Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 97, 99, 100, 103, 104, 105, 106.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 97, 99, 100, 103, 104, 105, 106 – Kunci Jawaban Pembelajaran 3 Tema 9 Kelas 6 Menjelajah Angkasa Luar mengenai Benda Angkasa Luar dan Rahasianya tepatnya terdapat pada halaman 97, 99, 100, 103, 104, 105, 106.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2018.

Dalam Materi Pembelajaran 3 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 6 tema 9 pada halaman 97, 99, 100, 103, 104, 105, 106, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 6 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 6 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 6 tema 9 subtema 2 pembelajaran 3 yang terdapat pada halaman 97, 99, 100, 103, 104, 105, 106.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Pembelajaran 3 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya Halaman 97, 99, 100, 103, 104, 105, 106.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya Pembelajaran 3 Halaman 97 99 100 103 104 105 106

Saat ini  manusia telah mampu mengamati luar  angkasa dengan lebih  detil dan cepat. Ini merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi yang  cepat dan canggih. Sejak  manusia meluncurkan teleskop bernama Hubble, informasi yang  didapatkan tentang keadaan di luar  angkasa semakin jelas dan cepat.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 97

Ayo Berdiskusi

Perkembangan  ilmu   pengetahuan  dan  teknologi merupakan  salah  satu akibat dari  modernisasi. Perubahan yang  terjadi karena modernisasi tampak dari   benda-benda  berteknologi yang   kamu gunakan sehari-hari  di  rumah. Diskusikanlah bersama dengan teman sebangkumu mengenai alat atau benda apa saja yang   merupakan hasil pengembangan  teknologi. Misalnya, kamu menggunakan buku   dan pensil untuk menulis dan mencatat. Pada zaman dahulu orang menggunakan sebuah papan kecil  dan menuliskannya dengan menggunakan kapur atau arang. Namun saat ini  kamu juga melihat orang menggunakan alat elektronik untuk mencatat, tidak lagi  menggunakan buku dan pena seperti biasanya.

Bersama dengan teman sebangkumu, tentukanlah kurang lebih  lima  benda yang  ada di sekitarmu. Cari  tahu bagaimana alat tersebut telah berkembang hingga saat ini  dengan cara membandingkannya dengan alat yang  memiliki kegunaan yang  sama yang  digunakan pada masa lalu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya Pembelajaran 3 Halaman 97 99 100 103 104 105 106

Apakah yang  dapat kamu simpulkan dari  hasil diskusimu tersebut?

Perubahan teknologi terjadi salah satunya disebabkan oleh kebutuhan manusia yang semakin beragam dan cepat, Modernisasi menjadi salah satu hal yang tidak bisa dihindarkan, namun masih dapat dihadapi dengan bijak.

Modernisasi memang telah memengaruhi gaya hidup masyarakat kita. Bagaimana  modernisasi  memengaruhi  budaya  masyarakat  kita?   Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama.

Ayo Membaca

Modernisasi dan Budaya  Masyarakat

Salah satu ciri  masyarakat modern adalah sikapnya yang   lebih   terbuka terhadap  sesuatu  yang    baru.  Keterbukaan  ini   memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menguji hal  baru tersebut. Jika  hal  baru tersebut sesuai dengan norma yang  ada, maka hal  baru tersebut dapat dengan mudah diterima. Tetapi jika ada norma masyarakat yang  tidak sesuai dengan hal baru tersebut, masyarakat akan menolaknya, atau bisa menyesuaikannya.

Sikap  mental dan budaya suatu masyarakat sangat menentukan diterima atau  ditolaknya suatu  perubahan sebagai bagian dari   modernisasi.  Sikap mental  yang   dapat  menjadi  pendorong modernisasi antara  lain   adalah rajin,   tepat  waktu, berani  mengambil risiko,   disiplin, bersaing,  adil,   jujur, toleran, dan peduli lingkungan. Modernisasi memengaruhi masyarakat untuk mempertahankan kebiasaan lamanya secara tradisi, menggantikannya, atau menyesuaikannya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya Pembelajaran 3 Halaman 97 99 100 103 104 105 106

Modernisasi akan memengaruhi masyarakat yang  akan mempertahankan budaya-budaya yang telah diturunkan dari nenek moyangnya. Berkembangnya ilmu  pengetahuan  dapat  digunakan untuk menggali budaya-budaya untuk dipertahankan dan diperkaya. Melalui inovasi, budaya masyarakat dapat dipertahankan menjadi budaya masa kini dengan bantuan teknologi, misalnya melalui penyebaran informasi ke seluruh dunia dan melalui pameran-pameran budaya. Budaya daerah pun  dapat dimodifikasi menjadi sesuatu yang  lebih masa kini tanpa meninggalkan makna dan arti nilai-nilai dari  budaya tersebut. Misalnya seperti  yang   dilakukan pada  Jember Fashion  Carnaval (JFC)  yang melibatkan anak-anak muda untuk mengembangkan budaya daerahnya dalam acara lokal yang  bertaraf internasional. JFC digagas oleh  salah satu putra asli daerah, Dynand Fariz.  Ia telah berhasil membuat mata masyarakat nasional maupun internasional untuk mengarah ke  Kabupaten Jember. Sebelumnya, Kabupaten Jember hanya dikenal sebagai daerah penghasil tembakau. Kehidupan agraris masyarakatnya ternyata tidak menghalangi kreativitas warganya untuk mengembangkan daerahnya sebagai salah satu kota wisata fesyen  di  Indonesia.  Dynand bercita-cita menjadikan Jember sebagai  Kota Karnaval tingkat dunia.

Festival ini dikemas dalam nuansa masa kini tanpa meninggalkan budaya asli  bangsa Indonesia. Festival ini  selalu mengusung tema-tema  nusantara. Tema-tema tersebut bertujuan untuk menyampaikan pesan tentang keindahan dan keragaman budaya masyarakat Indonesia. Festival ini pun  dapat dengan mudah mengundang para pemuda dan masyarakat untuk terlibat aktif  dalam kegiatan ini. Perserta karnaval yang  sangat beragam, mulai dari  pelajar hingga ibu rumah tangga. Mulai dari  petani hingga pegawai kantor, semua turut serta memeriahkan  festival ini.    Bahan-bahan yang  digunakan untuk festivalpun merupakan bahan yang  murah dan mudah didapat di daerah Jember.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 99

Ayo Berdiskusi

Lakukan kegiatan berikut ini dengan memperhatikan instruksi yang diberikan. 

Membuat Ringkasan

Dengan menggunakan bacaan di  atas  dan sumber informasi lainnya yang sesuai, buatlah  sebuah  ringkasan dalam bentuk yang   paling kamu  sukai, misalnya  berupa  peta  pikiran, tabel,  poster,  atau  gambar.  Ringkasanmu sebaiknya memuat beberapa hal  berikut ini:

  1. Bagaimana  modernisasi  memengaruhi  gaya  hidup  dan  cara  berpikir masyarakat modern.
  2. Menjelaskan contoh setiap pengaruh modernisasi yang  disebutkan dalam artikel. Contoh lain bisa didapatkan dari  sumber informasi lain yang  sesuai.
  3. Tulisan dan gambar keseluruhan jelas dan mudah dibaca. Dapat menggunakan pensil  warna  atau spidol  untuk memperjelas  dan membuatnya menarik.
Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya Pembelajaran 3 Halaman 97 99 100 103 104 105 106

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 100

Ayo Berlatih

Membuat Kliping Dampak Modernisasi Terhadap Budaya  Masyarakat

Lakukanlah kegiatan  ini  secara berpasangan.   Kumpulkanlah paling sedikit satu artikel dan gambar dari  surat kabar, majalah, atau media lain.  Artikel dan gambar yang  digunakan harus menjelaskan pengaruh modernisasi terhadap budaya masyarakat Indonesia. seperti yang  telah kamu pahami dari  artikel di  atas  dan kegiatan sebelumnya Jangan lupa   mencantumkan sumbernya. Buatlah klipingmu semenarik mungkin untuk mengundang  orang lain  untuk membacanya.

Alternatif jawaban berbeda-beda tergantung artikel yang di dapat masing-masing peserta didik untuk membuat kliping.

Ayo Menulis

Tulislah  kesimpulanmu tentang pemahaman yang   kamu dapatkan tentang pengaruh modernisasi terhadap  budaya masyarakat, terutama  masyarakat Indonesia.

Perubahan teknologi terjadi salah satunya disebabkan oleh kebutuhan manusia yang semakin beragam dan cepat, Modernisasi menjadi salah satu hal yang tidak bisa dihindarkan, namun masih dapat dihadapi dengan bijak.

Pengaruh modernisasi memang nyata di dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat kita  tidak dapat menghindar dari  pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang  menjadi pendorong terjadinya modernisasi. Berbagai bukti   perkembangan teknologi ada di  sekitar kita.   Salah satunya adalah  tempat  Observatorium Bosscha di  Bandung. Pernahkah  kamu mengunjunginya?

Simaklah sebuah cerita tentang pengalaman berkunjung ke  Bosscha berikut ini.

Kesimpulan tentang pengaruh modernisasi terhadap budaya masyarakat, terutama masyarakat indonesia​ adalah sebagai berikut :

Kesimpulan yang bisa diambil dari adanya pengaruh modernisasi ada 2 macam yaitu :

Dampak Positif, yaitu memberikan pengaruh budaya kita ke luar negeri dan menjadikan kebudayaan kita menjadi semakin berkembang karena terdapat pengaruh dari hal-hal yang bersifat modern.

Dampak Negatif, yaitu semakin mengikis rasa cinta kita terhadap budaya sendiri dan menjadi terpengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan kebiasaan kita

Ayo Membaca

Berkunjung ke Observatorium Bosscha

Oleh:  Diana Karitas

Hari  ini rombongan siswa kelas enam sekolah Rima  tiba di lokasi Observatorium  Bosscha.  Lokasi    observatorium   ini   berada  di   Lembang, Bandung, Jawa  Barat.  Mereka sangat beruntung karena cuaca cukup cerah. Biasanya langit mendung dan gerimis sepanjang hari. Maklum, bulan Oktober biasanya memang musim hujan. Observatorium hanya membuka kunjungan pada bulan-bulan tertentu, yaitu  bulan April hingga Oktober. Menurut para astronom yang   ada di  sana,  pada  bulan-bulan tersebutlah  langit wilayah Indonesia cukup cerah untuk melihat gugusan bintang tanpa tertutup awan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya Pembelajaran 3 Halaman 97 99 100 103 104 105 106
Observatorium Bosscha

“Selamat siang, adik-adik!   Selamat datang  di  Observatorium  Bosscha,” sapa Kak Yani. Kak Yani adalah seorang mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang  sedang melakukan penelitian di tempat itu.  Wilayah observatorium memang  wilayah penelitian para  astronom  Indonesia. “Hari  ini  saya akan memandu kalian untuk melihat-lihat benda-benda yang  ada di sini,ya!  Kakak meminta kalian untuk tidak meninggalkan rombongan selama kegiatan ini. Selain kelompok kalian, masih ada kelompok lain  dari  sekolah yang  berbeda yang  berkunjung ke tempat ini pada hari ini,” jelas Kak Yani ramah.

Rima dan teman-temannya mengangguk setuju lalu, mendengarkan semua penjelasan  yang   diberikan dengan  saksama.  Rima   dan  teman-temannya mengikuti rombongan dengan tertib. Ia dan teman-temannya mencatat hal- hal  menarik yang  dijelaskan Kak Yani. Rima  melihat beberapa teleskop yang ada di observatorium itu dan mencoba melihat gugusan bintang melalui salah satu teleskop. Rima  berseru penuh kekaguman.

“Indah sekali! Tak kusangka ada bintang sebanyak itu di langit sana!” seru Rima  kegirangan. Teman-teman Rima  pun  sangat senang.

Tiba-tiba mereka mendengar suara seseorang menangis. Rima dan teman- temannya berhenti dan mencari asal suara itu. Setelah Rima  berbicara kepada Kak Yani tentang suara itu, rombongannya berhenti. Kak Yani menghampiri asal suara itu.   Kelihatannya suara itu  berasal dari  balik  pintu. Kak Yani membuka pintu itu dan menemukan seorang gadis kecil berseragam sama dengan Rima, terduduk dan menangis tersedu-sedu.

“Agatha!” seru Rima. “Mengapa kamu berada di sini? Bukankah seharusnya kamu mengikuti rombongan Bu Tika?” tanya Rima  kepada teman satu sekolahnya. Agatha memang tidak sekelas dengan Rima, tetapi mereka sama- sama siswa kelas enam.   Agatha seharusnya ikut  rombongan Bu  Tika,  wali kelas mereka.

“Oh, Rima.  Terima kasih telah menemukanku. Aku pikir aku  tidak akan bisa pulang kembali ke sekolah. Tadi aku pergi ke toilet dulu sebelum rombonganku berangkat.  Karena terburu-buru, aku  tidak sempat memberitahu Bu Tika dan teman-teman  lainnya bahwa aku  sedang ke  toilet. Ketika  aku  kembali lagi, mereka sudah tidak ada,”  jelasnya sambil tersedu.

“Jangan khawatir, Agatha. Kak Yani akan mengantarmu kembali ke rombonganmu, ya.  Kak Yani sudah menghubungi pemandu kelompokmu dan memberitahu kalau kamu berada di sini.   Di sini  juga aman, kok.  Kamu  tidak perlu khawatir,” hibur Kak Yani.

“Terima kasih, Kak Yani. Lain kali aku  harus memberitahu teman yang  lain kalau aku  sedang meninggalkan rombongan untuk keperluan tertentu,” kata Agatha masih bersedih.

Rima  mengajak temannya itu  ke bagian belakang ruangan dan membagi minumannya agar Agatha tenang. Rima bersyukur temannya itu sudah tenang. Dalam hati, ia bersyukur karena diingatkan oleh  peristiwa ini.   Bisa saja Rima melakukan kesalahan yang  sama.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 103

Ayo Menulis

Berdasarkan  cerita   fiksi   di  atas,   lakukanlah kegiatan  berikut   ini   secara mandiri.

A.  Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian: awal, tengah, dan akhir.  Lalu gambarlah  peristiwa penting  yang   menjelaskan isi  cerita bagian  awal, tengah dan akhir. Berilah keterangan pada setiap gambar yang  kamu buat.

Gunakan diagram berikut ini.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya Pembelajaran 3 Halaman 97 99 100 103 104 105 106
Sumber : mikirbae.com

Kesimpulan tentang pengaruh modernisasi terhadap budaya masyarakat, terutama masyarakat indonesia​ adalah sebagai berikut :

Kesimpulan yang bisa diambil dari adanya pengaruh modernisasi ada 2 macam yaitu :

Dampak Positif, yaitu memberikan pengaruh budaya kita ke luar negeri dan menjadikan kebudayaan kita menjadi semakin berkembang karena terdapat pengaruh dari hal-hal yang bersifat modern.

Dampak Negatif, yaitu semakin mengikis rasa cinta kita terhadap budaya sendiri dan menjadi terpengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan kebiasaan kita

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 104

B.  Jika kamu adalah penulis cerita di atas, dan kamu diberikan kesempatan untuk  mengubah  jalan  ceritanya, bagian  manakah  yang   ingin  kamu ubah? Akan  seperti apakah cerita di atas jika  kamu ubah? Cobalah untuk menuliskannya di tempat yang  disediakan berikut ini.

Menurut saya bagian yang akan saya ubah adalah bagian tengah, sehingga jalan ceritanya akan seperti di bawah ini :
Rima yang berada di bagian belakang rombongan mendengar suara anak perempuan menangis. Rima berusaha mencari asal suara tersebut, sehingga tanpa sadar Rima juga ikut terpisah dari rombongannya. Rima memang akhirnya mengetahui suara anak yang menangis tersebut. Ternyata suara tangisan itu adalah suara Agatha yang juga terpisah dari rombongan kelasnya. Rima dan Agatha akhirnya sama-sama terpisah dari rombongan, sehingga kepanikan sempat melanda kedua siswa kelas enam tersebut. Namun Rima tidak larut dalam kepanikan. Segera ia mengajak Agatha untuk mencari petugas observatorium Bosscha dan meminta tolong ke bagian informasi untuk memberitahukan keberadaan mereka kepada rombongan.

Perkembangan ilmu pengetahuan  dan  teknologi telah  banyak membantu masyakat memecahkan masalahnya. Peluncuran satelit ke luar  angkasa telah dimanfaatkan manusia untuk menyebarkan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa dengan meningkatkan rasa cinta tanah air dan bangsa dengan berbagai cara yang  kreatif dan masa kini.

Ayo Membaca

Bacalah artikel tentang upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan berikut ini dengan saksama.

Tradisi Ngayah di Masyarakat  Bali

Kehidupan masyarakat Indonesia yang   menjunjung tinggi kebersamaan telah menjadi norma yang   diturunkan dari   para nenek moyang. Persatuan dan kesatuan diwujudkan dalam kegiatan sehari-hari di kalangan masyarakat tradisional yang  tetap terpelihara dan dianggap penting hingga kini.   Salah satunya adalah tradisi ngayah yang  dilakukan masyarakat Bali.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya Pembelajaran 3 Halaman 97 99 100 103 104 105 106

Ngayah berarti  mengerjakan  sesuatu  secara  sukarela  untuk  kebaikan bersama. Tidak hanya pada saat mempersiapkan kegiatan keagamaan, ngayah juga dilakukan masyarakat dalam kehidupan keseharian. Saling berbincang dan menyapa di  pagi hari sebelum masyarakat  mulai bekerja, merupakan salah satu kegiatan ngayah yang  sering dilakukan.

Ngayah dilakukan untuk saling berbagi, tolong menolong dan bermasyarakat. Ngayah juga berarti menyumbang. Tidak  hanya menyumbang secara materi, ngayah juga berarti menyumbang dalam bentuk jasa dan kebersamaan. Di setiap  acara  keagamaan  yang   dilakukan bersama-sama,  setiap  anggota masyarakat  akan  melibatkan dirinya, baik   dengan materi maupun tenaga untuk menyukseskan acara tersebut.

Ayo Berdiskusi

Banyak peristiwa di sekitar kita  yang  menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa.  Berdasarkan artikel di  atas, bersama dengan teman sebangkumu cobalah untuk mencari tahu dengan saksama peristiwa apa saja yang  terjadi menunjukkan persatuan  dan  kesatuan  bangsa. Jelaskan juga bagaimana peristiwa-peritiwa itu berhubungan dengan sila-sila dalam Pancasila. Tuliskan- lah  hasil diskusimu di atas selembar kertas, lalu  bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas. Tempelkanlah hasil diskusimu di papan tulis.

Ayo Berlatih

Bersama dengan  teman  sekelompok carilah artikel-artikel di  majalah atau surat kabar yang  menjelaskan tentang peristiwa persatuan dan kesatuan di dalam masyarakat kita.  Lakukan penelaahan terhadap peristiwa tersebut dan hubungkan dengan sila-sila dalam Pancasila yang  berhubungan dengan usaha meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Presentasikanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas.

Alternatif jawaban berbeda-beda, tergantung artikel yang didapat masing-masing peserta didik

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 106

Ayo Renungkan

Pernahkah kamu membayangkan jika  hidup sama seperti ketika orang tua atau  kakek nenekmu  hidup  dulu?  Sikap   dan  keterampilan apa  sajakah yang   diperlukan untuk menjalani kehidupan seperti itu?  Apakah sikap dan keterampilan itu  masih diperlukan pada saat kamu menjalani kegiatanmu sehari-hari pada masa kini?

Sikap : saling menghormati, jujur dan baik terhadap sesama.
Keterampilan :
  • Keterampilan dalam berkumunikasi
  • Keterampulan untuk membantu
  • Keterampilan bersosialisasi

Kerja  Sama dengan Orang Tua

Diskusikanlah dengan orang tuamu peristiwa dan kegiatan apa saja yang pernah terjadi di lingkunganmu yang  menunjukkan persatuan dan kesatuan masyarakat di tempat kamu tinggal.

Contoh Perilaku yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan :
Membersihkan lingkungan bersama-samaMenjenguk salah satu warga yang sakitBekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan.Saling menghormati orang yang berbeda agama, tidak membeda- bedakan suku.Bergotong royong membangun lingkungan sekitar
Contoh lain : Mendirikan pos ronda, musyawarah

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 97, 99, 100, 103, 104, 105, 106. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa kelas 6 tema 9 kurikulum 2013 edisi revisi 2018

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 97
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 99
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 100
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 103
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 104
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 105
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 106

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 97, 99, 100, 103, 104, 105, 106."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel