Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96 – Kunci Jawaban Pembelajaran 2 Tema 9 Kelas 6 Menjelajah Angkasa Luar mengenai Benda Angkasa Luar dan Rahasianya tepatnya terdapat pada halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 2 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 9 pada halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 9 subtema 2 pembelajaran 2 yang terdapat pada halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Pembelajaran 2 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya Halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96.


Masih banyak rahasia di  luar  angkasa yang  ingin diungkapkan. Langit yang membentang sangat luas itu memiliki misteri yang  pasti menyenangkan untuk diketahui. Kita telah mengetahui bahwa bumi bukanlah satu-satunya planet di tata surya. Kita juga telah mengetahui bahwa tata surya hanya salah satu dari sekian banyak sistem yang  ada di alam semesta. Kedua hal  tersebut semakin membuat kita  menyadari betapa manusia hanyalah bagian yang  sangat kecil dari  semesta alam.

Ayo, kita  cari tahu lebih  banyak tentang alam semesta!

Ayo Membaca

Fakta tentang Bintang Jatuh


Ketika kita sedang memandangi langit malam yang cerah bertabur bintang, mungkin kita  akan melihat bintang jatuh yang  bergerak begitu cepat. Tetapi, benarkah itu  benar-benar  bintang yang   jatuh? Mengapa disebut  bintang jatuh?

Sebuah bintang jatuh sebenarnya adalah  nama  lain   untuk meteoroid. Meteorid tersebut  terbakar saat  mencoba memasuki atmosfer Bumi.   Jadi, bintang jatuh bukanlah bintang sama sekali. Tidak  ada bintang yang  dapat jatuh. Meteoroid adalah benda kecil yang ada di luar angkasa. Ukuran meteroid mulai dari  sebutir pasir hingga berdiameter sebesar sepuluh meter. Jika meteoroid berukuran lebih  kecil dari  sebutir pasir, para astronom menyebutnya sebagai debu  antarplanet. Tapi  jika  meteoroid itu  berdiameter lebih  dari  10 meter, para astronom menyebutnya sebagai asteroid.


Meteoroid disebut  sebagai  Bintang Berekor. Ketika   meteorid memasuki atmosfer Bumi, ia akan membentuk ekor terang di belakangnya. Ekor atau garis terang di  belakangnya disebabkan oleh   meteroid yang   bergesekan dengan atmosfer Bumi.  Gesekan dengan atmosfer ditambah kecepatan yang  tinggi ketika meteroid memasuki Bumi menyebabkan suhunya naik dan membuatnya berpijar. Meteoroid yang  berpijar tersebut tampak dari  Bumi  seperti bintang yang  bergerak atau bintang jatuh.

Masih ingatkah kamu tentang asteroid dan sabuk asteroid yang  berada di sistem tata surya kita?  Sabuk asteroid merupakan kumpulan asteroid yang membatasi antara planet dalam dan planet luar dalam tata surya kita.  Asteroid berjumlah sangat banyak dan besar. Asteroid tersebut tertahan  di jalurnya di antara orbit  planet Mars  dan Yupiter. Para ahli  menduga ada sekitar 30.000 asteroid yang  berada di sabuk asteroid. Asteroid juga diduga sebagai planet yang  tidak jadi.  Oleh  sebab itu, ukuran diameternya bervariasi antara 10 meter hingga 30 km. Asteroid mempunyai ukuran yang  lebih  kecil dibanding planet, tetapi berukuran lebih  besar dibanding meteoroid.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 88

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan bacaan di  atas atau dengan menggunakan sumber informasi lainnya, jelaskan apa yang  kamu ketahui tentang beberapa hal  berikut:


Apa itu Meteoroid?

Benda langit yang berupa potongan batuan/logam yang memiliki sifat melayang-layang, bebas tidak mengelilingi benda apapun di ruang angkasa. Bentuknya kecil, dipercaya sebagai pecahan dari komet dan asteroid.

Apa itu Asteroid?

Benda langit yang mengelilingi Matahari. Asteroid berkumpul pada lintasan yang dinamakan sabuk asteroid. Mengandung sedikit logam.

Apa itu Meteor?

Meteoroid yang memasuki atmosfer bumi sehingga menjadi sangat panas hingga bersinar.

Bagaimana terjadinya Meteoroid?

Sebagian besar meteoroid terbentuk karena adanya tabrakan (tumbukan) antar benda langit (bisa planet, komet atau asteroid) satu dengan yang lain, sehingga membuat sisa atau pecahan dari benda yang bertumbukan tersebut. Kemudian pecahan tersebut keluar dari lintasan asalnya.

Bagaimana terjadinya Asteroid?

Asteroid terbentuk dari debu dan es yang membeku menjadi batu karena suhunya yang sangat dingin. Asteroid merupakan sisa-sisa dari pembentukan tata surya sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu. Awalnya ketika Yupiter terbentuk, aktivitas dan gravitasi Yupiter dengan Mars membuat komponen yang lebih kecil di antara mereka saling bertabrakan. Tabrakan ini menciptakan objek kecil yang disebut dengan asteroid.

Bagaimana terjadinya Meteorid?

Benda angkasa berupa pecahan batuan angkasa yang jatuh dan masuk ke atmosfer Bumi akibat gravitasi Bumi. Saat masuk ke atmosfer Bumi, terjadi gesekan dengan udara, sehingga benda tersebut menjadi terbakar di atmosfer dan sampai ke permukaan Bumi. 

Merancang Model  Tata Surya

Sebelumnya kamu telah mencoba mencari tahu bahan dan alat apa saja yang hendak kamu gunakan untuk membuat model tata surya.  Dengan tambahan informasi yang  kamu miliki  saat ini, bersama dengan teman sekelompokmu, buatlah sketsa model tata surya. Gunakan daftar periksa berikut ini. Lakukanlah pengecekan apakah langkah-langkah yang   kamu lakukan telah sesuai dan lengkap? Tandai dengan tanda centang () bila kamu telah melengkapinya.

Merancang Model Tata Surya




Bagaimana pengalamanmu mempersiapkan model yang  hendak kamu buat? Apakah manfaat  yang   kamu peroleh pada saat  kamu mempersiapkannya? Apakah manfaat yang kamu peroleh dengan mempresentasikannya di hadapan teman-temanmu? Apa  manfaat yang   kamu peroleh ketika kamu meminta mereka memberikan masukan kepadamu?

Tahukah kamu bahwa para ilmuwan pun  melakukan hal  yang  sama sebelum membuat model yang  sebenarnya? Mereka perlu mempersiapkan  semua alat dan bahan yang  diperlukan. Mereka juga harus menjelaskan cara membuatnya kepada sekelompok ilmuwan lainnya agar model yang  dibuat sesuai dengan yang  diinginkan. Hasil dari  diskusi dan percobaan (dari model) yang  dilakukan para ilmuwan mengahasilkan suatu alat. Alat-alat tersebut sangat berguna dan dimanfaatkan oleh  orang banyak untuk memajukan ilmu  pengetahuan. Salah satu  alat  yang   ditemukan  dan  sering digunakan hingga  kini   oleh masyarakat adalah teropong. Tahukah kamu tentang alat ini? Pernahkah kamu menggunakannya? Simaklah cerita berikut ini dengan saksama.

Ayo Membaca

Teropong Binokular  dan Bintang Jatuh Oleh  Diana Karitas

Dimas sangat  senang  mendapatkan  kejutan  hari  ini   dari   Om   Dodi, pamannya yang   baru kembali dari   Bandung. Dimas mendapatkan sebuah teropong  binokular! Benda  itu  sudah lama ia  idam-idamkan! Dimas tahu bahwa ia hampir tidak mungkin meminta dari  Ayah dan Ibu karena benda itu sangat mahal. Tetapi, pamannya yang  bekerja di  Bosscha Bandung sore  itu membawakannya untuknya!

“Terima     kasih,    Om!     Dimas pasti akan menggunakan dan menjaganya dengan baik,”  janji Dimas kepada pamannya sambil mencium tangan pamannya berkali- kali.  Matanya berkaca-kaca.

“Om    percaya   kepadamu, Dimas. Om  tahu kamu ingin sekali mengamati  bintang-bintang  di langit. Makanya, Om  pilihkan yang lensanya mampu menangkap ben- da  langit,” jelas Om Dodi.

“Wah,  terima kasih sekali, Om.  Sebenarnya memang teropong binokular yang   seperti ini  yang   Dimas inginkan. Teropong yang   tidak hanya mampu menangkap benda jauh di daratan, tetapi juga di langit. Pasti mahal, ya Om?” tanya Dimas.

“Ya, benda itu  memang mahal, tetapi kalau kamu mau memanfaatkannya dengan baik,  rasanya seimbang dengan harganya.  Alat  ini  berukuran 12  x 50,  artinya lensanya berdiameter 50 mm  dan mampu memperbesar benda yang  dilihat hingga 12 kali lipat. Seharusnya alat ini mampu digunakan untuk melihat benda langit seperti kumpulan bintang-bintang,” jelas Om Dodi.

“Wah,  senang sekali kelihatannya anak Ibu  ini!”  sela Ibu  ikut  bergabung dengan Om Dodi dan Dimas di ruang tamu.  “Berarti harapanmu yang  pernah kamu ucapkan ketika kamu melihat bintang jatuh beberapa waktu lalu benar- benar terkabul ya Dim?” goda Ibu.

“Oh,ya?   Di  mana  Dimas melihat  bintang  jatuh? Rasanya sulit   melihat bintang jatuh kalau di daerah sini,” tanya Om Dodi agak heran.

“Waktu kami pergi ke puncak bukit  di seberang pulau itu, Om. Peristiwanya sudah cukup lama.   Dimas melihatnya, seperti bintang jatuh, tetapi cepat sekali.   Lalu  Dimas ingat, kata orang kalau kita  melihat bintang jatuh dan mengucapkan keinginan atau harapan kita,  maka keinginan atau harapan tersebut akan menjadi nyata,” jelas Dimas sambil tertawa tersipu.

“Oh, itu  mitos Dimas. Jangan percaya! Om  tahu karena diberi tahu oleh ibumu. Ibumu mengatakan bahwa kamu sangat menginginkan sebuah alat untuk mengamati benda langit,” kata Om  Dodi  tertawa sambil mengerling kepada kakak perempuannya.

“Ah, Ibu  dan Om  Dodi  ternyata telah bekerjasama, ya! Terima kasih, Ibu. Terima kasih, Om.  Dimas janji  akan memanfaatkannya dengan baik,”  kata Dimas.

“Ya,  Dim.   Tapi  jangan lupa   dengan  kegiatanmu yang   lain,   ya!  Belajar, mengerjakan tugas di  rumah dan sekolah harus tetap diutamakan. Setelah itu  baru kamu menggunakan waktumu untuk mengeksplorasi benda-benda langit kesukaanmu,” nasihat Om Dodi.

“Pasti, Om!” jawab Dimas sambil menunjukkan ibu jarinya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 91

Ayo Menulis

Alur cerita atau jalan cerita sebuah tulisan fiksi  membantu pembaca untuk mengetahui rangkaian peristiwa di dalamnya. Alur cerita biasanya menjelaskan masalah atau konflik  dan penyelesaiannya.

Perhatikan kembali cerita fiksi  di  atas, lalu  lakukanlah kegiatan  berikut ini secara mandiri.

Judul Cerita: 

Teropong Binokular dan Bintang Jatuh

Siapa tokohnya?

  1. Dimas ( Toko Utama )
  2. Om Dodi ( Toko Tambahan )
  3. Ibu Dodi ( Toko Tambahan )

Di mana peristiwanya?

Rumah Dimas

Kapan?

Sore Hari

Apa yang  terjadi dan mengapa?

Dimas sangat mengharapkan sebuah teropong binokular, karena Dimas sangat senang mengamati bintang-bintang di langit.

Bagaimana penyelesaiannya?

Om Dodi memberi hadiah Dimas sebuah teropong Binokular

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 92

Bacalah  kembali cerita  di  atas  dan  juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar. Gunakanlah imajinasimu untuk membuat gambar yang  menjelaskan cerita di atas. Gunakanlah kotak di  bawah ini  untuk menggambarkannya. Lalu,  berikanlah keterangan  yang menarik di bawah gambarmu!


Tukarkanlah  gambarmu dengan temanmu yang  lain  dan mintalah pendapat mereka.  Apakah ada  persamaan  dan  perbedaan  antara  gambar  dan keterangan yang   kamu buat dengan milik  temanmu?  Diskusikan mengapa terjadi persamaan dan perbedaan.

Alternatif jawaban berbeda-beda tergantung hasil pengamatan dari masing-masing peserta didik

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 93

Jika kamu adalah penulis cerita di atas, dan kamu diberikan kesempatan untuk mengubah jalan ceritanya, bagian manakah  yang   ingin kamu ubah?  Akan seperti apakah cerita di atas jika  kamu ubah? Cobalah untuk menuliskannya di tempat yang  disediakan berikut ini.

Dimas adalah seorang anak yang suka sekali mengamati bintang-bintang di langit. Seringkali dia mengamati benda-benda langit pada malam hari di teras rumahnya. Kegiatan ini sering membuat ibunya jengkel, karena Dimas jadi lupa untuk belajar atau mengerjakan pekerjaan rumahnya, sehingga nilai dan peringkat kelasnya menjadi melorot. Untuk mengatasi hal tersebut Ibu Dimas berunding dengan adiknya Ibu Dimas, yang Dimas biasa memanggilnya om Dody. Kemudian om Dody menantang Dimas agar bisa mendapat peringkat pertama di kelasnya pada semester berikutnya dengan imbalan jika Dimas berhasil menggapainya, maka om Dody akan memberi hadiah berupa teropong binokular. Tentu saja Dimas bersemangat, karena dia tahu kalau teropong itu bisa digunakan untuk melihat benda-benda langit, termasuk bintang jatuh yang menjadi idaman Dimas untuk diamati. Akhirnya Dimas mendapatkan teropong binokular tersebut setelah meraih peringkat pertama pada semester berikutnya.

Bagaimana hasil perubahan yang  kamu lakukan terhadap cerita fiksi di atas? Apakah kamu menemui kesulitan untuk melakukannya?

Membuat cerita fiksi  merupakan salah satu kegiatan berkreasi yang menggunakan imajinasi dan pengalaman pada saat  yang   sama.  Manusia memang   memiliki  kemampuan   berkreasi  untuk  menyalurkan  perasaan dan pendapatnya. Banyak cara dan media yang   digunakan manusia untuk berkreasi guna menyampaikan perasaan dan pendapat, salah satunya melalui seni tari.   Bagaimana masyarakat di sekitar kita  menggunakan seni tari  untuk berekspresi? Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama.

Ayo Membaca

Tari Kreasi Daerah

Tahukah kamu apa yang disebut dengan tari kreasi? Tari kreasi juga disebut sebagai tari  modern. Tidak  seperti tari  tradisional yang  memiliki pakem dan aturan tertentu yang  harus diikuti, tari  kreasi lebih  bebas. Akan  tetapi, tari kreasi yang  ada saat ini  sering masih menggunakan sebagian dari  gerakan- gerakan dasar yang  diambil dari  tari  tradisional. Hal  ini  disebabkan karena pengaruh budaya tradisi di Indonesia yang  masih sangat kuat.

Pernahkah kamu melihat pergelaran tari kreasi di daerahmu? Salah satu tari  kreasi daerah adalah Tari Jejer  Kembang Menur. Tari kreasi tersebut baru saja ditampilkan di Istana Merdeka. Tarian tersebut dibawakan dalam rangka merayakan Kemerdekan Repubilk Indonesia  yang  ke-72 bulan Agustus 2017. Tari ini merupakan tari  kreasi dari  Tari Gandrung. Tari Gandrung adalah salah satu tari  khas asal Banyuwangi, Jawa  Timur.

Tari Jejer Kembang Menur

Saat ini,  seniman  Banyuwangi banyak mengembangkan  Tari  Gandrung menjadi kreasi baru. Namun demikian, mereka tidak melepaskan beberapa gerakan dasar Tari  Gandrung. Selain itu,  properti tari  dalam Tari  Gandrung juga masih  menjadi ciri  khas. Tari  Gandrung sebenarnya  merupakan  tari berpasangan. Akan tetapi dalam pergelarannya saat itu, tarian dibuka dengan Tari Jejer Gandrung. Tari Jejer Gandrung ditarikan semua penari secara tunggal. Setelah itu, para penari mengundang pasangannya untuk menari bersama.

Di daerah lain di Indonesia, tentu banyak tari kreasi daerah yang diciptakan. Tujuannya  adalah agar daerah tetap melestarikan seni budaya daerahnya. Tari  kreasi biasanya dibuat sesuai dengan perkembangan masyarakat saat ini.  Beberapa gerakan, properti tari,  maupun lagu  pengiring dikembangkan menjadi lebih  dinamis dan modern. Selain itu, tari kreasi juga digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan yang  lebih  sesuai dengan keadaan masyarakat saat ini.  Hal  ini  merupakan salah satu cara untuk mempertahankan dan mengembangkan warisan daerah, upaya ini  dilakukan agar generasi muda dapat meneruskan dan melestarikannya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 95

Ayo Berlatih

Bagaimana dengan daerahmu? Apakah daerahmu memiliki tari  khas daerah? Adakah usaha-usaha  untuk mengembangkannya menjadi tari  kreasi daerah? Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut ini.

Carilah informasi tentang  salah satu  tari   kreasi daerah  yang   berasal dari daerahmu.

Cari tahu tari  khas yang  dijadikan acuan untuk membuat tari  kreasi tersebut.

Kumpulkan informasi tentang tari  khas dan tari  kreasi tersebut, lalu  catatlah dengan menggunakan tabel berikut.

Sumber : jawabantematik.blogspot.com

Sumber : jawabantematik.blogspot.com

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 96

Ayo Renungkan

Hal  apa sajakah yang   ingin kamu ketahui  lebih   banyak tentang  alam semesta ini?

Alam semesta adalah alam dimana kita hidup, dan meliputi sekelilingnya, alam semesta pada dasarnya terdiri dari : planet, tatasurya, galaxy, dan benda benda lainnya.

Sikap  dan keterampilan apa sajakah yang  menurutmu diperlukan untuk mencari tahu lebih  banyak lagi tentang alam semesta?

Alternatif Jawaban:
Antusias dan pandai menangkap ilmu tentang ipa bagian angkasa
Penjelasan:
Menurut saya untuk mencari alam semesta lebih banyak lagi diperlukan alat bantu seperti teleskop biasa,teleskop bintang/yang ada di luar angkasa

Kerja  Sama dengan Orang Tua

Diskusikan  dengan   orang  tuamu   tentang   asal   usul    daerah  mereka. Bersama mereka, cari  tahu tari  khas daerah orang tuamu, termasuk makna dan  sejarahnya.  Bandingkan keterangan  tari   daerah  asal  kedua  orang tuamu dengan  tari   daerah yang   telah  kamu bahas  sebelumnya. Adakah perbedaannya? Dalam hal  apa?

Alternatif jawaban berbeda-beda, tergantung hasil dari diskusi peserta didik dan orang tua

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa kelas 6 tema 9 kurikulum 2013 edisi revisi 2018

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 87
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 88
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 89
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 91
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 92
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 93
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 95
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 96

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 88, 89, 91, 92, 93, 95, 96."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel