Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 59, 60, 63, 64, 65.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 59, 60, 63, 64, 65 – Kunci Jawaban Pembelajaran 5 Tema 1 Kelas 4 Indahnya Kebersamaan mengenai Keragaman Budaya Bangsaku tepatnya terdapat pada halaman 59, 60, 63, 64, 65.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 4 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 5 Subtema 1 Keragaman Budaya Bangsaku terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 4 tema 1 pada halaman 59, 60, 63, 64, 65 setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 4 ini akan kami sajikan alternatif Kunci Jawaban sebaik mungkin. 

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 4 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 4 tema 1subtema 1 pembelajaran 5 yang terdapat pada halaman 59, 60, 63, 64, 65.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 1 Pembelajaran 5 Subtema 1 Keragaman Budaya Bangsaku Halaman 59, 60, 63, 64, 65.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 1 Pembelajaran 5 Subtema 1 Keragaman Budaya Bangsaku Halaman 59 60 63 64 65

Ayo Mencoba

Warga yang baik adalah Warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, maupun agama.
Bacalah teks berikut dalam hati!

Suku Minang

Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatra Barat. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang AWak. Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang. Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda Suku Minang yang sangat terkenal adalah “Malin Kundang”.

Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah Gadang. Rumah Gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong.

Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong.

Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang disebut talempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik khas Minang lainnya adalah saluang. Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.

Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya tari Pasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 1 Pembelajaran 5 Subtema 1 Keragaman Budaya Bangsaku Halaman 59 60 63 64 65

Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya. Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 59

Apa yang ingin kamu ketahui lagi tentang Suku Minang?

Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang suku tersebut dan diskusikan jawabannya dengan teman satu kelompokmu!

Apa rumah adat suku minang?
Apa nama tarian dari suku minang?
Apa makanan khas suku minang?
Apa nama senjata dari suku minang?
Apa bahasa suku minang?

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 60

Keragaman yang terdapat di sekitar kita tidak hanya terbatas kepada suku, namun juga mencakup keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama.

Cari informasi lebih lanjut tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu. Tuliskan hasil temuanmu pada kolom berikut.

Alternatif jawaban berbeda-beda tergantung daerah masing-masing peserta didik.

Ayo Mengamatai

Pada pertemuan sebelumnya kamu telah belajar gerakan dasar tari Bungong Jeumpa dalam posisi berdiri. Apakah kamu masih ingat gerakan dasar tersebut?

Diskusikan dan peragakan secara berpasangan gerakan dasar tersebut.

Sekarang kamu akan mempelajari gerakan dasar berikutnya, yaitu gerakan pada saat posisi duduk.

Amati kembali tangram yang telah kamu buat. Diskusikan secara berpasangan bangun yang digunakan untuk membentuk tangram tersebut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 63

Apakah dalam tangram tersebut terdapat segi banyak tidak beraturan? Jelaskan.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 1 Pembelajaran 5 Subtema 1 Keragaman Budaya Bangsaku Halaman 59 60 63 64 65

Ya, bangun datar yang terdapat dalam tangram merupakan bangun segi banyak tidak beraturan yaitu segi banyak siku-siku dan jajargenjang, karena bngun datar tersebut mempunyai sisi dan sudut yang tidak sama.

Apakah dalam tangram tersebut terdapat segi banyak beraturan?

Ya, karena terdapat segibanyak beraturan, yakni bujur sangkar yang berarna ungu mempunyai sisi dan sudut yang sama besar.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 64

Bagaimana caramu membedakan antara segi banyak beraturan dengan segi banyak tidak beraturan? Tuliskan pada diagram frayer berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 1 Pembelajaran 5 Subtema 1 Keragaman Budaya Bangsaku Halaman 59 60 63 64 65

Ciri-ciri Segi banyak beraturan
a. memiliki sisi yang sama panjang
b. mempunyai sudut yang sama besar.
Segi banyak beraturan adalah segi banyak yang semua sisinya sama panjang dan semua sudutnya juga sama besar.  
Kebalikan dari bangun datar segi banyak beraturan, segi banyak tidak beraturan memiliki sisi yang tidak sama panjang dan sudutnya tidak sama besar.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 65

Ayo Renungkan

Setelah belajar hari ini, renungkanlah!
• Seberapa sering kamu bekerja sama dengan orang yang berbeda? Jelaskan!


• Apa yang akan kamu lakukan setelah mengetahui bahwa terdapat keberagaman di sekitarmu?


Kerjasama dengan Orang Tua

Sampaikanlah kepada orang tua mengenai pentingnya memahami dan menghargai keragaman dan perbedaan yang ada di sekitarmu, baik keragaman sosial, budaya, maupun agama. Minta orang tuamu menulis kesimpulan diskusi pada kolom berikut.

Kesimpulan nya ya kita harus menghormati dan mengerti perbedaan yang ada di lingkungan sekitar, kita semua bersaudara Pantas nya kita hidup rukun dan damai.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 59, 60, 63, 64, 65. Semoga artikel Kunci Jawaban Tematik ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa kelas 4 tema 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2017

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 1 Halaman 59
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 1 Halaman 60
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 1 Halaman 63
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 1 Halaman 64
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 1 Halaman 65

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 59, 60, 63, 64, 65."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel