61

Udin :    “Siti,  aku   tidak  pernah  membayangkan apa  yang   akan  terjadi jika  Matahari tak  lagi  terbit dari  arah timur. Apakah hal  itu  akan mengubah keteraturan yang  sudah ada sebelumnya?”

Siti :    “Aku  juga tidak pernah  membayangkannya, Din?  Bayangkan  jika arah rotasi bumi berubah menjadi sebaliknya.  Wah,  pasti ada hal besar yang  akan terjadi jika keteraturan itu berubah.”

Udin :    “Mungkin hal  itu  juga akan memengaruhi planet-planet lainnya di dalam tata surya. Ya Siti. Wow!   Satu perubahan yang  terjadi pada satu planet akan memengaruhi planet lainnya, ya?”

Siti :    “Aku  tidak tahu pasti, Din.  Kita  perlu tahu  lebih   banyak tentang sistem tata surya kita.  Aku punya artikel menarik, bagaimana kalau kita  baca bersama?”

Ayo Membaca

Matahari Pusat Sistem Tata Surya

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 5 Halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61

Matahari merupakan salah satu bintang yang ada di dalam galaksi. Matahari terdiri atas gumpalan gas raksasa dan memiliki banyak sekali lidah api.  Lidah api  matahari yang  merupakan ledakan-ledakan yang  dapat mencapai jutaan kilometer tingginya. Suhu permukaan Matahari mencapai 5.800°C.

Matahari adalah  satu-satunya  bintang di  dalam tata  surya kita   yang menghasilkan  panas   dan   cahaya.  Panas   dan   cahaya  Matahari  inilah yang   memberikan  kehidupan  di  bumi. Perubahan panas Matahari dapat menyebabkan kehidupan makhluk hidup di bumi juga terpengaruh. Jika panas Matahari berkurang, maka seluruh bagian di dunia akan membeku. Tetapi jika panas Matahari bertambah, es di Kutub  Utara akan mencair dan air laut  serta sungai akan naik.

Matahari berukuran sangat besar. Jarak  antara pusat Matahari hingga ke permukaannya sama dengan dua kali jarak Bumi  dengan Bulan yang  berjarak 384.000 km.  Inti Matahari sangat panas, yaitu  15 juta derajat Celsius.

Matahari sebagai pusat tata  surya memengaruhi setiap planet yang ada di dalamnya. Setiap planet memiliki ciri dan keunikan yang  berbeda, oleh Planet di dalam tata surya dibagi menjadi dua golongan, yaitu  planet dalam dan planet luar. Perhatikanlah gambar berikut!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 5 Halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61

Planet dalam adalah  planet-planet  yang  terdekat dengan Matahari dan termasuk empat planet yang  pertama  (Merkurius, Venus,  Bumi,  dan Mars). Planet luar adalah planet yang  lebih  jauh dari  Matahari dan mencakup empat planet berikutnya seiring dengan peningkatan jarak dari Matahari, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.   Kedua golongan planet tersebut dibatasi oleh  sabuk  asteroid. Sabuk asteroid yang  merupakan bongkahan-bongkahan batu yang  tersusun oleh  materi-materi seperti materi penyusun planet, yaitu gas beku dan debu.

Planet-planet  dalam terdiri atas  batuan  dan  logam. Planet-planet  ini bergerak perlahan karena mereka dianggap berat. Diameter rata-rata planet- planet ini  kurang lebih  13.000 km,  oleh  karenanya mereka dianggap sebagai planet kecil.  Planet luar  tersusun atas gas. Gas-gas penyusunnya antara lain adalah  Hidrogen dan  Helium. Planet-planet  ini  seperti  balon  besar  yang mengambang di  ruang angkasa. Planet-planet ini  dianggap sebagai planet gas raksasa. Planet-planet ini memiliki diameter rata-rata kurang lebih  48.000 km.

Ayo Berdiskusi

Berkat perkembangan ilmu pengetahuan, kamu mendapatkan banyak informasi tentang luar  angkasa. Keteraturan  tata surya yang  kamu pahami saat ini  masih  menyimpan  banyak misteri. Misteri-misteri tersebut dapat diungkapkan melalui perkembangan ilmu  pengetahuan dan teknologi. Salah satu cara untuk mengetahui keteraturan dari  sistem tata surya adalah dengan melakukan pengelompokan berdasarkan kriteria tertentu.

Bacalah kembali artikel tentang “Mengenal Tata Surya”  pada Pembelajaran 2. Bacaan “Matahari Pusat sistem Tata Surya”.  Melalui dua bacaan tersebut, kita dapat melakukan pengelompokan sifat-sifat anggota tata surya.

Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukan pengelompokan anggota tata surya dengan melengkapi tabel berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 55

Urutkan planet di  dalam tata surya dari  yang  terdekat hingga terjauh dari Matahari.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 5 Halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61

Urutkan planet di  dalam tata surya dari yang terdekat hingga terjauh dari Matahari.
  1. Merkurius : 57,9 juta km
  2. Venus : 108 juta km
  3. Bumi : 150 juta km
  4. Mars : 228 juta km
  5. Jupiter : 779 juta km
  6. Saturnus : 1.430 juta km
  7. Uranus : 2.880 juta km
  8. Neptunus : 4.500 juta km

Urutkan planet dari yang paling kecil ke yang palin besar.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 5 Halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61

Urutan planet dari yang paling kecil ke yang paling besar yaitu :
  1. Merkurius. Memiliki diameter  4.879 km, radius 2.440 km – 38% dari ukuran Bumi
  2. Mars. Memiliki diameter 6.779 km, radius  3,390 km – 53% dari ukuran Bumi
  3. Venus. Memiliki diameter 12.104 km, radius 6,052 km – 95% dari  ukuran Bumi
  4. Bumi. Memiliki diameter 12.742 km, radius 6,052 km
  5. Neptunus. Memiliki diameter 49.244 km, radius 24.622 km – 388% dari ukuran Bumi
  6. Uranus. Memiliki diameter  50.724 km, radius  25.632 km - 400% dari ukuran Bumi
  7. Saturnus. Memiliki diameter 116.464 km, radius  58.232 km - 945% dari ukuran Bumi
  8. Yupiter. Memiliki diameter  139.882 km, radius  69.911 km - 1.120% dari ukuran Bumi

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 56

Urutkan planet dari  yang  terpanas hingga yang  terdingin

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 5 Halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61

Urutan planet dari yang terpanas hingga yang terdingin dalam derajat Celcius yaitu sebagai berikut :
  1. Venus 465 °C
  2. Merkurius -170 °C sampai 449 °C
  3. Bumi antara -89 °C sampai 58 °C
  4. Mars antara -63 °C sampai 20 °C
  5. Jupiter -145 °C
  6. Saturnus -178 °C
  7. Neptunus -214 °C
  8. Uranus -224 °C

Urutkan planet yang  melakukan rotasi paling cepat hingga yang  paling lambat

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 5 Halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61

  1. Jupiter ( 9,50 jam)
  2. Saturnus ( 10,14 jam )
  3. Uranus ( 17 jam )
  4. Neptunus ( 18 - 26 jam )
  5. Bumi ( 23,56 jam)
  6. Mars ( 24,37 jam )
  7. Merkurius ( 59 hari)
  8. Venus ( 243 hari )

Urutkan planet yang  melakukan revolusi dari  yang  paling cepat ke yang  paling lambat.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 5 Halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61

  1. Merkurius : 88 hari
  2. Venus : 225 hari
  3. Bumi : 365 hari/1 tahun
  4. Mars : 687 hari
  5. Jupiter : 11,9 tahun
  6. Saturnus 29,5 tahun
  7. Uranus : 84 tahun
  8. Neptunus : 164,8 tahun

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 57

Perbedaan dan persamaan antara planet dalam dan planet luar

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 5 Halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61

  • Persamaan: berbentuk lingkaran,berevolusi,rotasi,tidak bisa memantulkan cahaya
  • Perbedaan: dalam umumnya padat dan bisa ditinggali
  • Luar terbentuk dari gas,besar dll

Kesimpulan apakah yang  kamu dapatkan dari  kegiatan pembelajaran di atas?

Bahwa keteraturan itu sangat penting dan bermanfaat bagi semua. Termasuk keteraturan dalam dunia antariksa, seperti keteraturan planet-planet di ruang angkasa. Planet-planet dapat dibedakan berdasarkan jarak dari matahari, berdasarkan ukuran, berdasarkan suhu planet, berdasarkan rotasi planet, berdasarkan kecepatan revolusi, maupun berdasarkan letak planet dalam dan planet luar. Kita dapat mengetahui persamaan dan perbedaan dari planet dalam dan planet luar.

Adakah pertanyaan yang  kamu miliki sehubungan dengan keteraturan dalam tata surya setelah melakukan kegiatan tersebut?

  1. Apakah planet Bluto sudh tdk ad?
  2. Mengapa letak orbit (garis edar) tiap planet itu berbeda?

Tahukah  kamu bahwa keteraturan  dalam kehidupan masyarakat di  sekitar kita  memang  harus diupayakan? Diperlukan sikap tenggang rasa dan mau berkorban untuk kepentingan  orang banyak. Pernahkah  kamu mengalami peristiwa  yang   mengharuskanmu menunjukkan sikap tenggang rasa dan mau berkorban seperti yang  dilakukan oleh  tokoh pada cerita fiksi berikut ini? Simaklah bacaan berikut ini dengan saksama.

Ayo Membaca

Masih  Ada Waktu, Arya!

Oleh  Diana Karitas

Arya senang sekali hari ini. Ayah  akan mengajaknya menonton film tentang makhluk luar angkasa. Ia sudah lama menantikan kesempatan ini.  Kebetulan, kali ini ayah dapat menemaninya.

“Wah,  antreannya sudah panjang, Ayah!”  kata Arya  agak murung ketika telah sampai di bioskop. Penjualan tiket ternyata sudah dibuka setengah jam yang  lalu, dan sekarang antreannya cukup panjang. Seandainya saja tadi Ayah tidak membantu  Mbak   Ita  membetulkan sepedanya, pasti kita   tidak akan mengantri sepanjang ini.

“Tidak apa, Arya.   Kita  masih punya waktu. Pemutaran  filmya  masih 45 menit lagi,  kok.  Yuk, segera mengantre!” ajak  Ayah  sambil berjalan menuju antrean.

“Seandainya tadi sepeda Mbak  Ita  tidak rusak, kita      bisa  sampai  ke   sini   lebih   cepat  ya   Ya Jadi   tidak  harus  mengantri  lama,” Arya  mas menggerutu tentang peristiwa sebelumnya.

“Arya, Mbak  Ita  juga tidak berharap sepedan akan rusak, kan? Mbak  Ita  akan pergi les  menar kalau  sepedanya  rusak  di   tengah   jalan,  leb kasihan  lagi   Mbak   Ita.   Beruntung  rusaknya  di rumah dan Ayah  tahu. Jadi,  Ayah  harus bantu Mbak  Ita  dulu  supaya ia  tetap bisa latihan menari dengan selamat. Memang Arya ingin Mbak  Ita  celaka di jalan?” hibur Ayah. Arya hanya tersenyum dan mengangguk. Tentu saja ia tidak ingin kakak perempuannya itu mengalami kecelakaan.

“Yuk, Arya, di depan kita tinggal dua pengantri lagi, tuh! Sebentar lagi giliran kita!” kata Ayah setelah kurang lebih  seperempat jam  berdiri mengantre. Arya tampak gembira dan bersemangat.

Ketika   Arya  dan  Ayah   hendak  maju untuk membayar tiket, tiba-tiba terdengar suara dari  belakang mereka.

“Aduh, Bu. Perutku sakit sekali!”  seru seseorang di belakang Arya dan Ayah. Seketika mereka  menoleh  ke  belakang. Tampak  seorang anak perempuan sebaya  Arya  sedang  memegang  perut. Wajahnya  pucat.  Keringat  tampak mengucur di  dahinya. Ibu  anak perempuan itu  pun  terlihat panik. Beberapa kali si ibu menghibur anaknya untuk bertahan dalam antrean.

“Ibu, silakan Ibu beli  tiket dulu.  Kasihan anak Ibu,” tiba-tiba Arya berkata kepada ibu  si anak itu.   Si Ibu langsung menatapnya dan melihat Ayah.  Ayah mengangguk dan mempersilakan keduanya untuk maju mengambil antrean mereka.

Setelah Si Ibu  mengucapkan terima kasih, mereka maju untuk membeli tiket mereka dan segera beranjak pergi menuju toilet bioskop. Film memang masih akan dimulai 30 menit lagi.

“Terima  kasih,  Arya.  Kamu   menunjukkan kepekaanmu terhadap  orang lain  yang  lebih  membutuhkan. Tindakanmu membantu tadi sebenarnya juga membantu kita  semua yang  ada di tempat antrean untuk tetap teratur. Coba kalau kamu tidak cepat menawarkan antrean kita, pasti antrean di belakangnya akan terganggu karena situasi yang  dialami anak dan ibu itu,” kata Ayah.

“Ah, Ayah.  Arya  kan  hanya melakukan persis seperti yang  Ayah  lakukan kepada Mbak  Ita tadi. Arya hanya ingin memastikan semua teratur dan dapat melakukan kegiatan sesuai yang  telah direncanakan. Kasihan anak itu,  Ayah. Arya juga jadi  terbayang Mbak  Ita  jika  ia tidak dibantu Ayah tadi,”  jelas Arya. Ayah tersenyum sambil mengusap kepala Arya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 59

Ayo Menulis

Lengkapi diagram berikut ini setelah kamu membaca cerita fiksi di atas!

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 5 Halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61

Judul Cerita: 
Masih Ada Waktu, Arya!
Pengarang Cerita: 
Diana Karitas
Tokoh utama dan wataknya:
Arya : 
Suka mendengar nasihat rang tua.
Ayahnya Arya : 
Sayang anak, suka menasihati anaknya dan membantu anaknya yang kesusahan.
Tokoh Tambahan dan wataknya:
Seorang ibu: Perhatian pada anak perempuannya yang sedang sakit perut.
Hubungan antara tokoh utama dan tokoh tambahan:
Tokoh utama merelakan giliran antreannya saat membeli tiket, supaya ibu dan anak perempuannya lebih didahulukan dalam pembelian tiket di bioskop. Sebab anak perempuan ibu tersebut sedang sakit perut.
Gambar tempat peristiwa:
Di depan loket pembelian tiket bioskop.

Isi Cerita :

Arya senang sekali karena hendak menonton film bersama ayahnya di bioskop. Namun kegembiraannya mulai memudar begitu mengetahui banyaknya penonton yang ingin melihat film tersebut, yang menyebabkan terjadinya antrian yang cukup panjang. Arya pun mulai murung, dia sempat berpikir seandainya tadi sepeda kakaknya tidak rusak, dana ayah tidak memperbaiki sepeda kakaknya, mungkin ia dan ayah bisa datang lebih awal, sehingga tidak perlu mengantri lama. Mengetahui hal tersebut ayah Arya menasihatinya dan Arya bisa memahaminya. Tiba-tiba terdengar suara anak perempuan yang kesakitan perutnya. Mengetahui hal tersebut Arya berinisiatif untuk mempersilahkan anak perempuan dan orang tua tersebut untuk lebih dahulu daripada Arya untuk membeli tiket. Arya berpikir, jika dia tidak mengalah, maka akan timbul suasana tidak teratur di antrean akibat sakitnya anak perempuan tersebut. Arya ingin memastikan semua tetap teratur dan dapat melakukan kegiatan sesuai dengan yang telah direncanakan. Ayah bangga dengan keputusan Arya tersebut.

Apa  yang  terjadi jika  Arya tidak cepat mempersilakan orang di  belakangnya mengambil antreannya? Lanjutkan cerita di  atas dengan menggunakan imajinasimu. Lalu, tuliskanlah hasil pengembangan ceritamu ke dalam sebuah paragraf.

Arya senang sekali karena hendak menonton film bersama ayahnya di bioskop. Namun ia jadi murung setelah melihat antrean pembelian tiket yang cukup panjang. Arya sempat berpikir seandainya ayahnya tidak memperbaiki sepeda kakaknya yang rusak, mungkin mereka bisa datang lebih awal dan tidak antre terlalu lama. Ayah menasihati Arya, namun Arya tetap cemberut. Tiba-tiba anak perempuan yang antre dibelakang Arya mengeluh perutnya sakit, karena kebelet untuk ke toilet untuk buang air besar. Namun Arya tidak peduli, karena sebentar lagi adalah gilirannya setelah menunggu lama. Akibat dari tindakan Arya tersebut adalah anak perempuan yang masih kecil itu akhirnya buang air besar di tempat, karena tidak tertahankan. Tentu saja peristiwa tersebut menimbulkan kekacauan, antrean yang rapi jadi rusak, karena beberapa orang yang dekat dengan peristiwa menyingkir menjauh, mengetahui itu beberapa orang berniat menerobos antrean, dan hal ini menimbulkan pertengkaran di kalangan calon pembeli tiket. Untuk menghindari kekacauan dan pertengkaran lebih parah, maka pihak bioskop menutup sementara tiket pembelian, sehingga tidak ada calon pembeli tiket yang bisa dilayani, termasuk Arya. Arya menjadi menyesal atas tindakannya tersebut.

Keteraturan juga diperlukan pada saat bekerja sama dengan orang lain  untuk menciptakan  harmoni. Dalam bermain musik, untuk menciptakan  harmoni yang  dapat dinikmati diperlukan pemahaman tentang aturan atau pola  yang harus dikuti dengan baik.  Pemahaman tentang interval dapat membantumu menciptakan harmoni musik yang  dapat dinikmati.

Ayo Berlatih

Pemahaman tentang jarak nada (interval) akan membantumu untuk menghasilkan sebuah akor.  Akor merupakan bunyi yang  dibunyikan serempak yang  dibentuk dari  beberapa nada dengan jarak nada tertentu.  Sebuah akor paling sedikit terdiri dari tiga nada. Akor biasanya digunakan untuk mengiringi sebuah nyanyian. Akor juga dapat dimainkan dengan melodi lagu  pada alat musik.

Tangga nada natural terdiri atas tujuh buah akor  yaitu,  C mayor  (C), D minor (Dm),  E minor (Em), F mayor (F), G mayor (G), A minor (Am), dan B diminished (B dim). Perhatikanlah beberapa akor  yang  sering digunakan pada alat musik

piano berikut ini. Cobalah akor  berikut ini dengan menggunakan alat musik yang tersedia. Jika kamu menggunakan rekorder, kamu memerlukan temanmu yang lain untuk membunyikannya secara  bersamaan.  Dengarkan dengan saksama bunyi  yang  dihasilkannya. Bagaimana menurutmu?

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 5 Halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61

Dapatkah  kamu  mencoba  untuk  mengingat  nada  yang   dihasilkan pada setiap akor  di atas? Ketika  kamu memainkannya dengan temanmu, apa yang kamu rasakan? Cobalah perhatikan kembali lagu  “Ambilkan Bulan Bu” yang telah kamu pelajari sebelumnya. Carilah tangga nada dan akornya. Cobalah untuk memainkannya dengan  menggunakan alat musik yang   kamu punya (gitar,  pianika, atau gitar) sesuai akor  yang  sudah ditentukan. Apakah yang kamu rasakan? Apakah kamu dapat mengenali akor-akor tersebut pada saat dimainkan?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 62

Ayo Renungkan

Hal  baru  apa  sajakah  yang    kamu  pelajari  dan  temukan  dari   kegiatan pembelajaran hari ini?

Alternatif jawaban berbeda-beda tergatung apa yang ditemukan masing-masing peserta didik.

Bagaimana keteraturan  di  sekelilingmu memengaruhi  kegiatanmu  sehari- hari?

Pengaruh yang dapat terjadi dari keteraturan di bidang alam dalam kehidupan sehari hari antara lain :
  1. Rakyat dapat menikmati hasil sda dengan lebih maksimal
  2. Pendapatan perkapita suatu negara meningkat
  3. Pengelolaan alam yang maksimal menyebabkan sda negara tersebut tidak akan cepat habis

Hal apa sajakah yang  dapat kamu lakukan untuk memelihara keteraturan di sekitarmu?

Alternatif jawaban berbeda-beda tergantung masing-masing peserta didik

Kerja  Sama dengan Orang Tua

Lihatlah sekeliling rumah tinggalmu. Apakah menurutmu  lingkungan rumah tinggalmu cukup teratur? Bersama dengan orang tuamu, diskusikan hal-hal apa saja yang   dapat  dilakukan warga untuk meningkatkan keteraturan  di lingkungan tempat tinggalmu.

Alternatif Jawaban ( Peserta didik dapat menyesuaikan lingkung rumah asing-masing )
Lingkungan yang ada di rumah ku, lumayan panas di siang hari, dan sejuk di malam hari, taman hanya ada yang di tanam dalam pot saja, sebagian besar tanah sudah di bangun dan di aspal untuk jalan,, ya begitulah keadaan lingkungannya.. 

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 51, 52, 52, 55, 56, 57, 59, 60, 61. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa kelas 6 tema 9 kurikulum 2013 edisi revisi 2018

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 51
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 52
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 55
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 56
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 57
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 59
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 60
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 61

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 51, 52, 55, 56, 57, 59, 60, 61."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel