Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 104, 105, 106, 108.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 104, 105, 106, 108  - Pembelajaran 3 Tema 2 Kelas 5 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia tepatnya terdapat pada halaman 104, 105, 106, 108.

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber pembelajaran di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (k13) Cetakan ke-2 Revisi 2017.

Dalam Materi Pembelajaran 3 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa secara mandiri, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kunci jawaban tematik kelas 5 tema 2 pada halaman 104, 105, 106, 108, setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik  terpadu kurikulum 2013 (K13) kelas 5 ini.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa dapat diharapkan membantu guru dan siswa khusus nya kelas 5 SD supaya dapat menemukan jawaban alternatif dari soal tematik, berikut ini kami bagikan alternatif Kunci Jawaban soal Tematik kelas 5 tema 2 subtema 3 pembelajaran 3 yang terdapat pada halaman 104, 105, 106, 108.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Pembelajaran 3 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Halaman 104, 105, 106, 108.

Masalah sampah menjadi masalah yang  umum dihadapi masyarakat di kota atau daerah mana pun. Berita berikut menyajikan upaya seorang pemimpin daerah untuk mengatasi sampah.

Kelurahan  Babakanpasar Luncurkan Gerakan  Pungut Sampah

Agar masyarakatnya sadar dengan kebersihan lingkungan, terutama masalah sampah, Kelurahan Babakanpasar mengajak warganya dalam Gerakan Pungut Sampah (GPS).

Lurah Babakanpasar Rokib Alhudry menyatakan, GPS ini merupakan program Pemerintahan Kota (Pemkot) Bogor  pada tahun 2016. Program ini bertujuan agar Kota  Bogor  terbebas dari  sampah. Karena masalah sampah merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat. “Sampah ini  bukan hanya tanggung jawab pihak kelurahan atau orang per  orang, tapi tanggung jawab bersama kita  semua,” jelasnya.

Rokib berharap ke depannya warga Babakanpasar lebih peduli lagi dengan sampah yang selama ini selalu berserakan sehingga wilayah Babakanpasar terbebas dari  sampah.

“Kalau sampah ini sudah tertata dengan baik, selain indah dipandang, maka warga masyarakat pun akan terhindar dari penyakit,” pungkasnya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 104

Ayo Menulis

Jawablah  pertanyaan-pertanyaan  berikut berdasarkan  bacaan  “Kelurahan Babakanpasar Luncurkan Gerakan Pungut Sampah” di atas.

1. Di mana lokasi daerah pada berita tersebut?

Jawab : Kelurahan Bababkanpasar Kota Bogor

2. Apa masalah yang  dihadapi?

Jawab :Masalah yang dihadapi adalah tentang kebersihan lingkungan dari sampah-sampah yang berserakan.

3. Bagaimana penyelesaian yang diambil oleh pemerintah kota tersebut?

Jawab : Yaitu dengan cara mengajak warga untuk melakukan Gerakan Pungut Sampah "GPS"

4. Mengapa semua masyarakat bertanggung jawab atas masalah sampah?

Jawab : Sampah bukan hanya tanggung jawab sebagian orang atau per orang, tapi tanggung jawab semua masyarakat.

5. Apa keuntungannya jika masalah sampah dapat teratasi dengan baik?

Jawab : Jika masalah sampah ini dapat teratasi dengan baik, selain lingkungan indah dipandang, asri dan warga pun akan terhindar dari berbagai penyakit.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 105

Apa yang terjadi jika masyarakat tidak mau bertanggung jawab atas masalah sampah? Diskusikan dalam kelompokmu, lalu sampaikan hasilnya di depan kelompok-kelompok lain.

Sampah yang menumpuk dapat menyebabkan bibit penyakit apalagi jika sampah itu berdekatan dengan tempat berjualan, akan banyak lalat yang hinggap pada makanan yang dijual sehingga akan membuat orang yang membeli makanan tersebut mengalami sakit perut. Apalagi saat hujan turun dengan deras, maka sampah–sampah yang menumpuk didalam selokan akan menyumbat saluran air dan akhirnya terjadi banjir dan apabila saat terjadin banjir besar maka akan banyak orang yang kehilangan harta benda bahkan nyawa mereka.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Pembelajaran 3 Halaman 104 105 106 108
Pemulung Sampah
Sampah yang menumpuk dapat mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan organ pernapasan. Tahukah kamu ada orang yang  kegiatan sehari-harinya adalah mengumpulkan sampah yang  dapat diolah kembali? Ya, betul. Kita biasa menyebutnya pemulung.

Para pemulung mengumpulkan botol-botol plastik, koran bekas, majalah bekas, dan benda-benda lain yang dapat diolah lagi. Benda-benda itu disetorkan kepada orang-orang yang  dapat mengolahnya menjadi benda-benda lain yang berguna. Berikut ini beberapa gambar benda hasil daur ulang.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Pembelajaran 3 Halaman 104 105 106 108

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Pembelajaran 3 Halaman 104 105 106 108

Ayo Berdiskusi

Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut dalam bentuk diskusi panel bersama seluruh siswa dalam kelasmu.

1. Apa pendapatmu mengenai pekerjaan sebagai pemulung?

Pendapat saya mengenai pekerjaan sebagai pemulung adalah bahwa pekerjaan tersebut adalah pekerjaan yang HALAL dan BAIK meski harus berurusan dengan sampah. Menjadi pemulung memang bukan pilihan terbaik namun pekerjaan tersebut halal dan bisa menjadi jalan penghidupan bagi seseorang.

2. Apa pendapatmu mengenai usaha pembuatan benda-benda daur ulang?

Menurut saya, usaha pembuatan benda-benda daur ulang sangat bagus untuk dilakukan. Karena dengan mendaur ulang benda-benda, kita bisa menjadi lebih kreatif dan juga mengurangi dampak pemanasan global.

3. Bagaimana cara menghargai jasa para pemulung?

Cara menghargainya jasa pemulung sebagai berikut :
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Mengurangi sampah plastik
  • Ikut membantu menjaga kebersihan lingkungan

4. Bagaimana cara menghargai usaha membuat benda-benda daur ulang?

Yaitu dengan cara ikut mempraktikan hal tersebut kepada masyarakat luas agar masyarakat mengetahui cara mendaur ulang serta memakai barang yang telah di daur ulang tersebut.


Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain

Kegiatan ekonomi yang  dilakukan setiap orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain  dapat dilihat dari  kegiatan  produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan produksi, orang yang  terlibat adalah tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan produksi. Tenaga  kerja akan memperoleh balas jasa dari  produsen berupa upah atau gaji dari  produsen. Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh  distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor adalah agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.

Konsumen  adalah  pihak yang   mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa diperoleh dari   produsen secara langsung atau melalui perantara (distributor). Ketiga pelaku kegiatan ekonomi  tersebut  akan  saling  berhubungan  membentuk  arus  diagram ekonomi. Coba  temukan peran produsen, distributor, dan konsumen dalam perekonomian Indonesia. Selanjutnya, bahaslah bersama teman dan gurumu di kelas!

Setiap pelaku kegiatan ekonomi memiliki peran masing-masing  yang saling  menguntungkan.  Menurut  kodratnya, manusia  berperan  sebagai makhluk sosial dan  makhluk ekonomi. Sebagai makhluk sosial, manusia akan berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain.  Sebagai makhluk ekonomi, manusia akan melakukan kegiatan ekonomi dalam upaya memenuhi kebutuhan  hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari,  baik   sebagai  makhluk sosial maupun makhluk ekonomi, manusia hendaknya memiliki etika moral. Dengan etika moral, manusia  dapat  menghargai setiap kegiatan ekonomi yang  dilakukan oleh  orang lain.

Amatilah pakaian  yang   kamu kenakan! Bagaimana  berlangsungnya proses  produksi  pakaian?  Proses  menghasilkan  pakaian  membutuhkan waktu yang  lama. Untuk membuat pakaian produsen pakaian membutuhkan bahan baku berupa kain  dan benang. Kain  dapat diperoleh dari  perusahaan pemintalan benang. Bahan baku benang berupa kapas yang  dihasilkan dari perkebunan tanaman  kapas. Untuk menjadi benang, kapas dipintal terlebih dahulu. Kemudian  benang ditenun di  pabrik tenun  hingga  menjadi  kain. Selanjutnya,  kain    dapat  dibuat  pakaian  oleh   penjahit.  Begitulah proses panjang produksi pakaian. Banyak pihak yang  terlibat dalam proses produksi ini.  Ada  petani tanaman kapas, pekerja pemintalan, penenun kain,  penjahit, dan pengusaha  garmen. Begitu panjangnya proses produksi ini  hendaknya kita  perlu menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 108

Ayo Renungkan

Apa akibatnya jika kita tidak menghargai kegiatan orang lain dalam usaha ekonomi ?

Akibatnya jika kita tidak menghargai kegiatan orang lain dalam usaha ekonomi adalah
  • Akan terjadinya persaingan usaha yang tidak sehat,
  • Tidak mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan,
  • Tidak dapat menyalurkan barang atau jasa kepada orang lain.
3 hal tersebut akan terjadi jika tidak menghargai usaha ekonomi orang lain, karena dalam kegiatan ekonomi melibatkan banyak pelaku ekonomi, seperti produsen, distributor, dan konsumen.

Demikianlah hasil dari pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 104, 105, 106, 108. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian serta juga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi.. Terimakasih, Salam Pintar ☺

Kunci jawaban ini ditujukan sebagai bahan referensi dan latihan untuk siswa dirumah yang berasal dari buku siswa kelas 5 tema 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017

Pencarian yang paling banyak dicari :

  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 104
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 105
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 106
  • Materi dan Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 108

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 104, 105, 106, 108."

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel